Home Kesehatan Praktekkan! Ini 4 Cara Menghilangkan Komedo yang Terbukti Ampuh, Tanpa Efek Samping

Praktekkan! Ini 4 Cara Menghilangkan Komedo yang Terbukti Ampuh, Tanpa Efek Samping

SHARE
cara menghilangkan komedo
via skincare.com

Cara Menghilangkan Komedo – Sebagai seorang wanita, pastinya kamu selalu ingin tampil cantik, kan? Apalagi di depan orang yang kamu sukai atau gebetan atau pacar. Tetapi sialnya… ketika kamu dan gebetan sedang bertatapan, tak sengaja ia melihat bintik-bintik kecil di hidungmu.

“Kalau dilihat-lihat, hidung kamu lucu ya. Seperti landak. Hehe” ujar mas gebetan.

Spontan, hati kamu berteriak; Oh, tidak! Komedoku, bersembunyilah!

Eh, komedo itu apa ya? Hehe. Girls, komedo adalah benjolan kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Komedo ini juga merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan dan biasanya muncul di wajah. cara menghilangkan komedo dan jerawat

Komedo di hidung atau wajah muncul karena pori-pori kulitmu tersumbat oleh minyak yang diproduksi wajah dan sel kulit mati. Produksi minyak yang berlebih ini akibat dari perubahan hormon, terutama pada masa remaja dan saat menstruasi.

Menggunakan produk pelembab wajah atau berada dalam cuaca yang lembab juga menjadikan wajah berminyak. Makanan tertentu seperti produk susu dan makanan yang mengandung banyak gula serta lemah yang tinggi juga sangat bisa memicu timbulnya komedo. cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
via doctorshealthpress.com

Tapi mengapa ya komedo di hidung berwarna hitam? Karena warna hitam pada komedo terjadi akibat kulit di bagian atas komedo terbuka dan terpapar udara serta debu.

Ada beberapa cara untuk menyingkirkan si kecil penganggu satu ini, mulai dari perawatan sendiri di rumah, maupun perawatan di dokter kecantikan.

Tapi ingat! Jangan memperlakukan komedo dengan sembarangan. Karena alih-alih mendapatkan wajah halus dan mulus bak artis korea, yang ada wajah kamu malah jadi mengalami peradangan.

Oleh karena itu, kali ini Raparapa akan berbagi 4 cara menghilangkan komedo dengan mudah dan bisa langsung kamu terapkan. Yuk kita simak apa saja itu..

1. Rutin membersihkan wajah

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
via visihow.com

Tahap pertama untuk menghilangkan komedo yaitu tentukan jenis kulit kamu. Apakah kulit wajahmu berminyak, normal, kering, kombinasi atau sensitif?

Setelah mengetahuinya, maka kamu dapat memilih produk pembersih yang sesuai di supermarket maupun di drugstore terdekat. Kamu dapat meminta bantuan pramuniaga toko untuk menanyakan produk apa yang sekiranya sesuai dengan jenis kulit kamu. cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen

Setelah mendapatkan produk pembersih yang cocok, cucilah wajah kamu secara teratur 2 kali sehari; pagi dan malam hari.

Apabila kamu habis bepergian jauh dengan motor atau setelah menggunakan make up, double cleansing sangat diperlukan untuk mencegah munculnya komedo dan jerawat!

Double cleansing dapat dilakukan dengan menggunakan susu pembersih dan toner. Setelah itu, cuci wajahmu dengan sabun cuci muka.

Oh iya, kamu juga dapat menggunakan scrub wajah 2 kali seminggu. Rutin menggunakan scrub wajah 2 kali seminggu tidak hanya dapat menghilangkan komedo, namun juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati di wajahmu. Sehingga wajah kamu terlihat lebih cerah dan tidak kusam.

Kamu juga harus pilih produk yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit, biasanya scrub dengan tekstur yang lembut dan tidak kasar. Scrub wajah mudah ditemukan di supermarket maupun drugstore. cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen

Beruntungnya dengan adanya internet, kini kamu juga bisa membelinya secara online. Menggunakan oatmeal sebagai scrub juga dipercaya ampuh untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo.

Juga pilihlah pelembab wajah, riasan, tabir surya yang tidak mengandung minyak agar tidak memperparah komedo.

2. Menggunakan Strip Komedo

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
via deliriousideas.com

Di tahap kedua ini kamu bisa menggunakan strip komedo (strips pore pack) untuk mengangkat komedo di hidung atau wajah kamu. Cara ini cukup ampuh, hanya tinggal tempel, menunggu 15 menit dan tarik. Tadaaa…komedo hilang!

Namun hal ini hanya bersifat sementara, beberapa hari kemudian akan muncul lagi. Maka untuk hasil yang terbaik, kamu gunakan krim wajah pada malam hari sebelum menggunakan strip komedo untuk memudahkan pengangkatan komedo.

Jangan sekali-kali menyentuh, mencungkil atau menggaruk komedo dengan tangan. Mencungkilnya hanya akan membuatnya radang atau bahkan terluka, dan membuka pori-pori wajahmu sehingga dapat memungkinkan komedo kembali lagi atau bahkan munculnya jerawat! Menyentuh wajah dengan tangan justru dapat mentransfer bakteri dari tangan ke wajah, akibatnya adalah dapat memicu timbulnya jerawat. Lebih parah dong? cara menghilangkan komedo dan jerawat

Tapi kalau gebetan yang nyentuh wajah, nggak apa-apa kan? Hehehe.

Hindari penggunaan alat pencungkil komedo, karena alat ini seringkali mengandung bakteri dan dapat melukai kulit wajah kamu. Yang satu ini sebaiknya dilakukan oleh profesional (misalnya facial di salon perawatan wajah/skincare) yang mengerti standar kebersihan untuk perawatan wajah. cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen

3. Homemade Treatment dengan bahan-bahan alami

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
via fashionlady.in

Perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami tidak sepenuhnya ampuh dalam melawan komedo karena tidak teruji secara klinis, hanya pengakuan dari sebagian orang. cara menghilangkan komedo dan jerawat

Sebab kulit setiap orang berbeda-beda. Harus diingat bahwa kamu sebaiknya berhenti apabila kulit kamu mengalami iritasi setelah menggunakan bahan-bahan  di bawah ini nih.

  • Menggunakan masker dari putih telur. Protein yang terdapat pada putih telur dipercaya membunuh bakteri penyebab komedo, mengecilkan pori-pori di wajah, dan menghaluskan kulit.

Cara membuatnya adalah dengan memisahkan putih dan kuning telur, kemudian oleskan ke wajah. Setelah mengering, oleskan kembali putih telur. Tunggu sekitar 10-15 menit  hingga mengering. Gunakan air hangat untuk membilas wajahmu. cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen

  • Madu dikatakan sebagai antiseptik dan anti bakteri alami serta dapat menyembuhkan luka serta infeksi kulit.

Cara membuatnya adalah dengan memanaskan 2 sendok makan madu dan diolesi di wajah kemudian didiamkan semalaman.

Cara lainnya adalah mencampur 1 sendok makan madu dengan ½ sendok teh kayumanis bubuk, kemudian oleskan di wajah dengan gerakan memutar (seperti menggunakan scrub) dan bilas wajah dengan air hangat.

  • Mencampur madu dengan oatmeal juga dipercaya manjur untuk melawan komedo, mengurangi minyak berlebih di wajah, serta mengangkat sel-sel kulit mati. cara menghilangkan komedo dan jerawat

Cara memadukan madu dengan oatmeal juga cukup terbilang mudah, 2 sendok makan oatmeal dan 1 sendok makan madu dilarutkan dengan air hangat 3-4 sendok makan dan diaduk rata. Kemudian oleskan di wajah dan tunggu sampai mengering.

Setelah kering, usapkan wajah dengan gerakan memutar dan bilas dengan air hangat. Dijamin wajah kamu jadi mulus-lus-lus!

  • Jika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif, sebaiknya gunakan tea tree oil dan masker oatmeal madu seperti yang Raparapa katakan di atas.

Tea tree oil cukup tren di kalangan beauty blogger sebagai pertolongan pertama terhadap komedo dan jerawat. Cara pemakaiannya juga cukup mudah, hanya dioleskan di bagian yang terdapat komedo dan didiamkan semalaman. cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen

Bagi yang belum tahu, tea tree oil tidak hanya berbentuk oil saja, berterima kasihlah pada teknologi sehingga tea tree oil ini juga tersedia dalam bentuk rangkaian perawatan wajah seperti krim pelembab, sabun cuci muka, toner dan serum. Merek dagang yang terkenal untuk produk ini adalah The Body Shop.

Penanganan untuk kulit sensitif sangat jauh berbeda dengan kulit normal. Sembarang mencoba, dikhawatirkan dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada kulit.

4. Gunakan bantuan profesional

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami
via hadihofmann.com

Duh! Besok gebetan mau ngajak nonton, tapi komedo di wajah kamu belum sempat dibersihkan! Kan malu kalau gebetan menyadari landak di wajah yang belum disingkirkan. Bisa-bisa, dia jadi ilfeel denganmu cuma gara-gara komedo menyebalkan di wajah. cara menghilangkan komedo dan jerawat

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk mengerjakannya di rumah, kamu bisa datang ke klinik kecantikan. Kini sudah cukup beragam klinik kecantikan yang tersebar di mana-mana. Jadi kamu hanya datang, berkonsultasi dengan dokter dermatologi dan mendapatkan perawatan yang sesuai.

  • Kamu bisa mencoba perawatan facial secara manual untuk menghilangkan komedo yang dilakukan oleh terapis yang tentunya sudah berpengalaman. Tanyakan pada dokter atau terapis karena ada berbagai macam facial, yang sesuai dengan tipe wajahmu. Lakukan secara rutin 2-4 minggu sekali untuk menjaga agar wajah kamu tetap halus. cara menghilangkan komedo secara alami

Pertama-tama, wajah kamu akan dibersihkan menggunakan cleanser dan toner. Kemudian, dengan menggunakan alat pencabut komedo yang terbuat dari logam dengan lingkaran kecil di bagian ujungnya untuk mengangkat penyumbatan yang disebabkan oleh komedo (telah dikatakan di atas, bahwa alat ini sebaiknya digunakan oleh profesional karena alasan standar kebersihan), kemudian komedo akan dibersihkan perlahan.

Setelah itu, wajahmu akan dipakaikan masker wajah dan voila! kulit wajahmu bersih dan segar deh. cara menghilangkan komedo di hidung.

  • Perawatan wajah lainnya yang ditawarkan oleh klinik kecantikan adalah mikrodermabrasi. Ini merupakan metode pembersihan kulit dari sumbatan penyebab komedo dengan menggunakan sebuah alat khusus seperti tabung yang memiliki tekstur kasar seperti sikat pada permukaan ujungnya.

Di beberapa drugstore besar, alat mikrodermabrasi ini dijual untuk dapat digunakan di rumah. Lakukan perawatan mikrodermabrasi secara rutin dua kali dalam satu bulan untuk mendapatkan hasil terbaik. cara menghilangkan komedo di hidung

  • Menggunakan terapi laser dan cahaya. Terapi dengan menggunakan energi sinar ini dapat menurunkan produksi minyak berlebih pada kulit dan membunuh bakteri penyebab komedo. Terapi ini dapat menghilangkan komedo dan jerawat tanpa merusak permukaan kulit paling luar.

 

  • Menggunakan metode chemical peels. Dengan cara ini, dokter dermatologi akan menggunakan bahan kimia (dalam bentuk krim oles wajah) untuk mengelupas kulit wajah agar dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Setelah pengelupasan dilakukan, maka kulit yang lebih halus dan cerah akan terlihat. cara menghilangkan komedo di hidung

 

  • Dokter dermatologi kemungkinan akan meresepkan obat tretinoin, adapalene, dan tazarotene. Ketiga obat yang mengandung vitamin A tersebut bekerja dengan cara mencegah terbentuknya penyumbatan pada pada pori-pori dan juga mempercepat pergantian sel kulit. cara menghilangkan komedo secara alami dan permanen

Tujuan penanganan komedo dengan obat adalah untuk  membunuh bakteri, mengurangi  minyak berlebih, dan membantu proses perontokan sel kulit yang telah mati.

 

Bagaimana menurut kamu setelah membaca cara menghilangkan komedo di atas? Menghilangkan komedo buatmu bakal dilakukan di rumah atau dengan bantuan profesional?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.