Home Fauna Ketahuilah 10 Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contohnya

Ketahuilah 10 Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Contohnya

SHARE
kupu-kupu cantik
gazetteandherald.co.uk

Raparapa.com – Di dunia, ada sebuah kehidupan yang dihasilkan oleh makhluk hidup. Dan pastinya, mahkluk hidup punya ciri-ciri tersendiri dan berbeda dengan ciri-ciri makhluk hidup lainnya. Ini yang membuat kita bisa membedakan apakah itu makhluk hidup atau bukan. Sebab nggak semua yang ada di dunia adalah makhluk hidup. Ada banyak benda yang tidak hidup atau mati.

Namun untuk ciri-ciri makhluk hidup, yaitu mereka mampu bertanggung jawab, punya rangsangan, bisa bernapas, bisa juga bergerak, mereka membutuhkan makanan, mereka sanggup bermetebolisme, mengeluarkan zat sisa, sanggup beradaptasi, bahkan mampu menghasilkan benda yang nggak hidup.

Itulah ciri-ciri makhluk hidup sesungguhnya.

Jenis makhluk hidup pun beragam. Mulai dari yang paling kecil seperti bakteri yang harus kita lihat melalui alat bantu mikroskop, hingga paling besar yang sanggup kita lihat secara kasat mata.

Mari kita bahas satu per satu ciri-ciri makhluk hidup beserta contohnya. Supaya kamu lebih bijak dalam memaknai makhluk hidup. Karena sesjujurnya, makhluk hidup juga memiliki karakter bijak Itu mengapa hingga kini dunia masih hidup dan bersinar karena adanya kehidupan yang dihasilkan oleh makhluk hidup.

Ciri-ciri makhluk hidup beserta contohnya

1. Mereka bernafas

ciri-ciri makhluk hidup
via britannica.com

Salah satu karakter dari semua makhluk hidup adalah menghasilkan nafas. Karena makhluk hidup punya alat pernafasan yang membutuhkan oksigen agar bisa bertahan hidup.

Ritme pernafasan yang dilakukan semua makhluk hidup yaitu memasukkan – mengeluarkan – memasukkan lagi – dan mengeluarkan kembali udara melalui sistem pernafasan. Begitu seterusnya.

Ada 3 jenis makhluk hidup di dunia. Yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan. Ketiga jenis ini punya perbedaan dalam bernafas, namun ada juga yang sama.

Seperti manusia yang cara bernafasnya dengan paru-paru. Lalu hewan, ada yang menggunakan paru-paru seperti hewan darat, ada juga yang menggunakan insang seperti ikan. Beberapa jenis ikan juga ada yang bernafas dengan paru-paru, seperti Paus.

Kemudian tumbuhan. Alat pernafasannya menggunakan daun, tepatnya di bagian stomata daun, dengan cara menyerap H2O ( Karbondioksida ) dan uap air.

2. Berkembang biak

ciri-ciri makhluk hidup
via pinterest.com

Reproduksi atau berkembang biak juga menjadi ciri-ciri makhluk hidup. Tujuan makhluk hidup berkembang biak yaitu agar makhluk hidup mampu menghasilkan keturunan dari gen-nya sehingga mereka bisa melestarikan jenisnya.

Tujuan lainnya juga agar spresiesnya nggak punah. Jadi kalau makhluk hidup nggak berkembang biak, maka makhluk hidup bisa mengalami kepunahan atau nggak punya keturunan.

Cara kerja berkembang biak pada makhluk hidup pun nggak sama. Lebih tepatnya punya 2 jenis yang berbeda, yaitu generatif dan vegetatif.

Generatif yaitu cara berkembang biak melalui perkawinan. Terdiri dari 2 induk yaitu jantan dan betina. Lalu terjadi peleburan antara sel kelamin jantan (sel sperma) dengan sel kelamin betina (sel telur). Setelah itu menghasilkan keturunan, tergantung dari jenis makhluk hidup tersebut.

Sementara vegetatif yaitu cara berkembang biaknya dengan tidak kawin atau tanpa melalui peleburan sel kelamin betina dan sel kelamin jantan. Makhluk hidup yang berkembang biak secara vegetatif mampu menghasilkan keturunan dengan sendirinya. Ini hanya terjadi pada makhluk hidup tertentu saja. Seperti amoeba yang cara berkembang biaknya dengan membelah diri.

Itulah tujuan makhluk hidup berkembang biak.

3. Tumbuh dan Berkembang

ciri-ciri makhluk hidup
via pinterest.com

Peristiwa bertambahnya ukuran makhluk hidup itulah yang disebut pertumbuhan atau perkembangan. Ketika mengalami kedua hal ini, maka makhluk hidup juga akan mengalami perubahan.

Inilah salah satu ciri-ciri makhluk hidup yang nggak boleh dibantahkan. Seperti kita (manusia) yang tadinya muda menjadi tua, yang tadinya pendek menjadi tinggi. Begitu pula dengan makhluk hidup lainnya. Hewan, tumbuh-tumbuhan, amoeba, sel, dan lainnya. Pokoknya semua jenis makhluk hidup!

4. Bergerak

ciri-ciri makhluk hidup
via blogspot

Ciri-ciri makhluk hidup berikutnya adalah bergerak. Seperti kita berjalan, ikan berenang, burung terbang, dan seterusnya.

Lebih tepatnya bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Ini karena manusia dan hewan dipengaruhi sendi otot saraf dan perintah otak. Maka manusia dan hewan akan melakukan gerakan-gerakan alami. Tanpa dibuat-buat.

5. Peka terhadap rangsangan

ciri-ciri makhluk hidup
via donnan.com

Jika makhluk hidup jenis manusia dan hewan akan melakukan gerakan karena pengaruh otot saraf dan perintah otak. Namun beda dengan tumbuh-tumbuhan. Karena mereka nggak punya otot saraf dan otak. Mereka hanya bisa bergerak akibat pengaruh rangsangan.

Contohnya, daun putri malu akan menutup saat disentuh, lalu tumbuhan akan bisa tumbuh dan bergerak mengikuti arah cahaya.

Cara tumbuhan bergerak pun bukan seperti gerakan yang dilakukan manusia atau hewan. Tapi hanya sekedar membuat gerakan sekelebat.

Contoh lainnya pada hewan bila mengalami gangguan kesehatan. Mereka punya naluri juga untuk memulihkan kesehatannya. Misalnya monyet ketika terluka. Mereka selalu menggosok-gosokkan tanaman ke bagian tubuh yang terluka. Anjing yang mengalami gangguan pencernaan, mereka biasanya akan mencari arang untuk dimakan. Sebab arang ternyata mengandung senyawa yang dapat menangkap racun

6. Membutuhkan Makan

ciri-ciri makhluk hidup
via educationquizzes.com

Semua makhluk hidup perlu energi. Tanpa energi, semua proses kehidupan makhluk hidup akan berhenti atau mati. Oleh karena itu makanan sangat diperlukan makhluk hidup. Apapun jenis makhluk hidup itu. Karena makanan menjadi cara agar makhluk hidup berhasil tumbuh. Makhluk hidup nggak akan berhasil tumbuh tanpa makanan. Yang ada makhluk hidup akan mati. Oleh karena itu, makanan sangat penting untuk semua makhluk hidup.

Untuk jenis makanan yang dimakan makhluk hidup pun berbeda dan beragam. Seperti manusia yang mengkonsumi nasi. Sementara nasi juga awalnya merupakan makhluk hidup. Yang tadinya padi diolah menjadi beras. Hewan juga memakan ada yang makan tumbuh-tumbuhan dan hewan lainnya (carnivora).

Itu mengapa manusia dan hewan tergolong sebagai makhluk hidup heterotrof. Karena mereka memperoleh makanan dari makhluk hidup lainnya.

Beda dengan tumbuh-tumbuhan. Untuk bisa hidup mereka membutuhkan air, udara, dan cahaya matahari.

7. Melakukan Metabolisme

ciri-ciri makhluk hidup
via pinterest

Ciri-ciri makhluk hidup berikutnya adalah mampu melakukan metabolisme atau proses mengubah makanan yang diserap dari dalam tubuh menjadi zat-zat.

Pada dasarnya, semua makhluk hidup melakukan metabolisme agar memperoleh energi, menyimpan energi, dan menyusun bahan makanan. Ini semua agar makhluk hidup berhasil melakukan gerakan dan menanggapi rangsangan.

Bayangkan aja, ternyata di dalam tubuh makhluk hidup (termasuk tubuh kita) punya “mesin” yang bekerja serumit gini.

8. Melakukan Zat Sisa

Ini masih kelanjutan dari proses metabolisme yang menjadi ciri-ciri makhluk hidup yang nggak boleh dibantahkan.

Jadi, di saat proses metabolisme, ada zat-zat sisa yang berhasil diproses tadi.  Zat-zat sisa ini menjadi zat lebih yang nantinya dikeluarkan oleh tubuh dalam berbagai bentuk, yaitu gas, padat, dan cairan.

Zat sisa dalam bentuk gas itu berupa kentut. Inilah sisa gas dari zat-zat kelebihan tadi yang diproses saat metabolisme bekerja.

Zat sisa lainnya seperti cairan dalam wujud keringat. Keringat ini merupakan zat sisa berlebihan yang yang keluar melalui kulit.

Intinya, adanya zat sisa ini agar nggak membahayakan dan meracuni tubuh supaya proses yang terjadi dalam tubuh tidak terhalang oleh sisa sisa metabolisme yang nggak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Maka mau nggak mau, zat sisa harus dikeluarkan.

9. Beradaptasi

kupu-kupu cantik
gazetteandherald.co.uk

Ciri-ciri makhluk hidup berikutnya adalah Adaptasi atau proses penyesuaian terhadap lingkungan.

Semua makhluk hidup pastinya melakukan proses adaptasi agar bisa bertahap hidup. Jadi untuk hidup ternyata bukan hanya dengan bernafas, berkembang biak, atau menerima rangsangan aja. Makhluk hidup juga perlu melakukan adaptasi.

Tujuan makhluk hidup beradaptasi pun bergam. Seperti bagi manusia, pentingnya agar manusia bisa bergaul dengan orang orang yang ada di lingkungan sekitar. Dan bagi hewan, tujuannya untuk melindungi diri dari musuhnya.

Tapi tetap saja, tujuan makhluk hidup beradaptasi yaitu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

10. Kamu Harus Tau juga Tujuan Kasifikasi Makhluk Hidup

Inilah dunia. Kita akan mengakui keanekaragaman makhluk hidup yang sesugguhnya. Seperti kucing dan anjing yang punya banyak ras. Sayur-sayuran yang punya bermacam-macam jenis.

Oh iya, ngomongin soal kucing, jangan lupa baca juga ya 28 Fakta Aneh dari kucing Lucu

Kembali lagi, kalau kamu juga harus  paham untuk membedakan semua keanekaragaman makhluk hidup. Di sinilah Tujuan Klasifikasi makhluk hidup yang sebenarnya.

Jadi, pengertian klasifikasi makhluk hidup yaitu mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan-golongan atau unit-unit tertentu berdasarkan persamaan dan perbedaan cirinya.

Tujuannya apa?

Supaya kita lebih mudah mengenal, mengetahui, dan mempelajari hubungan antar makhluk hidup yang memiliki banyak ciri-ciri tersendiri.

Ada pula cara untuk melakukan proses kalisifikasi terhadap makhluk hidup.Yaitu mengelompokkan beberapa individu makhluk hidup yang punya kesamaan. Pengelompokkan ini dinamai Takson. Sementara ilmu yang mempelajari klasifikasi terhadap ciri-ciri makhluk hidup dinamai Taksonomi.

Awal mula penerapan klasifikasi makhluk hidup ini bisa dengan memberi nama pada makhluk hidup yang baru sesuai dengan cirinya. Yang kedua mempelajari gerak-gerik atau proses kehidupan dari hasil pengelompokkan makhluk hidup.

Setelah itu, kita jadi akan tau mana yang termasuk makhluk hidup, mana yang tidak termasuk makhluk hidup. Dari mempelajari klasifikasi ini, kita juga akan bisa paham dalam menangapi makhluk hidup yang kita temui.

 

Begitulah ciri-ciri makhluk hidup beserta contohnya. Banyak sekali yang perlu dipahami lebih dalam lagi ya soal keanekaragaman makhluk hidup. Apalagi setelah mengetahui fakta kalau semua jenis makhluk hidup itu unik dan menarik. Ya, semanya!

Oleh karena itu, apa salahnya kamu mempelajari makhluk hidup dengan membaca banyak buku atau bahkan menjadi seorang peneliti makhluk hidup? Karena meneliti makhluk hidup itu nggak ada habisnya.

Oh iya, jangan lupa SHARE ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.