Home Gaya Hidup 8 Cara Menghilangkan Rasa Malas Level Akut

8 Cara Menghilangkan Rasa Malas Level Akut

SHARE
Cara menghilangkan rasa malas
via pixabay.com

Manusia memang nggak pernah jauh dengan sifat alamiah yaitu sifat malas. Yang lebih parah adalah malas mencari tau cara menghilangkan rasa malas. Ini adalah sifat parah dan kamu harus melawannya.

Namun yang harus kamu tau nih, layaknya menggunakan narkoba, sifat malas pun bisa menyebabkan efek candu yang berkepanjangan. Apalagi menurut hukum alam, yang enak-enak kan bisa bikin ketagihan. Ya kamu kamu pasti udah tau itu. Tapi yang sangat disayangkan, enaknya adalah malas. Entah itu malas kerja, malas kuliah, ataupun malas sekolah.

Pastinya ketagihan dengan penyakit malas hanya akan menghambat usahamu aja dong.

Maka dari itu, bila kamu memiliki sifat malas level akut, maksudnya, jika malas memiliki range dari 1 sampai 10, maka sifat malas level akut memiliki range 9 atau 10. Artinya kamu bisa disamakan dengan Armadillo. Itu loh, mamalia plasental kecil asal Amerika yang punya prisai seperti Trenggiling.

Di Amerika, Armadillo disebut sebagai mamalia paling malas karena menghabiskan 80% hidupnya untuk leyeh-leyeh dan tidur. Mereka nggak punya upaya untuk mencari cara menghilangkan rasa malas belajar.

Jadi bagi kamu yang nggak ingin disamakan dengan Armadillo, maka secepatnya kamu menghilangkan rasa malas yang memiliki range 9 atau 10 ini.

Tapi tenang aja, karena Raparapa akan membagikan cara menghilangkan sifat malas paling ampuh untuk kamu yang punya penyakit malas level akut, yaitu dengan cara:

1. Jangan Bengong

Jangan bengon salah satu cara menghilangkan rasa malam
via tokokreskres.com

Zaman sekarang waktu masih diartikan dengan uang, waktu adalah uang. Tapi sebetulnya bukan hanya itu aja loh. Waktu adalah keperuntungan pun bisa. Jadi nggak melulu bersifat uang, melainkan keuntungan yang nilainya lebih berharga dari uang.

Maka salah satu cara menghilangkan rasa malas bisa dengan berusaha jangan bengong di setiap waktu kamu. Sekali bengong bisa jadi kebiasaan. Ini terutama untuk menghilangkan rasa malas belajar.

Mangkannya, coba kamu sadari bahwa waktu itu berharga, baik waktu yang kamu lakukan di hari ini maupun esok, supaya kamu nggak berdiam diri aja.

Hargailah waktu, niscaya kamu akan mendapat keperuntungan.

Daripada bengong, mending kamu lakukan aktivitas bermanfaat. Misalnya, ketika bengong, langsung aja kamu siasati dengan baca buku yang belum sempat kamu baca.

Atau kalau lagi nggak mood baca, kamu bisa menulis atau menggambar apa yang kamu mau kek!

Namun ketika stuck nulis atau nggambar karena inspirasi seringkali menguap gitu aja, bergegas kamu raih sepeda atau lompat tali, yang penting dapat keringat.

Lagian nih ya, pria yang aktif olahraga akan punya jumlah sel sperma yang lebih baik dan lincah daripada pria yang malas olahraga. Begitu juga perempuan. Kamu pastinya mau kan punya kandungan sperma yang lebih baik? Ah wis lah!

Pokoknya, cara menghilangkan rasa malas semacam ini nggak akan terkesan sia-sia atau mengecewakan. Malah membuat kamu merasa lebih menghargai waktu.

Daripada bengong? Kesurupan Nyai Ronggeng loh!

2. Singkirkan Barang-barang yang Membuatmu Berpikiran Ngeres

Ini juga salah satu cara menghilangkan rasa malas yang nggak boleh kamu remehkan sedikit pun.

Karena saifat malas bisa mengakibatkan bengong, maka bengong pun bisa bikin kamu bingung untuk melakukan sesuatu. Bisa-bisa terbesit pikiran,

“Eh ada laptop sama internet nih. Nonton gitu-gituan, ah!”

Duh, kalau kamu kecanduan sama tontonan gitu-gituan bisa gawat kan? Maka dari itu, kamu perlu obat malas untuk mengantisipasinya. Atau yang sudah terlanjur dimanjakan tontonan gitu-gituan akibat penyakit malas, masih bisa diatasi kok.

Kamu tinggal singkirkan aja barang-barang yang bisa membuatmu berpikir ngeres. Biasanya sih hal seperti ini dilakukan di kamar tidur.

Lagian kamu sih keadaan kamar tidurnya berantakan kayak hati kamu yang baru diobrak-abrik oleh harapan palsu. Jadi bikin kamu malas dan merasa letih deh.

3. Selalu Pikirkan Masa Depan

memikirkan masa depan merupakan salah satu cara menghilangkan rasa malas
via pixabay.com

Zaman sekarang gitu loh! Banyak generasi muda yang kreatif dan penuh semangat. Karena mereka sudah punya impian cerah secerah kepalanya Deddy Corbuzier.

Kalau masih malas, maka impian kamu hanya sebatas gebetan yang bilang iya-aku-suka-sama-yang-perhatian-dan-sejauh-ini-kamu-cukup-menarik-perhatianku-kok! eh tau-tau besoknya dia sudah gandengan sama orang lain. Uhuk! Akhirnya, berbagai harapan yang terlanjur terngiang di kepala akan sulit diwujudkan kan?

Jadi, jika kamu menginginkan pernikahan elegan, punya impian rumah retro modern, punya impian memiliki mobil keluarga yang bisa disulap menjadi ruangan karaoke inul vista, maka mulai sekarang, lenyapkan sifat malas, pikirkan masa depan, selalu masa yang terdepan, jangan menengok ke belakang.

Cara menghilangkan rasa malas yang satu ini hanya modal membiasakan diri untuk berpikir ke depan aja. Nggak susah kok, orang cuman ke depan doang~

4. Jangan Pernah Menunda

jangan pernah menunda merupakan cara menghilangkan rasa malas
via bahayapedia.com

Kalau sudah memikirkan masa depan, belum tentu kamu menghilangkan sifat menunda-nunda. Ini sangat krusial untuk merealisasikan impian kamu.

Karena malas, akhirnya kamu menunda tugas yang harus kamu kerjakan saat ini. Syukur-syukur sih kalau kamu ingat. Lah kamu kan pelupa. Sudah malas, ditambah pelupa, ya tugasmu bakal berantakan dong!

Maka dari itu, untuk menghilangkan rasa malas salah satunya dengan jangan pernah menunda apapun, baik tugas maupun janji. Ingat, menunda bisa mengakibatkan PHP! Makanya, jangan selalu berketergantungan dengan kalimat “Nanti lah!”

5. Selesaikan Berbagai Tugas yang Susah Dulu

Menyelesaikan Berbagai Tugas yang Susah Dulu merupakan cara menghilangkan rasa malas
via pixabay.com

Di mana-mana untuk mencapai sesuatu yang besar dimulai dengan melewati berbagai tugas yang kecil dulu kan ya? Tapi coba kali ini kamu selesaikan tugas yang susah langsung supaya tugas yang mudah bisa dengan gampangnya kamu selesaikan.

Cara menghilangkan rasa malas yang satu ini bertujuan agar kamu membiasakan diri untuk mengeluarkan stamina penuh. Walaupun nanti bisa bikin kewalahan ketika mengerjakan tugas susah, tapi itu hanya di awalnya aja kok. Dan nanti kamu akan terbiasa juga dengan yang susah-susah.

Dengan ini, kamu nggak punya alasan untuk menunda-nunda kan?

Oh iya, kamu juga nggak boleh beranggapan pada sebuah tugas sebagai sesuatu yang sulit.

Ketika hendak melakukan tugas susah, ubah cara pandangmu pada sifat malas. Anggaplah sifat malas adalah bencana atau sampah masyarakat. Masa kamu mau jadi bagian dari bencana sekaligus sampah masyarakat? Enggak toh?

Maka dari itu, tanamkan pikiranmu pada fakta yang mengatakan, bahwa sifat malas adalah bencana yang bisa membuat kamu hancur berkeping-keping, seperti puzzle yang dihancurkan oleh orang yang nggak sabar saat memainkannya.

Kalau udah gitu, kamu akan memiliki keyakinan penuh bahwa sesulit apapun tugas yang dikerjakan, pasti ada jalan untuk melewatinya.

Cara menghilangkan rasa malas yang satu ini memang butuh keseriusan tinggi sih. Tapi percayalah, kamu pasti bisa kok! Sampai akhirnya seperti kalimat pada point ketiga, yaitu kamu akan siap meraih impian cerah secerah kepalanya Deddy Corbuzier.

6. Jadi Orang yang Terlalu Disiplin Aja Sekalian

Disiplin merupakan cara menghilangkan rasa malas
via blog.jobs.id

Terlalu disiplin bisa mengubahmu menjadi orang yang terlalu rajin. Jadi rajinnya nggak tanggung-tanggung. Seperti misal membiasakan untuk berangkat ke kampus pukul lima pagi, padahal mata kuliahnya dimulai jam sembilan. (Jam sembilan malam pula) (Karena mendadak ingat kalau kamu kelas ekstensi) Hihihi.

 

Tapi yang harus kamu tau, terlalu rajin atau terlalu disiplin bisa mengubah pikiranmu menjadi sistematis dan fokus. Kamu punya sikap tanggung jawab yang penuh, memiliki obsesi untuk meraih sesuatu, pikiran kamu selalu terarah pada sebuah keberhasilan, dan nggak ada sesuatu yang kamu gelisahkan karena semuanya sudah kamu kerjakan dari jauh-jauh hari.

Akhirnya apa coba? PENYAKIT MALAS KAMU HILANG DONG!

Oh iya, untuk menerapkan cara menghilangkan rasa malas yang satu ini, kamu juga harus membenci hari libur, termasuk libur panjang. Sebab sekali libur aja dapat mengakibatkan sindrom malas beraktivitas. Apalagi libur panjang.

Semakin panjang seringkali semakin susah dijangkau. Karena secara alami, manusia akan merasa bahagia apabila punya banyak aktvitas, tapi ironisnya malah lebih pilih sifat malas. Kamu nggak  mau kehilangan kebahagiaan hanya karena menerapkan penyakit malas toh?

7. Selalu Mencari Tau Adanya Kesempatan

Selalu Mencari Tahu Adanya Kesempatan merupakan komponen terpenting dalam cara menghilangkan rasa malas
via thesalesaddict.com

Ini betul-betul salah satu komponen terpenting dalam cara menghilangkan rasa malas. Karena selalu mencari tau adanya kesempatan di setiap hal yang kamu lakukan, dapat menciptakan kebiasaan gairah untuk melakukannya.

Kalau kamu selalu mencari tau adanya kesempatan yang menguntungkan, pasti mau nggak mau kamu akan bergerak demi meraih kesempatan dan keuntungan itu.

Sama halnya ketika mengetahui kalau lelaki atau wanita yang kamu incar selama ini ternyata single. Itu sebuah kesempatan kan? Karena dia incaranmu, maka kamu harus lekas bergerak untuk menembaknya.

Tapi kalau ditolak? Ya itu derita kamu. Yang penting kan mau bergerak untuk menembak dulu. Masalah kecewa atau nggak kecewa jika hasilnya ditolak, mending kamu cari tau menghilangkan rasa malas ditolak gebetan deh, baik level dasar maupun level akut.

8. Minum Kopi

minum kopi merupakan cara menghilangkan rasa malas
via pixabay.com

Ini bagian paling mudah dalam menerapkan cara menghilangkan rasa malas. Tinggal ngopi doang! Sebab alasan manusia punya sifat malas juga bisa dikarenakan kehilangan gairah pada pikiran yang suntuk.

Maka untuk mengubah rasa suntuk menjadi fresh kembali, yaitu dengan cara minum kopi. Terserah mau jenis kopi apa, yang penting kopi. Karena kopi adalah sumber gairah. Kata Honore de Balzac, “When we drink coffee, ideas march in like the army.”

Banyak orang yang setuju dengan kalimat tersebut karena banyak yang membuktikan. Tinggal kamu aja yang buktikan.

Oh iya, baca juga ya: Inilah Bukti Akurat Jika Kamu Kecanduan Kopi Hitam

Jadi, jika kamu stuck ketika sedang mengerjakan sesuatu, maka daripada jatuhnya ke malas, mending cepat-cepat kamu siasati dengan minum kopi, supaya fresh kembali dan kamu bisa dapat ide cerah secerah kepalanya, stop! Jangan kepalanya Deddy Corbuzier mulu dong!

 

Begitulah cara menghilangkan rasa malas level akut. Menurut penelitian dari Canbridge University, manusia terbukti mulai malas sejak 7000 tahun yang lalu. Kalau sekali malas, kamu bisa akrab dengan malas. Mending malas jadi orang malas aja. Yuk lenyapkan rasa malasmu agar menjadi harapan asli, bukan palsu! Karena kamu nggak tau kemana takdir akan membawa kamu esok hari.

Oh iya, jangan lupa malas share tulisan ini! 🙂

 

(Foto Utama: pixabay.com)

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.