Home Sejarah 50+ Nama Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asalnya

50+ Nama Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asalnya

SHARE

Menyadari kalau alat musik tradisional Indonesia itu banyak dan beragam, maka bisa dikatakan bahwa Indonesia sangat kaya dengan harta kebudayaannya.

Oh iya, baca juga ya 17 Kerajinan Tangan Indonesia di Mata Dunia

Dengan kekayaan budaya yang kita miliki ini, maka kita harus bangga dong bisa jadi bangsa Indonesia. Jadi sebagai orang indonesia, kita juga harus mengetahui seperti apa kebudayaan yang ada di Indonesia, salah satu contoh dengan mengetahui alat musik tradisional Indonesia yang ada saat ini.

Berbicara tentang alat musik tradisional, tentunya juga berkaitan erat dengan musik daerah Indonesia. Nah, sekarang kita ketahui terlebih dahulu yuk, apa itu pengertian musik tradisional.

Sebelum masuk pada pengertian musik tradisional, mari kita ulas dulu asal usul kata musik tradisional. Musik bisa didefinisikan sebagai sebuah cetusan pikiran atau ekspresi yang dikeluarkan secara teratur dalam bentuk bunyi.

Kata musik berasal dari bahasa Yunani yaitu mousike yang diambil dari nama dewa dalam mitologi Yunani kuno yaitu Mousa yakni yang memimpin seni dan ilmu (Ensiklopedi National Indonesia, 1990 : 413).

Sedangkan tradisional berasa dari kata Traditio (Latin) yang bermakna kebiasaan masyarakat yang sifatnya turun temurun.

Kata tradisional sendiri merupakan sifat yang berarti berpegang teguh terhadap kebiasaan yang turun temurun (Salim dan Salim, 1991 : 1636).

Menurut Sedyawati (1992 : 23) pengertian musik tradisional adalah musik yang dipakai sebagai perwujudan dan nilai budaya yang sesuai dengan tradisi.

Musik tradisional menurut Tumbijo (1977 : 13) adalah suatu seni budaya yang sejak lama turun temurun telah hidup dan berkembang pada daerah tertentu.

Maka bisa dijelaskan bahwa musik tradisional ialah musik masyarakat yang diwariskan secara turun โ€“ temurun dan berkelanjutan dalam masyarakat suatu daerah.

Pendapat di atas bisa dijelaskan bahwa pengertian musik tradisional adalah cetusan perasaan atau ekspresi melalui nada atau suara dari alat musik sehingga mengandung lagu atau irama yang diwariskan secara turun temurun dari satu generasi kegenerasi berikutnya.

Menurut Purba (2007:2), musik tradisional nggak berarti bahwa suatu musik dan beragam unsur di dalamnya bersifat kolot, kuno atau ketinggalan zaman. Tapi musik tradisional adalah musik yang bersifat khas dan mencerminkan kebudayaan suatu etnis atau masyarakat.

Musik tradisional, baik itu kumpulan komposisi, idiom, struktur dan instrumentasinya serta gaya maupun elemen-elemen dasar komposisinya, seperti ritme, modus, melodi atau tangga nada, nggak diambil dari sistem musikal yang asalnya dari luar kebudayaan suatu masyarakat pemilik musik yang dimaksud tersebut.

Pengertian musik tradisional โ€‹adalah musik yang berakar pada tradisi masyarakat tertentu, maka keberlangsungannya dalam konteks saat ini yaitu upaya pewarisan secara turun temurun masyarakat sebelumnya untuk masyarakat selanjutnya.

Setelah kita mengetahui pengertian dari musik tradisional, sekarang kita ketahui juga apa fungsi dari alat musik tradisional Indonesia? Karena masih ada kaitannya juga dengan musik di daerahnya masing-masing.

Secara umum, fungsi musik bagi masyarakat Indonesia antara lain untuk sarana atau media upacara adat budaya (ritual), pengiring tari, media hiburan, media komunikasi, media ekspresi diri dan sarana ekonomi.

1. SARANA UPACARA ADAT BUDAYA (RITUAL)

Musik tradisional di Indonesia, sering berkaitan erat dengan upacara-upacara kelahiran, kematian, perkawinan serta keagamaan dan kenegaraan.

Pada beberapa daerah, bunyi yang dihasilkan oleh instrumen atau alat musik tradisional tertentu dipercaya punya kekuatan magis. Oleh sebab itu, instrumen seperti itu digunakan sebagai sarana kegiatan adat istiadat masyarakat.

2. PENGIRING TARIAN

Di berbagai wilayah di Indonesia, alat musik tradisional dibuat oleh masyarakat untuk mengiringi tarian- tarian khas daerah. Oleh karena itu, kebanyakan tarian khas daerah di Indonesia hanya dapat diiringi oleh musik di daerahnya sendiri-sendiri.

Selain musik tradisional, musik pop dan dangdut juga digunakan untuk mengiringi berbagai tarian modern, seperti poco-poco, dansa dan lain sebagainya.

3. SARANA HIBURAN

Dalam hal ini, musik bisa dijadikan salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan akibat rutinitas kegiatan harian, serta sebagai sarana rekreasi dan ajang pertemuan dengan warga lainnya. Biasanya masyarakat Indonesia sangat antusias dalam menonton pagelaran musik.

Jika terdapat pertunjukan musik di daerah mereka, mereka akan langsung berbondong-bondong mendatangi tempat pertunjukan tersebut untuk menonton.

4. SARANA KOMUNIKASI

Di beberapa tempat di Indonesia, alat musik tradisional juga punya makna tertentu untuk anggota kelompok masyarakatnya. Biasanya punya pola ritme suara alatnya memiliki tanda untuk anggota masyarakatnya atas suatu peristiwa atau kegiatan tertentu.

Alat yang biasa dipakai dalam masyarakat Indonesia yaitu kentongan, lonceng di gereja dan bedug di masjid.

5. SARANA EKSPRESI DIRI

Bagi para seniman (baik pencipta lagu ataupun pemain musik) musik merupakan media untuk mengekspresikan diri mereka. Melalui musik, mereka mengaktualisasikan potensi dirinya.

Melalui musik juga, mereka mengungkapkan perasaan ataupun emosi, pikiran, gagasan, dan cita-cita tentang diri, masyarakat, dunia, dan Tuhan.

 

Nah sekarang setelah kamu mengetahui pengertian dan fungsi dari musik tradisional, ada baiknya kamu juga mengenal maca-macam nama alat musik tradisional Indonesia yang sudah Raparapa sediakan. Yuk simak di bawah ini. Dimulai dari….

1. Gamelan

alat musik tradisional
aanprihandaya.com

Siapa yang nggak tau Gamelan? Alat musik tradisional Jawa Tengah ini punya jenis bunyi Ideofon yang digunakan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus.

Meskipun alat musik daerah ini asalnya dari Jawa Tengah, namun Gamelan bisa ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan bisa jadi kamu pernah melihat Gamelan kan?

2. Demung

alat musik tradisional
flickriver.com

Demung juga merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah. Salah satu instrumen gamelan yang termasuk keluarga balungan yang menghasilkan nada dengan oktaf rendah dalam keluarga balungan, dengan ukuran fisik yang lebih besar.

Alat musik daerah ini memiliki wilahan yang relatif lebih tipis tapi juga lebih lebar daripada wilahan saron, sehingga nada yang dihasilkannya lebih rendah.

Sementara alat untuk menabuh Demung biasanya terbuat dari kayu, dengan bentuk seperti palu.

3. Gendang

alat musik tradisional
musikjawa.net84.net

Nama alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul satu ini asalnya dari Jawa Tengah dan Jawa Barat. Merupakan salah satu instrumen dari Gamelan. Sangat populer sekali sosoknya. Karena Gendang atau Kendang sudah berada di berabagai daerah Indonesia sampai luar negeri.

Cara memainkan alat musik tradisional ini cukup menggunakan tangan untuk memukul di bagian yang lunak. Ada jenis Gendang atau Kendang yang kecil, namanya Ketipung, dan Ketipung sering sekali berpasangan dengan Kendang Besar.

4. Angklung

alat musik tradisional
oilpaintingsbygrace.com

Kalau Angklung merupakan nama alat musik tradisional asli Jawa Barat. Terbuat dari bambu dan untuk memainkannya dengan cara digetarkan menggunakan tangan.

Cukup mudah kok. Kamu bisa cepat mempelajarinya. Alat musik daerah Sunda ini sudah sering dimainkan dengan lagu-lagu khas Sunda juga loh.

5. Kulanter

alat musik tradisional
silontong.com

Kulanter juga sering dijadikan pengiring Kendang. Dan ini juga merupakan alat musik tradisional Jawa Barat. Untuk memainkannya dengan cara dipukul, sama seperti memukul Kendang.

6. Gong

alat musik tradisional
kfk.kompas.com

Gong juga asalnya dari Jawa Barat. Alat musik tradisional ini biasa diikatkan atau digantung dengan kayu. Lalu untuk memainkannya dengan cara dipukul aja deh. Kamu pasti bisa kok memainkan Gong.

7. Jengglong

alat musik tradisional
kaskus.co.id

Nah, kalau Jengglong ini Gong ukuran kecil. Alat musik tradisional Jawa Barat juga. Sama-sama diikat atau digantung pada kayu, dan sama-sama dipukul untuk bisa menghasilkan suara atau bunyi.

8. Rebab

alat musik tradisional
pinterest.com

Seperti biola karena untuk memainkannya dengan cara digesek. Alat musik tradisional Jawa Barat ini memiliki bentuk ramping dan mirip busur panah.

9. Karinding

alat musik tradisional
intisari-online.com

Masih seputar Jawa Barat ya, dan Karinding merupakan alat musik tradisional kecil yang diletakkan di bibir. Untuk menghasilkan suara, kamu tinggal menepuk bagian pemukul Karinding.

Di Jawa Barat Karinding cukup populer loh. Sering dimainkan dalam bentuk Solo atau Grup. Bahkan ada salah satu Grup yang memainkan Karinding sampai go international loh.

10. Bonang

alat musik tradisional
flickr.com

Kalau Bonang merupakan alat musik tradisional Jawa Timurย dan bisa ditemukan di berbagai daerah Indonesia. Bonang biasa disebut juga sebagai Gong kecil. Inilah pelengkap dari bagian instrumen Gamelan. Untuk memainkannya kamu cukup memukul menggunakan pemukul khusus Bonang.

11. Serune Kalee

alat musik tradisional
bukalapak.com

Mari kita pindah ke Aceh karena Serune Kalee asalnya dari Aceh. Bentuknya unik dan menarik. Layaknya seruling, Serune Kalee adalah jenis alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan ditiup. Terdapat lubang-lubang kecil lain juga yang digunakan untuk jari-jari agar bisa mengatur nada.

12. Aramba

alat musik tradisional
kabarnias.com

Setelah Aceh, kita beralih ke daerah Sumatera. Karena di Sumatera punya banyak jenis nama alat musik tradisional yang beragam. Seperti Aramba ini. Asalnya dari Sumatera Utara. Cara memainkannya kamu bisa menggunakan stik khusus Aramba lalu dipukul.

13. Saluang

alat musik tradisional
pelangiholiday.com

Saluang asalnya dari Sumatera Barat. Alat musik tradisional ini layaknya seruling. Untuk memainkannya dengan cara ditiup dan terdapat lubang-lubang yang digunakan untuk menempatkan jari-jari supaya bisa mengatur nada yang dibunyikan.

14. Talempong

alat musik tradisional
nusantara-cultures.blogspot.co.id

Kalau untuk memainkan Talempong dengan cara dipukul menggunakan kayu. Alat musik tradisional asal Sumatera Barat ini memiliki bentuk seperti Bonang yang dari Jawa Tengah.

Kalau lupa sama Bonang kamu bisa liat lagi point di atas. ๐Ÿ™‚

15. Pupuik Batang Padi

alat musik tradisional
pelangiholiday.com

Nama alat musik tradisional Indonesia ini sesuai dengan nama bahannya. Terbuat dari ruas batang padi yang sudah tua dan terbuka. Pupuik Batang Padi asalnya dari Sumatera Barat.

Cara memainkanya cukup mudah, tinggal kamu tiup aja kok.

16. Serunai

alat musik tradisional
gemalakasturie.blogspot.co.id

Serunai atau Puput Serunai juga terbuat dari padi dengan tambahan kayu dan bambu. Alat musik tradisional ini asalnya dari Minang, Sumatera Barat. Mudah kamu temui baik di darat maupun pesisir.

Untuk memainkannya, tinggal modal tiup aja kamu akan berhasil menghasilkan suara dari Serunai.

17. Tambua Tansa

alat musik tradisional
antaranews.com

Namanya menarik ya! Dan alat musik tradisional ini juga masih asalnya dari Sumatera Barat.

Bahan untuk membuat Tambua Tansa adalah kayu. Terdapat lubang di bagian tengah. Dan seperti yang terlihat dari bentuknya, untuk menghasilkan suara Tambua Tansa harus dipukul.

Biasanya untuk memainkan Tambua Tansa dalam wujud ramai seperti sebuah parade daerah.

18. Accordion

alat musik tradisional
trekearth.com

Mari beralih ke Sumatera Selatan, karena di provinsi inilah Accordion berasal.

Bunyi yang dihasilkan alat musik tradisional ini dengan menggunakan kedua tangan untuk mengatur nada.

19. Burdah atau Gendang Oku

alat musik tradisional
semuatentangprovinsi.blogspot.co.id

Burdah atau Gendang Oku asalnya dari Sumatera Selatan. Alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipukul ini terbuat dari kulit kayu dan kulit binatang.

20. Tenun

alat musik tradisional
pemanduwisatabudaya2015.blogspot.co.id

Alat musik tradisional ini juga dari Sumatera Selatan. Disebut Tenun karena dulu sering digunakan untuk menghibur para penenun ketika sedang menenun.

Tenun terbuat dari kayu dengan bentuk persegi panjang dan memiliki segitiga di bagian tengah. Untuk menghasilkan suara, kamu tinggal membunyikannya dengan cara dipukul.

21. Kenong Basemah

Dengan cara dipukul, Kenong Basemah akan menghasilkan suara. Nama alat musik tradisional asal Sumatera Selatan ini terbuat dari tembaga. Di Jawa pun Kenong Basemah ada. Tergabung menjadi bagian dari musik gamelan.

22. Terbangan

alat musik tradisional
indonesiakayabudaya.wordpress.com

Masih di Sumatera Selatan, dan Terbangan mirip seperti Rebana. Cara memainkannya pun sama, yaitu dipukul.

23. Genggong

alat musik tradisional
specialpengetahuan.blogspot.co.id

Alat musik tradisional terakhir yang asalnya dari Sumatera Selatan ini tercipta dari bilah bambu, kayu, dan logam.

Unik sekali untuk menghasilkan suara yang tercipta dari Genggong, yaitu dengan menempelkan Genggong ke bibir kamu dan mainkan lidah kamu untuk menghasilkan getaran dan suara.

24. Gambus Jambi

alat musik tradisional
suprijono.blogspot.com

Ada tiga nama alat musik tradisional dan asalnya dari Jambi, yaitu Gambus Jambi, Serangko, dan Gendang Melayu.

Memang sih, Gambus awal keberadaanya dari negara Timur Tengah. Tapi di Jambi sendiri juga menciptakan Gambus yang mengeluarkan suara berbeda dengan Gambus di Timur Tengah.

Dan seperti yang kita ketahui, Gambus terdiri dari senar atau dawai yang sering diringi dengan Gendang ketika dimainkan. Sama halnya dengan Gambus Jambi. Rasanya kurang lengkap jika keberadaan Gambus nggak diiringi dengan Gendang.

25. Serangko

alat musik tradisional
alatmusiktradisional.com

Jenis alat musik tradisional tiup yang asalnya dari Jambi ini memiliki bahan dasar tanduk kerbau yang panjang 1 sampai 1,5 meter.

Dulu Serangko bukan hanya digunakan alat musik tradisional. Tapi juga sebagai pemberitahuan ketika ada musibah di Jambi.

26. Gendang Melayu

alat musik tradisional
tradisikita.my.id

Gendang Melayu terbuat dari kulit binatang, kayu, dan rotan. Alat musik tradisional Jambi ini mirip seperti Rebana. Akrab sekali ketika mengiringi lagu dan tarian kompangan (sebuah acara untuk mengiringi mempelai laki-laki dan mempelai perempuan).

Dan Gendang Melayu sering berdampingan dengan iringan alat musik Rebana. Sama-sama memiliki cara dengan dipukul menggunakan tangan agar tercipta suara.

27. Doll

alat musik tradisional
culturekaur.blogspot.co.id

Bukan bonek, tapi jenis atau nama alat musik tradisional dan asalnya dari Bengkulu. Untuk memainkan Doll dengan cara dipukul menggunakan alat pukul.

Doll seringkali hadir di berbagai acara festival daerah di Bengkulu.

28. Bende

alat musik tradisional
sarungpreneur.com

Bende atau biasa disebut Canang. Inilah nama alat musik tradisional yang asalnya dari Lampung. Bentuknya mirip Gong kecil yang biasa kamu jumpai dimanapun.

Di masa lampau, Bende sering digunakan untuk memberi kode kepada masyarakat Lampung agar berkumpul di sebuah tempat yang ditentukan untuk membicarakan seputar adat, kekuasaan, atau pesta rakyat.

Kalau sekarang, Bende biasa digunakan ketika ada acara festival daerah di Lampung.

29. Gendang Panjang

alat musik tradisional
kantinilmu.com

Inilah nama alat musik tradisional yang asalnya dari Kepulauan Riau. Gandang Panjang memiliki bentuk yang unik. Bulat dan panjang. Untuk memainkannya kamu tinggal memukul menggunakan tangan sambil mengikatkan ke leher menggunakan tali yang sudah tersedia di Gandang Panjang.

30. Kompang

alat musik tradisional
halokawan.com

Cukup populer nama alat musik tradisional yang asalnya dari Riau ini. Lebih populerya sih di Riau. Karena Kompang sering hadir di berbagai acara festival atau acara sosial di Riau. Biasanya sering beriringan dengan alunan musik Gambus.

Bentuk Kompang mirip seperti Rebana. Dan bahan pembuatannya menggunakan kayu dan kulit kambing.

31. Tehyan

alat musik tradisional
flickr.com

Yang ini orang asli Betawi pasti tau. Karena Tehyan merupakan alat musik tradisional asal DKI Jakarta. Tapi kalau kamu sebagai orang Betawi yang belum tau soal Tehyan, maka harus tau kalau untuk memainkan Tehyan dengan cara digesek seperti biola.

Dan oh iya, Tehyan terdiri dari 3 jenis loh. Ada Tehyan, Sukong, dan Kong Ahyan. Bedanya pada bentuk dan ukuran. Semua perbedaan menghasilkan suara yang berbeda juga.

32. Ceng-ceng

alat musik tradisional
semuatentangprovinsi.blogspot.co.id

Ceng-ceng merupakan nama alat tradisional Bali yang sudah lama dikenal penting dari instrumen Gamelan Bali. Ya, di Bali sudah lama ada pagelaran yang diiringi Gamelan dengan musik khas Bali.

Ceng ceng sering disebut juga sebagai Ceng Ceng Ricik. Terdiri dari 6 buah logam bundar di bagian bawah dan 2 buah logam di bagian atas. Terdapat juga sebuah tali yang bernama Bungan Ceng Ceng yang digunakan untuk memegang Ceng Ceng. Mirip Simbal.

Cara memainkannya? Tinggal kamu pukul aja secara bersamaan menggunakan kedua tangan kamu yang sudah ada Ceng Cengnya.

33. Sasando

alat musik tradisional
kidnesia.com

Sosok yang sangat unik ini asalnya dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Bahan untuk menciptakan resonatanya adalah daun lontar.

Terdapat 2 jenis Sasando. Ada Sasando Gong, dan ada juga Sasando Biola. Masing-masing memiliki nada dan jumlah dawai yang berbeda.

Yang pasti alat musik tradisional ini sangat bervariasi dalam mengeluarkan nada. Kamu bisa menemukan Sasando di berbagai daerah NTT ketika kamu datang ke sana. ๐Ÿ™‚

34. Jepen/Japen

alat musik tradisional
lirikliriklaguindah.blogspot.co.id

Kalau Jepen atau Japen asalnya dari Kalimantan Tengah. Cara memainkannya tinggal kamu petik aja di bagian senar yang udah tersedia.

35. Katambung

alat musik tradisional
dayak-artmusic.blogspot.co.id

Katambung juga menjadi jenis alat musik tradisional dan asalnya dari Kalimantan Tengah. Bentuknya mirip seperti Gendang dan biasa digunakan untuk berbagai acara adat.

Layaknya Gendang, untuk memainkan Katambung pun dengan cara dipukul di bagian kulit menggunakan telapak tangan.

Katambung ini terdiri dari dua jenis, yaitu Katambung untuk dewasa dan untuk anak-anak. Perbedaannya hanya dalam segi ukuran. Yang dewasa pastinya punya ukuran lebih besar daripada yang ukuran anak-anak dong.

36. Sampe

alat musik tradisional
dayakculture.wordpress.com

Inilah nama alat musik tradisional yang asalnya dari Kalimantan Timur dan sekaligus dimainkan oleh Suku Dayak. Mempunyai jenis bunyi Chrodofon yang digunakan dengan cara dipetik.

Terbuat dari kayu dengan ukiran yang sangat artistik dan mengandung filosofi. Proses pembuatan juga sederhana atau tradisional. Maka nggak heran untuk membuat Sampe biasa memakan waktu sampai berminggu-minggu.

Di Sampe terdiri dari tiga senar. Ada melody, bass, dan minor. Suku Dayak akan memainkan Sampe ketika di acara seperti kemarian, persudaraan, atau acara-acara adat lainnya.

Oh iya, baca juga yaย Beragam Suku di Indonesia Dengan Segala Keunikannya

37. Tuma

alat musik tradisional
alatmusikindonesiatradisional.blogspot.co.id

Tuma adalah nama alat musik tradisional dan asalnya dari Kalimantan Barat. Untuk memainkannya, kamu tinggal memukul di area lunak menggunakan telapak tangan. Sangat mudah kok.

38. Panting

alat musik tradisional
sejarah-negara.com

Masih seputar Kalimantan dan Panting adalah alat musik tradisional yang asalnya dari daerah Tapin, Kalimantan Selatan. Cara memainkannya tinggal kamu petik aja kayak memainkan Gambus.

Panting emang mirip Gambus, tapi ukurannya lebih kecil. Dan sekarang di Kalimantan Selatan banyak yang memainkan Panting dalam irama bersamaan alat musik lainnya yaitu Biola dan Gong.

39. Kuriding

alat musik tradisional
explorewisatakalimantan.blogspot.co.id

Dan yang masih berasal dari Kalimantan Selatan adalah Kuriding. Jenis alat musik tradisional ini bisa dibilang terancam punah loh. Karena udah jarang ada pertunjukan yang menggunakan Kuriding sebagai alat musik.

Untuk memainkannya dengan cara melingkarkan tali yang menahan bilah kayu Kuriding supaya bisa menempel di mulut dengan tangan kiri. Sementara tangan kanan harus menarik tali dari ujung bilang sebelah. Maka suara angin yang menderu akan terdengar.

40. Keso

alat musik tradisional
tradisikita.my.id

Mari ke daerah Sulawesi. Karena di Sulawesi juga banyak jenis atau nama alat musik tradisional. Seperti yang satu ini. Keso. Asalnya dari Sulawesi Selatan. Sosoknya mirip seperti Rebab. Cuman bedanya Keso dibunyikan menggunakan dua dawai dan dimainkan dengan cara digesek

41. Geso-geso

alat musik tradisional
huma.or.id

Geso – geso adalah jenis alat musik tradisional gesek yang terbuat dari bambu dan tempurung kelapa. Geso-geso hanya punya satu buah tali senar. Tapi bisa menghasilkan suara unik dan indah. Apalagi kalau berada di tangah orang yang ahli memainkannya.

Oh iya, Geso-geso asalnya dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

42. Suling Lembang

alat musik tradisional
andarbhakti.blogspot.co.id

Suling terpanjang di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, adalah Suling Lembang. Panjangnya mencapai 50 cm sampai 100 cm dengan diameter 2 cm.

Seringnya Suling Lembang nggak dimainkan secara solo, tapi beriringan bersama suara suling lainnya yang serupa atau berbeda. Menarik deh.

Dan nggak usah ditanya gimana cara memainkannya ya! Karena ini benar-benar suling yang fungsinya sama kayak suling bambu yang pernah kamu liat. ๐Ÿ™‚

43. Talindo atau Popondi

alat musik tradisional
dunia-kesenian.blogspot.co.id

Bentuknya unik seperti busur atau tanduk kerbau. Dibuat dari bahan kayu dan tempurung kelapa. Di bagian tengah terdapat senar yang dimainkan dengan cara dipetik.

Alat musik tradisional ini asalnya dari Sulawesi Selatan yang mungkin bisa juga ditemukan di darah Sulawesi lainnya.

44. Kolintang

alat musik tradisional
majalahpraise.com

Kalau di daerah Minahasa, Sulawesi Utara, terdapat jenis alat musik tradisional bernama Kolintang. Terkenal memiliki bunyi yang khas ketika dipukul menggunakan pemukul khusus.

45. Ganda

alat musik tradisional
berbagaireviews.com

Kalau di Sulawesi Tengah, terdapat jenis alat musik tradisional bernama Ganda atau Kanda. Untuk memainkannya dengan cara dipukul di bagian kulitnya. Sama seperti Gendang. Cuman bedanya ukuran Ganda lebih kecil daripada ukuran Gendang.

Banyak anak-anak muda di berbagai daerah Sulawesi Tengah yang hobi bermain Ganda untuk berbagai keseruan.

46. Tutuba

alat musik tradisional
seni-musik-yusnitameilani.blogspot.co.id

Tutuba merupakan nama alat musik tradisional berdawai yang terbuat dari bambu. Asalnya dari Sulawesi Tengah. Suku To Wana di Sulawesi Tengah kerap sekali memainkan Tutuba.

47. Lalove

alat musik tradisional
semuatentangprovinsi.blogspot.co.id

Nama alat musik tradisional ini keren banget, Lalove. Ini juga asalnya dari Sulawesi Tengah. Terbuat dari bambu dan untuk memainkannya dengan cara ditiup, semacam seruling gitu.

Yang bikin tampilan Lalove cantik karena terdapat motif bunga di bagian badan.

48. Santu

alat musik tradisional
tradisikita.my.id

Ini jenis alat musik tradisional terakhir yang asalnya dari Sulawesi Tengah, yaitu Santu. Terbuat dari bambu yang dibentuk menjadi empat di bagian badan dan dibuat lubang di bagian tengah badan sebagai resonator.

Untuk memainkannya dengan cara dipetik. Dulu Santu dimainkan para petani untuk merayakan hasil panennya.

49. Lado-lado

alat musik tradisional
berbagaireviews.com

Alat musik tradisional satu ini asalnya dari Sulawesi Tenggara, yaitu Lado-lado. Kalau Lado-lado dimainkannya dengan cara digesek.

50. Kecapi

alat musik tradisional
specialpengetahuan.blogspot.co.id

Dan untuk memainkan Kecapi dengan cara dipetik di bagian senar yang sudah tersedia. Alat musik daerah ini biasa dimainkan untuk mengiringi tarian dan lagu-lagu daerah di Sulawesi Selatan.

51. FU

alat musik tradisional
djarumcoklat.com

Yang ini juga nggak kalah unik dan benar-benar unik. Awal terciptanya alat musik tradisional asal Maluku ini digagas oleh Gubernur Tingat I di Maluku.

Untuk memainkan FU kamu tinggal tiup aja di lubang yang sudah tersedia. Cukup unik ketika FU mengeluarkan suara.

52. Tifa

alat musik tradisional
122018.blogspot.co.id

Tifa ini asalnya dari Maluku dan Papua. Bentuknya serupa Kendang. Bahannya dari kayu yang terdapat lubang di bagian tengah.

Tifa sendiri terdiri dari berbagai jenis. Antara lain Tifa Dasar, Tifa Jekir, Tifa Potong, dan Tifa Bas. Semuanya memiliki nada yang berbeda dan pastinya dalam tampilan menarik.

Untuk memainkannya? Tinggal kamu pukul aja pakai tangan. ๐Ÿ™‚

53. Triton

alat musik tradisional
telompong.blogspot.co.id

Kalau Truton baru deh asli dari Papua. Untuk memainkannya dengan cara ditiup.

Awalnya sih Triton digunakan untuk berkomunikasi dan pemberi tanda bagi suku-suku di Papua. Tapi seiring berkembangnya waktu, alat musik tradisional ini dijadikan hiburan di berbagai acara daerah di Papua.

54. Guoto

alat musik tradisional
budaya-indonesia.or

Yang terakhir ini adalah Guto, merupakan nama alat musik tradisional yang asalnya dari Papua Barat. Cara memainkannya dengan memetik dawai atau senarnya. Dan untuk membuat Guoto diperlukan kayu dan kulit binatang seperti Lembu.

 

Itulah nama-nama alat tradisional Indonesia. Berkat alat-alat musik daerah di atas, Indonesia bisa membuktikan kalau kekayaan budayanya sudah ada sejak lama sekali.

Oh iya, jangan lupa SHARE ya! ๐Ÿ™‚

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.