Beranda Hiburan 10 Ulasan Drama Korea Terbaik Bertema Psikologi

10 Ulasan Drama Korea Terbaik Bertema Psikologi

BERBAGI
drama korea terbaik
dramafever.com

Dari sekian banyaknya tema drama Korea, tema psikolgi juga menjadi incaran bagi penggemar drama Korea terbaik. Drama-drama ini seringnya akan mengangkat tentang gejala-gejala yang menunjukkan keadaan jiwa seseorang seperti fobia, trauma, mental, hingga kepribadian ganda.

Kamu kalau belum pernah nonton drama Korea yang mengangkat tema psikolgi, maka sebaiknya nonton deh! Karena ceritanya dijamin seru dan bikin sebel.

Sebel yang dimaksud adalah banyak hal-hal yang nggak terduga dari adegan atau perilaku aktor atau pemain. Beberapa di antaranya sudah pernah Raparapa tulis di 26 Ulasan Drama Korea Terbaik yang Terbaru dan Terlama.

Dan sekarang, inilah 10 drama Korea Terbaik yang mengangkat tema psikologi.

1. It’s Okay, That’s Love

drama korea terbaik
koreandrama.org

It’s Okay, That’s Love ini menjadi drama Korea terbaik yang muncul di tahun 2014. Terdiri dari 16 episode. Menceritakan tentang Jang Jae Yeol dan Ji Hae Soo yang menderita kelainan psikologis.

Jae Yeol adalah seorang penulis dan penyiar radio terkenal. Ia punya banyak fans. Sayangnya, trauma yang diderita sampai sekarang belum hilang dari pikirannya. Ini karena masa kecilnya ia lalui dengan sangat kelam.

Dulu Jae Yeol adalah seorang anak kecil yang punya rutinitas tidur di kamar mandi. Kalau nggak di kamar mandi, ia akan bermimpi buruk. Aneh sekali ya? Iya memang, dan ini masalah yang terjadi hingga Jae Yeol dewasa. Malang sekali pria tampan ini.

Bahkan, keluarga Jae Yeol merasa aneh dengan kelainannya. Sampai-sampai adiknya Jae Yeol mencoba mengatasi kenehannya dengan selalu berusaha membunuh Jae Yeol. Itulah yang akhirnya membuat kehidupan Jae Yeol selalu gelisah. Malang sekali. Eh tapi kan dia sekarang udah jadi artis terkenal.

Sementara Ji Hae Soo, adalah seorang dokter psikiater yang menangani kelainan Jae Yeol. Dokter cantik ini dikenal buta dengan hal-hal yang berbau asmara. Ini karena ia pernah dicampakkan oleh mantan kekasihnya. Membuat dirinya selalu menentang semua masukkan dari orang-orang sekitar.

Seperti kisahnya Jae Yeol dan Ji Hae Soo. Ketika mereka bertemu dalam hubungan antara dokter dan pasien, pertengkaran terjadi. Dikarenakan perbedaan pendapat dan nggak mau saling kalah alias keras kepala.

Namun lucunya, mereka akhirnya saling jatuh cinta loh! Jatuh cintanya pun dikemas dengan adegan kocak dan romantis. Maka drama Korea terbaik satu ini bisa dibilang punya genre komedi juga. Jadi seperti apa kisah lengkapnya? Kamu tonton aja It’s Okay, That’s Love! 🙂

2. Kill Me, Heal Me

drama korea terbaik
dramafever.com

Drama Korea yang ini juga nggak kalah serunya loh! Kill Me, Heal Me tediri 20 episode yang tayang di tahun 2015. Menceritakan Cha Do Hyun, seorang yang memiliki trauma mendalam dikarenakan masa kecilnya punya delapan kepribadian yang berbeda-beda. Bayangkan! Delapan kepribadian! Pantas aja Cha Do Hyun mengalami trauma berat.

Oh Ri Jin yang menjadi seorang psikiater merasa cemas dengan rasa trauma yang dialami Do Hyun. Ia akhirnya berusaha penuh untuk bisa menyembuhkan Do Hyun.

Namun di tengah usahanya dalam menyembuhkan, mereka bertengkar karena berbagai masalah. Salah satu masalahnya adalah Oh Ri Jin mencintai kepribadian Do Hyun.

Pokoknya kamu kudu nonton deh drama Korea terbaik satu ini deh! Karena selain ratingnya tinggi, Kill Me, Heal Me juga berhasil mendapat banyak pujian dari bintang-bintang drama Korea yang terkenal. Maka bisa dipastikan kamu akan suka dong dengan alur ceritanya. 🙂

3. I Remember You/ Hello Monster

drama korea terbaik
couch-kimchi.com

I Remember You/ Hello Monster terdiri dari 16 episode yang tayang di tahun 2015. Drama Korea terbaik ini ber-genre komedi, thriller, dan romantis.

Bercerita mengenai kisah seorang profesor di bidang kriminologi yang dikenal punya mulut pedas. Ia bernama Lee Hyun. Suatu hari ia sedang bertugas di luar negeri dan ketika mendapati sebuah email misterius, ia memutuskan pulang ke tanah kelahiran, yaitu Korea. Tujuannya hanya untuk mengungkapkan misteri email misterius.

Sosok Lee Hyun diceritakan sebagai profesor yang padai dalam menangani kasus pembunuhan psikopat. Di setiap kasus yang ia dapati, pasti ujungnya akan berhasil diselesaikan dengan cepat. Tangkas sekali pria tampan ini.

Ketika kembali ke Korea untuk menelusuri email misterius, Lee Hyun bekerja sama dengan seorang detekif elit bernama Cha Ji An.

Beruntunglah kali ini mereka berdua butuh banyak waktu untuk mengungkapkan kasus, karena waktu itu malah menjadikan mereka semakin dekat dan jatuh cinta.

Jadi bagaimana kasus email misterius itu ditutup? Kamu tonton aja drama Korea terbaik satu ini. I Remember You dijamin menyuguhkan berbagai karakter psikopat yang mencengangkan. Kamu bisa mendapat berbagai pelajaran di bidang jiwa atau psikologi. Dijamin seru deh! 🙂

4. Hyde, Jekyll, Me

drama korea terbaik
dramabeans.com

Hyde, Jekyll, Me adalah salah satu drama Korea terbaik yang tayang di awal tahun 2015. Drama ini terdiri dari 20 episode dengan genre romantis dan komedi.

Kamu tau taman Wonderland? Drama Korea ini menceritakan Gu Seo Jin, seorang pria keturunan konglomerat yang sedang mengelola Taman Wonderland.

Dan kamu tau kisah thriller Jekyll and Hyde? Drama Korea ini terinspirasi dari kisah thriller Jekyll and Hyde.

Tapi untungnya ada latar belakang Taman Wonderland, jadi nggak bikin cerita Hyde, Jekyll, Me akan menjadi kisah menegangkan yang bikin kamu takut nonton lalu jadi parno buat pergi ke kamar mandi. Tenang! Drama Korea ini malah berbumbu romantis dan jenaka kok.

Cuman sayangnya, si Goo Seo Jin punya kepribadian ganda dan membuat dirinya trauma. Kepribadian pertama menggambarkan karakter yang dingin, angkuh, dan tertutup. Semantara kepribadian yang kedua menggambarkan karakter manis dan lembut.

Kepribadian ganda itu membuat kinerja Goo Seo Jin menurun. Banyak masalah yang saat ia mengelola Taman Wonderland. Sampai-sampai Seo Jin hendak menutup taman ceria ini.

Untungnya di saat peristiwa pelik itu ada Ha Na, seorang leader sirkus di Taman Wonderland. Ia meminta pada Seo Jin agar tetap mempertahankan taman.  Namun entahlah. Dipertahankan atau menyerah dalam mengelola Taman Wonderland akan kamu saksikan ketika menonton drama Korea terbaik satu ini. Karena dengar-dengar Seo Jin dan Ha Na akhirnya punya kisah cinta yang menarik loh. 🙂

5. White Christmas

drama korea terbaik
viki.com

Kalau drama Korea satu ini hanya terdiri 8 episode. White Christmas memiliki genre thriller dan psikologi yang tayang di tahun 2011. Belum cukup lama kok. Dan masih asyik untuk ditelusuri kisahnya.

Jadi, di sebuah daerah pegunungan di Korea, terdapat sebuah sekolah SMA populer. Sekolah ini sekaligus menjadi asrama, dan dikenal memiliki sistem pembelajaran sangat ketat yang memproduksi siswa-siswi pintar.

Suatu hari libur natal di tahun 2010, para siswa pulang ke rumah masing-masing dan kondisi sekolah kosong. Eh, hanya ada satu siswa teladan yang berada di sekolah, yaitu Moo Yul. Ia memilih tinggal di sekolah semenjak menerima surat misterius yang mengatakan bahwa semua siswa akan mati bersama.

Dan pada saat yang sama, ternyata yang di sekolah itu bukan hanya Moo Yul aja, tapi ada 6 siswa lagi. Mereka akhirnya berdiskusi mengenai surat misterius itu. Mncari tau siapa dalang di balik surat.

Dan bagaimana cara mereka bertujuh dalam memecahkan kasus? Kamu tonton aja drama Korea terbaik satu ini! Kamu akan dibuat seru oleh kisah mereka. 🙂

6. Madame Antoine

drama korea terbaik
dramafever.com

Madame Antoine adalah salah satu drama Korea terbaik dengan genre komedi dan romantis. Terdiri dari 16 episode yang semuanya memiliki tema psikologis. Bercerita mengenai Ko Hye Rim, peramal handal yang ternama dan dikenal dengan julukan Madame Antoine.

Padahal nih ya, ramalan yang dilakukan Hye Rim sebenarnya bohong loh. Ini karena pada dasarnya dia pintar dalam psikologi. Kesibukan lainnya adalah melakukan penelitian psikologis bersama Soo Hyun.

Soo Hyun juga seorang psikolog. Cuman uniknya ia nggak percaya soal cinta. Akhirnya ia menciptakan penilitian mengenai cinta yang membuat mereka berdua akhirnya dekat dan saling menuai kasih.

Tugas Hye Rim di sini adalah menyembuhkan perkara cinta yang diderita Soo Hyun agar So Hyun percaya dengan cinta. Maklum, Soo Hyun benar-benar selalu menepis keberadaan cinta sesungguhnya dan memiliki pandangan berbeda dengan Hye Rim.

Pokoknya kamu bakal dibuat gemas deh oleh kisah mereka berdua. Karena drama Korea romantis ini lucu banget ketika mereka melakukan penelitian kasus cinta.

7. Dr. Frost

drama korea terbaik
kumpulansinopsis.com

Dr. Frost memiliki 10 episode yang semuanya sangat wajib kamu tonton. Drama Korea ini bercerita mengenai Baek Nam Bong yang dikenal sebagai Dr. Frost, pria tampan yang berprofesi sebagai profesor psikologi muda di siang hari. Sementara ketika malam ia seorang bartender.

Apa nggak keren tuh? Apalagi kalau kamu liat rambut warna putih yang menjadi ciri khasnya.

Namun sayangnya, Nam Bong memiliki sikap yang sangat sulit untuk berempati dengan orang lain. Ini dikarenakan ia memiliki gangguan jiwa yang disebut Lobous Frontal. Hal inilah yang membuat dirinya sulit untuk bergaul dengan orang asing.

Aneh ya? Profesor sekaligus bartender kok nggak bisa bergaul? Tapi untungnya ia bertemu dengan seorang asisten dosen cantik bernama Yoon Sung. Apa asyiknya? Kamu tonton aja kisah mereka di serial drama Korea Dr. Frost. 🙂

8. Liar Game

drama korea terbaik
darksmurfsub.com

Liar Game tayang di tahun 2014. Teridiri dari 12 episode dengan banyak pemain ternama yang penampilannya dijamin memukau!

Bercerita mengenai Da Jung, seorang mahasiswa polos dan pekerja paruh waktu. Semenjak ayahnya memiliki banyak utang dan memilih untuk meninggalkan Da Jung sebatang kara, Da Jung harus dibebani oleh utang ayahnya. Ia sering didatangi oleh para penagih utang.

Salah satu penagih perempuan yang bernama Dal Po Ahjussi lama-lama akrab dengan Da Jung. Ia menganggap Da Jung seperti saudaranya sendiri. Sampai-sampai ia malah jatuh cinta dengan Da Jung.

Kisah mereka berdua sangat romantis dan banyak adegan seru. Kamu tonton aja drama Korea terbaik ini. Pasti dijamin suka! 🙂

9. Another Miss Oh

drama korea terbaik
dramacoala.com

Another Miss Oh merupakan drama Korea romantis yang terdiri dari 16 episode. Bercerita mengenai dua perempuan dengan karakter yang sangat berbeda namun memiliki nama yang sama, yaitu Oh Hae Young.

Di antara mereka berdua, ada sosok pria yang punya kemampuan psikologis dan bisa meramal masa depan. Ia bernama Park Do Kyung. Salah satu kemampuannya adalah sanggup mengetahui apa yang terjadi pada diri Oh Hae Young.

Park Do Kyung merasa nggak penting sekali untuk mengetahui apa yang terjadi dari kedua wanita ini. Akhirnya ia memilih menjauh dari mereka. Dan bukannya berhasil, lama-lama ia malah suka dengan salah satu dari Oh Hae Young.

Pokoknya lucu deh kisah drama Korea satu ini. Banyak adegan mengharukan juga. Jangan lupa nonton Another Miss Oh ya! 🙂

10. The Suspicious Housekeeper

drama korea terbaik
koreandrama.org

The Suspicious Housekeeper terdiri dari 20 episode yang menceritakan tentang seorang pembantu misterius bernama Park Bok Nyeo. Ia bertugas merawat Euri Sang Chul dan keempat anaknya yang mengalami kehidupan sulit semenjak kehilangan anggota keluarganya, yaitu Sang Chul, seorang istri sekaligus ibu dari keluarga ini.

Kumucunculan Park Bok Nyeo mengandung banyak kecurigaan. Keluarga tersebut bukannya terbantu, malah kehidupannya menjadi semakin sulit karena mendadak tersandung berbagai kasus.

Namun ajaibnya, berbagai kasus yang ditimpa membuat sang keluarga menjadi pintar untuk memaknai hidup. Mereka malah semakin saling menyayangi.

Agak ribet sih kisah drama Korea satu ini. Tapi sangat seru dan mengharukan kok. Kalau kamu pahami, pasti banyak pelajaran dan hikmah yang bisa kamu petik. Maka bisa dibilang The Suspicious Housekeeper adalah drama Korea terbaik yang wajib kamu tonton! 🙂

 

Itulah 10 drama Korea terbaik dengan tema psikologi. Semuanya menjelaskan tentang kenapa banyak orang yang memiliki perilaku atau tingkah menyimpang. Dan semuanya dijamin akan memberi banyak pelajaran buatmu. Maka jangan sampai kamu nggak nonton ya!

Oh iya, jangan lupa SHARE ya! 🙂

3 KOMENTAR

  1. I heard that Korean series are really excellent! I would like to watch Kill me, Heal me and Dr Frost! They look, the marketing pictures, really amazing!
    DenisesPlanet.com

  2. Sepertinya Kill Me Heal Me akan selalu jadi drama psikologis favoritku deh…konfliknya asyik dan ketika 7 kepribadian akhirnya pergi satu persatu aku kok sedih yah, padahal kan itu maksudnya jadi sembuh :))

    Etapi Hyde Jekyl juga suka soalnya Hyun Bin itu bias aku banget siiih..
    *anaknya mulai labil*

  3. Saya suka film yang no 2 tuh mbak.. soalnya baru itu yang saya tonton.. hehe.. makasih bnyak nih untuk reviem film yg lainnya, jadi pengen nntn yg lainnya jg..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.