Beranda Seni dan Budaya Wajib Tau! 5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

Wajib Tau! 5 Alat Musik Tradisional Indonesia yang Mendunia

BERBAGI
alat musik tradisional
flickr.com

Lagi-lagi Indonesia selalu unggul dalam kebudayaan atau yang berbau dengan tradisional. Seperti satu ini. Kali ini Rapapa akan membahas 5 alat tradisional Indonesia yang berhasil unggul secara global, dikenal meluas di banyak negara.

Oh iya, baca juga ya 50+ Nama Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asalnya

Oleh karena itu, kita yang merasa menjadi generasi muda wajib mengetahui berbagai alat musik tradisional yang udah mendunia ini. Apa aja itu? Mari mari mari simak! 🙂

1. Sasando

Sasando ini berasal dari daerah Rote, NTT, dan terbuat dari daun lontar. Untuk memainkannya menggunakan jari dengan cara dipetik layaknya bermain harpa.

Suaranya dijamin indah banget untuk ukuran alat musik tradisional. Nggak kalah deh sama suara yang dihasilkan harpa.

Sasando sudah dikenal meluas ke berbagai negara semenjak dihadirkan di acara konser WOW 2013 oleh Wonderful Indonesia.

Meskipun waktu itu berlangsung di Jakarta, tapi penonton yang berasal dari luar negeri banyak banget. Dan menariknya, alunan musik yang dihasilkan Sasando membuat para penonton luar negeri merasa senang dan berkesan.

Oh iya, ada loh seorang musisi asal NTT bernama Natalino Mella. Ia berhasil menarik perhatian di jagat maya karena memainkan Sasando dengan musik See You Again by Charlie Puth feat Wiz Khalifa.

Liat deh videonya di bawah ini.

2. Kendang

alat musik tradisional
musikjawa.net84.net

Kamu pasti udah sering menjumpai alat musik tradisional khas Jawa Barat ini. Tapi yang harus kamu, Kendang semakin ke sini semakin menarik. Karena sering dijadikan pengiring musik modern seperti jazz modern dan kontemporer. Maka sosok Kendang semakin dikenal meluas juga ke berbagai negara.

Udah banyak grup musik Amerika yang memainkan Kendang sebagai salah satu alat musiknya.

3. Angklung

Yang ini kamu juga pasti tau dong?

alat musik tradisional
oilpaintingsbygrace.com

Dengan menggunakan bambu sebagai bahan dasarnya, Angklung menghasilkan bunyi yang nyaring dan asyik sekali.

Alasan mengapa Angklung berhasil mendunia ini semenjak UNESCO mengakui Angklung sebagai warisan budaya Indonesia di Oktober 2010. Semenjak itulah Angklung semakin tereskspos ke banyak negara.

Jadi sosok alat musik tradisional ini udah menjadi kebanggan bagi Indonesia. Bahkan nih, Indonesia pernah memecahkan rekor orkestra angklung dalam jumlah pemain angklung terbanyak di Beijing. Rekor tersebut udah dicatat oleh Guiness Book of Record.

Dan kamu tau jumlah pemainnnya berapa?

Yaitu lima ribu tiga ratus sembilan puluh tiga pemain.

Apa nggak keren tuh?

Bangga dengan alat musik tradisional dari Jawa Barat satu ini!

4. Gamelan

Semua orang tau bentuk dari Gamelan. Inilah alat musik tradisional Jawa Tengah.

alat musik tradisional
aanprihandaya.com

Dengan menggunakan pemukul khusus, Gamelan siap menciptakan bunyi yang khas. Nggak perlu Raparapa jelaskan rincinya juga kamu pasti udah tau.

Tapi barangkali kamu belum tau ini. Bahwa Gamelan udah lama jadi kurikulum sekolah di beberapa sekolah di Amerika, Jepang, Singapura, Malaysia, sampai Selandia Baru.

Apa nggak keren tuh?

Bahkan nih, di Sangapura udah menjadi kewajiban di sekolah agar ada mata pelajaran Gamelan.

Dan kalau mau lari ke Amerika. Di sana ada perguruan tinggi dengan jurusan Gamelan Jawa. Nama perguruan tingginya adalah Pittsburgh University.

Bangganya Raparapa pada sosok alat musik tradisional ini. Seenggaknya Raparapa pernah menabuh gamelan satu kali. Iseng-iseng sih. Dan iseng-isengnya ini bikin Raparapa jadi pengin cari tau. Malah mendadak pengin nabuh lagi.

Semoga suatu saat bisa kesampaian deh. Syukur-syukur sih bisa beli 15 set gamelan di Sukoharjo, Jawa Tengah. Ya ya ya! Doakan aja ya! 🙂

Karena sosok gamelan emang banyak kegunaannya. Salah satu yang kegunaan yang menakjubkan adalah bisa dijadikan terapi untuk meningkatkan rasa PD. Seenggaknya hal ini udah terbukti bagi para narapidana di Inggris.

Lagi-lagi Raparapa turut mengucapkan keren pada Gamelan. Karena meskipun tradisional, namun memiliki banyak keistimewaan.

Oh iya, baca juga ya Jenis-jenis Alat Musik dan Jadikan Salah Satunya Keistimewaanmu

5. Tifa

Tifa ini asalnya dari Maluku dan Papua. Bentuknya serupa Kendang. Bahannya dari kayu yang terdapat lubang di bagian tengah.

alat musik tradisional
122018.blogspot.co.id

Tifa sendiri terdiri dari berbagai jenis. Antara lain Tifa Dasar, Tifa Jekir, Tifa Potong, dan Tifa Bas. Semuanya memiliki nada yang berbeda dan pastinya dalam tampilan menarik.

Untuk memainkannya? Tinggal kamu pukul aja pakai tangan. 🙂

Tifa ini juga sudah dikenal meluas semenjak banyak turis yang berkunjung ke Maluku dan Papua. Mereka (para turis) merasa suara yang dihasilkan Tifa ini terdengar indah dan unik. Dari situlah banyak turis yang membawa Tifa sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Maluku atau Papua.

 

Itulah 5 alat musik tradisional yang berhasil mendunia. Dari kelimat alat musik tersebutlah kita layak sekali untuk bangga dengan tradisional dan budaya Indonesia.

Oh iya, jangan lupa SHARE ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.