Home Gaya Hidup 6 Bisnis Sampingan Kreatif untuk Mahasiswa Kreatif Seperti Kamu

6 Bisnis Sampingan Kreatif untuk Mahasiswa Kreatif Seperti Kamu

SHARE
business people via pixabay.com
business people via pixabay.com

Bisnis Sampingan Kreatif untuk Mahasiswa – Inilah zaman di mana orang-orang sanggup menghasilkan uang lebih melalui bisnis sampingan atau usaha samping. Entah posisi tepatnya berada di samping mana. Mungkin di samping kiri atau samping kanan. Tapi yang jelas, zaman sekarang sebuah bisnis sangatlah berpengaruh bagi kehidupan sekarang.

Asal kamu tau, ya kalaupun mau tau, orang-orang yang sukses melalui bisnis sampingan adalah orang-orang hebat. Mereka terpaut dengan kata “samping”, di mana akhrinya mereka memiliki keyakinan penuh, bahwa mau cari penghasilan nggak usah jauh-jauh, cukup ke samping saja. Sebab udah jelas kalau mengerjakan yang di samping itu hemat energi dan waktu. Efektif!

Inilah kehebatan dari samping. Kamu harus mahir melakukan yang di samping-samping.

Begitupula dengan bisnis sampingan. Jadi bukan hanya karyawan atau ibu rumah tangga aja yang sukses melalui usaha sampingan. Mahasiswa pun bisa sukses wirausaha di bisnis sampingan.

Oleh karena itu, Raparapa yang selalu berbaik hati ini akan membagiakan rahasia bisnis sampingan mahasiswa yang bisa diterapkan mahasiswa.

Tapi tenang! Bisnis sampingan mahasiswa ini bukan seperti bisnis-bisnis pada umumnya kok. Seperti berdagang di pinggir jalan, online shop, penerjemah bahasa, bukan! Tenang saja.

Bisnis sampingan mahasiswa ini menjadi bisnis yang antimainstream tapi kreatif, yang masih sangat langka dilakukan mahasiswa Indonesia. Malah kayaknya sih belum diterapkan mahasiswa sampai sekarang.

Raparapa yakin kalau kamu mau menerapkan, maka kamu adalah mahasiswa pertama yang punya bisnis sampingan ini. Yang penting kalau sukses jangan sampai tinggalkan rutinitas baca di Raparapa ya!

Mari kita simak!

1. Bisnis Sampingan Pengumpul Bungkus Rokok

bisnis sampingan
pack of cigarettes via pixabay.com

Raparapa nggak percaya bahwa semua mahasiswa di Indonesia telah melakukan bisnis sampingan ini. Kalau ditebak, mungkin hanya dilakukan oleh satu dua mahasiswa di antara milyaran mahasiswa di Indonesia.

Padahal kan jumlah mahasiswa Indonesia yang merokok banyak. Realistis ini. Jadi setelah mahasiswa mengumpulkan bungkus rokok, kan mahasiswa bisa merongsokkan bungkusnya. Jadi duit tuh! Dan ini merupakan jenis bisnis sampingan modal kecil. Modal yang kamu keluarkan juga bukan dalam bentuk uang kan?

Beberapa waktu lalu nih, liputan6.com pernah membuat berita tentang mahasiswa Cina yang menghabiskan uang 10 ribu yuan atau 21 juta rupiah hanya untuk membeli rokok selama kuliah.

Jumlah uang tersebut berdasarkan dari jumlah bungkus rokok yang terkumpul. Diperkirakan ada 700 bungkus rokok. Wah, kalau dirongsokkan jumlah duitnya lumayan banyak tuh!

Melihat berita itu, maka mengumpulkan bungkus rokok bisa dijadikan kesempatan kamu yang belum nemu solusi ingin menjalankan bisnis sampingan seperti apa.

Padahal caranya gampang, kamu tinggal jumpai aja teman kamu yang perokok. Setelah itu mintai bungkus rokoknya.

Kalau bisa, sekalian jumpai juga kos-kosan mahasiswa semester akhir yang merokok. Siapa tau bungkus rokoknya udah menggunung. Bisa dijadikan peluang bisnis kan?

2. Bisnis Sampingan Jasa Penyembuh Mahasiswa Patah Hati

bisnis sampingan
Broken heart via pixabay.com

Karena mahasiswa patah hati akibat pacar bisa melululantahkan berbagai kegiatan kuliah, bahkan ada yang sampai bunuh diri, maka inilah kesempatan kamu untuk mencari bisnis sampingan melalui peristiwa patah hati.

Baca juga:18 Hal yang Kamu Butuhkan Ketika Sedang Patah Hati

Bisnis sampingan Jasa Penyembuh Mahasiswa Patah Hati ini bisa sekali kamu terapkan. Karena caranya kamu tinggal berperan layaknya psikolog. Memberi solusi gejala mental dan jiwa kepada mahasiswa yang lagi patah hati supaya mahasiswa tersebut bisa segera move-on. Tarifnya bisa 20 ribu sekali pertemuan.

Kan lumayan tuh. Nggak terlalu mahal dan nggak begitu murah untuk ukuran mahasiswa.

Apalagi di zaman sekarang banyak banget kan mahasiswa yang patah hati akibat asmara? Karena gaya pacaran zaman sekarang memang berpotensi untuk merasakan sakit hati.

Tapi di sisi baiknya, ini akan menjadi peluang bisnis sampingan mahasiswa. Pundi-pundi uang bisa kamu dapatkan. Coba kamu kalikan aja tarif 20 ribu itu dengan jumlah mahasiswa yang ada di kampus kamu.

Karena percaya deh, sakit hati zaman sekarang bukan hanya datang satu atau dua kali aja selama satu semester, tapi bisa puluhan sampai ratusan kali dalam setu semester.

Oh iya, di bisnis sampingan ini, kamu juga kudu pintar membuat kalimat romantis dengan gerak-gerik penuh cinta. Bila perlu, selalu pasang wajah kamu yang segar dan penuh senyum, seperti wajahnya Ikang Fawzi di iklan On Clinic. Jadi selain bisa menghasilkan uang, kamu juga bisa menghasilkan pacar.

Supaya kamu paham urusan cinta secara mendalam, coba kamu baca deh tulisan mengenai 50+ Arti Cinta yang Sesungguhnya. Dijamin setelah dibaca, kamu bisa mendalami peluang bisnis sampingan melalui peristiwa patah hati.

Asyik kan?

3. Bisnis Sampingan Penyedia Alasan Minta Uang untuk Mahasiswa Boros

bisnis sampingan
Mahasiswa Boros via futuready.com

Mahasiswa boros kan sering minta uang lebih ke orangtuanya. Untuk jajan lah, pacaran lah, hip-hip hura lah.

Namun, kebanyakan orangtua memberi batasan kiriman uang untuk anaknya. Nah, ini sangat dijadikan peluang bagi kamu yang lagi cari bisnis sampingan, yaitu menjadi Penyedia Alasan Minta Uang untuk Mahasiswa Boros.

Tugasmu tinggal cari mahasiswa boros yang lagi bingung cari alasan minta uang kepada orangtuanya. Pasti banyak kok. Nggak mungkin nggak ada.

Setelah ketemu dengan mahasiswa boros, kamu sediakan alasan akurat kepada mahasiswa boros itu, yang nanti alasannya akan dipakai oleh si mahasiswa boros untuk mendapat uang lebih dari orangtuanya.

Tarif bayaranmu bisa dengan cara bagi hasil. Misal 20% dari hasil uang yang mahasiswa boros dapatkan. Tapi, besar kecilnya hasil yang kamu dapat, tergantung dari sepintar-pintarnya kamu menawar.

Untuk alasan yang kamu beri ke mahasiswa boros, kamu bisa cari referensinya di Google atau Wikipedia. Gampang kan?

4. Bisnis Sampingan Pembersih Kamar Kos Mahasiswa

bisnis sampingan
cleaner via pixabay.com

Jarang juga loh mahasiswa yang punya ide untuk menjalani bisnis sampingan satu ini, yaitu Jasa Pembersih Kamar Kos Mahasiswa.

Padahal kalau kamu mempromosikan diri di jasa ini dan ada mahasiswa ngekos yang tertarik, kamu bisa dibayar cukup mahal loh.

Soalnya kita tahu kalau kamar kos mahasiswa sekarang selalu berantakan. Barangkali saat ini kamu sadar kalau kamar kos kamu juga berantakan. Dan apakah kamu peduli dengan kondisi kamar kos kamu yang berantakan ini? Rasa-rasanya sih belum tentu.

Itu karena kamu sibuk kuliah sih. Apalagi merapikan kamar kos sendiri kan nggak menghasilkan uang. Wah, artinya kalau merapikan kamar kos orang lain kamu bisa menghasilkan uang dong!

Ayo, jangan pikir dua kali untuk merealisasikan peluang bisnis sampingan mahasiswa ini! Buruan promosikan diri kamu sebagai jasa pembersih kamar kos mahasiswa!

5. Bisnis Sampingan Bergaul dengan Mahasiswa Kaya

bisnis sampingan
wallet via picabay.com

Ah, mainstream! Tapi hingga kini masih terbukti ampuh kok untuk dijadikan peluang bisnis sampingan mahasiswa, terutama bagi mahasiswa ngekos.

Kamu sebagai mahasiswa yang bergaul dengan mahasiswa kaya pasti akan kecipratan enaknya. Tugasmu gampang, cukup jadi mahasiswa lucu aja, supaya mahasiswa kaya sering ngajak kamu nongkrong di kafe, ngajak shoping sekalian dibelikan baju.

Nah, kamu kan bisa akalin itu semua. Seperti kalau nongkrong di kafe tapi kamu mendadak puasa sebentar, lalu memilih membungkus makanan yang dipesan untuk dimakan nanti di kos. Kalau kamu menemani dia shoping baju dan kamu sekalian dibelikan baju, kamu bisa jual bajunya.

Peluang bisnis sampingan yang mudah kan? Atau mau pakai cara yang di bawah saja? Yaitu…

6. Bisnis Sampingan Konsultan Anti Pecah Perawan/Perjaka

bisnis sampingan
worried girl via pixabay.com

Hmm… Alangkah baiknya sebelum membaca point terakhir ini, kamu sambil mengembuskan napas pertanda kamu prihatin ya! Raparapa pun demikian, mengembuskan napas dalam-dalam karena saat penulis Raparapa menulis judul point ini, ada seorang ibu yang membaca kata “Pecah Perawan/Perjaka”. Akhirnya, sempat menciptakan syak wasangka yang nggak karuan.

Okelah, pada kenyataannya memang begini mahasiswa sekarang, banyak yang sudah nggak perawan/perjaka. Tapi nilai plusnya, bisa dijadikan peluang bisnis sampingan mahasiswa.

Kamu tinggal promosikan diri aja kalau kamu adalah Konsultan Anti Pecah Perawan/Perjaka.

Di bisnis sampingan ini, kamu menyediakan jasa kepenasihatan dalam bidang keperawanan atau keperjakaan. Maka kamu harus mempelajari ilmu biologi. Karena nantinya kamu akan memberikan analisis, kajian, opini, serta penjebaran secara rinci kepada mahasiswa atau mahasiswi yang gaya pacarannya sambil “gitu-gituan”.

Oh iya, baca juga: 8 Gaya Pacaran Anak Zaman Sekarang

Kamu siap menampung konsultasi dari mahasiswa-mahasiswi serta memberi solusi agar selalu menjaga kesuciannya sampai menikah nanti. Begitu!

Tapi, bisnis sampingan ini terbilang cukup menantang. Karena kamu akan dituntut untuk berpikir ekstra keras. Oleh karena itu, sebaiknya kamu pasang tarif yang mahal sekalian. Karena zaman sekarang untuk menjaga kesucian itu susah-susah gampang tapi memang beneran susah loh!

 

Percayalah, kehidupan mahasiswa yang menerapkan bisnis sampingan seperti bisnis-bisnis di atas, nggak akan terlupakan. Karena udah terlihat memiliki banyak kesan yang antimainstream. Bisa tenteram deh kamu menjalani kehidupan kuliah yang biayanya mahal. Selamat mencoba dan jangan lupa share ya!

Foto utama: pixabay.com

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.