Beranda Hiburan 17 Daftar dan Ulasan Film Jepang Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

17 Daftar dan Ulasan Film Jepang Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

BERBAGI
film jepang terbaik
via wikimedia.org

Kita harus tahu kalau nggak hanya Hollywood aja yang punya industri film menarik. Industri film Jepang pun menarik. Udah lama diminati oleh pasar film di berbagai negara. Mulai dari film romantis, komedi, action, hingga horror. Mulai dari tokoh manusia hingga animasi.

Apalagi di Jepang tedapat Pulau Yakushima, pulau indah yang sering dijadikan tempat pembuatan film-film Jepang terkenal. Entah itu film animasi Jepang maupun yang live-action.

Pokoknya fasilitas perfilman di Jepang udah memadahi deh. Mulai dari film anak-anak sampai film dewasa. Film dewasa bukan berarti film bokep loh! Tapi kamu juga bisa baca kok Cara Menolak Ajakan Teman untuk Nonton Film Bokep

Oke nggak usah lama-lama, kali ini Raparapa akan memberitahu sekaligus mengulas 17 daftar film Jepang terbaik yang wajib kamu tonton. Dan film yang pertama adalah,

1. Heavenly Forest (2006)

film jepang terbaik
via cypsis.blogspot.com

Judul lain dari Heavenly Forest adalah Tada, Kimi o Aishiteru. Kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya Hanya Kau Yang Aku Cintai. Wew!

Dari judulnya aja kamu pasti udah bisa nebak kalau Heavenly Forest adalah salah satu film drama Jepang terbaik dengan genre romance yang diadaptasi dari sebuah novel Jepang.

Film ini bercerita mengenai seorang wanita dan pria yang punya hubungan rumit. Yang wanita bernama Shizuru. Ia memiliki penyakit aneh yang membuat dirinya terjebak ke dalam tubuh anak-anak.

Namun, Shizuru bisa kembali normal ketika dirinya jatuh cinta dengan seorang pria, pria itu adalah Makoto. Dan sangat sangat disayangkan, karena ketika jatuh cinta, usia Shizuru nggak bakalan panjang.

Itulah yang membuat hubungan mereka disebut rumit. Namun kerumitan ini yang membuat Heavenly Forest dianggap sebagai salah satu film Jepang terbaik dengan genre romantis. Karena ceritanya sangat menarik dan mengharukan.

2. Taiyou no Uta (2006)

film jepang terbaik
via cinematerial.com

Yang ini juga merupakan salah satu film romance Jepang terbaik. Bercerita tentang gadis muda bernama Kaoru yang diperankan oleh Yui.

Yui ini sudah lama menjadi artis terkenal yang menarik banyak perhatian penonton dari berbagai negara loh, salah satunya Indonesia. Tapi sebetulnya bukan hanya karena Yui yang bermain akhirnya Taiyou no Uta menjadi salah satu film romance Jepang terbaik. Tapi juga karena ceritanya sangat menarik dan mengharukan.

Di film ini Kaoru menderita penyakit XP (Xeroderma Pigmentosum). Penyakit tersebut mencegah Kaoru terkena sinar matahari. Karena jika hal itu terjadi, maka kulitnya akan rusak dan itu akan mengancam nyawanya.

Akhirnya aktivitas Kaoru dilakukan setiap malam. Ia berprofesi sebagai seniman jalanan di depan stasiun.

Pada suatu malam, Kaoru berkenalan dengan seorang pria bernama Kouji. Pertemanan mereka sungguh menyenangkan. Karena sama-sama suka bernyanyi sambil bermain gitar, akhirnya mereka berdua memutuskan untuk bernyanyi bersama di stasiun. Lagu yang mereka nyanyikan menciptakan perhatian dari banyak orang-orang di stasiun.

Sejak itulah benih-benih cinta mereka berdua tercipta.

3. Crows Zero (2007)

film jepang terbaik
via forum.turkanime.tv

Film Crows Zero karya Hiroshi Takahashi bisa dibilang sangat populer. Karena sejak muncul pertama kalinya di tahun 2007, film action Jepang ini punya banyak penggemar dari berbagai negara, dan dianggap sebagai salah satu film Jepang terbaik.

Karena wajar aja sih. Melihat banyaknya adegan pertarungan dengan variasi humor dan drama, para penonton bukan hanya dibuat puas, tapi juga ikut larut ke dalam ceritanya.

Akhirnya, timbullah rasa nggak sabar dari para penggemar untuk menyarankan agar Crows Zero melanjutkan sekuelnya ke layar lebar.

Pelajaran yang bisa dipetik dari Crows Zero 2007 adalah mengenai persahabatan dan kekompakan yang sangat kental serta kocak.

4. We Were There (2012)

film jepang terbaik
via koi-nya.net

Film yang diangkat dari manga ini disebut juga Bokura ga Ita. Diperankan oleh tokoh-tokoh Jepang terkenal seperti Yuriko Yoshitaka, Toma Ikuta, Sosuke Takaoka, dan Yuika Motokariya.

Film drama Jepang terbaik ini memiliki 2 bagian. Bagian pertama dirilis pada bulan Maret 2012. Dan bagian kedua dirilis pada bulan April 2012.

Kisah dari film ini juga cukup terbilang rumit. Mengenai cinta yang kuat dari dua orang yang selalu bertemu dengan berbagai momen lucu sekaligus manis. Keharuan mereka yang membuat kerumitan terjadi. Banyak hal yang datang nggak terduga dengan ending yang sangat melegakan.

Jika kamu menikmati kisah mereka dengan serius, kamu pasti akan memahami mengenai hant sejati dan kesetiaan. Itulah yang membuat We Wew There menjadi salah satu film Jepang terbaik yang sangat romantis..

5. Koizora (2007)

film jepang terbaik
via cinematerial.com

Koizora atau bisa diartikan sebagai Sky of Love. Inilah salah satu film drama Jepang terbaik yang muncul di layar lebar pada tahun 2007. Dari judulnya aja pasti kamu sudah bisa menilai kalau film ini punya unsur romantis.

Koizora merupakan adaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama. Pada saat itu, tokoh-tokoh di Koizora merupakan artis pendatang baru loh. Di antaranya seperti Yui Aragaki dan Haruma Miura.

Tapi meskipun mereka pendatang baru, siapa yang menyangka kalau film garapan sutradara Natsuki Imai ini meraih keuntungan yang besar dan masuk ke dalam daftar film-film Box Office.

Keren kan?

Itu juga yang membuat Koizora menjadi salah satu film drama Jepang terbaik dengan genre romantis hingga sekarang. Meskipun banyak juga kritikan yang didapat. Tapi memang bisnis industri film kan ritmenya begini.

Film ini bercerita tentang seorang pemuda yang sedang jatuh cinta bernama Hiro. Ia yang tadinya dikenal sebagai bad boy, bisa berubah semenjak mencintai seorang gadis cantik yang pendiam bernama Tahara Mika.

Sayangnya, mereka berdua harus melalui cinta dengan penyakit yang diderita Hiro. Akhirnya drama di film romantis ini pun terjadi. Bisa dipastikan kamu yang menonton akan larut ke dalam kisah mereka berdua. Mangkannya tonton ya! 🙂

6. From Me to You (2010)

film jepang terbaik
via asianfixations.com

Kalau dalam bahasa Jepangnya disebut Kimi no Todoke. Film romantis Jepang ini merupakan salah satu film Jepang terbaik. Dirilis pada tahun 2010 dan dibintangi oleh aktris yang bakatnya nggak diragukan lagi, yaitu Haruma Miura dan Mikako Tabe.

Film ini menceritakan tentang percintaan antara Sowako dan Kazehaya. Kisah cinta mereka harus menghadapi berbagai rintangan, namun mereka tetap kuat menjalaninya.

Mending kamu nonton aja deh. Dijamin nggak nyesel. Soalnya waktu tanggal 17 Juli 2011, Asian Film Festival of Dallas menyatakan From Me to You menjadi salah satu dari 10 film terbaik seasia. Wow!

7. Hanamizuki (2010)

film jepang terbaik
via coverdude.com

Salah satu film Jepang terbaik selanjutnya adalah Hanamizuki. Ini juga merupakan jenis drama film romantis. Terinspirasi dari lirik lagu yang berjudul serupa, yaitu Hanamizuki.

Film yang diperankan oleh Toma Ikuta dan Yui Aragaki ini wajib masuk ke daftar tontonanmu. Karena berhasil masuk ke dalam daftar box office dan meraup keuntungan hampir 6 kali lipat dari biaya pembuatan filmnya. Apa nggak keren tuh?

Kisahnya tentang pria dan wanita yang nggak sengaja bertemu di dalam kereta api. Obrolan mereka yang berlanjut ke pacaran jarak jauh menciptakan banyak masalah yang harus dihadapi.

Namun berkat kekuatan cinta yang tulus, mereka berdua sanggup melewatinya. Kamu siap-siap dibikin nangis deh ketika nonton filmnya.

Oh iya, jangan lupa ya baca Bukti Indonesia Nggak Mengesahkan Pacaran Jarak Jauh

8. Swing Girls (2004)

film jepang terbaik
via fmoviesfree.com

Kalau Swing Girls merupakan salah satu film musikal Jepang terbaik yang mengandung gelak tawa. Karena ceritanya sangat ceria, ringan untuk dipahami, dan pastinya menghibur sekali.

Ini semua karena para pemainyan memiliki ciri khas menarik di film ini.

Dengan latar belakang pedesaan Jepang yang asri, Swing Girls bercerita mengenai beberapa gadis lucu yang tergabung dalam suatu perkumpulan pelajar SMA. Dalam perkumpulan itu lahirlah grup orkestra yang diberi nama Swing Girls.

Swing Girls mendapat perhatian dari banyak orang. Keseruan semakin terasa ketika mereka mengikuti kontes musik besar.

Pokonya kamu kudu nonton film Jepang terbaik ini deh. Karena kesuksesannya sudah terbukti dari penghargaan yang pernah diraih, seperti Yokohama Film Festival dan Newcomer of the Year dan Most Popular Film di Awards of the Japanese Academy.

9. Always: Sunset on Third Street (2005)

film jepang terbaik
via japanflix.com

Sunset on Third Streen merupakan episode awal dari Trilogi film ALWAYS. Ceritanya tentang kehidupan masyarakat Tokyo di masa pembangunan menara Tokyo pada tahun 1956.

Pelajaran yang bisa dipetik dari film ini adalah kehidupan masyarakat yang sangat sederhana di sebuah gang kecil. Mereka menerapkan pola hidup yang akur dan kekeluargaan. Banyak sekali hal-hal lucu yang nggak terduga dan pastinya sangat menarik untuk kamu tonton.

Disebut sebagai film Jepang terbaik karena telah meraih 2 penghargaan, yaitu The Best Movie di tahun 2005, sementara penghargaan satunya diraih oleh sutradara dari film ini, yaitu Yamazaki Takashi. Ia meraih penghargaan sebagai The Best Director di tahun 2005 juga.

Kamu kalau mau nonton jangan lupa untuk nonton episode ke 2-nya juga ya yang muncul di tahun 2007, dan episode terakhirnya yang muncul di tahun 2012.

10. Kikujiro (1999)

film jepang terbaik
via wikipedia.org

Kukijiro menjadi salah satu film komedi Jepang terbaik yang masih ditonton banyak orang hingga sekarang. Karena dianggap punya cerita kehidupan yang sangat melekat dengan kekeluargaan.

Film yang beralur lambat ini dinilai menghibur karena karakter permainnya Kikujiro dan Masao sangatlah unik. Meskipun sebenarnya cerita ini sangatlah sederhana. Mengenai Kikujiro yang mengantarkan Masao untuk menemui ibunya di luar kota.

Selama perjalanan mencari, mereka dipertemukan serangkaian petualangan sekaligus bencana yang bisa dipetik hikmahnya.

Jangan sampai nggak nonton ya kamu! Karena Kikujiro merupakan film Jepang terbaik dengan aliran menghibur yang menguras emosional penonton.

11. 700 Days of Battle: Us vs. The Police (2008)

film jepang terbaik
via idfl.me

Kalau diterjemahkan ke bahasa Jepang menjadi Boku tachi to chuzai san no 700 nichi senso. Yang ini juga salah satu film komedi Jepang terbaik dan wajib kamu tonton. Karena kamu dijamin akan ketawa.

Kisahnya mengenai keributan antara sekelompok pelajar dan satu polisi lokal muda yang sangat patuh dengan peraturan.

Sekelompok pelajar yang anti dengan perturan ini selalu berusaha menjahili polisi supaya polisi tersebut mengundurkan diri.

Namun bukannya mengundurkan diri, malah terjadi keributan konyol antara sekelompok pelajar dan polisi. Keributan itu terjadi selama 70 hari dengan berbagai adegan kocak yang dijamin bikin kamu geli dan tertawa terbahak-bahak.

Akhirnya siapa yang menang? Sekelompok pelajar atau polisi lokal? Maka alangkah baiknya kamu nonton film Jepang terbaik dengan genre komedi ini.

12. Creepy Hide and Seek (2009)

film jepang terbaik
via filmaffinity.com

Kalau diterjemahkan ke bahasa Jepang menjadi Hitori Kakurenbo: gekijo ban. Merupakan salah satu film horor Jepang terbaik yang muncul di tahun 2009.

Film ini disutradarai oleh Masafumi Yamada dengan tema permainan petak umpat hantu dari Jepang.

Kebayang nggak seramnya kayak apa?

Oh iya, baca juga ya Menilik Daftar Hantu Seram Terpopuler di Dunia

Awal ceritanya dimulai dari hilangnya Ritsuko saat bermain petak umpat secara online. Ryoko yang menjadi teman sekelas Ritsuko pun mencoba mencari-cari keberadaan Ritsuko.

Sampai akhirnya Ryoko sadar kalau permainan petak umpat ini ternyata berhubungan dengan demonologi dan supranatural.

Sampai sini aja dulu, biar kamu penasaran sama salah satu film horor Jepang terbaik ini. Hihihi.

Tapi yang pasti adrenalin kamu akan dipacu karena banyak kisah menyeramkan di Creep Hide and Seek.

13. Nobody Knows (2004)

film jepang terbaik
via impawards.com

Kamu pernah nonton film animasi Jepang yang berjudul Grave of Fireflies nggak? Kalau udah pernah nonton, maka film Nobody Knows merupakan versi live-action-nya.

Film ini bercerita tentang seorang ibu bersama empat orang anaknya yang tinggal di sebuah apartemen. Empat anak ini ternyata punya empat bapak yang berbeda. Apa nggak mengherankan tuh?

Bukan hanya itu aja. Sang ibu pun akhirnya meninggalkan keempat anaknya dan memutuskan untuk menikah lagi. Ia nggak pernah kembali ke apartemen itu untuk menemui anak-anaknya.

Akhirnya untuk makan di setiap hari, keempat anak ini hanya memakan makanan sisa dari toko kelontong yang dekat dengan apartemennya. Begitu terus ritme hidup mereka. Sampai anak yang paling bungsu meninggal. Yang tertua mengubur jenazah bungsu secara diam-diam. Tak ada satu pun orang yang tau. Dan kisah ini sangat pelik.

14. Shinobi: Heart Under Blade (2005)

film jepang terbaik
via comicvine.com

Ini juga salah satu film jepang terbaik yang sukses di Box Office Jepang. Maka ini alasan Raparapa memasukkan Shinobi ke dafatar tontonan kamu.

Film action jepang ini menceritakan tentang dua klan ninja bayaran yang sudah bermusuhan sejak ratusan tahun. Mereka berdua bernama Iga dan Kouga, seorang pria dan wanita.

Lucunya, selain bermusuhan, mereka berdua juga terlibat saling mencintai secara diam-diam. Pertemuan yang mereka lakukan secara diam-diam pula lah yang membawa keinginan untuk damai.

Namun hubungan mereka justru menciptakan tentangan dan perdebatan dari banyak pihak. Jadi bukannya cinta Iga dan Kouga berhasil menyatu, malah kembali bertempur merebutkan status klan tertinggi di Jepang.

15. Battle Royale (2000)

film jepang terbaik
via cityonfire.com

Battle Royale dianggap sebagai salah satu film Jepang terbaik yang masih diperbincangkan banyak orang hingga sekarang. Kontroversi yang didapatkan sangat sebanding dengan keseruannya.

Masalahnya, film action-horor yang diangkat dari sebuah novel ini bercerita tentang kondisi kenakalan remaja Jepang dengan cara membuat program bernama “Battle Royal Act.”

Di program tersebut, siswa SMP sebanyak 42 siswa dikirim ke sebuah pulau selama 3 hari untuk saling membunuh agar bisa bertahan hidup. Berbagai kengerian dan keberuntungan untuk pertahanan hidup terjadi di film ini.

Kamu pasti yang menonton pasti langsung dibuat tegang. Karena nggak perlu menunggu durasi lama, ketegangan pasti akan langsung ditayangkan.

16. Rurouni Kenshin Trilogy

film jepang terbaik
via wikimedia.org

Sepertinya sudah banyak yang tau film Rurouni Kenshin ini. Karena film selain tokoh Kenshinnya digemari banyak perempuan, film action Jepang ini juga adaptasi dari kartun Jepang yang sangat terkenal, yaitu Samurai X.

Tapi yang belum tau memang harus dikasih tau. Film action ini menceritakan tentang perjalanan Kenshin yang membantu rakyat Jepang.

Padahal, dulunya Kenshin adalah seorang pembantai yang disebut batosai. Ia sudah membunuh ratusan orang. Kesadaran inilah yang membuat Kenshin untuk memutuskan berhenti membunuh lagi dan memilih mengembara hanya untuk membantu rakyat Jepang.

17. Time Traveller: The Girl Who Leapt Through Time (2010)

film jepang terbaik
via wikimedia.org

Time Traveller adalah versi film live-action Jepang dari film animasi Jepang yang berjudul The Girl Who Leapt Through Time. Kedua film ini merupakan adaptasi dari novel karya Yatsutaka Tsutsui.

Meskipun adaptasinya sama, namun cerita sebenarnya beda. Tapi genre-nya sama-sama comedy, romance, dan sci-fiction.

Kisahnya tentang seorang wanita bernama Akari yang sanggup menembus waktu ke tahun yang sangat lama. Akari memanfaatkan kekuatan ini saat ia disuruh ibunya untuk menyampaikan pesan ke seseorang di tahun 1972.

Namun ada kesalahan yang terjadi. Bukan berada di tahun 1972, Akari malah pergi ke tahun 1974. Di situ ia bertemu dengan seorang pria bernama Ryouta dan saling jatuh cinta.

Entah apa yang terjadi selanjutnya. Maka sebaiknya kamu tonton film romantis Jepang ini! Hehe

 

Itulah daftar film Jepang terbaik yang bisa kamu tonton di kala jenuh atau butuh hiburan. Semua yang ditulis di atas udah pasti bagus. Tinggal kamunya aja yang menyediakan cemilan untuk nonton supaya suasana tambah menyenangkan.

Jangan lupa SHARE ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.