Home Fauna 50+ Ikan Hias di Dunia yang Harus Kamu Tau!

50+ Ikan Hias di Dunia yang Harus Kamu Tau!

SHARE
ikan hias
Gambar Ikan Rainbowfish via fishbreeds.net

Melihat alam selalu dipenuhi kejutan ikan yang beragam, unik, dan susah untuk dihitung jumlahnya, rasa-rasanya kamu harus tau, apa saja sih ikan hias yang ada di dunia ini. Yuk, kita bahas supaya pengetahuanmu soal alam dan ikan semakin bertambah.

1. Oscar

ikan hias
Gambar ikan oskar via selingkaran.com

Oscar atau Ikan Oskar, adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer di Indonesia. Kalau diperhatikan sih memang mirip ikan Gurame yang biasa kita nikmati. Tapi ternyata beda kalau kamu liat dari sisi warna sisiknya. Yang pasti lebih bagus Ikan Oskar dong.

Di Indonesia yang jual ikan hias air tawar ini banyak. Karena Ikan Oscar nggak hanya ada satu macam loh. Ada Ikan Oskar warna putih pucat dengan corak oranye, ada putih polos atau malah albino, sampai Oskar Tiger juga ada, jadi sisiknya belang-belang kayak macan gitu.

Ikan hias yang ketika melahirkan bisa menghasilkan ribuan bayi sekaligus ini, merupakan jenis ikan yang bisa jinak dan bisa belajar mengenali pemiliknya. Kalau di Florida, Ikan Oskar menjadi ternakan ikan hias air tawar yang sudah tersedia dalam bentuk akuarium. Menjadi perternak Ikan Oskar di Florida bisa mendatangkan kemapamanan juga loh.

Ya maklum, ikan hias air tawar satu ini kalau menggeliat juga akan terlihat lucu banget sih. ūüôā

2. Arwana

ikan hias
Gambar Ikan Arwana via oscarfishlover.com

Ini nih salah satu ikan hias air tawar kelas tinggi dengan harga jutaan. Artinya, memelihara Ikan Arwana berarti harus bisa menentukan berapa banyak biaya yang kudu dikeluarkan untuk menghidupinya. Semakin banyak Arwana, artinya semakin banyak biaya yang dikeluarkan.

Di Indonesia udah berjubel-jubel pedagang yang jual ikan hias air tawar cantik satu ini. Karena di Indonesia Arwana terbilang super populer di kalangan pecinta ikan hias air tawar.

Maklum, penampilannya eksotik dan kalem gitu. Eh, tapi di balik karakter kalemnya, sesungguhnya Arwana bisa menyerang dengan kekuatan gesit dan brutal loh. Jadi jangan harap ada ikan hias air tawar lainnya yang bisa pergi bebas ketika sedang berdekatan dengan Ikan Arwana.

Kehebatan lain yang dimiliki Arwana adalah kalau melompat keluar air bisa mencapai 6 kaki ke udara. Wuih, bukan ukuran yang pendek tuh. Dan kalau kamu nggak percaya, coba aja kamu pancing dengan serangga. Kalau akhirnya terbukti bisa, kamu akan membayangkan bagaimana Ikan Arwana ternyata tergolong ikan hias air tawar yang menakutkan.

Maka sebaiknya kamu melakukan hal itu ketika memiliki kolam ikan hias aiir tawar khusus. Dalam ukuran agak besar dan panjang. Soalnya nggak kebayang kalau dilakukan di aquarium kecil lalu ikan Arwananya melompat dari aquarium dan jatuh ke lantai.

Bahkan nih ya, ada sebuah video yang menunjukkan Ikan Arwana yang meloncat dari dalam aquarium yang ukurannya panjang dan tertutup. Videonya ada di bawah ini nih.

Oh iya, baca juga ya: Jenis Ikan Hias Arwana yang Populer

3. Goldfish

ikan hias
Gambar Ikan Maskoki via aquariumfish.net

Biasa kita menyebutnya Maskoki. Banyak sekali yang menyukai ikan hias air tawar satu ini. Ya karena bentuknya lucu, mukanya imut, warnanya juga bagus. Liat aja kalau mereka lagi jalan, terlihat lucu banget kan karena jalannya sambil menggeleng-gelengkan kepala? Hihihi

Oh iya, baca juga ya: Berbagai Macam Ikan Hias Koki Lucu dan Menggemaskan

Ikan Maskoki juga bisa hidup di perairan yang permukaannya membeku, selama masih ada cukup oksigen dan airnya nggak mengeras sepenuhnya. Dan yang jelas, di Indonesia yang jual ikan hias air tawar satu ini banyak sekali. Bisa dipastikan ada di setiap kios ikan manapun. Karena Maskoki sudah lama populer di Indonesia.

Asal kamu tahu nih, ikan hias air tawar ini nggak punya perut. Oleh karena itu kamu harus memberi makanan kecil dalam jumlah banyak (sesuai takarannya) supaya bisa dicerna dengan mudah. Ini mengapa Ikan Maskoki menghasilkan banyak kotoran dan selayaknya kamu memerlukan filter untuk selalu menjaga kebersihan air di aquarium.

Pertanyaan yang tepat untuk jenis ikan hias air tawar ini adalah, ‚ÄúBerapa lama Maskoki bisa bertahan hidup?” Wah, Maskoki bisa bertahan hidup sampai puluhan tahun loh. Tergantung perawatannya.

Kalau kamu meletakkan mereka di aquarium ukuran kecil, maka bisa menghambat pertumbuhan mereka. Tapi kalau kamu rawat di aquarium ukuran besar, kamu bisa menjadi saksi atas pertumbuhan Maskoki yang cepat kok.

Memelihara Maskoki itu menyenangkan. Percayalah, mereka telah dijadikan ikan hias air tawar sejak ribuan tahun yang lalu.

4. Bettafish

ikan hias
Gambar ikan Cupang via aquariumfish.net

Biasa disapa Ikan Cupang. Berseri dengan ragam warna yang cantik, tapi gampang sekali untuk memutuskan pertarungan dengan Ikan Cupang lainnya. Bahkan dengan ikan hias air tawar lainnya yang seukuran dengan Ikan Cupang.

Mereka akan bertambah cantik jika dijadikan hiasan dengan cara dipelihara di dalam vas kaca yang ada di ruangan rumah kamu, dan inilah yang menjadi alasan bagi para pedagang ikan hias di Indonesia. Tenang aja, yang jual ikan hiar tawar kecil dan cantik ini banyak kok.

Dan tahukan kamu, kalau Cupang juga menjadi salah satu ikan hias air tawar yang hidup di leher? Eh, maksudnya, kemampuan unik Ikan Cupang yaitu bisa menghirup oksigen langsung dari udara, mengambil oksigen langsung dari insang juga bisa. Selagi tubuh mereka tetap lembab aja sih. Hebat ya!

Ikan hias air tawar cantik ini¬†terbagi dari beberapa bentuk warna dan ekor yang berbeda. Yang paling umum adalah ‚ÄúVeil Tail.‚ÄĚ Lalu jenis ekor lainnya seperti ‚ÄúHalf-Moon,‚ÄĚ ‚ÄúDouble Tail,‚ÄĚ ‚ÄúShort-Finned Fighting-Style Tail,‚ÄĚ dan ‚ÄúCrown Tail.‚ÄĚ

5. Discus

ikan hias
Gambar ikan Discus via hubpages.com

Ikan hias air tawar yang berasal dari lembah sungai Amazon, Amerika Selatan. Budidayanya tersebar di beberapa negara Asia dalam bentuk industri besar. Karena wajar. Yang kamu lihat pada gambar di atas juga membuktikan kalau bentuk Ikan Discus sangatlah menarik. Memiliki warna yang cerah dan sangat populer bagi para pecinta ikan hias air tawar. Mantap!

Ada tiga spesies dari Ikan Discus ini, yaitu Discus Biru, Discus Coklat, dan Discus Hijau. Jenis Discus Hijau (Symphysodon Aequifasciatus) ini unik loh. Karena bisa menghasilkan susu untuk bayinya. Jadi susunya bukan dalam bentuk susu yang sering kita minum itu. Susunya adalah sekresi berbasis lendir yang melapisi tubuhnya, tapi tetap kaya protein dan antibodi dong.

Oh iya, yang jual ikan hias air tawar ini juga semakin ke sini semakin banyak ya. Karena terbukti bisa menghasilkan daya tarik menarik dari sisi warna tubuhnya. Selain itu juga karena melihat fakta kalau Ikan Discus terdaftar sebagai spesies terancam punah di habitat alami.

Mangkannya kamu buru-buru beli dan rawat ikan hias air tawar ini dengan baik. Kalau bisa sih dibudidaya sekalian.

Ikan Discus punya tubuh pipih segitiga agak bulat. Siripnya panjang dan besar, serta punya mulut kecil dengan mata merah kecil yang cerah. Ikan Discus juga dikenal sebagai ikan hias air tawar yang ramah ketika membaur bersama kelompoknya, tapi akan terlihat agresif ketika sudah kenal asmara. Wuihh, kamu banget ini nih! Hihihi

6. Neon/Injel

ikan hias
Gambar ikan Neon/Injel via fishlaboratory.com

Ikan Neon sering digambarkan sebagai permata dari pecinta ikan hias air tawar.

Kalau kamu pernah liat, bisa jadi kamu akan setuju mengapa mereka menjadi salah satu jenis ikan hias air tawar tropis yang populer. Dengan tubuh biru dan ekor merah terang, Ikan Neon menciptakan percikan warna yang sangat menarik dari dalam akuarium.

Ide yang menyenangkan untuk dijadikan tontonan di kala mata kamu butuh yang segar-segar.

7. Koi

ikan hias
Gambar ikan Koi via nylten.deviantart.com

Ikan Koi juga cantik banget. Nggak heran kenapa akhirnya banyak orang yang pasang tatto di badan dengan motif Ikan Koi.

Di negara Jepang, ikan hias air tawar ini dijadikan simbol cinta dan persahabatan. Di kota besar Jepang juga banyak got dengan air besih yang terdapat banyak ikan Koi yang hidup bebas. Kalau di sini mah nggak sampai sehari bisa dicuri itu ikan.

Tapi di Jepang juga pernah ada kok Ikan Koi yang bernama Hanako, dialah satu-satunya Ikan Koi yang bisa hidup selama 226 tahun. Itu terjadi sejak tahun 1751 sampai 1977. Sementara usia Ikan Koi pada umumnya hanya sampai 30 tahunan. Keren ya Hanako.

Oh iya, waktu itu juga ada ikan sejenis Koi yang namanya Human-faced Carp. Ia terkenal karena memiliki wajah mirip dengan manusia. Kece!

Tapi yang terpenting, yang jual ikan hias air tawar cantik ini banyak. Ide bagus kalau kamu punya kebun atau taman di rumah. Membuat kolam yang dipenuhi Ikan Koi selalu membuahkan hasil taman menjadi terlihat cantik.

8. Flowerhorn

ikan hias
Gambar ikan Luo Han via aquarist-classifieds.co.uk

Di sini kita sebut Luo Han atau biasa diucap dengan Ikan Lohan. Salah satu ikan hias air tawar populer di Asia, di mana banyak orang percaya bahwa ikan Lohan akan membawa kekayaan kepada pemiliknya. Katanya sih gitu.

Ikan hias air tawar ini tercipta dengan ragam warna yang cantik. Dan seiring bertumbuh dewasa, pola warnanya akan berubah menjadi semakin bagus.

Ciri khas lainnya pasti kamu udah tahu, yaitu kepalanya yang menyembul ke depan. Tapi sayangnya ikan ini gampang nyaplok apapun yang mereka mau. Jadi jangan coba-coba tangan kamu mendekati ikan ini ya! Oh tapi yang ini pasti kamu sudah tau lah. Dan kamu juga udah tau kan kalau yang jual ikan hias air tawar ini banyak?

Tapi hal lain yang harus kamu tau, Ikan Luo Han punya banyak jenis. Di antaranya Luo Luo Han, Luo Han Cencu atau Zenzhu, Kamfa atau Golden Flower, Golden Red, Louhan Super Red Texas (SRT), Rainbow King, Super Red Synspillum (SRS), dan Louhan Strom.

Dengar-dengar ketujuh jenis di atas merupakan jenis Luo Han termahal di dunia loh.

9. Guppy

ikan hias
Gambar ikan Guppy via 123rf.com

Ikan Hias Guppy juga sangat populer di berbagai negara. Biasa disebut disebut sebagai ‚ÄúSejuta Ikan‚ÄĚ karena tingkat berkembang biaknya banyak dan subur.

Habitat ikan hias air tawar Guppy ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah. Awal perkenalan Guppy ke berbagai negara tujannya untuk mengendalikan populasi nyamuk.

Yang harus kamu tau lagi nih, mereka adalah jenis ikan hias kecil dan cantik yang sangat menyenangkan untuk dijadikan tontonan. Karena selain cantik, mereka juga tergolong perenang cepat. Mereka selalu saling mengejar satu sama lain. Menarik banget untuk dijadikan tontonan di aquarium.

Kelihatannya sih normal ya untuk jenis ikan hias air tawar kecil dan lincah ini. Tapi mereka sebenarnya bisa menggigit ikan sejenisnya loh. Seperti mengejar sampai ikan Guppy lainnya mati.

Maka sarannya, sebaiknya kamu harus sesuaikan aquariumnya. Jadi jangan pakai aquarium yang terlalu kecil. Kalaupun aquariumnya sedang atau besar, usahakan agar memberi hiasan dengan tanaman dan dekorasi aquarium, supaya mereka yang saling kejar-kejaran bisa ada yang bersembunyi dari ikan hias air tawar yang tergolong pengganggu dan usil ini.

10. Angelfish

ikan hias
Gambar Ikan Malaikat via animal-world.com

Biasa disebut sebagai Ikan Malaikat. Ini juga salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer karena bentuknya pipih dengan warna yang cantik. Dipercaya bisa memberi rahmat dan keindahan untuk kolam ikan.

Mereka bukan golongan ikan hias air tawar yang mudah dirawat, kecuali jika kamu siap selalu memberi perhatian khusus. Seperti menempatkan mereka di kolam yang besar dan nggak sesak, maka selain bisa bikin sehat, ukuran tubuh mereka juga bisa mencapai hampir sepuluh inci.

Variasi Ikan Malaikat lainnya seperti Marbles, Zebras, Leopards, Half blacks, Veils, Golds, dan lainnya.

Oh iya, baca juga ya: Jenis-jenis Ikan Hias Aquarium yang Direkomendasikan untuk Pemula

11. Palmas

ikan hias
Gambar Ikan Palmas via trussty.com

Ikan Palmas atau Bichir ini adalah jenis ikan predator. Tapi tubuhnya eksotis, mirip mahluk zaman purba. Itu alasan mengapa banyak orang yang mengoleksi Ikan Palmas sebagai ikan hias air tawar.

Kalau dimasukan ke dalam aquarium, mereka akan memilih untuk beraktivitas di dasar aquarium.

Ciri khas uniknya adalah mampu berjalan dengan siripnya. Jenisnya juga banyak, di antaranya yaitu Barred bichir (Polypterus delhezi), Saddled Bichir (Polypterus endlicheri), Ornate bichir (Polypterus ornatipinnis), Gray bichir (Polypterus senegalus), dan lainnya.

12. Jack Dempseys

ikan hias
Gambar Ikan Jeck Dempsey via flickr.com

Jack Dempsey adalah ikan hias air tawar yang populer dan berasal dari perairan keruh yang hangat di Amerika Tengah. Memiliki warna dasar coklat gelap keabu-abuan, dan menampilkan banyak bintik-bintik biru atau hijau warna-warni yang terlihat sangat intens.

Bukan hanya cantik, tapi juga terlihat spektakuler. Mengurusnya juga tergolong mudah. Karena mereka mau makan apa aja.

Selain cantik dan spektakuler, mereka juga jenis ikan hias air tawar yang kuat. Selalu punya cara terbaik untuk melakukan pertahanan hidup. Bisa lah kamu merawat mereka.

13. African Jewelfish

ikan hias
Gambar Ikan African Jewelfish via petsworld.in

Nama ilmiahnya Hemichromis Lifalili, asalnya dari Afrika Barat. Jenis ikan hias air tawar yang punya warna indah, tapi sayangnya hobi berantem.

Spesies ini warnanya banyak. Dan karena mereka tergolong ikan hias yang agresif, artinya kamu harus punya aquarium yang ukurannya sedang atau bahkan besar, supaya hidupnya leluasa.

14. Mandarinfish

ikan hias
Gambar Ikan Mandarin via earthnworld.com

Biasa disebut Ikan Mandarin. Jenis ikan hias air tawar yang cantik dan lucu banget. Corak tubuhnya indah kayak lukisan abstrak gitu. Karena corak tubuh yang colorfull ini, jadi wajar kalau mereka merupakan jenis ikan hias dengan harga mahal.

Raparapa sangat menyayangkan karena mereka nggak bisa pakai bahasa Mandarin.

15. Ikan Moorish Idol

ikan hias
Gambar Ikan Moorish Idol via flickr.com

Kalau ini ikan laut kecil yang memiliki warna kuning, hitam, putih dalam satu jenis. Kalau kamu pernah melihat langsung, pasti akan mengakui kecantikan ikan hias air laut ini.

Dan karena bentuknya lucu dan warnanya menarik, maka banyak orang yang memelihara mereka ke dalam aquarium ikan hias. Namanya juga lucu dan menarik, Moorish.

16. Regal Tang

ikan hias
Gambar Ikan Regal Tang via top10hm.net

Yang ini juga nggak kalah lucunya, dan itulah alasan mengapa banyak orang yang memfavoritkan Regal Tang di kalangan pecinta ikan hias aquarium.

Regal Tang adalah jenis ikan air laut yang warnanya biru tua, hitam dengan ekor kuning.

Ciri khas lainnya yaitu punya pisau kecil dari zat kapur yang disembunyikan di sirip ekornya. Pastinya untuk dijadikan pertahanan ketika bertemu predator dong.

17. Belida/Belido

ikan hias
gambar Ikan Belida via pacuan-usang.blogspot.com

Sebenarnya namanya Ikan Lopis, tapi lebih populer dengan sebutan Ikan Belida atau Belido, atau biasa disebut juga sebagai ‚ÄúKnife Fish‚ÄĚ.

Mereka asalnya dari Sumatera Selatan. Dan karena tampilannya unik yaitu mirip seperti pisau, akhirnya banyak orang yang menjadikan Ikan Belida sebagai ikan hias.

18. Bala Shark

ikan hias
Gambar Ikan Bala Shark via rightpet.com

Ini bukan jenis Ikan Hiu kok. Cuman bentuk tubuhnya aja yang mirip terpedo dengan sirip besar. Makanya dinamakan Bala Shark.

Ikan hias air tawar ini panjangnya bisa mencapai 35 cm. Bentuknya cukup bagus dan ramping. Tergolong jenis ikan yang mudah membaur dengan ikan tropis lainnya. Pelihara mereka gih!

19. Black Molly

ikan hias
Gambar Ikan Black Molly via aquariumfish.net

Nama latinnya Poecilia Sphenops. Ikan hias kecil yang perutnya buncit. Udah buncit, warnanya hitam pula. Eh, tapi yang suka dan memelihara banyak loh.

Black Molly ini jenis ikan hias air tawar yang bisa melahirkan. Meskipun perawatannya agak susah. Jadi kudu perlu perhatian khusus supaya bisa hidup tahan lama.

20. Blackline Penguin

ikan hias
Gambar Ikan Blackline Penguin via jurnalaquascape.com

Jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amazon. Ciri khas yang paling dikenal yaitu memiliki warna tubuh dengan pola garis lurus dari insang hingga ujung ekor kayak burung Penguin. Cakep sekali!

21. Blue Gourami

ikan hias
Gambar Ikan Blue Gourami via pinterest.com

Biasa disebut Ikan Sepat Biru. Ini jenis ikan hias tawar yang kuat dan agak agresif, karena memiliki gairah untuk bertarung satu sama lain. Tubuhnya berbentuk pipih dengan moncong runcing dan sempit. Sementara warna tubuhnya perak kehijau-hijauan atau perak kebiru-biruan.

Di Indonesia yang jual ikan hias air tawar Blue Bourami banyak banget!

22. Boesemani Rainbowfish

ikan hias
Gambar Ikan Boesemani Rainbowfish via pinterest.com

Kalau yang ini salah satu spesiesnya Rainbowfish. Jadi Rainbowfish punya banyak spesies, dan Boesemani Rainbowfish merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar populer di dunia.

Ciri khas tubuhnya berwarna biru, sebagian tubuhnya lagi berwarna kuning oranye. Beberapa spesies lainnya juga terdapat warna perak-hitam. Mantap sekali!

23. Brichardi Cichlid

ikan hias
Gambar Ikan Brichardi Cichlid via cichlids.com

Ikan hias air tawar ini asalnya dari Afrika. Ciri khas tubuhnya berwarna coklat pucat, tapi punya corak warna cerah di bagian insang.

Dikenal sebagai ikan agresif, dan ketika sifat agresifnya mencuat keluar, maka tubuhnya akan memanjang dengan sisik yang sangat terlihat jelas. Wuihhh!

24. Bronze Cory

ikan hias
Gambar Ikan Bronze Cory via aquaticmag.com

Kalau ikan hias air tawar ini berasal dari Venezuela, Amerika Selatan. Alasan mengapa banyak yang mempopulerkan Bronze Cory, yaitu karena mereka dikenal sebagai tukang bersih-bersih. Cleaning Serice kali, ah!

Eh, tapi memang benar kok. Jadi kalau kamu pelihara Bronze Cory di aquarium, maka aquarium kamu akan selalu kinclong. Buktikan aja dengan cara pelihara mereka!

25. Amored Catfish

ikan hias
Gambar Ikan Amored Catfish via news.nationalgeographic.com

Yang ini sih jenis ikan lele hias yang ukuran tubuhnya kecil, uniik, tapi menarik. Nggak akan terjadi masalah ketika Amored Catfish dijadikan satu dengan ikan-ikan hias air kecil lainnya. Sebab Amored Catfish jenis ikan air tawar yang polos dan baik.

26. Cherry Barb

ikan hias
Gambar Ikan Cherry Barb via aquaticmag.com

Ikan hias air tawar yang berasal dari Sri Lanka. Punya tubuh mungil dengan warna yang sangat indah kalau kamu bisa merawat dengan baik. Karena semakin dewasa warna indahnya semakin menjadi.

Para pecinta Cherry Barb selalu puas dengan keindahan warnanya, kombinasi antara hitam, putih, dan merah.

27. Clown Barb

ikan hias
Gambar Ikan Clown Barb via aquariumfish.net

Kalau ini tergolong ikan hias air tawar yang sangat aktif. Ukurannya sedang tapi tampilannya elegan, dan mereka lebih suka hidup di air tawar yang hangat. Artinya nggak cocok banget dipelihara menggunakan air dari dalam kulkas.

Memang butuh perhatian penuh untuk memelihara Clown Barb ini. ūüôā

28. Royal Clown Loach

ikan hias
Gambar Ikan Royal Clown Loach

Tergolong ikan hias air tawar asal Cina yang terkenal jinak tapi pemalu. Itu mengapa mereka lebih menyukai aktivitas malam ketimbang siang. Mungkin supaya kamu nggak stalking-in mereka. Lah, ngapain dirawat kalau gitu ya? Hihihi

29. Cory

ikan hias
Gambar Ikan Corry via pinterest.com

Cory adalah jenis ikan lele asal Amerika Selatan. Tubuh mereka berlapis baja loh, terbal sekali. Dan tergolong populer di antara ikan hias air tawar lainnya. Meskipun ukuran tubuhnya relatif kecil.

30. Zebra Danio

ikan hias
Gambar Ikan Zebra Danio via myaquariumclub.com

Merupakan ikan hias air tawar yang paling populer dibanding spesies Danio lainnya. Karena selain daya tahan hidupnya paling kuat, juga karena ciri khasnya punya garis horisontal di tubuhnya, seperti pola garis Kuda Zabra. Unik dan menarik sekali!

31. Giant Danio

ikan hias
Gambar Ikan Giant Danio via animal-world.com

Kalau ini spesies Danio yang paling besar. Panjangnya sekitar 4 inci dan punya tubuh yang tebal. Ikan hias air tawar ini juga dikenal sebagai perenang yang cepat loh.

32. Dwarf Gourami

ikan hias
Gambar Ikan Dwrf Gourami via areafishingworld.blogspot.com

Merupakan salah satu spesies Ikan Gurami yang memiliki ragam warna cantik dan memukau. Tapi sayangnya mereka pemalu.

Asalnya dari Asia Selatan. Pokoknya indah deh kalau pelihara ikan hias air tawar ini di aquarium kamu.

33. False Julii Cory Catfish

ikan hias
Gambar Ikan False Julii Cory Catfish via pinterest.com

Ini jenis ikan hias kecil yang memiliki warna tubuh perak gelap dengan corak garis-garis hitam. False Julii Cory Catfish juga tergolong jenis ikan hias air tawar yang kalem. Kalem-kalem aja deh kamu perlihara mereka.

34. Firemouth

ikan hias
Gambar Ikan Firemouth via gumtree.com

Firemouth merupakan salah satu ikan hias air tawar yang berasal dari Meksiko. Memiliki corak yang indah pada tubuhnya, ada merahnya, ada hitamnya, dan ada birunya.

Mereka juga tergolong ikan yang pandai bergaul dengan ikan hias air tawar lainnya. Kalau sudah dewasa, warna tubuhnya akan terlihat sangat indah, dan itu merupakan tontonan yang asyik jika dinikmati melalui aquarium.

35. Flying Fox

ikan hias
Gambar Ikan Flying Fox via tropicalfish-scotland.com

Kalau Flying Fox jenis ikan hias air tawar yang badannya panjang dan ramping. Punya garis coklat gelap yang terlihat dari mulut hingga sirip ekor.

Selain itu di bagian atas tubuhnya berwarna coklat dengan garis emas yang mengalir ke samping. Ikan ini juga merupakan perenang yang hebat.

36. Frog-Faced Cichlid

ikan hias
Gambar Ikan Frog-Faced Chiclid via pinterest.com

Kalau ini jenis ikan hias kecil berwajah katak. Siripnya kuat dan di sekitar matanya terlihat agak menonjol. Kamu bisa menemukan ikan ini kalau kamu lagi jalan-jalan ke Afrika. Hehe

37. Frontosa

ikan hias
Gambar Ikan Frontosa via laketang.com

Salah satu ikan hias air tawar yang paling populer dari Danau Tanganyika, Afrika. Bentuk kepalanya menyembul ke depan kayak ikan Ikan Luo Han. Kebiasaan uniknya selalu mengerami telur-telurnya di mulut. Ada-ada aja ya…

38. Glass Catfish

ikan hias
Gambar Ikan Glass Catfish via fishlore.com

Yang ini jenis ikan hias air tawar yang nggak kalah uniknya dengan ikan hias lainnya. Yaitu memiliki tubuh yang sangat transparan. Semua tulang-tulangnya sangat terlihat jelas melalui daging transparannya. Keren banget!

Eh, tapi waktu itu juga ada loh pemancing asal Selandia Baru yang menemukan ikan laut bernama Salpa Magiore. Jadi tubuhnya betul-betul transparan banget, hampir mirip dengan jeli. Wah, ciamik!

39. Harlequin Rasbora

ikan hias
Gambar Ikan Herlequin Rasbora via aquatic-giant.co.uk

Ikan hias air tawar ini juga lucu. Kecil dan menarik. Ciri khasnya yaitu memiliki logo segitiga yang mengarah ke ekornya. Diyakini telah dijadikan ikan hias di akuarium sejak tahun 1906.

40. Hatchetfish

ikan hias
Gambar Ikan Hatchetfish via fishbreeds,net

Sekilas mirip Ikan Herlequin Rasbora ya, padahal bukan. Kalau yang ini sih jenis ikan hias air tawar yang berasal dari perairan Amazon.

Mereka dikenal sebagai pelompat yang baik ketika terkejut. Maka sarannya kalau mau pelihara mereka di aquarium, usahakan pakai penutup ya!

41. Knight Goby

ikan hias
Gambar Ikan Knight Goby via reefland.com

Ikan ini warnanya nggak cerah sih, malah pucat. Tapi cukup menarik kok dikalangan ikan hias air tawar. Mereka juga terkenal suka makan ikan yang lebih kecil atau serangga.

42. Kribensis

ikan hias
Gambar Ikan Kribensis via pets4homes.co.uk

Meskipun tubuhnya kecil, tapi yang ini salah satu jenis ikan hias air tawar dengan ketahanan kuat. Karena sanggup beradaptasi dengan hampir semua kondisi air apapun. Warna tubuhnya coklat dengan kemilau biru, merah, putih, dan ungu. Wah, menawan!

43. Kuhli Loach

ikan hias
Gambar Ikan Kuhli Loach via ifish.ucoz.com

Kalau ini jenis ikan hias yang memiliki tubuh menyerupai belut. Hanya saja Kuhli Loach punya garis coklat gelap yang menghiasi tubuhnya. Ada sungut juga di mulut. Agak seram ya!

44. Livebearer

ikan hias
Gambar Ikan Livebrearer via pinterest.com

Yang ini jenis ikan hias omnivora yang cukup unik loh. Jadi mereka akan mempertahankan telur di dalam tubuhnya dulu, setelah itu melahirkan.

Mereka menjadi salah satu ikan yang paling terkenal dan tersebar luas di kalangan pecinta ikan hias air tawar.

45. Molly

ikan hias
Gambar Ikan Molly via aquariumfish.net

Yang ini pasti kamu setuju kalau Molly merupakan jenis ikan hias aquarium yang populer. Ya wajar saja, karena selain memiliki beragam warna, bentuknya juga lucu dan menggemaskan gitu.

Buruan dibeli deh. Di Indonesia yang jual ikan hias air tawar Molly banyak kok.

46. Otocinclus

ikan hias
Gambar ikan Otocinclus via duniaair.com

Otocinclus tergolong jenis ikan hias air tawar yang pemalu. Asalnya dari Brasil. Tapi ikannya tenang dan sangat menguntungkan aquarium kamu. Sebab mereka aktif sekali untuk memakan alga di dalam aquarium sampai aquarium kamu terlihat bersih.

Sayangnya di Indonesia yang jual ikan hias air tawar ini jarang banget. Bahkan bisa jadi udah nggak ada.

47. Paradisefish

ikan hias
Gambar Ikan Paradifish via aqualog.de

Biasa disebut Ikan Surga. Warnanya ikan hias aquarium ini indah dan beragam. Sangat cantik bila dicampur dengan Paradisefish yang lain ketika usianya masih remaja.

Tapi kalau sudah dewasa, mereka akan terlibat dalam pertempuran sengit satu sama lain. Makanya kalau sudah dewasa harus dipisah dengan aquarium yang lain.

48. Platy

ikan hias
Gambar Ikan Platy via aquariumfish.net

Platy sudah menjadi ikan hias air tawar berwarna cerah yang selalu tersedia untuk para penggemar aquarium. Para pembudidaya ikan di Florida, Singapura, dan Hong Kong, terus-menerus datang ke berbagai negara dengan membawa varian Ikan Platy yang berbeda-beda.

49. Clown Triggerfish

ikan hias
via fishlaboratory.com

Bentuk ikan hias air laut ini oval dan ramping. Kepalanya besar dan warnanya mencolok. Giginya yang menonjol dan kuat itu biasa digunakan untuk memecahkan krustasea seperti udang dan kerang.

Mereka biasanya ditemukan saat mereka bersembunyi di karang dan batu-batu di tengah Samudra Hindia dan Pasifik. Semua keindahan pada sosoknya ini membuat pecinta ikan hias aquarium ingin memilikinya.

Sayangnya, Clown Triggerfish hobi sekali menyerang penyelam. Karena mereka bisa berubah menjadi sangat agresif, terutama pada ikan-ikan yang lebih kecil.

Maka bisa dibilang cukup susah untuk merawat Clown Triggerfish di dalam aquarium. Diperlukan perhatian ekstra.

50. Longnose Hawkfish

ikan hias
via meades.org

Mudah sekali untuk mengenali ikan hias ini, yaitu pada fisiknya yang memiliki hidung sangat panjang mirip tang runcing. Selain itu, ikan hias ini memiliki 10 duri yang keras pada sirip punggungnya.

Dengan warna tubuh putih dan garis-garis merah yang berjalan baik horisontal dan vertikal, membuat Longnose Hawkfish dicintai para pecinta ikan hias aquarium.

Longnose Hawkfish memiliki rahang besar dan gigi tajam yang sangat berguna untuk menyerang invertebrata atau ikan-ikan kecil lainnya.

Keunikan lain pada hidupnya adalah dimulai terlahir dalam jenis kelamin wanita, kemudian mereka akan sepenuhnya berubah menjadi laki-laki dengan warna yang lebih cerah dan sedikit lebih besar.

Unik tapi keren ya!

51. Rainbowfish

ikan hias
Gambar Ikan Rainbowfish via fishbreeds.net

Biasa disebut Ikan Pelangi. Asalnya dari Madagaskar, Australia dan New Guinea. Sesuai namanya, ciri khas Rainbowfish memiliki tubuh warna-warni. Apalagi kalau di bawah pencahayaan yang tepat, warnanya lebih spektakuler lagi. Mantap sekali kalau kamu pelihara Rainbowfish.

 

Yang disebutkan di atas baru sebagian loh. Tapi tenang, lain kali Raparapa akan bahas kembali supaya pengetahuanmu soal ikan hias dan alam semakin bertambah.

Soalnya banyak sekali ikan hias air tawar dan air laut yang memesona di dunia ini. Tinggal kamu aja mau memelihara ikan hias seperti apa untuk menghiasi aquarium kamu.

Kalau sudah dapat ikannya, jangan lupa untuk mendesain ulang akuariumnya supaya lebih naturalistik lagi.

Dan oh iya, jangan lupa SHARE¬†ya!¬†ūüôā

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.