Home Gaya Hidup 15 Cara Menghilangkan Ngantuk yang Datang Terlalu Sering

15 Cara Menghilangkan Ngantuk yang Datang Terlalu Sering

SHARE
Cara Menghilangkan Ngantuk
via pixabay.com

Siapa yang mengatakan kalau semua kata aktivitas yang berawalan “Ng” itu menyenangkan? Memang banyak sih. Seperti ngupil, ngadem, ngopi, ngibulin, ngrumpi, ngimpi. Tapi kalau ngondek, ngamuk, ngambek, ngebunuh, dan ngantuk? Nah kan? Tuh ngantuk, apa menyenangkan kalau ngantuknya saat beraktivitas? Udah ngondek, ngambekan, eh ngantukan. Kudu buru-buru cari cara menghilangkan ngantuk tuh, biar nggak ngondek dan ngambekan. Hihihi

Rapapa sih pengin cerita aja nih kalau pada umumnya manusia bisa bertahan tanpa makan, tapi nggak bisa kuat menahan ngantuk.

Namun karena tujuan Raparapa di internet untuk membagikan berbagai solusi seputar kehidupan, maka wajib sekali Raparapa membagikan cara menghilangkan rasa ngantuk berat saat bekerja, saat belajar, saat mengemudi. Pokoknya sangat ngantuk berat dan yang datang terlalu sering di tengah aktivitasmu.  Antara lain:

1. Lakukan Banyak Interaksi

banyak-interaksi
via southjerseyjournal.com

Melakukan banyak interaksi sangat berguna untuk mengusir rasa ngantuk berat.

Jadi ketika kamu ngantuk berat di manapun dan kapanpun, kamu tinggal cari orang untuk diajak ngobrol. Asal pilih orang yang punya muka garang dan agresif. Jangan malah lembek atau terlalu halus. Yang kayak gitu mah diusir cantik aja. Karena kalau terlalu halus, bisa-bisa dia malah ngajak kamu untuk nyinden atau bermain gamelan.

Tapi kalau ngajak ngobrol sama manusia bermuka garang dan agresif bisa dipastikan akan membawa keseruan, baik dari obrolan maupun tingkah laku.

Bahkan, ada juga loh sebuah studi yang mengatakan, bahwa pemilik wajah garang dan agresif cenderung punya tingkat pengorbanan yang sangat tinggi terhadap teman.

Nah, kan, tipe teman dengan muka garang bisa kamu jadikan sebagai cara menghilangkan ngantuk yang datang terlalu sering.

2. Pelihara Nyamuk

nyamuk
via mtlblog.com

Percumah punya suasana tempat yang nyaman dan sunyi, kalau ujung-ujungnya kamu gampang ngantuk dan tergoda untuk tidur.

Oleh karena itu, memilihara nyamuk merupakan obat ngantuk berat yang ampuh di tengah aktivitas kamu. Cocok banget dimanfaatkan untuk menghilangkan ngantuk saat belajar.

Inilah sisi baik dari nyamuk. Bisa dijadikan obat ngantuk kamu. Sebab dengungan serta gigitannya bisa memacu emosional kamu. Bawaannya pengin nampar badan yang yang bentol-bentol digigit nyamuk, dan mustahil kalau akhirnya kamu ngantuk. Kesal sih iya.

Jadi tugas kamu berikutnya tinggal cari nyamuk sebanyak mungkin. Karena semakin banyak nyamuk yang mengerubungi dan mengigit, maka sangat kecil kemungkinannya kamu akan ngantuk berat.

Kamu tinggal modal aroma tubuh yang nggak sedap aja kok, seperti mengenakan pakaian gelap, berkeringat, dan aroma kaki yang sangat bau. Gampang banget kan? Iya lah, kan pada dasarnya kamu jorok. Nggak apa-apa, terkadang cara menghilangkan rasa ngantuk berat memang butuh pengorbanan yang berat juga.

3. Minum Kopi

kopi hitam kupu kupu mp3 – filosofi kopi
via autoblog.com

Jutaan orang di penjuru dunia suka kopi. Untuk sebagian orang, minum kopi menjadi ritual wajib yang nggak boleh dilewatkan. Sebagiannya lagi, minum kopi dijadikan cara menghilangkan rasa ngantuk berat.

Sipa tau kamu meniru bagian yang kedua itu. Alangkah baiknya dicoba deh! Soalnya banyak kok dari kalangan ilmuwan dan ahli nutrisi yang menyatakan efek kopi bisa menjaga kondisi hati, mengusir stress, dan pendorong tenaga.

Selagi kamu nggak bermasalah dengan lambung, apa salahnya dicoba ketika penyakit kantuk menyerang?

Oh iya, baca juga ya Bukti Akurat Jika Kecanduan Kopi Hitam

4. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

berjemur
via dokter.id

Berjemur di bawah sinar matahari merupakan cara menghilangkan ngantuk berat yang sangat disarankan.

Karena selain mengatasi ngantuk berat, berjemur di bawah sinar matahari juga bisa mengurangi gejala depresi. Ini beneran loh!

Kamu tau tokoh masyarakat Amerika yang bernama Benjamin Franklin? Dia orang yang mempopulerkan kegiatan berjemur telanjang. Sepertinya menyenangkan bila kamu terapkan demi mengatasi ngantuk berat yang datangnya terlalu sering.

Jadi yang bikin melek bukan hanya mata kamu aja, tetapi juga seluruh anggota tubuh kamu. Setelah itu kamu jadi wangi matahari deh.

Yang penting sih kamu berjemurnya sendirian aja. Jangan ramai-ramai atau malah berjemur sendirian tapi malah di pantai kayak orang-orang di negara Eropa sana.

5. Lakukan Peregangan

peregangan
via favim.com

Atau kalau takut kulitmu gosong karena berjemur, kamu bisa melakukan peregangan tubuh.

Ini sudah menjadi bagian dari cara menghilangkan rasa ngantuk berat yang datangnya terlalu sering, dan pasti sangat mudah diterapkan.

Kamu tinggal menyempatkan diri untuk push up, lari-lari kecil di tempat, atau kalau mau yang ekstrim dan bikin melek selalu, bermainlah drumband! Pasti ngantuknya ilang.

6. Ngemil Cemilan yang Asin dan Pedas

tarantula-goreng
via republika.co.id

Cemilan asin dan pedas juga termasuk unsur penting loh untuk dijadikan cara menghilangkan rasa ngantuk berat. Karena sekaligus sebagai antidepresanMata kamu akan teralihkan oleh kegiatan mengunyah yang asin dan pedas.

Kamu bisa ngemil keripik yang pedas asal Bandung itu tuh. Yang penting jangan ngemil cemilan yang rasanya manis-manis, yang ada badan kamu akan melar dan jadi gampang ngantuk berat.

Kalau ingin yang antimainstream dan penuh sensasi nih, cobalah ngemil Trantula Goreng atau Kecoa Goreng. Kedua itu udah menjadi cemilan yang digemari di negara Kamboja. Cara menghilangkan rasa ngantuk berat melalui cemilan yang paling ampuh tuh. Hiiiiiiii!

7. Tertawa Sengakak Mungkin

ngakak
via theverybesttop10.com

Tertawa bisa meningkatkan aliran darah sampai 45 menit setelah tertawa. Artinya kalau tertawanya sampai ngakak, maka kamu sangat bisa mengatasi ngantuk berat. Semakin sering tertawa ngakak, semakin kamu lupa bagaimana rasanya ngantuk berat yang datang terlalu sering.

Kamu bisa lah minta tolong ke orang yang ada di sekitarmu untuk menggelitiki kamu sampai tawanya kamu meledak dan terpingkal-pingkal.

8. Jangan Membiasakan Duduk di Dekat Jendela

duduk di dekat jendela
via jadeisabelle.com

Mungkin ini alasan mengapa kamu gampang ngantuk. Angin dari jendela itu semriwing, punya efek sedasi atau perangsang tidur.

Kalau memang hal ini dialami oleh kamu, maka kamu harus segera menghilangkan jendela kamu, robohkan aja rumah kamu sekalian.

Atau kalau kamu nggak rela jendelanya dihilangkan, ganti aja posisi duduk kamu di tempat lain. Cara menghilangkan ngantuk yang ini sangat bisa dilakukan oleh siapapun kok.

9. Kangeni Seseorang

kangen
via czechcollege.cz

Rasa kangen dengan seseorang seringkali bikin kita susah tidur kan? Nah, ini merupakan cara menghilangkan ngantuk berat yang asyik-asyik aja untuk dilakukan. Obat ngantuk yang sangat sederhana. Nggak ada beban sama sekali. Tinggal memikirkan seseorang yang kamu sukai aja. Pasti akan berkelanjutan dengan kangen.

Asal kamu jangan sampai kangen dengan seseorang yang pernah melukaimu, yang ada ujung-ujungnya bikin baper atau malah bikin kamu naik darah. Eh tapi kalau akhirnya bisa menghilangkan ngantuk kamu, yaudah nggak apa-apa deh.

10. Mengkhayal

mengkhayal
via zmescience.com

Nggak apa-apa kamu memikirkan yang mustahil atau khayalan tingkat tinggi, seperti kapan akan wisuda atau kapan akan menikah. Ini contoh aja loh ya. Jangan tersinggung. Kalau bagi kamu wisuda atau menikah adalah hal yang gampang, artinya kedua hal itu jangan dibuat sebagai khayalan. 🙂

Tapi yang jelas, mengkhayal merupakan cara menghilangkan ngantuk yang ampuh. Yang paling gampang dikhayalkan sih sebetulnya tentang uang. Kan memang pada dasarnya yang bersifat uang bisa bikin mata melek.

Soalnya kalau memikirkan yang realistis itu susah digapai, ujung-ujungnya capek dan bikin ngantuk berat. Kalau mau yang realistis, coba pikirkan tentang kewajiban kamu, seperti utang yang belum lunas.

Hayoo, kamu masih punya utang sama teman kamu kan? Ah, ngak usah dikembalikan juga nggak jadi masalah kok. Karena Raparapa yakin kalau teman kamu adalah pembaca setia Raparapa. Jadi pas kamu bayar utang ke teman kamu, paling dia bakal ngomong gini,

“Udah nggak usah. Sebagai gantinya, kamu jadi pembaca setia Raparapa aja kayak saya. Tapi pambaca rahasia. Jangan sampai orang lain tau. Soalnya kalau banyak yang tau bikin para penulis Raparapa bahagia. Mereka kan sekali bahagia cengirannya bisa selebar cengiran Cesire Cat.”

Ini lagi ngobrolin soal cara menghilangkan ngantuk tapi kenapa larinya ke utang sih? Hihihi.

11. Mendengarkan Lagu Berirama Cepat

cara menghilangkan ngantuk
via expertrain.com

Untuk mengatasi ngantuk berat melalui lagu sudah sering dilakukan banyak orang. Tapi masalahnya, banyak yang lebih memilih mendengarkan lagu patah hati. Bukannya melenyapkan ngantuk, yang ada malah galau.

Oh iya, baca juga ya: 10 Alasan Kenapa Harus Menghindari Lagu Patah Hati

Jadi pilihlah lagu ceria dan berirama cepat. Dan jika dilakukan ketika sambil bekerja, maka daya tahan kerja otak kamu bisa meningkat hingga 15 persen. Ukuran ngantuk berat kamu juga akan menurun. Lumayan kan?

Supaya bisa sampai 100 persen, tinggal kamu akalin aja. Bisa dengan memperbesar volume lagunya, atau bisa sambil angguk-anggukkan kepala supaya ngantuknya benar-benar hilang.

Atau supaya nggak tanggung-tanggung, kamu kolaborasikan aja sama point nomor 5, yaitu sambil melakukan peregangan dengan cara bermain drumband aja sekalian.

12. Download Video 3gp Terbaru

cara menghilangkan ngantuk
via tu.taconeras.net

Eits, download video 3gp bukan berarti video gitu-gituan loh. Kamu bisa download video lucu, video romantis, video horor, kalau mau yang mengandung gitu-gituan sih terserah kamu, yang penting formatnya 3gp.

Dan usahakan video 3gp-nya terbaru atau yang belum kamu tonton. Ya biar seru aja! Obat ngantuk yang satu ini sangat bisa kamu lakukan kan? Hihihi

13. Sematkan Korek Api Batang di Bola Mata Kamu

cara menghilangkan ngantuk

Kamu pernah nonton film Mr. Bean Holliday yang di Paris kan?

Di situ ada adegan Mr. Bean mengalami ngantuk berat sambil nyetir mobil. Tapi dia berusaha menghilangkan ngantuk dengan mengganjal korek api batang di matanya.

Briliant!

Sangat bisa kamu terapkan.

14. Ke Klinik Tong Fang

cara menghilangkan ngantuk
via metro.news.viva.co.id

Ini cara pol-polan ketika pada akhirnya berbagai cara menghilangkan ngantuk berat di atas telah gagal kamu lakukan.

Ya sudah, ke Klinik Tong Fang aja. Di klinik itu kan berbagai macam penyakit berat bisa disembuhkan hanya dalam satu kali berobat. Nah, apalagi untuk ukuran penyakit kecil seperti ngantuk berat. Maka bisa dipastikan ketika kamu bertatapan muka dengan kliniknya aja, kamu jadi mendadak nggak ingin tidur sampai kapanpun.

15. Tidur

cara menghilangkan ngantuk
via bajiroo.com

Kalau memang klinik Tong Fang nggak mengatasi ngantuk berat kamu, ya udah tidur aja. Kenapa dibikin pusing sih? Tertidur kan cara menghilangkan ngantuk terbaik. Dan ternyata emang benar ya kalau semua kata aktivitas/kerja yang berawalan “Ng” itu menyenangkan. Hmmm…

 

Cukup jelas kan berbagai cara menghilangkan ngantuk di atas? Kalau cukup jelas, tinggal kamunya aja yang mau menerapkan atau nggak. Sebetulnya sih mau, cuma kamunya yang sungkan atau malu-malu. Buktikan dong kalau kamu adalah satu-satunya mamalia yang mau menunda tidur.

Jangan lupa share ya!

 

(Foto utama: via pixabay.com)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.