Home Artikel Begini nih Cara Membuat Saringan Air yang Mudah, Sehat, dan Alami

Begini nih Cara Membuat Saringan Air yang Mudah, Sehat, dan Alami

SHARE
Cara Membuat Saringan Air
via tips.purence.com

Cara Membuat Saringan Air yang Mudah, Sehat, dan Alami – Air yang merupakan sumber kebutuhan, nggak hanya dinilai dari segi kebersihan aja. Tetapi juga menyangkut kemanan dan dapat diterima oleh masyarakat pengguna air. Sebab air yang bersih dari segi penampilan aja nggak menjamin kesehatannya loh.

Air yang bersih adalah yang benar-benar nggak berasa apapun ketika sudah masuk ke mulut, nggak berbau apapun ketika dicium, dan pastinya nggak meninggalkan endapan. Itulah air yang benar-benar bersih.

Dan solusi untuk meraih air seperti kriteria di atas, kamu harus menggunakan unit filter atau membuat saringan air. Jadi kamu nggak was-was deh dalam menggunakan air untuk keperluan apapun. Mau untuk keperluan mandi atau dikonsumsi sehari-hari, oke-oke aja kok.

Oleh karena itu, kali ini Raparapa akan memberi cara membuat saringan air yang bersih, alami, dan gampang. Saking gampangnya dalam membuat saringan air ini, kamu bisa baca caranya sambil menerapkannya. Supaya pas di akhir tulisan, saringan air sudah bisa kamu gunakan deh! Begini nih :

Persiapkan Alat Bahan

  • Botol Bekas Air Mineral ukuran 1,5 liter
  • Arang Kayu
  • Pecahan Batu Bata
  • KerikilBesar/Batu Sedang
  • Kerikil Kecil
  • Pasir Sungai
  • Sabut Kelapa
  • Pisau

Sebelum memulai tahapan membuat saringan air, Raparapa akan menjelaskan terlebih dahulu fungsi dari bahan-bahan yang ada di atas, seperti:

Arang, gunanya untuk desinfektan yang baik atau berguna untuk pembunuh bakteri yang hidup di air.

Pasir, berguna untuk menyerap air dengan baik dan stabil.

Sabut Kelapa, dikenal bagus untuk dijadikan pupuk tanaman yang mengandung air. Karena sabut kelapa sangat bisa menstabilkan kondisi air.

Pecahan batu Bata, Kerikil Besar, dan Kerikil Kecil, di sini digunakan untuk menyeimbangkan kondisi air supaya bisa tenang.

Cara membuat saringan air di tahap pertama:

1. Pertama-tama, botol bekas air mineral ukuran 1 liter dipotong di bagian bawahnya aja. Dan jangan kamu potong di bagian tutup atau kepalanya. Biarkan penutupnya tertutup rapat. Setelah dipotong, kamu cuci atau dibilas dulu menggunakan air bersih. Karena wajib sekali memakai botol yang bersih.

2. Kemudian bahan-bahan yang disebutkan di atas harus kamu bersihkan juga dengan air. Supaya terhindar dari kotoran seperti tanah atau noda yang nggak bisa dihilangkan.

3. Kalau botol air mineral sudah dalam kondisi bersih, kamu balikkan posisinya (bagian penutup ada di bawah). Dan di bagian yang berlubang itu, kamu isikan benda-benda di atas yang sudah kamu bersihkan juga secara urut. Mulai dari sabut kelapa dulu supaya posisinya ada di bagian paling bawah. Pastikan sabut kelapa menempel pada dasar botol yaitu bagian tutup botol yang sudah dilubangi.

4. Selanjutnya, masukkan pasir sungai secukupnya. Posisi pasir sungai berada di atas sabut kelapa. Di atas pasir sungai, kamu masukkan kerikil kecil, lalu di atasnya lagi barulah batu sedang atau kerikil besar. Kedua jenis kerikil ini menjadi penyaring penting.

5. Setelah itu letakkan pecahan batu bata di atas kerikil, dan di bagian paling atas atau setelah pecahan batu bata, kamu letakkan arang kayu.

6. Di tahap membuat saringan air pertama ini, kamu harus terapkan sesuai urutan yang Raparapa jelaskan di atas ya! Kamu juga harus pintar menyusun supaya semua benda itu bisa muat dalam satu botol. Sesuaikan aja dengan kapasitas botol.

7. Sekarang kamu udah punya alat saringan air kotor menggunakan botol penyaring. Kamu bisa menuangkan air kotor yang ingin kamu saring langsung ke botol saringan air ini. Siapkan aja wadah penampungan yang diletakan di bawah botol saringan.

Dan kalau masih bingung, bisa kamu lihat contoh gambarnya saringan air di bawah ini nih :

cara membuat saringan air
via kliping

Cara membuat saringan air di tahap kedua:

Di tahapan kedua ini, kamu akan dipandu untuk menerapkan langsung bagaimana cara kerja air yang tadinya keruh, berubah menjadi air bersih dan bening. Air pun bisa dipastikan akan berkerja mengalir dengan tenang, sehingga walaupun tanpa melalui tahap pengendapan, hasil saringan air akan menghasilkan air yang terlihat bersih dan jernih.

Lihat gambar di bawah ini.

cara membuat saringan air
via kliping

Maka kamu perlu beberapa bahan lagi seperti :

  • Bak ukuran sedang
  • Ijuk yang bersih. Ini gunanya untuk menyaring kotoran yg nggak terlalu halus
  • Paralon diameter kecil atau Selang
  • Arang kayu hitam
  • Pecahan genteng atau pecahan batu bata
  • Kerikil Besar atau Batu ukuran sedang
  • Kerikil kecil-kecil
  • Pasir sungai
  • Sabut Kelapa Tua
  • Botol Bekas Air Mineral 1 Liter
  • Pisau

1. Langkah pertama, benda-benda di atas harus dalam kondisi bersih. Setelah itu kamu siapkan bak ukuran sedang untuk menampung air. Lubangi di bagian samping bak. Ukuran lubangnya disesuaikan selang kecil atau paralon, mungkin kurang lebih 10-15cm aja. Setelah itu kamu pasangkan selang atau paralon ke lubang itu. Bungkus ujung paralon/selang menggunakan ijuk, kemudian ikat menggunakan tali atau karet.

2. Ambil botol air mineral yang sudah terisi benda-benda di tahap pertama. Hayoo jangan sampai lupa kamu taruh botolnya di mana. Kalau lupa, bisa kamu cari dulu.

3. Kamu susun secara bertingkat. Baknya di bagian atas dan botol air di bagian bawah. Di tahap saringan air ini kamu bisa sambil melihat gambar di atas ya. Memastikan aja supaya kamu nggak salah.

4. Buka penutup bak untuk dialirkan ke botol saring, pastikan sampai airnya keluar dari ujung botol penyaring tersebut. Tapi kalau kamu mengikuti skema di atas, pasti air yang dihasilkan akan mengalir dan terlihat jernih kok. Kamu berpatokan aja sama gambar di atas, artinya susunan benda-bendanya pun disamakan dengan gambar di atas.

5. Maka membuat saringan air udah jadi deh!

 

Itulah tahap sederhana dari cara membuat saringan air yang mudah, sehat, dan alami. Nanti kalau bagi kamu botol air mineral masih kurang besar, kamu bisa menggantinya dengan galon atau ember kok. Tinggal disesuaikan aja menurut kebutuhan dan jumlah air yang mau kamu saring. Untuk isinya (benda-benda di atas) pun sesuaikan aja dengan kapasitas wadah.

Sekali lagi! Pelestarian air itu penting sekali. Kalau tubuh kamu terbiasa dimandikan dengan air bersih, pasti di segala aktivitas kamu akan terasa lebih bugar. Stamina kamu juga selalu terjaga, optimal! Maka penting banget jika kamu membuat saringan air yang sederhana ini.

Begitulah, kalau masih bingung dengan membuat saringan air yang gampang ini, coba tanyakan di kolom komentar ya! Tapi kalau merasa sudah terjawab, bolehlah kamu SHARE! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.