Beranda Berwisata yuk! Museum dan Kampung Batik Pekalongan yang Perlu Kamu Jelajahi

Museum dan Kampung Batik Pekalongan yang Perlu Kamu Jelajahi

BERBAGI
Gambar Batik Pekalongan
Gambar Museum Batik Pekalongan via kompasiana.com

Berkunjung ke Kota Pekalongan, Jawa Tengah, lebih asyik rasanya jika sekalian menyempatkan diri untuk menikmati gambar batik Pekalongan.

Di kota yang telah dijuluki sebagai The City of Batik and Creativity oleh UNESCCO pada tahun 2009 silam, siapapun bisa menikmati berbagai gambar batik Pekalongan yang coraknya dijamin bikin jatuh hati.

Oh iya, baca juga ya: Inilah Gambar Batik yang Kaya Motif dan Makna

Wajar aja sih, soalnya sebagian besar masyarakat Pekalongan mata pencahariannya adalah pengrajin batik. Hebatnya lagi, batik yang mereka jual nggak hanya dipasarkan di seluruh Indonesia aja, tapi malah ke mancanegara. Terbukti kan kalau gambar batik Pekalongan emang luar biasa?

Supaya bisa membuktikan secara langsung, kamu datang aja ke Museum Batik Pekalongan yang berada di pusat tengah kota, tepatnya di Jalan Jetayu Nomor 1.

Gambar Batik Pekalongan
Gambar Museum Batik Pekalongan via kompasiana.com

Di sana kamu akan memperoleh ilmu dari gambar batik Pekalongan. Menyaksikan koleksi batik Pekalongan sekaligus memborong batik Pekalongan juga sangat bisa kamu dapatkan.

Kenapa enggak? Melihat banyak orang yang selalu bepergian ke jalur utara di Jawa Tengah, di mana sepanjang jalur pasti akan melewati Pekalongan. Maka berkunjung ke Pekalongan sekaligus datang ke Museum Batik Pekalongan akan menjadikan perjalanan berharga bagi kamu yang menyukai seni dan budaya batik.

Yang emang pada dasarnya nggak suka seni batik, nanti juga bakalan suka kok setelah berkunjung ke Museum Batik Pekalongan. Coba aja!

Oh iya, baca juga ya: Inilah Pengertian Batik Bagi yang Harus Diketahui Anak Muda

Selain Museum Batik Pekalongan, ada alternatif lain yang bisa bikin kamu jadi suka atau tambah suka dengan batik Pekalongan, yaitu tiga desa di Pekalongan yang telah lama terkenal karena dijuluki sebagai ‘Kampung Batik Pekalongan’.

Kalau kamu tanya ke orang Pekalongan, mereka dengan senang hati akan memberi arahan untuk menuju ketiga desa itu. Karena Kampung Batik Pekalongan sudah sangat familiar bagi masyarakat Pekalongan. Di sanalah sentra pengrajin batik Pekalongan sekaligus salah satu destinasi Desa Wisata Nasional. Jadi gambar seni batik di sana sangat terlihat tumpah ruah.

Raparapa akan jelaskan masing-masing dari ketiga kampung batik ini deh. Sebagai berikut.

1. Kampung Batik Kauman

Gambar Batik Pekalongan
Gambar Kampung Batik Kauman via via telusurindonesia.com

Kampung batik Kauman ini letaknya di pusat kota Pekalongan, tepat di sebelah alun-alun kota Pekalongan dan Masjid Jami Kauman.

Di Kampung Batik Kauman, kamu bakalan ketemu banyak pengrajin batik yang sedang disibuki kegiatan membatik.

Kampung ini sudah menjadi pilihan utama dari beberapa kampung wisata lainnya loh. Penilaian ini atas ketetapan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pastinya kamu juga bisa beli batik Pekalongan langsung dari pengrajin batiknya dong. Karena berbagai rumah di kampung tersebut sudah mempersiapkan spanduk atau banner sebagai tanda kalau kamu bisa langsung beli di situ.

Selain baju batik, beragam suguhan gambar batik lainnya juga banyak. Mulai dari tas batik, topi batik, sepatu batik, dan masih banyak lagi. Yang jelas gambar atau motif batiknya khas Pekalongan.

Oh iya, di Kampung Batik Kauman ini terdapat penginapan, ATM, dan money charger juga loh. Artinya kampung ini emang benar-benar terbukti memanjakan wisatawan.

2. Kampung Batik Pesindon

Gambar Baik Pekalongan
Gambar Kampung Batik Pesindon via rivaihidayat.blogspot.com

Kalau Kampung Batik Pesindon letaknya nggak begitu jauh dari Kampung Batik Kauman, tepatnya sebelum ke arah alun-alun Pekalongan.

Kalau nggak percaya, coba kamu tanya ke Pak SBY dan Ibu Ani Yudhoyono yang pernah berkunjung ke Kampung Batik Pesindon. Sekalian ajak mereka dengan alasan untuk liburan. Pasti mereka suka. Kan mereka sekarang lagi hobi liburan. Tapi liburannya berkualitas, bukan buat gaya-gayaan. Makanya pas kamu ajak Pak SBY sama Bu Ani ke Kampung Batik Pesindon, pasti mereka akan suka. Karena mereka tau kalau Kampung Batik Pesindon sudah menjadi Wisata Desa Nasional.

Selain menyuguhkan banyak butik batik, di kampung ini kamu bakalan ketemu semacam Kantor Sekretariat yang bertugas untuk mensejahterakan para pengusaha batik di Pekalongan.

Pantas aja industri batik di Pekalongan tertata rapi.

3. Kampung Batik Kemplong

Gambar Batik Pekalongan
Gambar Kampung Batik Kemplong via indohoy.com

Kalau Kampung Batik Kemplong atau Kampung Batik Wiradesa ini letaknya di kabupaten Pekalongan, tepatnya di perempatan lampu merah kecamatan Wiradesa. Nggak jauh kok dari jalan Pantura.

Kampung Batik Kemplong sudah lama diyakini masyarakat Pekalongan sebagai cikal bakal dari industri batik pesisir di wilayah kabupaten Pekalongan.

Disebut sebagai Kampung Batik Kemplong, karena kampung batik ini terdiri dari tiga desa yang berdekatan, yaitu Desa Kepatihan, Desa Kauman, dan Desa Kemplong.

Di tiga desa itulah kamu bakal ketemu banyak pengrajin batik yang menghasilkan berbagai jenis batik, seperti jenis Batik Pesisir, Batik Kencana, Batik Mahkota Ratu, dan jenis batik lainnya.

 

Itulah sedikit gambaran dari Museum Batik dan Kampung Batik Pekalongan. Kamu jangan pernah ragu ya untuk berkunjung ke tempat-tempat itu. Lebih menariknya lagi kalau ke sananya di saat momen berharga, seperti di hari Pekan Batik Nusantara yang setiap tahunnya diadakan di Pekalongan, tepat setelah beberapa hari di Hari Batik Nasional 2 Oktober. Banyak gambaran menarik dari batik Pekalongan di Kota Pekalongannya langsung.

Oh iya, jangan lupa SHARE ya! Salam. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.