Home Gaya Hidup 7 Cara Menghilangkan Stres dan Menggantinya dengan Mindset Positif

7 Cara Menghilangkan Stres dan Menggantinya dengan Mindset Positif

SHARE
kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via pixabay.com

Namanya juga hidup, pasti akan merasakan stres di berbagai hal. Adanya stres pikiran karena stamina dan mental kita sudah melampaui kemampuan diri. Akhirnya, produktivitas harian akan menurun dan terganggu. Merasa serba salah untuk bertindak, bahkan bisa sampai memicu konflik, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Oleh karena itu, jika kamu pernah atau bahkan sering mengalami stres, jangan pernah dianggap remeh. Segeralah untuk berupaya agar bisa menghilangkan stres. Tenang aja, karena Raparapa datang untuk mengobati penyakit yang terlihat kecil namun berakibat fatal ini.

1. Tunda kegiatan atau aktivitas kamu sementara

jangan pernah menunda merupakan cara menghilangkan rasa malas
via bahayapedia.com

Misal stres ini berhubungan dengan pekerjaan yang akhirnya membuat kamu kerap mengeluh bahwa kamu nggak bisa berhenti mikirin pekerjaan. Bahkan, waktu berlibur sering kamu korbankan untuk bekerja.

Kalau udah begitu, artinya tanpa sadar pekerjaan telah berhasil menguasai kehidupan dan seluruh identitas kamu. Itulah yang membuat orang gampang stres atas pekerjaan. Ini masih aja terjadi di kalangan pekerja baik kantoran ataupun lapangan.

Oleh karena itu, kamu harus mengalah untuk menunda perkerjaan sementara. Kamu bisa pergi keluar sebentar. Entah itu menonton film atau sekedar nongkrong sendirian di kedai kopi. Lebih bagusnya ke tempat yang baru kamu datangi. Dimaksudkan agar bisa merangsang otak kamu yang tadinya stress berubah menjadi fresh.

Kamu bisa minta tolong teman atau siapapun untuk merekomendasikan sebuah tempat yang menyenangkan.

Bagusnya lagi jika kamu punya banyak waktu atau kesempatan. Maka kamu bisa kemasi barang-barang kamu untuk pergi berlibur ke sebuah kota atau wisata yang jauh dari tempat tinggal kamu. Perjalanan panjang sangat menormalkan stress kamu yang berlebihan.

Perjalanan panjang dan datang ke tempat jauh yang baru didatangi menjadi semacam cara menghirup udara segar, cara menghilangkan stres yang menyenangkan dan tergolong mudah.

Maka jika kamu punya cukup banyak waktu dan uang, apa salahya untuk berlibur ke tempat jauh? Karena jika terus memaksakan diri untuk melanjutkan kerja, hasilnya pasti nggak akan optimal. Otak atau pikiran keluarnya nggak akan baik karena setiap manusia ada keterbatasan dalam mepekerjakan otak.

Kamu di Indonesia! Banyak sekali pilihan destinasi yang bisa dijajal. Semuanya selalu berkesan. Oleh karena itu, tunda pekerjaanmu untuk sementara waktu dan keluarlah untuk bepergian tapi jangan sampai kebablasan. Karena ingat, kamulah yang menentukan kapan harus bekerja dan kapan harus berhenti. Kamulah yang menentukan bagaimana masa depan dan harapan kamu yang selama ini kamu idamkan. Maka jika semuanya ingin berjalan sesuai harapan, kamu harus mulai mengatur ritme kerja dan kehidupan pribadi. Semuanya harus diatur dan berjalan secara seimbang.

Kamu juga perlu mementingkan diri sendiri. Kamu perlu waktu penting untuk memikirkan kapan harus istirahat dan kapan harus memperbarui stamina kerja. Semuanya harus dilakukan secara seimbang supaya tubuh dan pikiran segar.

2. Ciptakan interaksi positif

Menghilangkan stres yang ini juga tergolong mudah. Yaitu menciptakan interaksi dengan cara positif. Baik melalui obrolan maupun bahasa tubuh atau gesture. Untuk berinteraksinya pun dengan siapa aja. Entah itu orang, hewan, maupun alam.

Kalau orang kamu bisa memilih keluarga, suadara, teman jauh, teman dekat, calon pacar, pacar (kalau punya), atau bahkan mantan. Pilihlah yang menurut kamu cocok untuk bisa saling menciptakan interaksi positif. Sebab faktor sosial yang positif dari manusia sangat bisa menghilangkan stress.

Untuk interaksinya simpel aja sih, kayak jangan nggosip. Kalaupun nggosip juga jangan terlalu banyak, hanya sekedar basa-basi. Jangan juga ngomong jorok. Serius, interaksi positif akan mendatangkan pikiran positif. Ini sangat membantu untuk menghilangkan stres pikiran. Maka pikiran akan berjalan secara positif dan lebih jernih.

Usahakan untuk saling bercerita secara jujur soal pengalaman dan kecemasan yang sedang terjadi. Tampilkan diri kamu apa adanya. Jangan dibuat-buat. Karena sikap dibuat-buat sangat mudah dideteksi. Bukan komunikasi positif yang tercipta, malah yang ada komukasi negatif. Artinya sampai kapanpun nggak akan bisa menghilangkan stres.

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via vemale.com

Berinteraksi dengan alam bisa kamu lakukan melalui bahasa tubuh. Caranya dengan mengagumi dulu keindahan alam. Tanamkan pikiranmu bahwa alam adalah sesuatu yang patut untuk kamu kagumi. Dengan begitu, kamu akan selalu berbuat kebaikan kepada alam, seperti nggak akan membiarkan diri untuk buang sampah di alam, nggak akan menciptakan kegaduhan atau suara berisik di alam. Maka kemanapun kamu melaju, alam akan mendukungmu. Energi positif pun akan selalu memberkati pikiranmu sehingga kamu akan jauh dari stress pikiran.

Jika berinteraksi dengan hewan, kamu bisa melakukannya dengan bahasa tubuh. Misal kamu punya peliharaan seperti kucing atau anjing. Luangkan waktu untuk mengajak mereka berinteraksi. Ajak jalan-jalan atau bermain. Jika akhirnya interaksi tercipta, secara langsung mereka menularkan interaksi positif yang akhirnya bisa menghilangkan stres kamu.

Itulah kehebatan anjing atau kucing. Jadi kalau belum punya, mending pelihara deh dari sekarang!

Oh iya, kamu udah baca 28 Fakta Aneh dari Kucing Lucu? Kalau belum, jangan lupa baca ya!

Sekali lagi, percayalah! Adanya interaksi positif bisa membantu kamu melupakan pekerjaan sejenak. Bisa pula mengembalikan kualitas kehidupan pribadi kamu. Dan juga bisa memperkokoh identitas kamu di lingkungan sosial.

Dengan demikian, pekerjaan kamu nggak sampai menguasai kehidupan atau bahkan mengubah identitas kamu. Maka setelah beberapa lama kemudian, kamu akan menyadari bahwa ternyata kamu telah berhasil menghilangkan stres!

3. Meditasi

meditasi, cara menghilangkan stress
via tiempodesanjuan.com

Asal kamu tau, banyak orang yang menganggap meditasi punya peran penting secara psikis, karena mampu tenangkan hati, pikiran, meningkatkan daya konsentrasi, dan menghilangkan stres secara berlebihan.

Tapi ternyata, meditasi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan jasmani loh. Terbukti dari kegiatan meditasi yang sudah dipraktikkan sejak ribuan tahun lalu di Cina.

Oleh karena itu, jika kamu melakukan meditasi, maka bukan hanya bisa menurunkan tingkat stres kamu, tetapi juga bisa menyehatkan fisik kamu.

Cara meditasi sekarang sudah bisa kamu dapatkan di internet dengan mudah. Kamu tinggal meniatkan diri aja untuk melakukan meditasi.

Oh iya, kamu juga harus tau ya bahwa mencuci piring juga punya efek baik yang sama dengan Meditasi loh! Ada sebuah penelitian dari Florida State University, AS, yang mengungkapkan bahwa mencuci piring sangat bisa mengurangi ketegangan pikiran hingga 23% dan meningkatkan kondisi mental hingga 25%. Sebab pada saat mencuci piring, pikiran akan terfokus pada aroma sabun beserta sentuhan terhadap piring dan alat makan lainnya.

Ternyata ini sangat penting dalam menurunkan ketegangan saraf sekaligus menghilangkan stress yang memuncak. Rangsangan otak dalam pengendalian diri kamu akan meningkat deh!

Dan ternyata bukan cuman itu aja. Mencuci piring juga bisa meningkatkan kebahagiaan sehinga kedamaian di jiwa akan terasa secara perlahan. Inilah efek baik dari mencuci priing. Jadi kalau selama ini kamu malas cuci piring, pikir-pikir lagi deh! Karena ternyata bisa dijadikan saran menghilangkan stres.

4. Mandi Sauna

cara menghilangkan stres
via okezone.com

Sebenarnya mandi biasa dengan air juga bisa menghilangkan stress sih, tapi efeknya kecil dalam menghilangkan stres, apalagi stres pikiran yang berlebihan.

Efek besar yang didapat salah satunya dengan mandi sauna atau berendam. Sebab mandi sauna bisa membakar 300 sampai 500 kalori dalam waktu sekitar 15 menit. Dampak baiknya setara dengan olahraga jalan cepat selama kurang lebih 1,5 jam.

Wow!

Ini karena uap hangat dari mandi sauna bisa memberi rangsangan untuk melemaskan otot-otot kamu yang tegang. Relaksasi ini yang kamu butuhkan karena bisa membantu menghilangkan stres tingkat tinggi.

Cobalah untuk mandi sauna dan rasakan dampaknya! Stres kamu akan benar-benar hilang. Mental kamu akan kembali kejernihan dan tajam, serta keseluruhan fisik kamu akan sehat penuh. Komplit deh!

5. Pemijatan

cara menghilangkan stres
via nonybangga.000webhostapp.com

Cara menghilangkan stres berikutnya adalah pemijatan. Ini jika meditasi masih susah diterapkan atau hasilnya nggak sesuai dengan yang kamu harapkan, maka pemijatan bisa kamu coba.

Stres sangat bisa mempengaruhi tekanan darah kamu menjadi nggak normal. Kamu yang selama ini merasa tidurnya terganggu atau bahkan insomnia, itu kemungkinan besar karena akibat stress yang membuat peredaran darah kamu berjalan nggak lancar.

Maka untuk menormalkannya kembali, kamu bisa melakukan pemijatan. Karena tubuh kita memiliki beberapa poin/titik anti-stres dan semua titik-titik anti-stres ini bisa dibenarkan dengan cara dipijat. Artinya kamu perlu datang ke psiko-refleksi untuk memainkan pijatan di titik-titik anti-stres ini. Sebab sumber stres sangat bervariasi. Kamu nggak tau bagaimana cara memainkan titik-titik anti-stres tersebut.

Oke, silakan dicoba ya!

6. Olahraga

lagu olahraga
via msports.net

Kita tau kalau olahraga punya dampak luar biasa untuk kesehatan kita, salah satunya menghilangkan stres. Karena stres merupakan jenis penyakit dan ini harus disembuhkan.

Namun sayangnya, niat bulat atau tekad penuh untuk berolahraga sangatlah susah, dan ini memang nggak bisa dipungkiri, sangat manusiawi tapi jelek sekali.

Cobalah untuk tanamkan tekad kuat bahwa kamu perlu olahraga. Seberapa kuat tekat itu, kamu harus berhasil melalui tahapan satu dalam berolahraga. Supaya bisa kembali melanjutkan olahraga berikutnya secara terjadwal. Ini semua demi menghilangkan stress. Semoga kamu bisa berpedoman bahwa stress itu sangat berbahaya!

Olahraga untuk menghilangkan stress itu cukup banyak ya. Bahkan bisa dibilang hampir semua. Namun Raparapa menyarankan agar olahraganya yang bisa menghasilkan banyak keringat. Seperti jogging setiap pagi. Udara yang dihirup masih sangat bagus. Dampaknya sangat luar biasa untuk menjernihkan pikiran yang stres.

Jangan lupa untuk memotivasi diri sendiri sebelum joging. Tepatnya ketika baru bangun di pagi hari. Ini penting banget! Karena otak masih fresh, belum terkontaminasi oleh hal-hal lain, jadi otak kamu akan gampang mencernanya

Mending kamu baca deh 9 Cara Menciptakan Semangat Pagi Tanpa Perlu Kata-kata Motivasi

Olahraga berikutnya yaitu berenang. Karena berenang selalu berhasil memompa jantung dan paru-paru supaya berjalan normal. Kesehatan emosional dan stres pikiran kamu juga akan stabil. Apa salahnya dicoba?

Atau olahraga yang merangsang adrenalin. Seperti panjat tebing, surving, diving, dan semacamnya. Pokoknya olahraga yang bikin kamu teriak-teriak gitu deh.

Jenis olahraga yang memacu adrenalin ini bisa bikin kamu fokus dalam berpikir. Kalau kamu rutin menerapkan di kala hari libur, pasti kinerja otak kamu akan meningkat tajam. Sehingga produktivitas kerja kamu juga akan selalu terpacu. Semuanya serba bisa terukur deh.

7. Cari rutinitas baru

cara menghilangkan ngantuk
via expertrain.com

­­Cobalah ganti berbagai rutinitas atau kebiasaan kamu demi menghilangkan stres pikiran yang berlebihan. Sebab mengganti rutinitas bisa mengubah pola hidup kamu yang tadinya serba salah akan berubah menjadi lebih leluasa.

Kamu bisa menggantinya seperti mendengarkan musik di setiap kegiatan kamu. Seperti yang dikutip New Yor Times, mendengarkan musik sambil bekerja bisa menciptakan suasana hati postif dan membantu kamu menjadi lebih produktif.

Maka yang tadinya kamu nggak punya rutinitas ini, cobalah untuk mendengarkan musik. Jenis musiknya pun sesuaikan aja dengan yang kamu suka. Semua jenis musik itu baik kok. Semua tergantung si pendengar aja. Kalau pilih musik yang disuka, maka otak kamu akan melepaskan dopamine, senyawa yang membuat kamu lebih bahagia.

Oleh karena itu, terbiasakanlah untuk mendengarkan jenis musik favorit kamu. Sekalipun itu bukan musik yang lagi nge-hits.

Atau ganti rutinitas dengan menghirup aromaterapi ketika menjelang tidur. Ini sangat bisa mengendalikan emosional sang menghilangakan stres kamu. Apalagi kamu menghirupnya usai kamu kelelahan dari aktivitas. Pas banget! Supaya kamu bisa tidur pulas deh.

Sekali lagi, menghirup aromaterapi juga bisa membuat kamu cendrung berpikir positif. Maka stress kamu akan lekas hilang.

Ganti rutinitas pada makanan. Kamu harus konsumsi makanan sehat. Seperti makanan yang mengandung vitamin B, omega 3, asam float, magnesium dan vitamin C. Itulah jenis makanan yang sangat bisa menghilangkan stres pikiran.

 

Perasaan nggak bisa mengontrol diri dan waktu sering menjadi sumber stres dan rasa bersalah. Hal ini bisa bikin kamu merasa terbebani oleh pekerjaan.

Maka kamu perlu ubah mindset! Mindset-mindset seperti di atas dong, karena terbukti tepat untuk menghilangkan stres. Mindset-mindset itu sangat bisa memberi kamu energi lebih untuk mengutamakan prioritas dalam bekerja sekaligus mengatur kehidupan pribadi kamu yang lebih baik dari sebelumnya.

Begitulah cara menghilangkan stres yang bisa kamu terapkan. Dari semua cara di atas, kamu bisa memilih salah satunya. Mana yang paling bisa kamu niatkan.

Oke, jangan lupa share ya suapaya semua orang yang mengalami stress bisa kembali segar dalam berpikir! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.