Home Hubungan Baru Putus? 16 Cara Move On dari Mantan ini Perlu Sekali Kamu...

Baru Putus? 16 Cara Move On dari Mantan ini Perlu Sekali Kamu Terapkan!

SHARE
kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via flickr.com

Cara Move On dari Mantan – Jatuh cinta memang sejuta rasanya, indah, berbunga-bunga, dan luar biasa. Dunia bagai milik berdua, yang lain pokoknya cuma ngontrak deh.

Namun, bagaimana bila ternyata kalian sudah tidak cocok lagi? Beda keyakinan, misalnya. Kamu yakin kalau kamu cakep, tapi sayangnya pacar kamu (yang sekarang udah jadi mantan) tidak yakin kamu begitu. Yang seperti ini akan sangat sulit apabila tetap nekat dilanjutkan, kalian akan bertengkar terus setiap kali melihat cermin. cara move on dari gebetan 

Akhirnya kalian memutuskan untuk tidak lagi bersama. Masing-masing saja lah, kalau begitu! ucap pacar kamu (atau sudah dapat disebut ‘mantan’?). Tapi sialnya, kamu masih sayang dengan pacar kamu itu. Tetapi keyakinan akan betapa cakepnya dirimu tidak bisa dielakkan lagi. Kamu menjadi gegana; gelisah, galau, merana akan mantan tersayang. Duh! cara move on dari mantan sekelas

Oh iya, baca juga yuk : 18 Hal yang Kamu Butuhkan Ketika Patah Hati

Nah, bila hubungan telah berakhir, perasaan kehilangan dapat membuatmu menjadi sangat berkecamuk. Bagaimana tidak? Biasanya ada seseorang yang bisa kamu chat setiap saat, mengucapkan selamat pagi, tempatmu berkeluh kesah, berbagi cerita, atau alasan mengapa malam minggumu tidak pernah sendirian… eh, tiba-tiba pooof! Ternyata orang tersebut sudah tidak ada lagi. Kemudian kamu bercerita kepada temanmu dan mereka hanya menjawab, “Sabar, ya..”.

Sabar, sabar nenek u!

Berakhirnya sebuah hubungan percintaan merupakan suatu hal yang complicated. Terlebih bila kamu memiliki perasaan yang sangat dalam kepadanya, menjalin hubungan yang sudah bertahun-tahun, atau ternyata si dia masih ada hutang sama kamu. cara move on dari gebetan

Sesungguhnya, cara cepat move on dari mantan tersayang itu tidaklah susah, tergantung niatnya saja. Niat kamu melupakan atau niat mengingat mantan tersayang yang sudah lewat?

Memangnya, gimana sih cara move on dari mantan yang paling ampuh?

Mari kita simak sambil tersenyum dan tenangkan diri. Sebab yang akan Raparapa tunjukkan ini harus kamu renungkan sebaik mungkin, supaya kamu bisa langsung menerapkannya dan bersiap memiliki hari-hari baru yang indah! cara move on dari suami yang selingkuh

Dimulai dari atasi kesedihan terlebih dahulu

kata kata patah hati, gambar patah hati, puisi patah hati
via pinterest.com

Merupakan hal yang wajar apabila kamu merasa sedih atas peristiwa putusnya hubungan asmara bersama mantan. Kesedihan ini meliputi rasa tidak percaya dengan apa yang telah terjadi, marah, dan takut kehilangan.

Justru dengan tidak mengekspresikan rasa sedihmu dan berpura-pura tegar, malah membuatmu akan merasakan depresi, cemas, serta merasa putus asa. Kamu menjadi stuck dan tidak berdaya. Cara move on dari mantan tersayang

Maka secara tidak langsung, hal ini juga akan berdampak pada kesehatanmu seperti kelelahan, ketegangan, kekosongan, tidak dapat berkonsentrasi, berkurangnya nafsu makan serta adanya gangguan tidur.

Namun kabar baiknya, bersedih merupakan salah satu proses penyembuhan. Proses penyembuhan ini akan terjadi secara bertahap. Kamu akan melepaskan segala beban di hati dan perlahan kamu akan ikhlas serta menerima kenyataan. cara move on dari mantan tersayang

Maka, menangislah! Menangislah sesukamu, luapkan segala perasaan yang menghantuimu. Wujud akhir dari sosok mantan memang hantu sih!

Cobalah untuk tegar

1. Langkah pertama cara move on dari mantan tersayang adalah berhentilah menghubunginya. Bila perlu, hapus nomornya, nomor nyokap bokapnya, hapus kontak Line, Whatsapp, BBM, Facebook, Twitter, Instagram, Friendster juga. Pokoknya semua media sosialnya!

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via boostlikes.com

Kalau kamu terus menerus menghubungi mantan, maka dia bakalan merasa risih dan menganggap kamu lebay. Kamu harus tetap tegar dan tetap jaga jarak dengan mantan!

2. Singkirkan segala hal yang dapat membuatmu teringat dengan mantan. Misalnya segala hadiah yang pernah mantan berikan padamu, sobekan tiket bioskop, bunga darinya, boneka, kaos couple kalian, serta hapus juga foto-foto kalian berdua (setidaknya kamu crop lah). cara move on dari mantan tersayang

pacaran jaman sekarang
via pixabay.com

Jauhkan pula dirimu dari lagu yang biasanya kamu dan mantan dengarkan bersama, restoran kesukaan kalian dan tempat-tempat yang biasanya kalian kunjungi. Sebab hal ini akan membuatmu teringat kembali akan hubungan kalian yang sudah berakhir dan semakin membuat kamu sulit untuk move on dari mantan.

3. Stalking mantan di sosial media juga gak ada gunanya! Yang ada, kamu bakal melihat foto-foto bahagianya versi sekarang, lihat update-an instastoriesnya, atau kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat wajah gebetan barunya. cara move on dari mantan tersayang

Bikin sebal! Kamu akan terus mencari tahu apakah si mantan sama menderitanya dengan dirimu, apakah ia masih teringat akan dirimu, dan yang kamu lakukan hanyalah berharap. Berharap agar perasaanmu menjadi lebih baik. Setidaknya berharap agar kamu cepat move on dari mantan.

pacaran jarak jauh via hipwee.com
via hipwee.com

4. Hindari posting status galau di sosial media! Alih-alih mendapat perhatian, kamu malah jadi omongan orang. “eh si Juleha putus ya sama si Ucok? Denger-denger sih karena si Ucok punya pacar baru..” “gimana ya, habis Juleha judes sih. Ha ha ha!” dsb dsb.

5. Kamu merasa sangat sakit hati sesakit-sakitnya hatimu yang sakit, tetapi jangan berpikir untuk membalas dendam. Kamu bisa saja membaret mobilnya, mengempesi ban motornya, melempar rumahnya dengan telur, atau menyebarkan gosip tentangnya.

Ketahuilah bahwa balas dendam hanyalah membuang-buang waktumu, hanya memberikan kepuasan sesaat namun tidak akan membantumu move on dari mantan.

Selain itu, perilaku ini tidak baik. Yang ada malah kemungkinan besar kamu akan kehilangan teman.

6. Sebisa mungkin, jangan sembarang mengambil keputusan. Karena kamu merasa sangat sedih, sendirian dan dicampakkan, kamu memilih untuk berhenti kuliah, berhenti bekerja, bikin tato atau membotaki rambut.

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via jadeisabelle.com

Mungkin bagi kamu, hal ini dapat menjadi ‘awal yang baru’, tetapi pikirkanlah matang-matang. Apakah hal ini benar-benar ‘worth’ untuk dilakukan ke depannya?

Pikirkanlah dampaknya, misalnya kamu nekat membotaki rambut untuk ‘buang sial’ tetapi malah sial melulu karena kepalamu malah menjadi tempat pijakan burung. Hehehe

7. Buatlah dirimu agar tetap sibuk. Meskipun hanya bersifat sementara, tetapi ini efektif dalam mengalihkan pikiranmu dari rasa sedih. Menyibukkan diri dengan hal-hal yang kamu sukai, terlebih dengan hal yang baru dan menyenangkan dapat membantumu menyadarkan bahwa hidupmu toh nggak berakhir sampai di sini kok! cara move on dari mantan tersayang

Arti cinta sejati arti cinta menurut islam
Via millennialmagazine.com

Menyibukkan diri dapat dilakukan dengan cara membaca buku-buku kesukaanmu, mengambil kelas kursus (seperti memasak, melukis, menari atau akting?), mempelajari hal baru (bahkan dapat meningkatkan pencapaian hidupmu!), dan kamu dapat pula menghubungi orang-orang yang sudah lama tidak kamu temui.

Ingatlah bahwa sebenarnya kamu selalu dikelilingi oleh orang-orang yang peduli padamu. Hidup itu tidak kejam kok!

8. Kamu merasa capek karena menangis seharian? Badan pegal-pegal, otot kaku? Cobalah berolahraga sesekali, yaa, minimal 30 menit sehari. Olahraga dipercaya dapat menghilangkan rasa frustasi dan sedih karena ketika berolahraga, otak menghasilkan hormon endorphin yang membuatmu merasakan bahagia.

9. Kemudian, bersenang-senanglah! Kamu telah melewati masa-masa suram ini, kamu pantas mendapatkan hal yang menyenangkan.

kopi hitam kupu kupu mp3 – filosofi kopi
via icarly.wikia.com

Bagaimanapun juga, bersenang-senang merupakan obat yang sangat manjur untuk mengurangi perasaan sedih. Misalnya bepergian bersama teman-temanmu, menonton bioskop, karaoke, atau sekadar ngopi-ngopi sangar sambil gosipin cowok-cowok kampus sepertinya asyik juga.

Banyak-banyaklah tertawa, karena tertawa juga dapat menghasilkan hormon endorphin yang dapat meningkatkan mood kamu.

10. Manjakan dirimu. Sesekali, berbelanja baju baru atau makan di restoran yang enak. Tetapi ingatlah, jangan lakukan hal ini untuk menutupi kesedihanmu karena harus move on dari mantan, sebab yang ada dirimu hanya akan menghambur-hamburkan uang dan akhirnya kamu akan stress sendiri karena uangmu tinggal receh dan gajian masih 25 hari lagi. 🙁

11. Fokus untuk menjadi seorang yang lebih baik. Ini perlu sekali!

Gara-gara putus dengan mantan kamu, kamu jadi minder? Hindari perasaan seperti itu, ingatlah bahwa masih banyak orang yang bisa memperlakukanmu lebih baik daripada si mantan. Kan di atas sudah dibilang kalau hidup itu tidak kejam. cara move on dari mantan tersayang

Lakukanlah sesuatu yang membuatmu senang dan berkumpulah dengan orang-orang yang peduli serta sayang padamu. Hal ini akan membuat perasaanmu jauh lebih baik.

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via vemale.com

Mari Move on!

1. Maafkan dan lupakan. Setelah melewati masa-masa penuh kesedihan, kamu akan merasa lebih tenang. Terlebih jika kamu telah memaafkan mantan kamu atas segala yang telah terjadi, proses melupakan dapat dimulai.

Ingatlah bahwa ‘memaafkan’ adalah sesuatu yang dilakukan untuk dirimu sendiri, bukan untuk orang lain.

2. Coba renungkan kembali, pelajaran apa yang telah kamu petik dari pengalaman putus cinta ini? Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang dapat kamu pelajari dari hubungan ini dan bagaimana agar kesalahan ini tidak terulang lagi di masa depan. cara move on dari mantan tersayang

Kemudian anggap saja hal ini sebagai pengalaman. Putus cinta memang menyakitkan, tetapi dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih percaya diri dan yakin bahwa hal ini takkan terulang lagi.

Arti cinta sejati arti cinta menurut islam
via design-dautore.com

3. Kemudian kamu bisa menjadi dirimu sendiri seutuhnya. Terkadang, di dalam suatu hubungan, kamu merasa hidupmu dibatasi. Setelah putus dari si mantan, kini kamu dapat melakukan hal-hal yang kamu suka. Misalnya cemil ikan asin, tidur sepanjang hari, memakai kaos yang tidak disukai oleh (mantan) pacar kamu, atau menggunakan riasan di wajah.

4. Keluar dari zona nyaman. Memang sangat mudah untuk tetap berada di dalam zona nyaman, ya, karena nyaman! Tapi bagaimanapun juga, cobalah untuk keluar dari zona tersebut dan lanjutkan hidupmu untuk mencoba hal-hal baru karena terlalu lama berada di zona nyaman akan mematikan motivasi kamu.

Maka, cobalah untuk mengejar mimpimu yang sempat tertunda karena segala kesedihan ini.

5. Berikan waktu sejenak untuk hatimu. Kamu sedang dalam masa pemulihan dari patah hati dan pastinya kamu gak mau sakit hati lagi kan. Kedengarannya memang klise, tetapi klise untuk alasan yang baik — bahwa waktu akan menyembuhkan segala luka.

lagu patah hati
via feminiya.com

Memang menyakitkan saat mengingat kembali tentang mantan, namun lama kelamaan kamu akan mengingatnya sebagai sesuatu hal menyenangkan yang pernah terjadi, atau bahkan kamu malah bersyukur karena telah melepaskan diri darinya sebab ternyata dia bukan seorang yang baik untukmu.

Ingatan akan hal ini takkan mudah terlupa, terlebih mengenai seorang yang pernah kamu cintai alias mantan. Jangan paksakan dirimu untuk melupakan mantan. Namun perlahan, kamu bisa menerima dan melupakan mantan seiring berjalannya waktu. Maka, saat kamu tidak memikirkannya, mantan akan hilang dengan sendirinya.

Oh iya, baca juga yuk : 50+ Arti Cinta yang Sesungguhnya!

 

Begitulah cara move on dari mantan. Semua hal di atas juga berlaku untuk move on dari gebetan ketika gebetan menolak kamu. Oleh karena itu, kamu terapakan saja dengan perlahan tapi pasti.

Dan oh iya, mumpung kamu sudah baca sampai sini, alangkah baiknya kamu SHARE demi menyembuhkan korban-korban patah hati lainnya yang ada di sekitar kamu. Oke, bahagia selalu ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.