Beranda Gaya Hidup 11 Rahasia dari Cara Belajar Efektif!

11 Rahasia dari Cara Belajar Efektif!

BERBAGI
kerajinan tangan dari kain flanel
via es.dawanda.com

Cara Belajar Efektif – Zaman sekarang, banyak pelajar atau mahasiswa yang sering bergulat dengan beragam masalah. Beragam masalah itulah yang membuat mereka sulit untuk konsentrasi ketika belajar. Namun pada dasarnya, mereka yang berada di sekolah atau kampus, harus terus belajar untuk kemajuan dan harapan yang cerah.

Cara belajar efektif yang akan Raparapa beri tau bukan dengan menjejalkan buku atau memaksakan kamu untuk terus belajar. Karena cara itu udah kuno! Yang benar adalah dengan cara belajar cerdas supaya efektif dan nggak memakan tenaga serta waktu.

Yuk, simak cara belajar cerdas melalui berbagai kebiasaan cara belajar efektif di bawah ini.

1. Ubah cara kamu mendekati belajar

Begitu banyak orang yang beranggapan kalau belajar adalah bagian dari sesuatu yang diperlukan, bukan kenikmatan untuk meraih sesuatu. Lumrah aja sih. Tapi alangkah baiknya jika kamu punya anggapan, kalau belajar adalah cara untuk mendekati sesuatu yang penting.

Kalau punya anggapan seperti itu, artinya kamu berada di pola pikir yang tepat. Dan cara belajar kamu sangatlah terbilang cerdas dan efektif.

Soalnya, kalau kamu hanya beranggapan belajar adalah sesuatu yang diperlukan, yang ada malah pikiranmu akan terkekang dan terkesan memaksakan diri. Bukannya menyerap banyak pengetahuan, eh malah kamu merasa kalau belajar merupakan bagian dari hal yang menyeramkan. Jelas itu akan menjadikan belajar sebagai masalah yang perlu kamu hindari.

Proses belajar atau latihan yang dilakukan dengan cara terpaksa, jatuhnya malah frustrasi.

2. Ketika handak atau sedang belajar, hindari pikiran bencana

Pikiran bencana itu seperti pikiran penuh terkaan, hanya menduga-duga, ini sangatlah negatif dan nggak efektif. Maka jauhi pikiran negatif ketika hendak belajar seperti,

“Aku nggak pernah punya cukup waktu belajar untuk ujian ini,”

Diganti aja dengan pikiran seperti,

“Mungkin selama ini aku terlambat untuk mempelajarinya, tapi karena besok ujian, maka aku harus belajar sekarang. Karena pasti aku akan membuahkan hasil, sekecil apapun itu!”

3. Jangan membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Di saat proses belajar, membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain merupakan cara yang buruk, karena pada akhirnya kamu akan menyalahkan diri sendiri.

Percaya deh, kapasitas setiap manusia itu beda-beda. Jadi nggak perlu memusingkan antara kualitas kamu dengan kualitas orang lain. Karena membanding-bandingkan sikap itu nggak ada habisnya. Nggak efektif sekali untuk bisa maju.

Positif aja sama diri sendiri. Hal ini dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan kamu. Dengan sendirinya kamu juga akan positif ketika belajar kok.

4. Ciptakan tempat yang kondusif untuk belajar

Ini juga cara belajar efektif. Karena seringkali, kesalahan orang ketika belajar yaitu karena berada di tempat yang nggak kondusif. Jadi susah untuk konsenterasi deh. Perkara klisenya yaitu karena ada TV, gadget, atau konsol game.

Kalau kamu tipe orang yang nggak bisa menahan dengan adanya notifikasi dari smartphone, maka mau nggak mau di saat belajar kamu harus mematikan smartphone kamu. Lagian mematikannya hanya bersifat sementara kok, yaitu di saat kamu sedang belajar aja.

Setelah selesai belajar, jempol kamu yang sedemikian imutnya bisa kembali beraksi di layar smartphone kan? Baik-baik sama jempol ya!

Tapi percaya deh. Sebuah tempat dengan banyak fasilitas digital, seringkali bisa menciptakan suasana yang miskin ilmu. Karena fasilitas digital sangat bisa mengalihkan perhatian kamu. Sebab selalu aja ada pikiran, kalau gadget lebih menarik untuk dicerna daripada belajar studi lainnya.

Buang jauh-jauh juga tuh pikiran kayak gitu!

5. Cari juga sebuah tempat yang kondusif

Kondusif sangat berpeluang menciptakan hal yang efektif. Dan tempat untuk belajar bukan hanya di rumah kan? Oleh karena itu, untuk menyenangkan suasana belajar, kamu ciptakan atau cari tempat kondusif untuk belajar. Karena ini juga menjadi salah satu penentuan yang bisa kamu percaya agar bisa meraih impian untuk beberapa tahun ke depan.

Tempat kondusif bisa di perpustakaan atau ruang belajar lainnya. Pastinya kamu bisa menentukan tempatnya lah. Intinya, hindari tempat-tempat yang rawan dengan perkumpulan sarang tawa.

Bawa juga semua yang kamu butuhkan dan jangan bawa yang nggak kamu perlukan, supaya nggak makan banyak waktu. Masa kamu kudu bolak-balik ke rumah hanya untuk mengambil sesuatu yang kamu perlukan? Jatuhnya malah nggak efektif belajar kan?

Begitulah cara belajar efektif! Maka dari itu, tentukan sumber daya apa aja yang harus selalu kamu bawa untuk proses belajar. Jika kamu selalu bisa belajar dengan cara sambil mendengarkan musik favorit, pastikan kamu selalu bawa iPod atau mp3 player lainnya.

Efektif kan?

6. Garis dan tulis ulang catatanmu

Ini juga cara belajar efektif yang nggak boleh kamu abaikan!

Penting banget menggaris sebuah tulisan atau catatan. Bila perlu kamu tulis ulang sekalian catatan yang udah kamu buat. Cara ini dapat membantu kamu untuk menyerap ilmu yang paling dasar.

Cara ini sangat berlaku banget jika kamu tipe pelupa loh. Jadi apa yang kamu tulis akan kembali kamu pahami, akan lebih mudah diingat ketika ujian datang.

Caranya? Kamu tinggal garis aja tulisan yang menurut kamu penting, setelah itu kamu uraikan lalu buat konsep sendiri supaya bisa kamu pahami.

Saat menulis ulang, kamu juga bisa mengucap tulisan itu dengan keras, pahami dengan serius. Cara ini dapat menjadi salah satu metode untuk menguatkan ingatanmu.

Percayalah, cara ini sangatlah efektif dalam proses belajar, daripada harus mengahafal satu mata pelajaran dalam waktu lama.

7. Praktek sendiri atau dengan teman-teman

Pastinya kamu tau kan kalau praktek adalah cara belajar yang sempurna? Maka dari itu, kamu bisa langsung menguji sendiri atau dengan teman-teman kamu sebelum menghadapi ujian, terutama ujian praktek. Jadi bikin ujian langsung lalu dikerjakan bareng-bareng gitu. Minta tolong orang lain aja untuk bikinin ujiannya.

Soalnya, terlalu banyak pelajar yang memperlakukan ujian di saat ujian berlangsung. Kalau mereka nggak mempersiapkan dari awal, maka biasanya akan menyebabkan kecewa ketika ujian berlangsung.

Serius deh, cara belajar dengan membiasakan praktek itu penting. Dan jelaslah sangat efektif. Salah satunya praktek bersama teman-teman dengan versi yang menyenangkan. Misalnya kalau yang nilainya paling rendah, hukumannya mendadak jadi balerina di tengah jalan.

Intinya, praktek membantu kamu memahami luasnya ilmu yang kamu harapkan, bukan hanya bahan untuk belajar.

Ini sangat terbukti efektif daripada dituntut untuk menghafal pelajaran dari jauh-jauh hari. Sama halnya kayak kamu menghafal bahasa Inggris melalui buku dibandingkan kamu langsung belajar bahasa Inggris di negara yang bahasanya menggunakan bahasa Inggris. Cepetan mana mahirnya?

8. Ciptakan belajar yang terjadwal

Menjadwalkan waktu belajar layaknya kamu berada di sekolah atau kampus, dapat menemukan semua kerumitan pelajaran yang bisa diatasi dalam waktu yang kamu tentukan sendiri. Entah itu jangka panjang maupun jangka pendek.

Dan kamu harus sadar, kalau menghabiskan 30 atau 60 menit untuk belajar di setiap hari, jauh lebih baik dan efektif daripada ketika di kelas kamu nggak paham pada cara yang diterangkan oleh gurumu.

Bahkan jika kamu hanya membaca buku seminggu sekali, itu juga lebih baik dan efektif daripada membaca bukunya ketika menjelang ujian aja.

Ingat, yang penting terjadwal dan punya komitmen! Efektif deh.

9. Selalu percaya bahwa belajar punya imbalan yang nggak kamu sangka

Begitu banyak pelajar yang memandang, kalau belajar adalah tugas dan sampai kapanpun akan menjadi tugas. Ya, ini sangatlah manusiawi, tapi terkesan beban banget loh.

Jadi, mending kamu ubah aja pemikirannya. Anggap dan percayakan kalau belajar adalah cara atau proses untuk meraih sesuatu. Jika kamu menemukan imbalan untuk membantu memperkuat cara belajar kamu, mungkin kamu akan terkejut ketika berhasil meraih imbalan tersebut.

Tanpa kamu sadari, dari waktu ke waktu imbalan bisa terwujud pada sikap kamu yang berubah menjadi lebih baik, pikiran lebih terbuka dan efektif, selera lebih tinggi, dan kamu ke mana-mana akan nyaman aja deh.

Intinya adalah, untuk menginginkan imbalan atau hadiah yang nyata, pasti akan terwujud kalau kamu senantiasa menaati proses belajarnya.

10. Selalu berusaha untuk tetap seimbang dalam belajar

Sulit untuk menjalani kehidupan yang seimbang antara belajar dan bermain. Namun, semakin sering mencoba untuk menyeimbangkan kedua hal tadi, semakin mudah untuk meraih apa yang kamu inginkan.

Jika kamu menghabiskan seluruh waktu hanya untuk bermain, maka kamu dapat merasakan betapa mudahnya menjadi orang yang nggak seimbang. Seperti malas bangun pagi, malas buat mandi, mau fokus belajar juga sulit, akhirnya selalu serba salah. Setelah itu nggak usah jadi manusia sekalian aja gimana? Hehehe

Oh iya, baca juga ya:

Maka dari itu, kamu harus pintar memanfaatkan waktu antara belajar dan kumpul bersama teman. Jangan terlalu banyak belajar, dan jangan terlalu banyak kumpul.

Jangan lupa juga untuk rutin olahraga, konsumsi vitamin dan suplemen supaya bisa seimbang, kemampuan mental kamu juga akan meningkat, termasuk konsentrasi belajar. Bakat, perilaku, kewaspadaan, dan bahkan kecerdasan sangat bisa menyapamu.

Selalu sehat ya!

11. Manfaatkan harapanmu di kondisi sekarang

Jangan sampai harapan atau impian kamu sirna hanya karena kamu mengabaikan kesempatan yang hadir di kondisi sekarang. Cobalah untuk mengambil catatan, belajar memahami, dan mendengarkan orang-orang terbaikmu ketika memberi saran.

Jangan menutupi kekuranganmu di depan mereka. Konsultasikan aja langsung. Ingatlah, saran mereka juga bisa melibatkan harapanmu kelak.

Mungkin di saat itu juga, kamu akan menyadari kalau sekolah atau kampus kamu merupakan kesempatan besar untuk menentukan harapan.

 

Karena belajar bukan hanya tentang kelulusan ujian aja. Belajar merupakan upaya untuk benar-benar belajar banyak hal. Nah karena banyak, kamu perlu melakukan cara efektif supaya semua proses belajar berjalan baik.

Meluangkan waktu untuk belajar dari sekarang merupakan sikap menghargai harapan nanti. Teruslah belajar dan selalu cari hal-hal menarik yang bisa dipetik dari setiap pengalaman belajarmu. Ya udah, tunggu apa lagi? Sana belajar sekarang! Nggak usah buka tulisan Raparapa lainnya! Salam Raparapa.

 

(Foto utama: by via francescashabbyhome.blogspot.com)

8 KOMENTAR

  1. […] Asal kamu tau, ya kalaupun mau tau, orang-orang yang sukses melalui bisnis sampingan adalah orang-orang hebat. Mereka terpaut dengan kata “samping”, di mana akhrinya mereka memiliki keyakinan penuh, bahwa mau cari penghasilan nggak usah jauh-jauh, cukup ke samping saja. Sebab udah jelas kalau mengerjakan yang di samping itu hemat energi dan waktu. Efektif kan? Makanya kamu kudu tau rahasia dari cara belajar efektif! […]

  2. waktunya untuk mulai melaksanakannya satu persatu biar belajarnya makin efektif dan berhasil nih. cobain ah sekarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.