Inilah Gambar Batik yang Kaya Motif dan Makna

Gambar Batik – Di Indonesia, hiruk-pikuk pengguna baju batik selalu bisa kita jumpai. Hasil karya bangsa yang dikenal sebagai corak ramai ini punya beragam motif yang kaya makna.

Yuk, kupas tuntas beragam daerah beserta gambar batik yang indah ini!

1. Batik Pekalongan

Manusia mana yang nggak tau Pekalongan kaya akan batik? Di sana batik udah berjubel-jubel. Di sepanjang jalan kamu pasti nemu toko batik. Bagi kamu yang belum tau, maka harus tau kalau berkat batik, Pekalongan telah lama dinobatkan oleh UNESCO sebagai Kota Kreatif Bidang Kerajinan dan Kesenian Rakyat  (Ceative City of Cratfs and Folk Arts) pertama di Indonesia.

Batik Pekalongan adalah ikon Indonesia yang sudah mendunia. Jadi nggak mustahil kalau Batik Pekalongan semakin banyak digandrungi oleh banyak orang. Keren!

Beberapa motif batik Pekalongan yang harus kamu ketahui adalah Motif Burung Garuda

Gambar Batik Pekalongan

Gambar Batik Pekalongan Motif Burung Garuda via butikmagz.com

Jadi motif batiknya berbentuk tumbuh-tumbuhan yang ada burung garudanya. Indah sekali.

Motif Jlamprang

gambar Batik Pekalongan

Gambar Batik Pekalongan motif Jlamprang via butikmagz.com

Kalau yang ini motif batiknya geometris. Membentuk ornamen-ornamen makhluk hidup.

Motif Liong

Gambar Batik Pekalongan

Gambar-Batik-Pekalongan-Motif-Liong via butikmagz.com

Kalau yang ini motif batiknya naga laut yang punya kaki. Nggak tau sih ini jenis naga apa. Mungkin nanti Pekalongan akan membuat gambar batik naga Hungarian Horntail yang ada di novel Harry Potter sebagai model baju batik terbaru. Mantap!

Oh iya baca juga ya: Gambar Baju Batik ini Pertanda Kalau Kamu Nggak Pernah Salah Kostum

2. Batik Solo

Batik Solo juga nggak kalah kerennya. Punya beragam motif. Seperti Motif Solo Slobog di bawah ini.

Gambar Batik Solo

Gambar Batik Solo motif Solo Slobog via thekurniabatik.wordpress.com

Tuh gambar batiknya. Yang ini biasa digunakan ketika melayat. Arti slobog dalam bahasa Solo yaitu lebar atau longgar. Jadi maknanya supaya arwah seseorang yang dimakamkan bisa diterima amal kebaikannya.

Motif Sidomukti

Gambar Batik Solo

Gambar Batik Solo Motif Sidomukti via pusatgrosirsolo.com

Orang Jawa sering dengar motif batik ini. Di Solo sering dipakai di acara pernikahan. Sido sendiri memilik arti terus-menerus, sedangkan mukti artinya cukup. Jadi bermakna rejeki akan datang terus menerus jika dilalui dengan rasa cukup atau penuh syukur. Bijaksana sekali motif yang ini.

Motif Satrio Manah

Gambar Batik Solo

Gambar Batik Solo Motif Satrio Manah via batik-tulis.com

Kalau yang ini biasa dipakai oleh wali pengantin di acara lamaran. Makna dari motif ini adalah agar lamaran diterima oleh pihak keluarga calon pengantin wanita.

Motif Semen Rante

Gambar Batik Solo

Gambar Batik Solo Motif Semen Rante via batik-tulis.com

Dan yang ini kebalikan dari Satrio Manah. Jika Motif Batik Satrio Manah dipakai oleh wali pengantin, maka calon pengantin wanita akan mengenakan Motif Batik Semen Rante. Dimaksudkan agar punya ikatan kuat. Sweet sekali!

Pastinya batik Solo bisa kamu jumpai di mana saja. Meluas di berbagai daerah Indonesia. Bahkan di Eropa dan Amerika juga ada. Tahun 2015 kemarin nih, VoA Indonesia meliput pasangan seniman asal Amerika yang bernama Debra Lunn dan Michael Mrowka di Lun Fabrics, sebuah perusahaan Amerika penyedia tekstil bahan quilt, selimut perca yang menjadi tradisi Amerika sejak masa kolonialisme Inggris.

Saat datang ke Solo, Debra dan Michael langsung dimabuk kepayang oleh keindahan batik Solo. Akhirnya, mereka berdua membawa batik dengan label “Artisan Batik” ke pangsa Amerika di Lun Fabrics.

Gambar Batik

via m.voaindonesia.com

Gambar Batik

via lancastereaglegazette.com

Gambar Batik

via lancastereaglegazette.com

Tuh gambar Batik Solo yang ada di Lun Fabrics, Ohaio, Amerika.

Perusahaan tersebut membeli batik langsung dari pabrik batik asal Sukoharjo, Solo, yaitu “Batik Pria Tampan” yang setiap bulannya memproduksi lebih dari 90 meter. Sebagian besar diekspor ke Eropa dan Amerika, salah satunya ke Lun Fabrics.

Melihat Debra dan Mrowka yang sudah dikenal banyak orang sebagai ahli tekstil di Amerika, maka batik Solo jadi semakin populer di pangsa Amerika. Kalau kamu ke Lun Fabrics, kamu akan merasa seolah menginjakkan kaki di satu sudut Indonesia. Karena di sana banyak batik Solo yang cantik.

3. Batik Bali

Bali yang dikenal sebagai pemilik Patung Garuda Wisnu Kencana, yang rencananya akan ditinggikan lagi hingga 120 meter, melebihi patung Liberty, ternyata memiliki keindahan batik modern beraneka ragam khas brand-brand ternama asal pulau Dewata tersebut. Baca juga: Yuk, Intip Kecantikan Motif Batik Modern Karya Desainer Indonesia!

Eh, tapi sebetulnya kamu belum tau berita tentang rencana Patung Garuda Wisnu Kencana ini kan? Ya sudah lah, lupakan. Kita kan lagi ngobrolin batik.

Intinya sih dalam kancah nusantara, Batik Bali masih terbilang baru. Tapi, motif batiknya banyak kok, seperti Motif Barong

Gambar Batik

Gambar Batik Motif Barong via anythingbali.com

Motif Songket/Prodo

Gambar Batik

Gambar Batik Motif Songket/Prodo Bali via shopious.com

Wah, cantik ya!

Motif Pisang Bali

Gambar Batik Bali

Gambar Batik Bali Motif Pisang Bali via raradjonggrang.wordpress.com

Sampai Motif Rangrang yang menjadi model baju batik kantor di Indonesia.

Kalau di Palembang, motif batik Rangrang ini menjadi incaran para batik lovers Indonesia loh. Emang cakep sih motifnya!

Gambar Batik Bali

Gambar Batik Bali Motif Rangrang via sentrabatik.co.id

5. Batik Banyumas

Kalau batik Banyumas salah satu jenis batik tertua dari pedalaman Jawa Tengah. Motifnya juga beragam dan indah. Seperti Motif Cempaka Mulya

Gambar Batik Banyumas

Gambar Batik Banyumas Motif Cempaka Mulya via fitinline.com

Motif Jahe Srimpang

Gambar Batik Banyumas

Gambar Batik Banyumas Motif Jahe Srimpang via fitinline.com

Motif Khantil

Gambar Batik Banyumas

Gambar Batik Banyumas Motif Khantil via fitinline.com

Motif Batu Waljinan

Gambar Batik Banyumas

Gambar Batik Banyumas Motif Batu Waljinan via fitinline.com

Motif Lumbon

Gambar Batik Banyumas

Gambar Batik Banyumas Motif Lumbon via fitinline.com

5. Batik Madura

Selain ada Lamborghini Madura Hybrid yang terinspirasi dari Karapan Sapi Madura, di Madura sendiri juga punya batik Madura. Peminatnya bukan hanya dari konsumen lokal saja, tapi juga dari luar negeri. Hebat kan? Ya wajar sih, karena motif batiknya khas dan unik. Warnanya juga cerah.

Hingga sekarang, para produsen masih mengolah batik Madura dengan cara tradisional. Pasti supaya hasilnya lebih berkualitas, kayak di bawah ini, nih…

Gambar Batik Madura

Gambar Batik Madura via batik-tulis.com

6. Batik Malang

Gambar Batik Malang

Gambar Batik Malang via batikshuniyya.wordpress.com

Bukan hanya bakso Malang saja yang kudu kamu ketahui, batik Malang juga harus kamu tahu karena punya motif indah. Yang di atas adalah salah satu batik Malang yang paling populer.

Ciri khasnya yaitu memiliki gambar candi kota Malang yang dihiasi tanaman-tanaman beserta simbo-simbol dengan warna yang cerah, seperti biru, coklat, dan putih.

7. Batik Tasik

Selain pernah mendirikan replika Menara Eiffel yang terbuat dari bambu pada tahun 1898, Tasikmalaya juga memiliki batik yang nggak kalah indahnya dengan batik dari daerah lain. Berbagai motif di antaranya seperti Motif Sukapura atau Sukaraja

Gambar Batik Tasikmalaya

Gambar Batik Tasikmalaya Motif Sukapura Sukaraja via ochaneysa-rumahbatikindonesia.blogspot.com

Motif ini cenderung memiliki warna yang cerah. Yang mengenakan pasti wajah dan pikirannya cerah.

Motif Tasikan

Gambar Batik Tasikmalaya

Gambar Batik Tasikmalaya Motif Tasikan via disparbud.jabarprov.go.id

Motif Merak Ngibing

Gambar Batik Tasik

Gambar Batik Tasikmalaya Motif Merak Ngibing via disparbud.jabarprov.go.id

Motif Lincah Tasik

Gambar Batik Tasikmalaya

Gambar Batik Tasikmalaya Motif Lincah Tasik via disparbud.jabarprov.go.id

8. Batik Aceh

Di Aceh, batu nisan raja-raja Aceh di masa lampau juga memiliki ukiran motif-motif batik Aceh. Motif batiknya juga indah dan beragam, seperti Motif Pinto Aceh atau Pintu Aceh

Gambar Batik Aceh

Gambar Batik Aceh Motif Pintu Aceh via helloacehku.com

Motif ini berdasarkan rumah adat Aceh yang punya pintu rendah. Jadi kalau ada seorang tamu hendak masuk ke dalam rumah dan melewati pintu tersebut, maka sang tamu harus menundukkan kepala, sebagai ungkapan rasa hormat kepada sang pemilik rumah.

Pada umumnya, bagian dalam rumah adat Aceh terbilang luas dan lebar. Jadi bisa dibilang Motif Pintoe Aceh merupakan pengertian bahwa, orang Aceh punya sikap tidak gampang terbuka dengan orang asing. Tapi jangan salah sangka dulu ya! Kebaikan orang Aceh layaknya saudara kandung jika sudah akrab kok. Coba saja kenalan sama orang Aceh.

Motif Tulak Angen

Gambar Batik Aceh

Gambar Batik Aceh Motif Tulak Angin via batik-online-shop.blogspot.co.id

Motif batik ini punya pengertian tentang orang Aceh yang mudah menerima perbedaan. Mengingat dulu Aceh pernah menjadi daerah yang sering dihampiri oleh banyak orang dari luar negeri, yang kebanyakan tujuannya bersinggah.

Motif Rincong

Gambar Batik Aceh

Gambar Batik Aceh Motif Rincong via helloacehku.com

Diambil dari nama rencong, yaitu senjata tradisional khas Aceh. Provinsi paling barat di Indonesia satu ini juga dikenal sebagai Tanah Rencong. Arti dari motif ini yaitu makna yang keras, tegas, dan berwibawa. Ya, begitulah orang Aceh. Lihat kan motif batiknya ada rencongnya? Yang bentuknya melengkung berwarna kuning itu loh!

Motif Bungoeng Jeumpa atau Bunga Jempa

Gambar Batik Aceh

Gambar Batik Aceh Motif Bungong Jeumpa via batik-online-shop.blogspot.co.id

Bunga Jempa hanya nama lain khas Aceh dari nama bunga kantil. Bunga ini bisa gampang kamu temui di berbagai daerah Aceh. Motif batik dari bunga jempa ini melambangkan atmosfer natural yang selaras dengan alam.

9. Batik Cirebon

Menurut alkisahnya, awal batik Cirebon tercipta yaitu oleh Sunan Gunung Jati saat menyebarkan agama islam melalui kegiatan membatik. Beberapa motif di antaranya seperti Motif Mega Mendung

Gambar Batik Cirebon

Gambar Batik Cirebon Motif Mega Mendung via medogh.com

Mega Mendung ini menjadi ikon batik Cirebon. Motifnya bergambar awan dengan warna tegas.

Sawat Pengantin

Gambar Batik Cirebon

Gambar Batik Cirebon Motif Sawat Pengantin via batik-cirebon.web.id

Motif ini bermakna kesatuan dalam pernikahan yang punya harapan bahagia dan cinta.

Oh iya, baca juga: Alasan Mengapa Kamu Harus Memakai Batik Mega Mendung

Paksinaga Liman

Gambar Batik Cirebon

Gambar Batik Cirebon Motif Paksinaga Liman milakusuma.wordpress.com

Motif ini didasari dari simbol kerajaan Cirebon.

Singa Barong

Gambar Batik Cirebon

Gambar Batik Cirebon Motif Singa Barong via batik-tulis.com

Jadi bukan hanya di Bali saja, di Cirebon juga ada motif batik Singa Barong. Motif ini diambil dari nama kereta khas Cirebon pada zaman kerajaan dulu. Mungkin keretanya juga bisa mengaung kayak singa yang di hutan gitu ya..

10. Batik Jombang

Jombang yang dikenal dengan kota Santri ini juga punya batik sendiri. Ada 2 elemen yang tergambar pada warna dasar lambang daerah Jombang, yaitu warna hijau dan merah, yang bagi masyarakat Jombang artinya berdampingan dan harmonis.

Usia batik Jombang juga sudah terbilang sangat tua, yaitu waktu zaman Majapahit.

Gambar Batik Jombang

via fitinline.com

Ini gambar batik jombang warna hijau

Gambar Batik Jombang

via fitinline.com

Ini gambar batik jombang warna merah

Seiring berkembangnya zaman, Batik Jombang juga memunculkan inovasi dengan berbagai baju batik modern. Seperti Motif bunga melati, motif tebu, motif cengkeh, motif pohon jati.

11. Batik Banten

Selain Pantai Sawarna, batik Banten juga nggak kalah indah. Berawal dari peradaban kebudayaan Banten yang pernah maju pada abad 16. Saat itu banyak pendatang dari luar nusantara yang berdagang rempah-rempah. Maka saat itu pula, Banten mengeluarkan batik cantik yang penuh variasi.

Beberapa di antaranya adalah Motif Sabakingking

Gambar Batik Banten

Gambar Batik Banten Motif Sabakingking via batikindonesia.com

Motif dasarnya bercorak segi empat. Sabakingking diambil dari nama gelar Panembahan Sultan Maulana Hasanudin, raja pertama di kerajaan Banten yang berjaya pada tahun 1552-1570.

Motif Mandalikan

Gambar Batik Banten

Gambar Batik Banten Motif Mandalikan via asombatik.blogspot.co.id

Motif dasarnya yaitu belah ketupat yang membentuk bunga di tengah-tengah bintang.

Mandalikan sendiri diambil dari nama gelar pangeran Banten, yaitu Pangeran Aria Mandalika.

Motif Srimanganti

Gambar Batik Banten

Gambar Batik Banten Motif Srimanganti via asombatik.blogspot.co.id

Motif dasar tumpal bergerigi ganda dan ceplok lingkaran serta setengah bulatan dalam lingkaran. Srimanganti diambil dari nama pintu gerbang keraton yang beratap di Banten, yaitu Sri Manganti.

Motif Pasepen

Gambar Batik Banten

Gambar Batik Banten Motif Pasepen via budaya-indonesia.org

Motif dasarnya persegi empat dengan bunga dan lingkaran. Pasepen diambil dari sebuah nama ruang di keraton yang dijadikan tempat semedi Sultan Banten.

Motif Pejantren

Gambar Batik Banten

Gambar Batik Banten Motif Pejantren fitinline.com

Motif dasarnya bunga cengkeh. Sementara Pejantren sendiri diambil dari nama pemukiman masyarkat Banten. Kebanyakan profesi mereka adalah penenun kain batik.

Motif Kapurban

Gambar Batik Banten

Gambar Batik Banten Motif Kapurban via heartlandfairfield.com

Motif dasarnya ketupat dengan hiasan bunga-bunga. Kapurban diambil dari nama gelar pangeran Banten, yaitu Pangeran Purba.

Motif Pasulaman

Gambar Batik Banten

Gambar Batik Banten Motif Pasulaman via fitinline.com

Motif dasarnya belahan ketupat yang berada dalam lingkaran segi empat. Seperti nama motifnya, Pasulaman diambil dari nama pemukiman masyarakat Banten yang kebanyakan berprofesi sebagai penyulam.

Motif Kawangsan

Gambar Batik Banten

Gambar Batik Banten Motif Kawangsan via asombatik.blogspot.co.id

Motif dasarnya bunga bergerigi, perpaduan dari bentuk daun-daunan dan buah-buahan. Kawangsan diambil dari sebuah gelar pangeran Banten, yakni Pangeran Wangsa.

Motif Pamaranggen

Gambar Batik Banten

Gambar Batik Banten Motif Pamaranggen via asombatik.blogspot.co.id

Motif dasarnya belahan ketupat dengan variasi bunga-bunga yang berada di tengah. Pamaranggen diambil dari nama pemukiman masyarakat Banten yang kebanyakan profesinya sebagai pembuat keris.

Motif Pancaniti

Gambar Batik Banten

Gambar Batik Banten Motif Pancaniti via asombatik.blogspot.co.id

Yang ini juga motif dasarnya belahan ketupat berbentuk bunga matahari dengan variasi lingkaran polos. Pancaniti sendiri diambil dari nama tata ruang keraton, tempat raja menyaksikan pelatihan para prajuritnya.

12. Batik Tulungagung

Gambar Batik Tulungagung

Gambar Batik Tulungagung Motif Baronggung via eastjava.com

Tuh gambar batik Tulungagung dengan motif Baronggung, yang termasuk salah satu motif paling populer di Tulungagung.

Jadi, yang kebanyakan orang mengenal Tulungagung sebagai kota penghasil marmer, ternyata di sana juga ada sentra pusat pembuat batik indah dan menawan loh. Hingga kini seni membatik di Tulungagung masih berkembang.

Kota di Jawa Timur ini punya Desa Wisata Batik, seperti Desa Sembung dan Desa Majan. Banyak wisatawan yang menjejakkan kaki di Tulungagung. Tujuannya untuk belajar sejarah batik sampai belajar membatik. Sebab sejarah batik Tulungagung terbilang panjang.

Oh iya baca juga ya: Sejarah Batik yang Tak Pernah Terhapus Hingga Kapanpun!

Batik Tulungagung dikenal punya motif yang bervariatif indah dan cerah serta berani seperti motif Baronggung tadi. Itulah mengapa masyarakat Tulungagung bangga dengan batik Tulungagung. Seperti 3 jenis batik yang diambil dari nama daerah pembatikan, yaitu Batik Majanan, Batik Bangoan, dan Batik Kalangbret.

Yang harus kamu ketahui lagi, batik Tulungagung juga punya lebih dari 80 motif, di antaranya Motif Sidomukti, Buket Ceprik Pacit Ungker, Ceprik Pacit Kroto, Buket Ceprik Gringsing, Lereng Buket, dan masih banyak lagi.

13. Batik Kediri

Kamu tahu Prof Dr. Khoirul Anwar nggak? Itu loh, penemu teknologi 4G berbasis OFDM. Beliau kan lahir di Kediri, Jawa Timur.

Namun terlepas dari Prof Dr. Khoirul Anwar itu siapa, pokoknya di Kediri juga menghasilkan baju batik yang memiliki ragam motif seperti Motif Batik Gumul

Gambar Batik Kediri

Gambar Batik Kediri Motif Gumul via mikalarumahbaju.wordpress.com

Yang ini sangat elegen dan cocok dengan kepribadian masyarakat Kediri.

Motif batik ini tercipta sekitar tahun 1980. Merupakan motif yang mengikuti bentuk monumen Simpang Lima Gumul, ikon Kabupaten Kediri yang menyerupai Monumen L’ Arch D’triomph di Perancis Eropa.

Motif dasarnya adalah kumpulan bola dan titik yang bermakna Bolleches. Dalam bahasa Belanda, Bolleches artinya kumpulan titik dan bola kecil yang divariasikan dengan bunga-bunga.

Ada juga berbagai motif yang menampilkan burung garuda yang dianggap sebagai ikon. Seperti Motif Muka Sekar Jagad via craftincraft.com

Motif ini memperlihatkan sosok gagahnya garuda burung. Keren ya! Kediri memang hebat!

14. Batik Kudus

Jadi bukan hanya penghasil kretek saja, Kudus juga menghasilkan batik sejak tahun 1935. Gambar batiknya beragam karena dulu para pengrajin batik Kudus juga beragam. Ada yang dari etnis Cina dan ada juga yang Pribumi.

Motif yang dibuat oleh etnis keturunan Cina, ciri khasnya halus dan terlihat rumit. Kebanyakan sih dipakai oleh masyarakat kalangan menengah ke atas.

Sementara motif yang dibuat oleh pribumi, ciri khasnya memiliki makna budaya Islam. Karena Kudus memiliki sejarah kental dengan Sunan Kudus.

Salah satu motif batik terkenal lainnya di Kudus adalah Motif Kapal kandas

Gambar Batik Kudus

Gambar Batik Kudus Motif Kapal Kandas via muriabatikkudus

15. Batik Jepara atau Batik Kartini

Setelah dari Kudus, kita ke sonoan dikit yuk, ke Jepara. Nggak jauh kok dari Kudus.

Jadi, selain terkenal dengan ukiran properti yang sudah diekspor ke luar negeri, atau Pulau Karimun Jawa yang indah, Jepara juga punya batik dengan ragam gambar batik yang cantik.

Batik Jepara sudah ada waktu zaman R.A. Kartini. Beliau kan ikut mempopulerkan Batik Jepara secara meluas.

Motif batik Jepara diambil dari ukir-ukiran khas Jepara. Seperti Motif Kembang Setaman

Gambar Batik Jepara

Gambar Batik Jepara Motif Kembang Setaman via smp-prosit.com

Motif batik ini punya makna keindahan pada taman bunga yang selalu dikerubungi kupu-kupu cantik dan mungil.

Motif Sekar Jagat Bumi Kartini

Gambar Batik Jepara

Gambar Batik Jepara Motif Sekar Jagat Bumi Kartini via tenunjepara.com

Ini nih motif batik yang sudah dikenal di luar negeri. Ikut bangga dong~

Motif Lung-Lungan

Gambar Batik Jepara

Gambar Batik Jepara Motif Lung-lungan via pinterest.com

Motif batik ini terjemahan dari berbagai relief ukiran khas Jepara. Wah, indah sekali.

Motif Parang Jeporo atau Parang Poro

Gambar Batik Jepara

Gambar Batik Jepara Motif Parang Poro via pinterest.com

Kalau motif batik ini punya makna tegas. Tentang kehidupan manusia yang harus dijalani secara bersamaan, selaras dengan manusia lainnya. Karena seyogianya manusia kan makhluk sosial.

Motif Elung Bimo Kurdo

Motif batik ini menggambarkan sosok Bima, tokoh wayang yang punya kekuatan super. Kamu yang cowok, kalau pakai batik motif Elung Bimo Kurdo, pasti akan terlihat maco!

Motif Sido Arum

Motif batik ini punya makna kehidupan manusia. Diharapkan supaya manusia bisa memanfaatkan jabatan dengan baik. Mentang-mentang punya jabatan tinggi, nggak boleh songong. Begitu maksudnya.

16. Batik brebes

Gambar Batik Salem Brebes

Gambar Batik Salem Brebes via websprogramming.com

Selain telur asinnya yang lezat (mau dijadikan lauk atau digadoin, pokoknya lezat), Brebes juga memproduksi batik Brebes. Seperti Batik Salem. Jenis batik ini sudah menjadi identitas sekaligus kekayaan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Batik Salem juga punya bermacam motif. Seperti Motif Kopi Pecah, Manggar, Ukel

Oh iya, Batik Salem ini udah kondang loh bagi warga Singapura. Terbukti pada September 2015, melalui ajang yang bernama Singlap South Comunity Centre di Singapura, Batik Salem mendapat banyak apresiasi dari warga Singapura.

Tuh, Batik Salem udah Go Internasional!

17. Batik Minangkabau

Gambar Batik Minangkabau

Gambar Batik Minangkabau via kaskus

Kalau kamu sudah baca sampai sini, kamu juga harus tahu kalau Minangkabau juga punya kain batik tenun yang terlihat cantik sekali. Soalnya kalau ngobrolin Minagkabau, kebanyakan orang lebih mengenal kain balapak yang jadi pakaian adat Minangkabau. Padahal ternyata, Batik Minangkabau juga nggak kalah indahnya dengan batik dari daerah lain.

Jadi, Batik Minangkabau yang biasa orang Minangkabau sendiri menyebutnya “batik tanah liek” atau tanah liat, karena pewarna batiknya menggunakan tanah liat, ternyata punya motif yang terinspirasi dari binatang-binatang seperti kuda laut dan burung hong. Sedangkan motif lainnya seperti lukisan non figur.

Dulu warna Batik Minangkabau cuma ada dua, yaitu warna tanah dan hitam. Warna tanah dihasilkan dari rendaman kain dalam cairan tanah liat. Kalau yang hitam dihasilkan dari cairan kulit jengkol, setelah itu direndam di dalam air.

Tapi sebetulnya banyak pewarna alam lain yang digunakan untuk mewarnai batik tanah liet ini. Selain dari kulit jengkol, ada yang dari kulit rambutan, kulit mahoni, kulit gambir, daun jerami dan lain-lain.

Kalau sekarang mah warnanya bukan hanya hitam atau tanah liat saja, tapi sudah banyak. Minangkabau juga penuh inovasi dalam soal tekstil.

18. Batik Jogja

Wah! Kalau daerah yang satu ini sih juga nggak perlu diragukan lagi soal batiknya. Kamu kalau jalan-jalan ke sepanjang Yogyakarta, bisa dipastikan bertemu dengan orang-orang yang pakai batik Jogja. Baik itu gamis batik, dress batik, gaun batik, rok batik, sampai baju batik couple juga banyak. Wajar sih, budaya di Jogja kan kental, salah satunya ya budaya batik Jogja ini, yang sudah menjadi salah satu sentra batik terkenal di Indonesia.

Berbagai motif batik Jogja meliputi Motif Sekar Jagad

Gambar Batik Jogja

Gambar Batik Jogja Motif Sekar Jagad via batikthokmotifkhasyogyakarta.blogspot.co.id

Yang ini dipakai ketika acara pernikahan, supaya suasana bahagia.

Gambar batik Sekar Jagad memang indah. Pantas aja waktu Oktober 2015 kemarin, Ratu Denmark Her Majesti Margrethe II berkunjung ke Jogja dan memborong Batik Motif Sekar Jagad ini.

Motif Pamiluto

Gambar Batik Jogja

Gambar Batik Jogja Motif Pamiluto via anihaqqi.wordpress.com

Yang ini dipakai pas acara tunangan. Supaya dari pihak calon pengantin saling melekat.

Motif Ciptoning

Gambar Batik Jogja

Gambar Batik Jogja Motif Ciptoning via batikthokmotifkhasyogyakarta.blogspot.co.id

Yang ini dipakai pas acara resmi.

Motif Wahyu Tumurun Cantel

Gambar Batik Jogja

Gambar Batik Jogja Motif Wahyu Tumurum Cantel via batikthokmotifkhasyogyakarta.blogspot.co.id

Dipakai pengantin pada acara ketemu pengantin.

Duh, pokoknya banyak deh gambar batik Jogja.

19. Batik Toraja

Sampai akhirnya kita ke Toraja nih. Ya, daerah Sulawesi Selatan yang terkenal memiliki kopi yang nikmat dan kerbau termahal di dunia ini, ternyata punya batik yang motifnya indah sekali. Ini nih gambar batik Torajanya.

Gambar Batik Toraja

Gambar Batik Toraja via blog-senirupa.blogspot.com

Gambar Batik Toraja

Gambar Batik Toraja via fitinline.com

Keren ya gambar batik Toraja!

 

Bersyukur lah akhirnya kamu jadi tau banyak soal batik melalui penjelasan di atas beserta gambar batik. Nelson Mandela aja bersyukur kok. Kalau enggak, beliau nggak akan pernah pakai baju batik, bahkan sampai mempromosikan model baju batik Indonesia ke luar negeri segala.

Pokoknya, kita harus bangga kepada batik. Selayaknya kamu juga ikut membangun dan peduli untuk melestarikan dong. Kalau kamu bukan pedagang batik, ya seenggakna harus punya batik. Model batik sekarang kan trendi. Bisa menyesuaikan acara yang kamu datangi. Jadi, jangan pernah ragu untuk memakai batik sesering mungkin.

Oh iya, berhubung kamu sudah baca sampai sini, jangan lupa share ya! Hehe