Home Artikel 7 Langkah Mudah Membuat Bonsai Beringin, Kamu Pasti Bisa!

7 Langkah Mudah Membuat Bonsai Beringin, Kamu Pasti Bisa!

SHARE
bonsai beringin
via kedaisenang.wordpress.com

Bonsai Beringin – Asyik banget rasanya kalau bisa perlihara tanaman di kebun sendiri. Meskipun hanya punya halaman hijau yang mentok-mentok cuman sepetak ukurannya. Karena sekarang, lahan sempit nan mungil pun bisa dijadikan kegiatan berkebun loh. Dan berkebun tuh asyik. Yang sudah lama berkebun selalu menganggap kegiatan berkebun bisa memberi kesan jernih di saat pikiran berkecamuk.

Maka jika kamu ingin merasakan kesegaran atau kesejukan di rumah, ciptakanlah kegiatan berkebun dengan menanam bunga dan tanaman. Karena kali ini Raparapa akan memperkenalkan ke kamu soal Bonsai Beringin.

Yang belum tau tanaman bonsai, itu sejenis menanam versi mini dari tanaman yang ditanam di sebuah pot. Tapi bonsai hanya bisa untuk beberapa jenis tanaman aja. Salah satu yang paling diminati banyak orang yaitu bonsai beringin yang berasal dari pohon beringin.

Bayangin aja, pohon beringin yang begitu besarnya bisa kamu ubah menjadi versi kecil atau mini yang ditempatkan di sebuah pot. Kamu nggak usah khawatir soal tampilannya. Dijamin menarik dan lucu kok! Selin itu, usia bonsai juga bisa dalam waktu lama alias tua loh!

Di Jepang udah banyak banget tuh orang yang bikin bonsai beringin.Sementara bonsai di Indonesia juga udah banyak yang pelihara bonsai dengan baik. Biasanya sih untuk hiasan pekarangan rumah atau ruang tamu.

Bonsai yang bagus bisa mencapai miliaran rupiah. Wah, harga yang sangat fantastis untuk sebuah pohon kerdil! Beda banget sama jenis tanaman hias lainnya.

Itulah alasan mengapa sebaiknya kamu membuat bonsai. Maka inilah langkah-langkah dalam menciptakan bonsai beringin …

Tahap persiapannya…

bonsai beringin
via arrowmills

Sebelum mulai, kamu perlu beberapa persiapan seperti

  • Bonggol beringin. Pilih yang ukurannya agak besar dan polanya sesuai seleramu.
  • Pilih yang ukuran sedang aja.
  • Media tanam berupa tanah yang mengandung sedikit kerikil/batu-batu berukuran kecil.
  • Gunting tanaman atau sekateur
  • Sudip tangan
  • Tang
  • Kawat stainless steel ukuran 3 mm dan untuk proses pembuatannya.
  • Sarung tangan dan topi kebun (yang ini nggak wajib sih)

Untuk membuat media tanamnya…

bongsai beringin
via 123RF

Kalau alat dan bahannya udah siap, maka tahap berikutnya yaitu membuat media tanamnya. Ini untuk memproses terbentuknya bagian batang beringin. Kamu persiapkan saja tanah yang mengandung sedikit kerikil/batu-batu berukuran kecil tadi. Soalnya bonsai beringin nggak boleh mendapatkan nutrisi makanan yang berlebihan.

Mari buat pola bonsai beringin

bonsai beringin
via bonsaitree

Kawat stainless steel ukuran 3 mm yang udah kamu siapkan tadi, kali ini digunakan untuk menahan dahan supaya bisa membentuk ke pola tertentu. Lamanya dalam membentuk pola ini nggak bisa dipastikan sih. Tapi kawat bisa kamu lepas ketika sudah melihat pola yang sesuai keingin kamu.

Asal, kamu kudu tau cara masangin kawatnya. Harus dipasang dengan benar, yaitu dengan cara dililit secara melingkar dari pangkal dahan hingga ujung dahan. Gunakan tang di saat melilitkan dahan.

Di saat proses melilitkan kawat melingkar, kamu nggak perlu takut untuk melilitkan secara kencang dengan dahan. Karena selain tanaman bonsai kamu nggak bakal menjerit, malah seringkali  bekas lilitan kawat tersebut akan berubah menjadi hiasan indah ketika bonsai beringin membesar. Asal dahannya nggak sampai patah aja di saat proses melilitkan.

Mari memupuk

bonsai beringin
via swindon-bonsai

Di tahap ini menjadi sebuah keharusan yang dilakukan di setiap kegiatan berkebun. Karena memupuk sudah menjadi kegiatan standar untuk segala jenis tanaman. Bonsai beringin pun harus diberi pupuk sesuai takarannya. Jangan berlebihan!

Media untuk hidup bonsai sangat terbatas, sehingga pemberian pupuk nutrisi yang tepat bisa memperpanjang umur bonsai kamu. Yang harus kamu perhatikan adalah unsur pupuknya. Pilih pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor, dan pottasium. Semua unsur itu sebaiknya harus ada, demi masa pertumbuhan dan keindahan bonsai nantinya. Dan ini berlaku untuk bonsai tanaman apapun ya, bukan hanya bonsai beringin.

Kamu datang aja ke penjual tanaman dan tanyakan pupuk bonsai yang dimaksud tadi. Mereka tau kok. Tinggal kamu beli deh!

Tahap perawatan

bonsai beringin
via pinterest

Di tahap awal perawatan, tanaman bonsai akan melangsungkan kegiatan adaptasi ketika berpindah dari media tanam satu ke media tanam lainnya. Selama beradaptasi, jangan kamu beri pupuk. Biasanya proses adaptasi bisa sampai 2 hingga 3 minggu. Kamu biarkan aja akar bonsai pulih (menjalar keluar dari dalam tanah) dan letakkan bonsai di area yang nggak kena cahaya matahari seacara langsung.

Tahap Pemangkasan

bonsai beringin
via bonsaiempire

Sebelum memasukkan bonsai ke dalam pot, sebaiknya kamu pangkas dulu akar bonsai. Ini dilakukan supaya akar bonsai nggak tumbuh secara berlebihan. Artinya kamu nggak boleh membiarkan akar bonsai melebihi batas ukuran pot. Yang ada malah media tanamnya nggak bisa menampung akar bonsai dan ini nggak baik untuk tumbuh kembangnya bonsai.

Selain akar bonsai, kamu juga harus memangkas daun bonsai. Pemangkasan bisa kamu lakukan secara berskala supaya bonsai tetap menampakkan keindahan dan kecantikan. Untuk memangkas daun, kamu bisa lakukan satu bulan sekali.

Pemangkasan yang dilakukan secara rutin akan membuat bonsai menumbuhkan batang dan tunas baru. Asal proses pemangkasannya dilakukan dengan benar ya seperti yang dijelaskan di atas. Soalnya kalau salah pangkas, bonsai milikmu bisa rusak. Dahan, daun, dan bunganya pun nggak mau tumbuh lagi.

Kalau dijual di pasar, bonsai tipe ini merupakan bonsai cacat. Karena besar kecilnya harga jual bonsai tergantung dari segi keindahannya. Yang tampilannya cantik bakal laku cepat di pasar tanaman. Karena peminat bonsai banyak banget, segala macam bonsai, termasuk bonsai beringin.

Dan yang kamu ketahui, tanaman hias bonsai punya berbagai macam gaya. Ada gaya ular, gaya informal, gaya menjuntai, gaya condong seperti tertiup angin, gaya Slenting (miring), semi Cascade (curam), gaya full Cascade (sangat curam/ terjun), gaya Groving (berhimpun atau berkelompok) dan berbagai macam gaya lainnya. Bonsai sebagai tanaman kerdil merupakan pohon unik dan langka karena sebuah pohon bonsai tidak akan memiliki bentuk yang sama dengan bonsai yang lain.

Nah, lho? Bisa kamu jadikan bisnis juga kan? Yaudah sih, langsung ciptakan bonsai beringin aja. Soalnya orang yang berhasil bikin tanaman bonsai, itu bikin ketagihan dan ingin membuat bonsai berulang kali dengan tanaman yang bergam. Perawatan yang benar akan membuat bonsai tetap bertahan hidup.

 

Intiya sih, keindahan bonsai yang merupakan tanaman hias langka terletak pada tampilan bonsai itu sendiri. Mau bonsai beringin atau bonsai dalam jenis tanaman lainnya.

Ketelitian dan kesabaranlah yang perlu kamu terapkan demi hasil bonsai yang indah. Karena bonsai bisa dijadikan investasi menarik, melihat harganya semakin mahal dari hari ke hari. Jadi nggak sedikit para pecinta tanaman hias yang menjadikan bonsai sebagai ladang usaha bahkan sampai meraih kejuaraan dalam ajang kontes bonsai. Ayok bikin bonsai beringin! Dan jangan lupa SHARE ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.