Home Artikel 10 Cara Ternak Kenari yang Baik, Jadikan Sebagai Keuntungan Menjanjikan!

10 Cara Ternak Kenari yang Baik, Jadikan Sebagai Keuntungan Menjanjikan!

SHARE
cara ternak kenari
via resilience.org

Cara Ternak Kenari yang Baik – Memelihara burung kenari sekarang bukan hanya dijadikan hobi semata, tetapi juga banyak yang memanfaatkan burung kenari sebagai peluang usaha. Karena ternyata, ternak burung kenari yang baik sangat menjanjikan. Itu makanya banyak orang yang tadinya sekedar memelihara, mendadak berbondong-bondong memanfaatkannya dengan ternak kenari.

Ya wajar aja sih. Melihat sosok burung kenari yang punya warna bulu beragam dan cantik ditambah  suaranya merdu, membuat nilai jual burung kenari sangat kompetitif. Apalagi selama ini banyak yang mengandalkan kicauan kenari sebagai obat pengurang stress atau penyegar pikiran untuk orang-orang yang merasa penat dengan beragam aktivitas harian.

Oke kembali lagi. Pokoknya kamu nggak akan sia-sia deh ketika memelihara kenari atau bahkan memfokuskan niat untuk serius ternak kenari yang baik.

Dan jika kamu memang serius ingin ternak kenari yang baik dan sederhana, maka Raparapa sudah memberikan 10 tips untuk kamu. Langsung aja deh kamu terapkan. Begini :

1. Mengetahui terlebih dahulu jenis kelaminnya

cara ternak kenari
via omlet.co.uk

Ya, sebelum melangsungkan ternak kenari, kamu harus mengetahui lebih dulu ciri khas antara burung kenari jantan dan betina. Supaya kamu nggak kesulitan ketika mau menerapkan ternak kenari. Maka yang harus kamu pahami dalam mengenali jenis kelamin burug kenari adalah sebagai berikut:

– Ketika di usia masih 3 sampai 4 hari, saluran pembuluh vena burung kenari jantan akan kelihatan menurun dari perut menuju ke dubur. Sementara burung kenari betina, saluran pembuluh vena biasanya belum bisa terlihat. Duburnya pun terlihat datar dibanding burung kenari jantan.

– Ketika di usia 7 hari-an, posisi mata burung kenari jantan terlihat merata dengan paruhnya. Sementara untuk burung kenari betina, matanya akan terlihat tepat di atas posisi paruhnya.

– Di usia semingguan ukuran kepala burung kenari akan terlihat lebih ramping daripada burung kenari betina

– Di usia 2 hingga 3 minggu, burung kenari jantan pada umumnya akan terlihat lincah. Mereka akan sering melompat dengan jarak yang jauh. Beda kalau burung kenari betina, mereka cenderung lebih kalem. Paling kalau melompat nggak bisa jarak jauh seperti burung kenari jantan.

– Ukuran tubuh burung kenari jantan juga lebih panjang dan besar.  Sementara pada burung kenari betina, ukuran tubuhnya terlihat lebih lebih kecil dan bentuknya pun terlihat bulat.

– Ukuran kaki burung kenari jantan lebih panjang. Jarinya pun terlihat lebih renggang. Sementara pada burung kenari betina, ukuran kakinya terlihat lebih pendek dan jarak antara jari lebih rapat.

– Burung kenari jantan memiliki tulang belakang dengan warna yang lebih pekat. Sementara pada burung kenari betina, tulang belakangnya terlihat terang dan mencolok.

-Bentuk kepala burung kenari jantan adalah bulat.

Oke, sekarang kamu sudah mengetahui perbedaan antara burung kenari jantan dan burung kenari betina. Apalagi ketika burung kenari sudah dewasa, kamu akan lebih gampang mengetahui jenis kelamin burung kenari melalui suara yang dikeluarkan.

Seperti burung kenari jantan, mereka mampu berkicau dengan durasi panjang dan terkesan cerewet ketimbang burung kenari betina yang cenderung berkicau dengan durasi pendek.

Namun meskipun cerewet, itulah letak kelucuan dan menyenangkannya burung kenari jantan. Alasan ini juga yang membuat banyak orang yang melakukan ternak kenari yang baik dan serius.

2. Perhatikan Usia dan Kesiapan Burung Kenari

cara ternak kenari
via resilience.org

Memperhatikan usia burung kenari ini penting banget. Sebab usia menjadi faktor penting dalam kesuksesan ternak kenari yang baik. Maka yang harus kamu perhatikan dalam tahap ini adalah sebagai berikut :

– Pastikan burung kenari dalam usia 8 bulan untuk jantan dan 6 bulan untuk betina. Mereka juga harus dalam keadaan sehat dan juga birahi. Jadi kalau belum birahi, maka proses perjodohan nggak akan terjadi. Yang ada burung kenari hanya sekedar saling akrab jika dipaksa untuk kawin.

3. Kamu juga harus tau ya, kalau ciri-ciri burung kenari yang sudah birahi yaitu sebagai berikut :

– Burung kenari jantan: Mereka sering berkicau sambil menabrakkan tubuh ke jeruji kandang dan melompat ke berbagai arah di dasar kandang. Pokoknya terlihat agresif banget ketimbang hari-hari biasanya.

– Burung kenari betina: Sering bercuit, pertanda memberi sinyal kepada burung kenari jantan. Burung kenari betina juga cenderung berusaha merusak benda-benda yang gampang robek di dalam kandang. Seperti missal di kandang kamu ada kertas atau tisu, maka burung kenari betina yang sedang birahi punya hobi merobek kertas atau tisu setiap saat.

4. Rawatlah sangkar dengan penuh perhatian

cara ternak kenari
via aboutpetlife.com

Menyiapkan sangkar penuh perhatian artinya kondisi sangkar harus benar-benar bersih supaya proses ternak kenari berjalan sehat. Jadi ketika dikawainkan, burung kenari akan menghasilkan keturunan yang sehat pula.

Maka kamu bisa menambahkan box khusus yang biasa dijual untuk ternak kenari. Coba cari aja di pasar burung. Karena sekarang udah banyak yang menjual box burung kenari ini. Karena bisa dibilang box ini sebagai kandang ternak kenari sederhana dan khusus.

Setelah itu berikan penyekat di bagian tengah sangkar supaya saat proses penjodohan dilakukan dengan mudah oleh sepasang burung kenari.

Untuk sangkar burung kenari jantan, gunakan sangkar gantung dengan ukuran besar dan letakkan di tempat tenang. Sementara yang burung kenari betina, bisa kamu gunakan sangkar biasa aja.

5. Perhatikan makanan

cara ternak kenari
via coopsandcages.com

Memperhatikan makanan menjadi kunci keberhasilan proses ternak kenari yang baik. Kamu bisa memberikan makanan seperti biasanya kayak biji kenari, biji sawi, timun, buah apel, dan lainnya yang memang dianjurkan untuk burung kenari. Hanya saja, di saat menuju proses ternak kenari, kamu jangan sampai terlambat dalam memberikan makan. Jangan berlebihan juga saat memberi makanan. Secukupnya aja. Yang terpenting jangan telat memberi makanan.

Nggak terlalu baik juga sih ketika kondisi burung kenari terlalu gemuk karena terlalu berlebihan dalam memberi makanan. Hal ini bisa mengurangi rangsangan untuk melakukan proses perjodohan dari calon burung kenari.

Catatan : Burung Kenari gemuk punya ciri fisik seperti terdapat gumpalan berwarna kuning di bagian leher dan perut. Gumpalan ini adalah lemak. Jadi jika kamu melihat hal ini di saat kamu meniatkan kenari untuk kepentingan ternak, maka sebaiknya cepat-cepat mengurangi porsi makanan kenari dan perbanyak mentimun.

Tapi tetap saja, jika burung kenari kamu dalam kondisi nggak gemuk dan kamu melihat makanannya sudah mau habis, buru-buru deh kamu isi makanan lagi, tapi secukupnya aja. Kamu juga bisa menambahkan multivitamin untuk burung kenari. Dan jangan lupa, kamu harus memberikan air sehat.

Ini semua demi kesuksesan ternak kenari yang baik dan sesuai harapan.

6. Saatnya menjodohkan

cara ternak kenari
via joescanaries.com

Ternak kenari itu mengandung kebahagiaan. Kebahagiaan begini yang bakal dirasakan burung kenari, yaitu penjodohan. Karena proses ini membuat burung kenari jantan bisa lebih banyak berinteraksi secara intens dengan burung kenari betina melalui sangkar yang berdekatan.

Maka kamu harus dekatkan kandang atau sangkar burung kenari selama 3 hari. Di 3 hari inilah kedua kandang tersebut dijemur setiap pagi. Mulai pukul 7 hingga 9 pagi. Dua jam aja cukup kok.

Dan jika ternyata kamu belum menjemur setelah melewati jam 9 pagi, maka sebaiknya jangan dijemur. Sebab kasihan burung kenari kamu. Bisa-bisa nggak sehat karena merasakan sengatan matahari yang terlalu panas. Mending dijemur kembali besoknya.

7. Kenali ciri-ciri burung kenari yang cocok atau sukses melakukan proses perjodohan

cara ternak kenari
via forum.doctissimo.fr

Kamu juga bisa mengenali sepasang burung kenari ini sukses melakukan proses perjodohan sebagai berikut :

– Jika burung kenari jantan terlihat punya banyak usaha untuk mendekati burung kenari betina, meskipun terhalang oleh jeruji kandang atau sangkar. (Ibarat cinta, terhalang oleh badai sekalipun akan tetap kamu terjang! Uhuk!)

– Jika burung kenari jantan sering mengeluarkan kicauan di depan kenari burung betina. Karena ini tandanya kenari jantan sedang merayu dan memberi kode. Dan jika di saat kicauan dilakukan lalu burung kenari betina memberi keakaan sayap, artinya rayuan diterima. Ciyeee!

– Dan yang terakhir, jika kedua sepasang burung kenari ini nggak saling ribut atau berkelahi, maka proses perjodohan bisa dikatakan sukses!

8. Mari kawinkan!

Jika proses perjodohan sudah berjalan sesuai harapan atau sesuai ciri-ciri di atas, maka saatnya kamu mengawinkan sepasang burung kenari.

Oh iya, kamu masih ingat box khusus untuk burung kenari yang sudah Raparapa bahas di atas kan? Box inilah berperan di proses perkawinan saat ini.

Box khusu ini dalam kondisi sudah diisi oleh burung kenari betina yang nantinya kamu harus menggabungkan bersama burung kenari jantan.

Untuk waktu yang disarankan ketika menyatukan kedua kenari di dalam box sebaiknya sore hari. Jika proses jodoh sudah sukses, maka bisa dipastikan kedua burung kenari akan saling menyambut dengan cara saling menempelkan paruh, seolah sedang bericuman.

Setelah itu proses birahi akan segera bersambut dan proses perkawinan akan berjalan dengan cara saling menempelkan tubuh dan paruh.

Namun sering juga mereka nggak langsung melakukan perkawinan. Sebab mereka juga bisa melangsungkan interaksi terlebih dahulu. Tetapi nggak lama kemudian, proses perkawinan akan berjalan juga. Jadi kamu tenang aja.

Dan jika akhirnya proses perkawinan sudah dilakukan, maka burung kenari jantan bisa kamu kembalikan ke dalam sangkar, lalu sore harinya letakan kembali ke dalam box. Biarkan burung kenari di dalam box sampai pagi.

Lakukan aktivitas ini sampai burung kenari betina bertelur.

9. Proses burung kenari betina bertelur

Proses ternak kenari sudah sampai tahap ini nih.

cara ternak kenari
via themarthablog.com

Ciri-ciri burung kenari betina yang akan bertelur, yaitu kenari betina akan memiliki hobi menciptakan sarang sampai berbentuk bundar secara rapi. Dengan telaten, burung kenari betina akan memiliki rutinitas ini selama seminggu. Dan seringnya, selama 1 minggu ini telur kenari akan menetas.

Jika kamu sudah melihat burung kenari betina berhasil menetaskan telur, maka biarkan burung kenari jantan menemani burung kenari betina di dalam kandang yang sama. Burung Kenari betina bertugas untuk mengerami teluar, sementara burung kenari jantan akan bertugas melindungi burung kenari betina dan telur sehingga proses pengeraman yang dilakukan burung kenari betina agar berjalan lancar.

Oh iya, ingat ya! Selama proses pengeraman, kamu dianjurkan untuk ikut memperhatikan kondisi burung kenari. Seperti selalu menyediakan maknan dan minuman, membersihkan kandangan, dan jangan sampai menganggu proses pengeraman yang membuat mengganggu bayi kenari di dalam telur, serta berikan juga buah-buahan seperti buah apel atau sawi sebagai selingan karena dalam kondisi begini kenari perlu gizi.

Hal yang perlu kamu hindari paling kamu nggak boleh menjemur burung kenari. Karena dalam kondisi begini, burung kenari sedang dalam proses memerlukan gizi. Maka sebaiknya kamu fokus ke makanan yang mengandung gizi burung kenari.

10. Bersiap menyambut bayi kenari yang lucu!

cara ternak kenari
via happybirdplacefinchandgrasskeetblog.blogspot.co.id

Di 2 minggu berikutnya atau 14 hari berikutnya, terhitung sejak burung kenari betina bertelur, harusnya kamu sudah melihat telur kenari menetas. Kalau emang iya, artinya kamu harus merawat bayi kenari agar tetap hidup. Berikut tipsnya :

– Saat bayi kenari menetas, langsung kamu sediakan air dan makanan berupa biji-bijian serta telur puyuh rebus. Rutinitas ini bisa kamu lakukan hingga 1 minggu.

– Sebelum berusia 1 minggu, jangan kamu berikan sayur dan buah-buahan. Sebab ini bisa mengakibatkan kematian pada bayi kenari karena bayi kenari nggak akan siap untuk mencerna sayur dan buah-buahan. Pokoknya sediakan biji-bijian untuk pakanan selama 1 minggu.

– Ketika sudah melewati 1 minggu, baru deh kamu boleh memberi buah-buahan dan meletakkan makanannya di saran layaknya kenari dewasa.

– Anak-anak kenari siap dipanen jika usianya sudah 25 hari. Soalnya di usia segitu, pencernaan kenari udah terbilang cukup kuat. Mereka udah bisa makan telur rebus sedniri. Dan di usia 1 bulan, pencernaan kenari bisa dibilang kuat karena akan siap memakan biji-bijian.

 

Begitulah cara ternak kenari yang baik dan siap kamu terapkan secepatnya. Pokoknya ektika kamu terapkan dan berhasil, kamu bakal bahagia banget! Apalagi kenari punya potensi keuntungan menjanjikan. Karena kenari menjadi salah satu burung paling populer untuk ditangkarkan.

Bukan cuman cantik dari segi tampilan, tapi burung kenari juga punya kicauan yang merdu. Gimana enggak coba? Kenari terkenal sebagai burung yang mau belajar vokal ketika mendengar kicauan lagu dari induknya dan dari burung dari jenis lainnya. Proses belajar vokal sudah diap dibentuk ketika usia burung kenari masih piyikan atau anakan.

Dan ketika udah dewasa, jangan heran karena kamu akan dibuat kagumn. Burung kenari dewasa udah punya kemampuan dalam memodifikasi lagu dari spesies kenari sendiri dengan lagu-lagu yang “dipinjam’ dari burung jenis lainnya.

Ini kenapa banyak pecinta kenari, khususnya para penangkar kenari profesional yang memanfaatkan waktunya dengan melatih kenari di usia yang masih anakan. Sebab bagi para penangkar kenari, melatih kenari bisa membuat kenari memiliki suara dahsyat ketika kenari sudah dewasa. Kenari yang dibesarkan dengan cara begitu, akan menghasilkan lagu yang sangat indah, bervariasi, dan unik dalam iramanya.

Yang lebih enak lagi jika kamu nggak punya waktu untuk melatih kenari anakan /piyikan/muda. Karena kamu bisa melakukannya dengan cara memutar beberapa rekaman suara burung yang punya irama-irama khusus yang bisa membuat kenari milikmu punya karakter suara cukup bagus ketika udah dewasa nanti.

Gimana, tertarik untuk menerapkan cara ternak kenari ini? Kalau tertarik, kamu bisa beli sepasang burung kenari dulu. Apalagi kenari sekarang dipasarkan juga melalui media social. Jadi kamu nggak susah untuk cari kenari. Sukses ya! Dan semoga kamu berhasil jadikan ternak kenari sebagai ladang menjanjikan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.