Home Artikel Begini nih Cara Membuat Bros dari Kain Flanel yang Lucu dan Menarik

Begini nih Cara Membuat Bros dari Kain Flanel yang Lucu dan Menarik

SHARE
Cara Membuat Bros dari Kain Flanel
via pinterest

Raparapa.com – Salah satu kreasi dari kain flanel yang gampang banget dibuat yaitu bros. Karena bros dari kain flanel itu gampang banget bikinnya. Untuk mendapat bahan-bahannya juga selalu mudah ditemui di toko-toko kain. Warna kain flanel pun lengkap. Maka kamu bisa mengkreasikan bros dari kain flanel dengan banyak warna. Itu mengapa kain flanel selalu menjadi salah satu idaman para pengrajin tangan hingga sekarang.

Oh iya, baca juga ya : 17 Kerajinan Tangan Indonesia yang Mendunia 

Sosoknya yang punya banyak pilihan warna, kain flanel juga akhirnya bisa digunakan untuk kreasi apapun. Bukan hanya bros atau aksesoris pakaian, tetapi bisa juga sepatu anak, pelindung handphone, sampai beragam pajangan rumah yang sangat lucu.

Kalau bros, wujudnya satu tetapi manfaatnya banyak, terutama untuk mempercantik penampilan. Seperti bisa digunakan aksesoris seperti ditempatkan di atas saku baju. Atau bisa juga dilekatkan di jilbab, yang akhirnya slelau berhasil mempercantik tampilan jilbab, supaya lebih feminim gitu.

Oh iya, baca juga ya : Aneka Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Menggemaskan!

 

Oleh karena itu, kali ini Raparapa akan membahas cara membuat bros dari kain flanel dengan berbagai bentuk yang dijamin lucu. Ini sangat bisa dilakukan di rumah karena gampang untuk membuatnya. Yaudah, yuk simak caranya di bawah ini:

1. Cara Membuat Bros dari Kain Flanel dalam Bentuk Smile

Cara Membuat Bros dari Kain Flanel
via pinterest.com

Cara membuat bros dari kain flanel dalam bentuk smile ini gampang banget loh. Kamu bisa langsung mempraktekkan dengan mempersiapkan bahan-bahannya seperti:

  • 1 Kain Flanel. Terserah mau warna apa aja. Kalau mau emoticon pada umunya ya kamu pilih warna kuning aja.
  • 1 buah lem tembak atau lem bakar
  • 1 buah gunting
  • Media pembakar lem (glue gun)
  • 1 buah jarum berukuran kecil
  • 1 buah peniti bros
  • Dakron, ini secukupnya aja
  • 1 buah pulpen
  • Benang jahit warna merah, hitam, dan kuning

Kalau bahan-bahan di atas udah kamu siapkan, maka beranjak ke tahap selanjutnya, yaitu merakit dan mulai cara membuat bros dari kain flanel berbentuk smile.

Yang pertama, kamu harus buat sketsa dalam bentuk dua lingkaran di kain flanel yang ukurannya sama persis. Gunakan pulpen yang udah kamu sediakan untuk bikin sketsanya. Setelah itu kamu potong aja pakai gunting di sketsa yang membentuk kedua pola lingkaran tadi.

Kedua, setelah jadi dua buah lingkaran, kamu memasuki tahap merangkai pola. Caranya, kamu tumpukkan dua pola lingkaran kain flanel yang udah jadi tadi, lalu kamu jahit di bagian pinggirnya. Di sinilah kamu perlu menggunkan tusukkan festo.

Yang ketiga, sebelum kamu menjahit secara keseluruhan, buatlah dua mata di salah satu sisi pola lingkaran. Cara bikin matanya kamu bisa pakai tusukan silang menggunakan benang berwarna hitam.

Keempat, kamu langsung aja bikin jahitan yang mengekpresikan senyum. Pakai aja benang warna merah. Yang dipakai untuk bikin pola atau ekspresi senyum ini yaitu tusukan rantai. Lihat gambar di bawah ini nih:

Cara Membuat Bros dari Kain Flanel
via wikihow

Kelima, silakan lanjut menjahit di bagian pinggirnya. Dan jangan lupa, sebelum dijahit keseluruhan, sisakan sedikit celah yang digunakan untuk memasukkan darkon di dalamnya.

Keenam, kamu bisa memasukkan darkon ke dalamnya melalui celah yang tadi. Peran darkon ini sangatlah penting, yaitu agar bros kain flanel yang dibuat ini membentuk tiga dimensi. Jadi bakal terlihat menarik dan profesional deh.

Oh iya, isi darkonnya secukupnya aja ya!

Ketujuh, setelah merasa cukup mengisi darkon, kamu lanjutin aja menjahitnya di bagian pinggir sampai semuanya tertutup rapat.

Kedelapan, cek lagi! Apakah ada jahitan yang belum rapi? Kalau udah rapi, kamu bisa langsung menambahkan peniti di bagian belakang bros supaya bisa menjadi aksesoris cantik.

Kesembilan, kamu rekatkan penitinya menggunakan lem. Kamu tunggu aja sampai betul-betul kering dan melakat kuat.

Begitulah cara membuat bros dari kain flanel. Mudah bukan? Atau kalau masih merasa bingung, kamu bisa nonton videonya di bawah ini nih.

2. Cara Membuat Bros dari Kain Flanel dalam Bentuk Kupu-Kupu

Cara Membuat Bros dari Kain Flanel
via pinterest

Pastinya kita setuju dong kalau kupu-kupu adalah salah satu jenis serangga terindah di dunia. Itu mengapa membuat bros dari kain flanel dalam bentuk kupu-kupu sangatlah menarik dan memberi kesan cantik.

Maka apa salahnya Raparapa memberikan cara kepadamu untuk membuat bros dari kain flanel dalam bentuk kupu-kupu. Lagi-lagi ini bisa kamu kerjakan di rumah karena caranya gampang banget. Inilah alat dan bahan-bahannya:

  • Kain Flanel warna ungu dan warna merah muda
  • Benang Ungu
  • Gunting
  • Putik
  • Mute Hitam
  • Peniti Bros
  • Ballpoint
  • dan Jarum

Jika semuanya sudah kamu siapkan, maka beginilah cara membuat bross dari kain flanel dalam bentuk kupu-kupu.

Tahap pertama, kamu siapkan berbagai pola di kain flanel yang ukuranya memanjang. Rinciannya kayak di bawah ini nih:

– Kain flanel berwarna merah muda, ukurannya 20 cm x 1 cm. Kamu perlu 2 rangkap

– Kain flanel berwarna merah muda, ukurannya 15 cm x 1cm. Perlu 2 rangkap

– Kain flanel berwarna ungu, ukurannya 20 cm x 1 cm. Juga perlu 2 rangkap

– Kain flanel berwarna ungu, ukurannya 15 cm x 1 cm. Kalau yang ini perlu 4 rangkap

Kedua, pola-pola kain flanel yang tadi kamu potong aja sesuai ukuran dan jumlah rangkapnya.

Ketiga, kamu siapkan lem dengan cara memasukkan lem bakar pada gluegan.

Keempat, Buatlah gulungan kain flanel. Di sini kamu harus bikin 3 jenis gulungan. Antara lain sebagai berikut:

– Kamu gulung kain flanel berwarna ungu dalam ukuran 15 cm x 1 cm. Buat sebanyak 2 buah aja yang akan digunakan untuk bagian badan.

– Kamu gabungan kain flanel berwarna merah muda dan ungu dalam ukuran 20 cm x 1 cm. Buat sebanyak 2 buah aja yang akan digunakan untuk sayap di bagian atas.

– Gabungan kain flanel berwarna merah muda dan ungu dalam ukuran 15 cm x 1 cm. Buat sebanyak 2 buah yang akan digunakan untuk sayap di bagian bawah.

Tips :

Cara menggulung kain flanel gabungan yaitu dengan kamu gulung dari sisi atas hingga bawah, lalu kamu rekatkan menggunakan lem. Untuk memastikan supaya gulungannya benar-benar rapi, kamu bisa memberikan di kedua sisi, sisakan 1 cm aja di kain flanel berwarna ungu dan merah muda, setelah itu kamu rekatkan deh.

Lanjut ke tahap lima, kalau udah menyelesaikan 6 gulungan dengan 3 jenis yang berbeda-beda, maka tugas berikutnya yaitu menempelkan masing-masing gulungan bagian sayap atas di satu gulungan berwarna ungu. Masih ingat kan kalau kain flanel warna ungu untuk bagian badan? Ingat dong!

Ketujuh, setelah itu kamu tempelkan satu gulungan berwarna ungu lainnya ke rangkaian yang tadi udah kamu buat di bagian tubuh atas.

Kedelapan, di bagian sayap, kamu bisa tempelkan di bagian yang udah kamu rakit. Sebaiknya di saat menempelkan sambil memperhatikan keseimbangan dan posisinya ya! Supaya nggak miring sebelah. Bila perlu kamu ukur deh supaya pas.

Kesembilan, di kedua sisinya, kamu rapikan dengan lem supaya benar-benar rapi saat berubah menjadi bros kain flanel kupu-kupu.

Kesepuluh, setelah itu kamu sisipkan puting di bagian depan bros menggunkan lem di bagian gulungan berwana ungu atas.

Oh iya, untuk menyempurkan supaya terkesan seperti kupu-kupu asli, kamu bisa menambahkan mute berwarna hitam yang dijadikan mata kupu-kupu. Duh, tambah cantik deh!

Itulah cara membuat bros dari kain flanel dalam bentuk kupu-kupu cantik. Semoga kamu bisa membuatnya dengan mudah dan perfect!

3. Cara Membuat Bros dari Kain Flanel dalam Bentuk Lebah yang Lucu

Cara Membuat Bros dari Kain Flanel
via pinterest

Asal kamu tahu, bros kain flanel dalam bentuk serangga itu lucu banget! Apapun serangganya, selagi ukurannya nggak terlalu kecil, pasti akan terkesan lucu. Seperti bros dalam bentuk lebah ini. Dan beginilah cara membuat bros dari kain flanel dalam bentuk lebah. Lagi-lagi caranya juga gampang banget!

Maka yang kamu perlukan adalah alat dan bahan seperti berikut ini:

  • 1 buah kain flanel berwarna kuning
  • 1 buah kain flanel berwarna putih
  • 1 buah kain flanel berwarna hitam
  • Penggaris
  • Glue gun (media pembakar lem)
  • 1 buah peniti bros
  • 1 buah gunting
  • Mutiara berwarna hitam
  • Benang berwarna hitam
  • Lem bakar

Mari kita langsung praktekan cara membuat bros dari kain flanel dalam bentuk lebah!

Yang pertama, sebelum merangkai, kamu siapkan dulu jenis pola dari kain flanel yang dipotong seperti berikut ini:

– kain flanel berwarna putih dibikin pola berbentuk bulat mengerucut mirip sayap. Kamu buat 2 rangkap.

– kain flanel berwarna kuning berukuran 25 cm x 1 cm. Kamu buat 2 rangkap juga

– kain flanel berwarna hitam dengan ukuran 25 cm x 1 cm. Yang ini 1 rangkap aja.

Kedua, setelah semuanya berhasil dipotong, tahap berikutnya adalah membentuk gulungan. Gulungan yang pertama kamu gabungan antara rangkap kain flanel berwarna kuning dan hitam. Gulungan yang kedua kamu gabungkan 2 kain flanel berwarna kuning lalu rekatkan di bagian ujung menggunakan lem.

Ketiga, jika kedua pola gulungan udah jadi, rekatkan aja kedua pola gulungan agar saling berdampingan. Untuk merekatkannya kamu bisa menggunakan lem bakar.

Keempat, kamu terapkan sayap lebah di bagian belakang supaya terkesan lebih real.

Kelima, kamu berikan mutiara hitam yang dijadikan mata lebah, lalu jahit di bagian kepala lebah.

Keenam, kalau udah selesai, kamu beri peniti bros di salah satu sisi yang nggak ada matanya supaya bisa kamu jadikan aksesoris. Untuk menempelkannya menggunakan lem bakar ya! Lalu kamu rekatkan aja deh di bagian belakangnya. Wah, jadi deh!

Begitulah cara membuat bros dari kain flanel dalam bentuk lebah. Nggak ribet kok kalau kamu membaca caranya sambil mempraktekan.

4. Cara Membuat Bros dari Kain Flanel dalam Bentuk Lolipop

Cara Membuat Bros dari Kain Flanel
via pinterest

Raparapa mah bikin konsep cara membuat bros dengan tema yang lucu-lucu aja. Kayak bentuk lolipop, lucu dan selalu cocok dijadikan aksesoris pakaian. Mari kita praktekan bersama!

Kamu harus mempersiapkan alat dan bahan berikut ini:

  • 1 Kain Flanel Warna cream, merah muda, dan biru
  • 1 Peniti Bros
  • 1 Jarum
  • 1 Benang merah muda
  • 1 Gunting
  • 1 Lem bakar
  • 1 Gluegand

Cara membuat bros dari kain flanel dalam bentuk lebah lucu ini kamu harus melakukan tahap pertama, yaitu siapkan berbagai pola kain flanel dengan ukuran seperti berikut ini :

– kain flanel berwarna cream dengan ukuran 5 cm x 3 cm. 1 buah aja

– kain flanel berwarna biru dengan ukuran 20 cm x 1 cm. 1 buah aja

– kain flanel berwarna biru dengan ukuran 0,5 cm x 2 cm. 1 buah aja

– kain flanel berwarna merah dengan ukuran 4 cm x 1,5 cm. 1 buah aja

– dan kain flanel berwarna merah dengan ukuran 20 cm x 1 cm. 1 buah aja

Di tahap kedua ini, pola-pola kain di atas selanjutnya kamu gunting sesuai dengan ukuran masing-masing ya!

Ketiga, kamu buat gulungan kain flanel berwarna merah dan ditumpuk bersama kain flanel berwarna biru yang ukurannya 20 cm x 1 cm. Di bagian unjung, kamu rekatkan menggunakan lem.

Keempat, setelah itu gulung kain flanel berwarna cream, buatlah dalam bentuk gulungan yang memanjang. Karena gulungan memanjang ini akan digunakan sebagai batang lolipop.

Kelima, kemudian buat bagian pita. Caranya kamu tinggal menyatukan kedua sisi di bagian tengah lalu kamu rekatkan dengan cara dijahit. Supaya rapi, kamu harus menutupi jahitannya, dengan cara mengambil kain kain flanel warna biru lalu rekatkan menggunakan lem bakar.

Keenam, selanjutnya kamu gabungkan batang lolipop yang sudah dalam bentuk gulungan berwarna cream dengan pita yang udah kamu buat tadi.

Ketujuh, setelah itu kamu bisa menyatukannya di bagian lolipop, kamu gabungkan menggunakan lem bakar.

Kedelapan, ini langkah akhir, maka tugas kamu tinggal menambahkan bros peniti di bagian belakang lolipop. Dan sekarang, bros lolipo udah jadi. Kamu tinggal pasang aja sebagai aksesoris di baju kamu. Gampang dan cepet ya!

Kalau kamu masih bingung, mungkin video di bawah ini bisa membantu kamu.

 

Begitulah cara membuat bros dari kain flanel dalam bentuk bermacam-macam. Semuanya lucu, unik, dan pastinya menarik. Asyiknya lagi, kain flanel ini merupakan salah satu bahan yang aman digunakan anak-anak sebab nggak bahaya sama sekali. Bahannya benar-benar lembut sekali. Maka saatnya kamu ajak adik-adik kamu untuk berkreasi melalui bros dari kain flanel!

Oh iya, jangan lupa SHARE ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.