Home Kesehatan Dijamin! Ini 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Dijamin! Ini 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

SHARE
Cara Memutihkan Gigi Secara Alami
via sinaiclinichospital.com

Cara memutihkan gigi secara alami – Pada suatu sore yang cerah, Mawar sedang ngopi-ngopi cantik di kedai kopi langgananmu. Tiba-tiba pelayan ganteng datang menghampiri untuk mencatat pesanannya. Dia menyarankan agar Mawar minum milkshake saja daripada kopi, eh, kenapa?

Si pelayan ganteng cuma nyengir sambil memperlihatkan sederet gigi yang rapi dan bersih. Mawar mengumpat dalam hati, dia menyindirku, ya?!

Mawar lekas-lekas bercermin dari layar smartphone-nya. Ah, benar saja. Giginya mulai nampak menguning, akibat ia sering begadang mengerjakan tugas sambil minum kopi dan merokok. Sudah menyesal, belum? Cara memutihkan gigi secara alami

Memiliki gigi yang berwarna putih pasti identik dengan kesehatan dan kebersihan diri, serta menunjang penampilan serta senyum yang menarik. Jika gigi tidak seputih yang kamu inginkan, Raparapa akan membeberkan rahasianya yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Selain praktis, kamu bisa menghemat biaya untuk pergi ke dokter gigi. Bisa beli tas baru, nih!

Memang ada produk-produk yang dijual secara bebas yang dikatakan dapat membantu memutihkan gigi, misalnya pasta gigi, gel, alat penyinar, dan lainnya.

Tetapi yang ahrus kamu sadari adalah, beberapa produk pemutih gigi mengandung zat kimia yang dikenal dengan peroksida, yang beresiko dengan kondisi gigi tertentu. Sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum menggunakannya.

Ribet, ya? Sebenarnya ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang dapat kamu lakukan sendiri kok, ini dia:

1. Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Cara Memutihkan Gigi
via everydayhealth.com

Biasakan menyikat gigimu minimal dua kali sehari secara rutin, pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Ini jumlah yang minimum. Beberapa orang juga menyikat giginya setelah makan siang atau sehabis makan makanan manis.

Ada pula yang menyikat gigi dan menggunakan benang gigi (dental floss). Padahal tidak dapat menghilangkan noda kekuningan pada gigi, namun dapat menjaga agar gigi kamu tetap sehat. cara memutihkan gigi secara alami

Menyikat gigi dapat membersihkan plak gigi, serta sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Hal ini sangat penting dilakukan, karena plak gigi dapat merusak gigi sehingga membuat gigi menjadi berlubang.

Apabila plak yang berada di sela-sela gigi terangkat karena rajin menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, maka otomatis gigi kamu juga akan terlihat lebih cerah dan juga lebih bersih. cara memutihkan gigi secara alami

Berkumur dengan obat kumur juga dipercaya dapat membunuh bakteri, menghilangkan bau mulut, serta menjaga agar gigi kamu tetap sehat dan bersih karena obat kumur mengandung bahan-bahan yang dapat menguatkan gigi putih kamu.

Menjaga kebersihan gigi supaya tetap putih dan mulut supaya selalu segar juga dapat dilakukan dengan mengunjungi dokter gigi setiap 4 bulan sekali untuk membersihkan karang gigi (scaling) sehingga gigimu tetap terlihat bersih, sehat dan juga tetap putih.

Oh iya, baca juga 12 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

2. Mengubah gaya hidup

cara menghilangkan karang gigi
babycenter.com

Mengubah gaya hidup pastinya terkesan sulit bila dilakukan secara terpaksa dan mendadak (seperti tahu bulat?). cara memutihkan gigi secara alami

Oleh karena itu, mengubah gaya hidup dilakukan secara perlahan namun pasti untuk mendapatkan hasil gigi putih yang menawan dan mempersona. Begini caranya,,,

  • Pertama, berhentilah merokok. Sebab tembakau pada rokok merupakan salah satu penyebab gigi menjadi kekuningan dan sulit dibersihkan karena noda tersebut akan menembus enamel (lapisan terluar) gigi.

Semakin sering dan lama seseorang merokok, maka noda tembakau tersebut akan mengendap semakin dalam di gigi, sehingga dapat menyebabkan gangguan gusi, bau mulut, hingga resiko kanker. cara memutihkan gigi secara alami

  • Kedua, hindari minuman yang dapat meninggalkan noda di gigi, seperti soda, kopi, wine, dan juga teh supaya menjaga agar gigi tetap putih.

Ada sebuah tips untuk mengatasi hal ini, yaitu ketika minum, gunakan sedotan untuk menghindari kontak antara minuman tersebut dengan gigimu (tetapi jangan minum minuman panas dengan sedotan, karena dapat menyebabkan lidahmu terasa terbakar). cara memutihkan gigi secara alami

Kemudian juga hindari makanan manis-manis dan lengket, karena makanan tersebut akan bersisa di gigi dan menimbulkan plak yang berwarna kekuningan.

  • Ketiga, perbanyak makan buah dan sayur.

Buah dan sayur sebetulnya dapat membantu menjaga agar gigi tetap putih alami. Beberapa pilihan terbaik untuk menjaga penampilan gigi antara lain apel timun, brokoli, wortel, seledri serta kacang-kacangan.

Makanan tersebut berfungsi seperti sikat gigi untuk gigi kamu karena dapat membantu meningkatkan produksi saliva di dalam mulutmu, yaitu zat yang dapat menghilangkan gula serta plak yang dapat merusak gigi. cara memutihkan gigi secara alami

Perbanyak juga makan buah stroberi karena buah ini mengandung asam malat yang merupakan salah satu zat alami yang banyak digunakan sebagai pemutih gigi alami dan dipercaya dapat mengangkat noda pada gigi.

Untuk hasil terbaik, cobalah untuk menggosok gigi dengan buah stroberi, atau hancurkan 2 atau 3 buah stroberi (dapat pula dicampurkan dengan ½ sendok makan baking soda) dan oleskan di gigimu. Tunggu sekitar satu menit, kemudian berkumurlah dengan air bersih. cara memutihkan gigi secara alami

Memutihkan gigi dengan menggunakan perasan jeruk lemon juga dapat memutihkan gigi.

Caranya adalah dengan mencampur perasan setengah jeruk lemon dan setengah gelas air hangat, kemudian berkumurlah secara rutin seminggu sekali (tetapi jangan dilakukan lebih dari satu kali seminggu!).

Meskipun demikian, asam malat serta asam sitrat yang terkandung dalam stroberi dan lemon memungkinkan terjadinya kerusakan enamel, sehingga diperlukan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk menjaganya.

Selain stroberi dan lemon, jus apel hijau juga banyak mengandung asam malat sehingga dapat membantu memutihkan gigi secara alami.

3. Memutihkan gigi menggunakan baking soda

cara menghilangkan karang gigi
howrid.com

Apakah di rumah kamu sering membuat kue? Apabila sering, pastilah di rumahmu terdapat baking soda. Kamu juga dapat membelinya di supermarket atau di toko yang menjual bahan-bahan untuk membuat kue. Sekalian bikin kue juga, deh!

Baking soda dapat digunakan tidak hanya untuk membuat kue, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi secara alami.

Caranya adalah kamu dapat membuat pasta dari baking soda, yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok air (1:2), lalu basahi sikat gigimu dengan air dan oleskan baking soda tersebut ke sikat gigi kamu.

Sikat gigi seperti biasa selama dua menit, jangan terlalu keras menyikatnya dan meludahlah bila terasa tidak nyaman. Setelah itu, kamu bisa berkumur untuk membersihkan sisa-sisa baking soda yang tertinggal di mulutmu.

Gunakan obat kumur setelahnya untuk menghilangkan rasa baking soda di mulutmu. Metode ini dapat digunakan satu kali atau dua kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

Cara lainnya adalah dengan menambahkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Peras ½ jeruk lemon atau lime ke dalam wadah, kemudian tambahkan baking soda sebanyak ¼ gelas hingga muncul buih. cara memutihkan gigi secara alami

Setelah diaduk, kemudian oleskan pasta tersebut dengan menggunakan kapas atau kain bersih ke gigimu. Pastikan pasta tersebut juga mengenai sela-sela gigi, gigi bagian akar yang dekat dengan gusi dan bagian belakang gigi.

Diamkan selama 1 menit dan lekas menyikat dengan gigi (jangan membiarkannya terlalu lama karena dapat berdampak buruk pada enamel gigi). Ulangi metode ini seminggu kemudian untuk mendapatkan hasil gigi yang terbaik.

4. Memutihkan gigi dengan menggunakan garam

Cara Memutihkan Gigi menggunakan garam
via hirabeautytips.com

Siapa sih yang di rumahnya tidak ada garam? Pastilah ada. Cara memutihkan gigi dengan menggunakan garam ini terbilang sangat mudah dan sangat simple.

Kamu hanya tinggal mencampurkan garam serta air dan digunakan sebagai pasta gigi. Kurang lebih sekitar ½ sendok teh garam, lalu dicampur dengan 30 ml air.

Lakukan sikat gigi sekitar 3-5 menit menggunakan campuran tersebut. Garam juga akan meningkatkan keseimbangan kadar PH dalam mulut, kandungan ini dapat menjaga kesehatan mulut dari kuman dan bakteri merugikan karena membuat suasana rongga mulut lebih basa.

5. Memutihkan gigi menggunakan siwak

Memutihkan gigi menggunakan siwak
via dentagama.com

Siwak atau miswak dikenal dengan nama ilmiah (Salvadora Persica) merupakan sejenis ranting kayu yang dapat digunakan untuk menggantikan fungsi sikat gigi dan pasta secara tradisional di negara-negara Timur Tengah maupun di Afrika.

Siwak dapat dibeli di toko yang menjual obat-obatan herbal atau toko yang menjual souvenir haji. Kamu juga bisa menitip untuk dibelikan oleh temanmu yang pergi haji atau umroh, lumayan untuk oleh-oleh!

Cara menggunakan ranting siwak ini adalah dengan menggigit ujung kayu sampai mengelupas (sekitar 3 cm). kemudian buang kulit kayu yang telah kamu gigit itu. Kamu akan melihat bahwa kayu siwak memiliki serabut seperti kuas, maka rendamlah bagian tersebut di air. cara memutihkan gigi secara alami

Kemudian lakukan sikat gigi menggunakan ujung yang berbulu seperti kuas itu dengan gerakan naik dan turun untuk membersihkan bagian gigi bagian depan (jangan lupa untuk menggosok gigi bagian belakang juga!).

Jika ujung yang berbulu sudah usang dan jelek, gunting dan ulangi langkah awal tadi dengan menggigit dan mengupas kulit siwak. Setelah digunakan, simpan siwak di tempat yang kering dan bersih.

 

Begitulah cara memutihkan gigi secara alami dan bisa kamu lakukan sesegera mungkin. Semua cara di atas terbilang gampang dan tak ada efek samping sedikitpun. Tantangan yang terbesar buat kamu adalah meniatkan diri untuk menerapkan cara di atas. Sebab melihat kondisi gigi kamu sekarang berwarna kuning pun akibat kamu malas. Maka niat sangat diperlukan supaya warna gigi kembali putih.

Ingat, warna gigi putih saja masih mengandung kuman loh. Apalagi jika kondisi sekarang sudah menguning? Itu sudah menjadi sarang kuman. Yang Raparapa khawatirkan jika gigi kuning dibiarkan, maka sangat bisa membentuk karang gigi yang sudah mengeras. Dan ini sangat merepotkan untuk menjadikan gigi putih kembali.

Oleh karena itu, yuk jaga kebersihan gigi dan mulut! Jangan lupa SHARE ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.