Beranda Gaya Hidup 12 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

12 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

BERBAGI
cara menghilangkan karang gigi
dentycare.com

Sebelum menjawab pertanyaan dari cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, alangkah baiknya Raparapa jelaskan terlebih dahulu mengenai karang gigi dan plak. Karena karang gigi dan plak sangat lekat sekali, dan yang pasti sangatlah menyebalkan.

Jadi, di gigi kita terdapat sebuah lapisan tipis yang biasa disebut blofilm. Blofilm ini mengandung banyak mikroorganisme baik dan jahat. Mikroorganisme adalah sel yang nggak terlihat oleh mata, atau bahkan bisa disebut sebagai virus.

Nah mikroorganisme ini seringkali akan bergabung dengan sisa makanan yang menempel di gigi dan itu disebut plak gigi.

Plak gigi ini akan semakin membandel atau tebal jika dalam sehari nggak melakukan sikat gigi sama sekali. Orang-orang menyebut plak yang membandel ini dengan sebutan jigong.

Jika jigong nggak segera dibersihkan dengan metode rutin gosok gigi 2 kali sehari, maka bisa menyebabkan karang gigi. Semakin lama dibiarkan, maka karang gigi semakin mengeras. Kalau dilihat oleh mata, karang gigi ini berwarna kuning atau kecoklatan yang sudah mengeras.

cara menghilangkan karang gigi
pocketdentistry.com

Lebih parahnya lagi, karang gigi dan plak bisa mengakibatkan peradangan di gusi. Akhirnya gusi bisa bengkak dengan warna merah gelap, yang efeknya bisa dengan mudah mengeluarkan darah di sela-sela gusi dan gigi.

Efek lainnya yang lebih menyeramkan yaitu bisa menyebabkan aroma mulut menjadi bau nggak sedap, dan rasa nyeri atau nyut-nyutan dari level sedang hingga level berat. Apalagi akan terasa ketika mengkonsumsi makanan panas, dingin, atau manis.

Ini karena 90% sel bakteri ada di plak dan karang gigi. Sel-sel bakteri ini berkembang biak dan menyebabkan pendarahan pada gusi.

Lagi-lagi ini semua akibat kebersihan mulut yang sangat buruk. Seperti sikat gigi nggak teratur atau karena rutin mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping pada gigi.

Dan setelah terjadi karang gigi yang sudah mengeras, maka untuk menghilangkannya bukan hanya dengan menyikat gigi. Kamu perlu tahapan lainnya untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras ini, yang antara lain harus kamu lakukan sambil menggosokkan gigi secara teratur.

Raparapa sudah menyediakan 12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras di bawah ini kok. Seenggaknya kedua belas langkah ini bisa dicoba sebagai pertolongan pertama sebelum kamu berkunjug ke dokter gigi.

Silakan kamu simak. Dimulai dari…

1. Dengan Kulit Jeruk

cara menghilangkan karang gigi
divaonduty.com

Meskipun kulit jeruk berwarna kuning, tapi ternyata bisa banget loh untuk memutihkan gigi, bahkan bisa berguna untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Asal di bagian kulit warna putihnya yang digunakan. Bukan di bagian warna kuningnya.

Cara menghilangkan karang gigi menggunakan kulit jeruk ini gampang banget. Kamu tinggal menggosokkan kulit jeruk bagian warna putih langsung di karang gigi.

Lakukan metode ini secara teratur tanpa harus dibilas. Oleh karena itu sebaiknya kamu lakukan ketika mau tidur.

Jika menerapkannya secara teratur, pasti efeknya akan terlihat setelah beberapa hari kemudian. Semakin kamu melakukannya secara rutin, semakin cepat menghilangkan karang gigi.

Eh, tapi nggak disarankan ya kalau kamu adalah pemilik gigi sesitif. Karena kulit jeruk kan rasanya kecut. Maka seringkali si pemilik gigi sensitif akan merasa nyeri ketika menggosokkan yang kecut-kecut pada gigi.

Jadi jika kamu merasakan hal ini, artinya kulit jeruk bukan sebuah cara menghilangkan karang gigi kamu dengan tepat.

Tapi tenang. Karena masih ada berbagai cara lainnya yang bisa kamu lakukan yang ada di bawah ini.

2. Hilangkan dengan Baking Soda

cara menghilangkan karang gigi
howrid.com

Sosok baking soda sangat populer bagi yang ingin mencoba memutihkan gigi. Dan ternyata kegunaan baking soda bukan cuman itu.

Baking soda juga menjadi cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Asal kamu harus tau cara memakainya. Yaitu dengan kamu mengoles baking soda ke bagian karang gigi, lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Biarkan baking soda bekerja.

Setelah dirasa cukup waktunya, kamu bersihkan dengan cara menggosok gigi. Maka biasanya karang gigi akan terlihat menghilang secara langsung atau keesokan harinya.

Perlu diingat, bahwa penggunaan baking soda ini nggak dianjurkan sesering mungkin ya! Karena baking soda pun punya efek buruk. Bukannya menghilangkan karang gigi, yang ada malah bisa menggerus atau bahkan merusak permukaan gigi.

Apalagi jika baking soda dicampur dengan buah-buahan. Hal ini sangat nggak dianjurkan. Soalnya banyak yang menganjurkan agar baking soda dicampur dengan buah-buahan demi menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu lakukan satu kali aja. Dan jika dirasa belum ada perubahan pada karang gigi kamu, maka kamu bisa menerapkan cara ini kembali dalam waktu satu atau dua minggu kemudian. Terhitung dari waktu kamu pertama kalinya melakukan.

3. Hilangkan dengan Lidah Buaya

cara menghilangkan karang gigi
stylecraze.com

Yang ini juga sudah banyak diterapkan bagi yang ingin menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Karena lidah buaya merupakan pilihan alami yang jelas nggak punya efek samping.

Menurut University of Maryland Medical Center, sejak ribuan tahun lalu lidah buaya sudah menjadi tanaman obat herbal yang memiliki banyak manfaat, seperti masalah rambut, kulit, dan gigi.

Sumbernya bisa kamu baca di sini: https://umm.edu/health/medical/altmed/herb/aloe

Untuk menghilangkan karang gigi juga bisa menggunakan lidah buaya loh.

Kamu tinggal mengoleskan gel lidah buaya pada karang gigi kamu. Lakukan hal ini secara rutin. Bisa ketika menjelang tidur, pas setelah gosok gigi dan biarkan sampai pagi tanpa kamu bilas atau gosok gigi kembali. Kamu bisa membilasnya ketika gosok gigi di pagi hari.

Tapi sebetulnya metode ini cocok-cocokan. Ada yang berhasil menghilangkan karang gigi dengan lidah buaya, ada pula yang enggak. Karena kebanyakan keberhasilan orang menggunakan lidah buaya untuk memutihkan gigi. Ini karena belum ada bukti klinis.

Tapi banyak juga yang berhasil. Dan apa salahnya dicoba? Lagi pula nggak ada efek sampingnya kan?

Yang harus diingat adalah, lidah buaya nggak dianjurkan untuk dioles di gigi ketika gusi sedang dalam kondisi sakit atau rongga mulut sedang terkena infeksi.

4. Konsumsi Buah-buahan dan Sayur

cara menghilangkan karang gigi
babycenter.com

Yang ini dilakukan bagi yang nggak terlalu mempermasalahkan adanya karang gigi atau plak. Tapi seenggaknya ada niat untuk menghilangkan karang gigi dan plak.

Adalah tinggal kamu konsumsi aja buah-buahan dan sayuran. Untuk buah-buahan, Raparapa menganjurkannya yang mengandung vitamin C, terutama stroberi dan apel. Karena kedua buah ini sangat bisa membersihkan kotoran di gigi, terutama plak atau karang gigi.

Dan untuk sayuran, kamu bisa mengkonsumsi jenis sayuran apapun. Kalau bisa yang terdiri dari wortel atau daun seledri.

Ketika mengkonsumsi secara rutin, sangat bisa dipastikan karang gigi yang sudah mengeras semakin lama akan semakin hilang. Namun, waktunya memang nggak begitu cepat.

5. Konsumsi Keju

cara menghilangkan karang gigi
home.bt.com

Sudah lama juga keju dijadikan makanan yang berguna untuk kesehatan gigi. Masyarakat Belanda memiliki gigi yang bagus akibat mengkonsumsi keju di setiap harinya.

Ini karena keju berasal dari pengolahan susu yang kaya kalsium. Maka sangat bisa mencegah pengeroposan pada email gigi.

Ketika mengkonsumsi keju, air ludah di dalam mulut akan terangsang yang berguna untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Bakteri pada gigi pun ikut mati dengan mengunyah keju. Itulah cara kerja keju sebenarnya.

Dan bukan cuman itu. Efek dahsyat keju juga bisa mencegah gigi berlubang ketika dikonsumsi secara teratur. Bisa dipastikan gigi kamu akan sangat sehat.

Maka sebaiknya kamu konsumsi keju aja secara rutin. Bisa ketika sarapan dan malam hari. Dengan itu, sangat bisa dipastikan karang gigi yang sudah mengeras lama-lama akan berkurang dan menghilang.

Cuman waktunya memang nggak instan sih. Tapi kan ini mudah diterapkan dan rasa keju enak. Kemudian meskipun rutin mengkonsumsi keju, kamu tetap dianjurkan untuk gosok gigi secara tertaur ya..

6. Berkumur dengan Teh Hitam

cara menghilangkan karang gigi
flickr.com

Teh hitam sudah dikenal lama sebagai minuman tradisional secara turun temurun. Rasanya bukan hanya segar, tapi juga punya banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan. Salah satunya untuk kesehatan gigi.

Ini karena teh hitam memiliki kandungan antioksidan dan senyawa antibiotik serta analgetik. Maka bakteri yang ada di gigi bisa dihilangkan dengan rutin mengkonsumsi teh hitam.

Namun, berhubung kamu sedang berupaya menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras, maka cara mengkonsumsinya bukan seperti biasa. Tapi dengan dikumur ketika meminumnya.

Lebih rutin berkumur dengan teh hitam, maka dipastikan kamu bisa menghilangkan karang gigi dengan cepat.

Sangat mudah sekali untuk diterapkan! 🙂

7. Biji Wijen

cara menghilangkan karang gigi
naturalsociety.com

Situs HealthyLifeVision.com pernah menjelaskan, bahwa biji wijen ternyata terbukti bisa menghilangkan karang gigi.

Mugkin masih banyak yang belum tau ya? Tapi memang inilah faktanya. Banyak studi kasus dari orang-orang yang berhasil membuktikan gigi mereka bisa sehat akibat menguyah biji wijen.

Hanya sekedar mengunyah.

Jadi caranya tinggal kamu kunyah aja biji wijen secukupnya. Takarannya bisa setengah sendok teh. Lalu kamu kunyah sampai benar-benar halus.

Selama mengunyah, usahkan agar nggak menelan biji wijen supaya dampaknya akan terasa untuk menghilangkan karang gigi.

Setelah dirasa sudah cukup atau biji wijen sudah halus, kamu bisa keluarkan biji wijen dari dalam mulut, lalu bilas dengan sikat gigi kering. Artinya tanpa air atau pasta gigi.

Proses ini bisa menyebabkan biji wijen yang sudah halus akan bekerja memproses pemudaran atau bahkan menghilangkan karang gigi.

Lakukan penerapan ini secara rutin. Mungkin dalam satu minggu bisa dilakukan selama tiga atau empat kali. Dan kamu bisa melihat kondisi karang gigi dalam waktu satu bulan.

8. Konsumsi Makanan Pedas

cara menghilangkan karang gigi
watertandresepteviroudenjonk.com

Situs Stylecraze.com pernah mengulas soal ini. Bahwa makanan pedas terbukti sanggup menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Terkesan aneh ya?

Tapi secara teknis begini. Jadi makanan pedas sanggup menghasilkan sekresi air liur yang akhirnya akan merangsang kelenjar ludah.

Selama memakan makanan pedas, maka semakin lama produksi air liur akan semakin bertambah, dan ini bisa membantu pembersihan gigi serta gusi. Maka di saat itu juga air liur bekerja menghilangkan karang gigi.

Hebat kan? Dan pastinya cari ini gampang sekali untuk kamu terapkan. Asal nggak bermasalah aja dengan perut.

9. Dengan Cuka Apel

cara menghilangkan karang gigi
whiteningdental.com

Belum banyak orang yang tau manfaat dari cuka apel. Padahal, cuka apel sudah terbukti punya banyak manfaat baik untuk tubuh. Dan ini merupakan jenis pengobatan tradisional. Salah satunya dijadikan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Pengembangan dari buah apel asli ini dijamin nggak ada efek buruknya. Aman sekali untuk kamu gunakan.

Untuk mengatasi kasus karang gigi yang sudah mengeras ini, kamu tinggal siapkan cuka apel dan sikat gigi. Cuka apel di sini berperan sebagai pengganti pasta gigi. Artinya kamu tinggal mengoleskan cuka apel di sikat gigi dan lakukan gosok gigi seperti biasanya. Asal pelan-pelan ya dalam menggosok gigi.

Dalam waktu menggosok gigi dengan cuka apel ini disamakan aja dengan waktu menggosok gigi seperti biasa kamu lakukan.

Yang berbeda adalah, setelah selesai menggosok gigi kamu jangan membilasnya. Tunggu beberapa menit, mungkin 5 atau 10 menit. Setelah itu baru kamu berkumur dengan air besih.

Lakukan hal ini secara rutin. Bisa satu kali sehari sampai karang gigi kamu benar-benar berkurang atau bahkan hilang.

10. Cengkeh

cara menghilangkan karang gigi
eblogline.com

Kamu pasti pernah melihat kan orangtua yang suka mengunyah cengkeh? Ini karena cengkeh sudah dikenal lama dalam menyehatkan gigi.

Jenis rempah-rempah asal Indonesia ini juga ternyata bisa menyembuhkan berbagai penyakit gigi. Itu mengapa sekarang banyak produksi cengkeh dalam wujud minyak.

Dan kabar baiknya, cengkeh juga bisa dijadikan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Caranya, kamu tinggal mengunyah cengkeh dalam waktu beberapa menit. Ya mungkin sekitar 10 atau 15 menit.

Lakukan hal ini secara rutin. Dengan ini karang gigi bisa berhasil hilang.

11. Dengan Biji Asam Kawak

cara menghilangkan karang gigi
blog.umy.ac.id

Biji Asam kawak adalah Biji Asam Jawa. Sudah lama sekali dikenal punya banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan, terutama kesehatan seputar gigi.

Maka apa salahnya kamu mencoba biji asam kawak untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras?

Caranya, siapkan beberapa biji asam kawak dan masak dengan cara disangrai. Setelas selesai disangrai, biji asam kawak tersebut kamu tumbuk, atau bisa kamu blender agar halus, sampai berubah menjadi serbuk. Serbuk ini kamu oleskan menggunakan kapas atau sikat gigi ke bagian karang gigi.

Cukup mudah dan lakukan ini secara rutin. Bisa 2 atau 3 kali dalam seminggu. Dan lihat perubahannya dalam waktu satu bulan kemudian.

12. Pergi ke Dokter Gigi

cara menghilangkan karang gigi
rockdental.co.uk

Cara menyembuhkan karang gigi yang terakhir adalah pergi ke dokter gigi. Ini merupakan cara pol-polan jika cara-cara di atas bagi kamu sungkan untuk diterapkan, atau malah nggak berhasil.

Maka pergi ke dokter, kemungkinan 90% karang gigi bisa teratasi. Apalagi untuk menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras.

Berkunjung ke dokter gigi artinya kamu akan diperkenalkan dengan bantuan alat manual atau alat ultrasonik. Jika yang ultrasonik memiliki bentuk runcing yang digunakan untuk memecahkan karang gigi yang sudah mengeras. Malah sampai ke bagian celah gusi yang sulit dijangkau oleh tangan.

Alat ultrasonik ini dijamin aman untuk gigi. Bahkan akan tetap aman bila digunakan sampai ke akar gigi. Maka pergi ke dokter gigi sangat bisa dijadikan pilihan kamu.

Namun, jika memutuskan untuk pergi ke dokter gigi, artinya kamu harus mempersiapkan biaya. Tapi nggak apa-apa lah kalau tujuannya untuk kesehatan gigi. Apalagi Raparapa sudah membahas di atas mengenai efek buruk dari karang gigi dan plak, terutama karang gigi yang sudah mengeras.

 

Itulah 12 cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. Untuk akhir tulisan, Raparapa ingin sedikit menambahkan, bahwa kebersihan mulut dan gigi itu sangat penting loh bagi kehidupan sehari-hari. Kamu jangan sampai meremehkan hal ini. Apalagi sampai terjadinya pembentukan plak dan karang gigi.

Ada sebuah studi kasus yang dilakukan oleh 400 mahasiswa selama 2 tahun. Mereka dibagi menjadi dua golongan. Golongan pertama yang terdiri dari 200 mahasiswa adalah yang rutin menggosok gigi dua kali sehari selama dua tahun. Sementara golongan kedua adalah yang gosok giginya nggak rutin, bisa hanya satu kali dalam sehari.

Dan ternyata, golongan mahasiswa pertama nggak pernah memiliki sedikit karies gigi dan sangat jarang terlihat ada plak gigi yang menempel. Sementara yang golongan kedua beberapa kali merasakan sakit gigi dan memiliki plak yang terlihat jelas, serta ada beberapa gigi yang kalau disentuh gigi tersebut akan terasa bergoyang.

Gigi yang bergoyang itulah tempat berkumpulnya bakteri jahat yang berkembang biak.

Kamu bisa sekali menjadi golongan mahasiswa pertama. Dengan cara memperhatikan gigi agar nggak ada karang gigi yang terbentuk, apalagi jika sampai mengeras.

Kuncinya tinggal sikat gigi secara rutin dua kali sehari. Itu aja kok. Selamat bersehat ria ya dan semoga bisa lekas percaya diri akibat punya gigi sehat.

Eh, jangan lupa SHARE ya… 🙂

 

Foto utama: dentycare.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.