Beranda Berwisata yuk! 14 Candi Hindu Indonesia yang Sering Dikunjungi Banyak Wisatawan

14 Candi Hindu Indonesia yang Sering Dikunjungi Banyak Wisatawan

BERBAGI
candi hindu
jadiberita.com

Raparapa nggak berhenti untuk membicarakan seputar keindahan Indonesia. Seperti kali ini, mengenai beragam candi hindu di Indonesia. Karena Indonesia punya banyak bagunan candi bersejarah peninggalan zaman Kerajaan Kediri, Mataram, Singosari, dan Majapahit.

Mereka dipenuhi relief dan ukiran yang terpahat apik, berdiri megah, terlihat gagah, membuat kamu semangat melangkah untuk memasukinya. Inilah candi hindu di Indonesia. Orang-orang zaman dulu seolah punya kekuatanmu maha hebat ketika membuat kerajinan tangan yang mendunia dalam wujud candi. Semuanya benar-benar dilakukan menggunakan tangan sebagai penggerak utama.

Pada zaman kerajaan saat itu, mayoritas agama yang mereka anut adalah agama hindu. Itu mengapa tercipta candi hindu. Sekarang, saatnya mengulas satu per satu candi bercorak hindu yang ada di Indonesia.

1. Candi Prambanan

candi hindu
candi1001.blogspot.co.id

Atau biasa disebut Candi Roro Jonggrang. Siapa yang nggak mengenal candi hindu satu ini? Kalau kamu nggak kenal, kamu langsung aja datang ke Sleman, Yogyakarta. Lagian candi bercorak hindu ini sudah terkenal sampai ke luar negeri. Ini karena arsitekturnya tampak menjulang indah dan ramping. Ketinggiannya sampai 47 meter.

Ini adalah candi hindu terbesar di Indonesia sekaligus terindah di Asia Tenggara. Sudah menjadi warisan dunia yang diauki UNESCO.

Caranya gimana ya orang-orang zaman abad 9 bisa membangun candi bercorak hindu yang indah ini? Nggak kebayang deh. Soalnya sampai sekarang belum ada penjelasan secara ilmiah. Yang ada malah penjelasan dari penduduk lokal di sekitar Candi Prambanan. Mereka menyimpukannya secara imajiner dalam bentuk cerita. Salah satunya cerita legenda yang menyebutkan kalau wujud Candi Prambanan adalah hasil dari kutukan Bondowoso terhadap Roro Jonggrang.

Namun terlepas dari itu, kamu sempatkan ya untuk datang ke candi hindu di Sleman ini! Karena kamu pasti akan dibuat kagum akan keelokannya.

2. Candi Cetho

candi hindu
wisatanesia.co

Candi Cetho juga terbilang indah. Letaknya di Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasinya emang cukup jauh sih dari pusat kota Karanganyar. Tepatnya di bagian barat pegunungan Lawu.

Oh iya, jangan lupa baca juga ya 11 Gunung Terbaik di Indonesia yang Perlu Kamu Datangi

Sekitar abad ke-15 lah candi hindu yang melegenda ini berdiri. Saat itu pada era zaman Majapahit. Kegiatan yang dilakukan penduduk lokal adalah berziarah. Karena sampai sekarang Candi Cetho masih dijadikan tempat pemujaan bagi pemeluk agama hindu di kawasan Jawa Tengah.

Sudah banyak bagian bangunan yang sudah direnovasi pada candi bercorak hindu ini, tapi sekarang masih berdiri tegak dan ramai dikunjungi banyak orang dari berbagai kalangan.

Ketinggian Candi Cetho ini sekitar 190 meter dengan lebar 30 meter. Kamu kalau datang ke Candi Cetho, maka sebelum masuk pasti akan melewati dua gapura Candi Bentar, setelah itu akan melewati sembilan tingkatan berundak.

Di situ kamu juga akan menemukan beberapa patung yang membentuk indah dan batu-batu ornamen yang tertata apik. Pokoknya sangat terasa nuansa sejarahnya.

3. Candi Sukuh

candi hindu
pinterest.com

Candi hindu ini juga berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Lokasinya nggak jauh kok dari Candi Cetho. Dan masih berdiri tegak sampai sekarang. Ramai dikunjungi banyak orang dari berbagai daerah. Karena suasananya asri dan pastinya fotogenic. 🙂

Candi bercorak hindu hasil peninggalan kerajaan Majapahit ini punya halaman yang terdiri tiga teras yang kalau dilewati. Ketiga teras ini dianggap memiliki tujuan sempurna. Kamu kudu coba tiga teras ini! Sugestikan aja kalau kamu melewati ketiga teras itu, maka keginginan kamu akan berjalan lancar sesuai rencana.

Selain itu, di candi hindu ini juga terkenal dengan tempat pemujaan yang dinamai Lingga dan Yoni. Menurut informasi, tempat itu punya simbol yang kalau diartikan adalah simbol seksualitas.

Meskipun ukuran candi hindu ini terbilang kecil dan sempit, tapi banyak fakta menarik yang terdapat di dalamnya. Relatifnya yang unik dan melegenda menjadi perhatian banyak pengunjung, karena punya banyak arti di balik ukiran relief.

Jadi, langsung aja kamu berkunjung ke Candi Sukuh!

4. Candi Dieng

candi hindu
harianbernas.com

Candi hindu ini berada di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Sebenarnya sih daerah Wonosobo banyak sekali candi yang berukuran kecil. Tapi Candi Dienglah yang lebih dilirik banyak orang. Suasana di Candi Dieng juga dingin-dingin sejuk loh!

Menurut sebagian penduduk sekitar, candi hindu ini dianggap juga sebagai tempat arwah leluhur pada zaman Mataram Hindu. Karena Dieng sendiri juga merupakan bahasa sansekerta yaitu “Di” dan “Hyang”, yang artinya Tempat Arwah Para Leluhur.

Datanglah ke Candi Dieng, banyak keunikan yang bisa kamu nikmati. Mulai dari struktur bangunannya, batu-batuannya terpahat rapi, relief candi bercorak hindu, serta orang-orang yang menggunakan pakaian adat Jawa seperti pakaian Gatot Kaca dan Bima.

Semuanya ada di dalam candi hindu ini. Keramaiannya juga masih terjaga sampai sekarang Mangkannya kamu datang ya!

5. Candi Gedong Songo

candi hindu
telusurindonesia.com

Masih di Jawa Tengah, tepatnya di ibu kota, yaitu Semarang. Candi hindu ini masih dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai daerah.

Gedong Songo kalau diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu artinya sembilan bangunan. Di situ ada sembilan candi yang tersebar di berbagai kawansan. Meskipun lokasi sembilan candi ini nggak berdekatan sih. Tapi kebanyakan orang-orang yang berkunjung pasti akan menyempatkan berjalan untuk melihat satu per satu dari kesebilan candi hindu ini.

Lagian suasana sejuk di situ nggak bikin capek ketika melakukan perjalanan. Enaknya lagi, di kawasan Candi Gedong Songo terdapat tempat permandian air hangat. Bisa dimanfaatkan untuk tempat persitirahatan bagi para wisatawan. Apalagi tempat mandi air hangat ini dianggap bisa menyembuhkan penyakit gatal-gatal.

Ayolah, berkunjung ke Candi Gedong Songo!

6. Candi Penataran

candi hindu
pegipegi.com

Candi Penataran letaknya di Blitar, Jawa Timur. Salah satu candi hindu terbesar di Jawa Timur. Sangat indah dan ramai dikunjungi banyak orang ketika hari biasa maupun hari libur.

Candi Penataran juga dikenal dengan candi hindu yang digunakan untuk pemukaan Dewa Siwa. Penilaian ini didasari oleh arsitektur candi. Penduduk setempat juga dikenal ramah loh sama para wisatawan yang datang ke candi hindu ini.

Selain itu juga ada kolam yang memiliki sumber air yang sangat jernih. Kolam ini bisa dikunjungi siapa aja. Letaknya di belakang candi. Maka sangat disayangkan bila kamu sedang berada di Blitar tapi nggak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Candi Pentaran.

7. Candi Kidal

candi hindu
halomalang.com

Masih di Jawa Timur, tepatnya di Malang. Dan kita tahu kalau Malang punya banyak sekali tempat wisata yang menyuguhkan panorama indah. Nah, Candi Kidal adalah salah satu dari panorama indah di Malang. Nggak usah ragu unutk datang ke sini!

Candi hindu bekas peninggalan kerajaan Singosari ini berdiri tegak dan gagah. Kamu akan merasakan betapa orang zaman dulu punya kekuatan maha hebat.

Candi Kidal dikenl memiliki kisah sejarah yang melegenda dan abadi. Kisah sejarahnya bisa kamu temukan ketika membaca 3 relief yang terpahat di kaki candi hindu ini.

Ketiga relief itu bercerita mengenai Garuda. Relief pertama Garuda lagi menggendong 3 elor ukuran besar, relief kedua bercerita soal kendi dan Garuda, sementara relief ketiga bercerita soal Garuda dengan seorang wanita. Menarik sekali cerita dari relief ini.

Candi Kidal dibangun sekitar 1248 masehi. Artinya usia candi hindu ini udah sekitar 768 tahun. Lumayan tua ya! Tapi hebatanya masih berdiri kokoh sampai sekarang. Padahal terakhir pemugaran pada tahun 1990 loh.

Letaknya emang lumayan jauh sih dari pedesaan. Tapi kejauhannya akan terbayar ketika sudah sampai di Candi Kidal. Datang deh ke Malang!

8. Candi Pringapus

candi hindu
sasadaramk.blogspot.co.id

Candi Pringapus lokasinya di Temanggung, Jawa Tengah. Jauh banget kalau dari pusat kota. Tapi apa boleh buat? Yang penting candi hindu ini masih ramai dikunjungi. Dan kamu dipersilakan untuk datang sambil mengamati struktur bangunannya.

Diperkirakan Candi Pringapus dibangun sekitar tahun 850 Masehi. Melalui tangan arsitek, candi ini diperkirakan sebagai candi hindu Siwaistik. Digunakna untuk tempat pemujaan Dewa Siwa.

Keindahan Candi Priangapus bisa dilihat melalui ornamen batu pahatan yang indah, halus, dan tertata apik. Kamu bakal dibuat nggak nyangka deh kalau arsitek zaman dulu punya jiwa seni yang tinggi.

Oh iya, jangan lupa baca juga 15 Seni Lukis Termahal di Dunia

9. Candi Cangkuang

candi hindu
kebudayaanindonesia.net

Kalau Candi Cakuang letaknya di Garut, Jawa Barat. Pesonanya juga nggak kalah kok dengan candi-candi hindu lainnya. Diperkirakan berdiri pada abad ke-7 sampai 8 Masehi.

Candi Cangkuang berada di tengah danau yang biasa disebut Situ. Selalu ramai dan selalu terlihat indah. Menurt pengelola candi, Candi Cangkuang bisa dikunjungi sampai 10 ribu orang di setiap bulannya. Wow! Berarti terbukti menarik dong!

Untuk mencapai candi hindu ini, kamu harus mengeluarkan biaya untuk jasa penyeberangan rakit yang bisa menampung banyak penumpang sekaligus. Tenang, biayanya relatif murah kok. Dan di saat menyeberang, kamu bisa sambil menikmati pemandangan danau. Di sekitar masih cukup asri dan sejuk.

Selain berkunjung ke Candi Cangkuang, kamu juga bisa menengok ke Kampung Adat Pulo yang lokasinya tepat di pinggir Candi Cangkuang. Di situlah kamu akan menemukan catatan sejarah pemugaran Candi Cangkuang dan benda-benda peninggalan zaman hindu dan islam yang ada di Museum Cangkuang.

Pokoknya seru deh untuk dikunjungi!

10. Candi Arca Gupolo

candi hindu
yogyalagi.com

Sejarah Hindu juga tersedia di Candi Arca Gupolo yang berlokasi perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Di candi hindu ini terdapat kumpulan dari tujuh buah arca bercorak agama hindu. Tepatnya di tengah hutan yang ditumbuhi tumbuhan bambu. Tujuh buah arca itu adalah Dewa Hindu. Mereka berbentuk dalam posisi tanpa kepala. Salah satu yang paling dikenal adalah Arca Gupolo, sesuai dengan nama candi.

Terkesan punya suasana mistik sih ketika datang ke Candi Arca Gupolo. Tapi bukan berarti candi hindu ini menjadi sepi.

Kamu kalau datang ke sini menggunakan kendaraan pribadi, kendaraannya harus dititpkan ke rumah warga. Supaya kamu bisa melewati jalanan setapak yang dipenuhi batu. Jalanan setapak ini yang menunjukkan ke arah arah lokasi arca.

11. Candi Gunung Sari

andi hindu
lisagopar.com

Candi Gunung Sari juga masih senantiasa ramai dikunjungi banyak wisatawan. Lokasinya di Magelang, Jawa Tengah. Candi hindu ini akan lebih ramai ketika hari libur.

Karena pesona keindahan yang dihadirkan Candi Gunung Sari juga dinilai menarik. Pucak Bukit Sari atau Gunung Sari yang nggak pernah dilupakan pengunjung. Lokasinya nggak begitu jauh dari Gunung Wukir Magelang.

Di situ para wisatawan akan menyaksikan Prasati Canggal yang memiliki keindahan dari segi bentuk, ornament, dan arsitektur.

Diperkirakan candi hindu ini dibangun pada abad ke-6, yang artinya lebih tua daripada Candi Borobudur atau Candi Prambanan.

Oh iya, kalau Candi Borobudur bukan sepenuhnya candi hindu ya. Tapi candi hindu dan budha.

12. Candi Asu

candi hindu
yukpiknik.com

Candi yang lokasinya tepat di kaki Gunung Merapi. Dan sangat disayangkan karena yang tersisa di candi hindu ini hanya berupa pondasi dan kaki candi. Tapi bukan berarti udah nggak  bisa dinikmati. Masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Candi Asu. Karena mereka dijamin akan tahu gamabaran bekas sejarah candi ini.

Candi Asu ini yang menamakan warga setempat. Karena salah satu patung yang menjadi iconic di dalam candi mirip anjing, atau asu kalau dalam bahasa Jawa. Padahal patung itu adalah patung Anandi, hewan lembu betina milik Dewa Siwa.

13. Candi Sambisari

candi hindu
jadiberita.com

Kamu tahu? Kalau Candi Simbisari ini letaknya berada di dalam tanah loh! Aneh ya, karena Candi pada umumnya kan letaknya di permukaan tanah yang tinggi. Tapi kalau Candi Simbisari malah kebalikannya. Candi bercorak hindu yang unik menarik nih!

Lokasinya di Sleman, Yogyakarta. Alasan mengapa candi hindu ini berada di dalam tanah, itu karena sempat terkubur oleh material vulkanik Gunung Merapi. Diperkirakan sudah berabad-abad lamanya Candi Simbisari terkubur.

Tapi beruntunglah, karena candi hindu ini ditemukan tanpa sengaja oleh seorang petani setempat di tahun 1996. Akhirnya setelah itu dilakukan eskavasi. Dan sekarang sudah menjadi tempat yang layak untuk dikunjungi wisatawan.

Sekarang kita bisa lihat kok kondisi Candi Simbasari. Bentuknya seperti puzzle. Meskipun nggak bisa kita lihat secara utuh, atau bahkan terkesan candi hindu ini nongol dari permukaan tanah.

Unik dan menarik!

14. Candi Jago

candi hindu
pegipegi.com

Candi Jago berlokasi di Malang, Jawa Timur. Nggak sulit untuk kamu datangi, karena berada di dekat jalan raya.

Diperkirakan dibangun pada abad ke-13 oleh Raja Kartanegara. Meskipun kondisi candi hindu ini sudah rusak sebagian, tapi kesan indahnya masih bisa dinikmati siapapun, termasuk kamu. Seperti pahatan dan ukiran batu yang tersusun apik, relief yang masih terpahat di sepanjang dinding candi.

Relief ini mengisahkan dua ekor kura-kura yang sedang belajar terbang. Kemudian ada seekor angsa yang berbaik hati. Mencoba menolong kura-kura agar bisa terbang. Dan ternyata, mereka terbang juga sampai ke angkasa.

Kamu datang langsung aja ke sini. Karena cerita di relief ini bukan cuman itu kok. Masih banyak kelanjutan setelah ketiga hewan itu terbang.

 

Sebenarnya masih banyak sih jumlah candi hindu yang ada di Indonesia. Tapi yang disebutkan di atas adalah candi bercorak hindu yang masih dikunjungi oleh banyak wisatawan. Kamu akan menjadi salah satu dari wisatawan ini jika meniatkan diri untuk datang ke salah satu candi yang disebutkan di atas, atau bahkan semuanya. Nggak apa-apa lah, demi memahami sejarah Indonesia lebih dekat.

Oh iya, jangan lupa SHARE ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.