Home Fauna 10 Gambar Kupu-kupu Terindah di Dunia yang Akan Menarik Perhatianmu

10 Gambar Kupu-kupu Terindah di Dunia yang Akan Menarik Perhatianmu

SHARE
Kupu-kupu Emerald Swallowtail
via pbase.com

Gambar kupu-kupu – Kita pasti setuju kalau kupu-kupu adalah salah satu jenis serangga terindah di dunia. Dan ternyata bukan hanya indah saja. Adanya kupu-kupu juga sebagai indikator ekosistem sehat di tempat yang didatangi kupu-kupu. Dan pastinya kamu nggak pernah lihat kan ada kupu-kupu hidup di kawasan yang tercemar polusi?

Maka dari itu, Raparapa akan tunjukkan 10 jenis dan gambar kupu-kupu yang dianggap paling indah dan nggak biasa di seluruh dunia.

1. Blue Morpho

Gambar Kupu-kupu Blue Morpho
via costaricajourneys.com

Blue Morpho adalah salah satu jenis kupu-kupu cantik dan terbesar di dunia. Ketika dewasa, lebar sayapnya bisa mencapai 8 inci. Mereka sering ditemukan di hutan tropis Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Menghabiskan banyak waktunya di semak-semak. Oleh karena itu ketika ada dua sejoli yang pacarannya disemak-semak, pasti akan mirip dengan kupu-kupu Blue Morpho. Yeee, asyik banget dianggap sebagai kupu-kupu cantik! Hihihi.

Oh iya, sosok Kupu-kupu Blue Morpho yang biru terang indah ini sangat mudah kita kenali loh! Dengan bagian tepi sayapnya yang berwarna hitam, cukup menunjukkan betapa Kupu-kupu Blue Morpho sangat terlihat cantik dan menawan.

Makanan utama Kupu-kupu Blue Morpho adalah daun varietas tanaman, jamur, getah pohon, dan buah yang sudah membusuk, hewan yang sudah membusuk, atau bahkan lumpur. Karena mereka bisa menemukan nutrisi di dalam segala fermentasi pada makanan-makanan tersebut.

Bukan hanya makanan busuk saja yang mereka konsumsi, Kupu-kupu cantik ini juga bisa menciptakan aroma busuk pada tubuhnya ketika merasa terancam dari predator.

Usia Kupu-kupu Blue Morpho juga tergolong pendek, yaitu sekitar satu bulan, terhitung sejak mereka keluar dari kepompong.

Duh, sangat disayangkan ya melihat karakter warna birunya yang menawan. Apalagi mereka bisa memantulkan efek cahaya biru. Cahaya biru itulah yang membuat para ilmuwan ingin mengenal dekat dengannya.

2. Zebra Longwing

Kupu-kupu Zebra Longwing
via butterflyfunfacts.com

Gambar kupu-kupu hitam putih ini munculnya di Florida, Amerika Serikat, pada tahun 1996.

Nama kupu-kupu tersebut diambil dari sosoknya yang menyerupai hewan zebra. Garis-garis pada sayapnya yang sempit sangat terlihat cantik dengan lebar antara antara 72 sampai 100 mm. Dan sebetulnya garis-garis itu warnanya kuning loh, bukan putih.

Zebra Longwing memiliki antena yang panjang dan termasuk jenis kupu-kupu cantik yang sosial. Karena di setiap harinya mereka akan menghabiskan waktu bersama kelompoknya. Istirahat bersama, makan bersama, terbang bersama, kompak deh!

Kupu-kupu cantik ini juga sangat tenang jika didekati manusia. Maka bisa dibilang mereka jenis kupu-kupu cantik nan ramah.

Sampai sekarang, Kupu-kupu Zebra Longwing sudah biasa didistribusikan ke seluruh negara di Amerika Selatan dan Tengah. Karena bisa dipastika masyarakat di negara-negara tersebut akan menyukainya. Wajar sih, memang sosoknya cantik gitu.

Zebra Longwing ini merupakan satu-satunya kupu-kupu cantik yang hobi makan serbuk sari. Banyak ilmuwan yang berpendapat bahwa nutrisi yang terkandung di serbuk sari dapat membuat Kupu-kupu Zebra Longwing hidup lebih lama, bisa sekitar enam bulan. Sementara untuk kupu-kupu lainnya biasa hidup dalam hanya sampai satu atau dua minggu.

Keunikan lain yang dimiliki Zebra longwings yaitu bisa menciptakan suara berderit ketika mereka merasa terancam oleh predator seperti kadal, katak, dan burung. Coba deh kamu deketin jenis kupu-kupu Zebra Longwings. Kalau mereka menjerit artinya kamu dianggap mirip kadal, katak, atau burung. Hehe

3. Peacock Pansy

Kupu-kupu Peacock Pansy
via pinterest.com

Kupu-kupu Peacock Pansy dengan warna sayap yang terang dan mencolok. Kupu-kupu cantik ini berasal dari negara-negara di Asia Selatan dan Tenggara, khususnya Singapura.

Warna sayapnya yang berwarna kuning dengan tepi cokelat ditambah beberapa corak yang menyerupai mata, membuat kupu-kupu Peacock Pansy sangat terlihat cantik sekali. Seolah mata-mata tersebut sedang mengamati ke sekelilingnya.

Makanan favorit Kupu-kupu Peacock Pansy adalah daun dari tanaman inang, tanaman yang menjadi tempat hidup dan berkembangnya tumbuhan atau hewan-hewan kecil seperti serangga.

Saat sedang bertelur, mereka membutuhkan 3 – 5 hari untuk menetaskan telurnya. Dan ketika dewasa, ukuran sayap mereka mencapai 54 sampai 62 mm. Kupu-kupu Peacock Pansy lebih menyukai hidup di kebun dan di alam terbuka.

4. Eighty Eight

Kupu-kupu Eighty Eight
via saveourgreen.org

Si Kupu-kupu Cantik Eighty Eight ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Nama Eighty Eight diambil karena garis-garis hitam dan putih pada sayap mereka melingkar dan di bagian tengahnya menyerupai angka 88. Jenis kupu-kupu cantik dengan corak yang fantastis kan?

Banyak peneliti yang mengatakan kalau Eighty Eight memiliki 12 spesies dengan warna yang berbeda-beda. Ada yang bergaris hitam dan biru, ada juga yang hitam dan hijau. Yang pasti mereka dalam kemasan yang cantik sekali! Seperti yang ada pada gambar di atas. Apalagi ditambah corak merah yang membuat kupu-kupu ini tampak artistik.

Eighty Eight tergolong jenis kupu-kupu yang aktif. Mereka biasa terlihat berkelompok dalam jumlah dua atau tiga kupu-kupu, tapi terkadang juga dalam jumlah besar di tempat favorit seperti di sekitar pemukiman manusia, misalnya di tepi sungai dekat dermaga atau tanah kosong.

Ketika dewasa, ukuran sayap Kupu-kupu Eighty Eight ini bisa mencapai 35 sampai 40 mm. Dan mereka juga jenis kupu-kupu cantik yang hobi makan buah-buahan busuk.

5. Forest Giant Owl Butterfly

Kupu-kupu Forest Giant Owl
via chicagobotanic.org

Sesuai dengan nama dan sosoknya pada gambar di atas, yang ini adalah jenis kupu-kupu yang mirip seperti burung hantu dengan warna coklat kekuningan bercampur ungu.

Pola lingkaran mata cokelat hitam yang terbentuk pada setiap sayap tersebut sangat terlihat cantik dan memesona. Seolah mata predator hidup yang siap menghunus! Dan memang itulah kegunaan dari pola mata tersebut, yaitu untuk mengelabuhi predator.

Cara mereka terbang cepat banget. Dalam waktu singkat Kupu-kupu Forest Giant Owl sanggup terbang beberapa meter. Melintasi hutan atau lahan pertanian di malam hari.

Kupu-kupu cantik yang mirip burung hantu ini suka sekali memakan buah-buahan, dan sanggup bertahan hidup dari umur antara 125 sampai 150 hari.

Kupu-kupu Forest Giant Owl sering terletak di dekat tanaman pisang, daerah pertanian, atau di hutan dataran rendah. Daerah dengan banyak curah hujanlah mereka tidak dapat bertahan hidup.

Asal kupu-kupu cantik satu ini dari Amerika Tengah. Mereka menjadi salah satu jenis kupu-kupu cantik dan terbesar di Amerika Tengah.

6. Sylphina Angel

Kupu-kupu Sylphina Angel
via flickr.com

Jenis kupu-kupu cantik yang memilik sayap transparan. Mereka banyak dijumpai di Peru, Ekuador, dan Bolivia. Ditemukan pada tahun 1868.

Sylphina Angel adalah spesies kupu-kupu cantik neo-tropis, yang tinggal di hutan berdaun lebar subtropis. Biasanya mereka hanya berkumpul untuk kawin. Selebihnya mereka lebih suka menyendiri, menghabiskan waktunya di bawah daun tanaman, dan akan kembali beraktivitas ketika sinar matahari terasa terik.

Garis hitam yang melapisi sayap transparannya, ditambah ekor yang memiliki corak merah seperti pada gambar di atas, membuat Kupu-kupu Sylphina Angel terlihat sangat memukau. Apalagi kalau kita tahu kecepatan terbang kupu-kupu cantik ini mencapai 12 mil per jam bahkan sampai 25 mil per jam.

Pada hari-hari tertentu, Kupu-kupu Sylphina Angel bisa ditemukan dalam kelompok yang beranggotakan puluhan atau bahkan ratusan. Ketika bersama, mereka punya kebiasaan bermigrasi hingga 320 km hanya untuk mengikuti mekarnya bunga yang datang pada musim semi.

Ketika dewasa dan terancam oleh predator, Kupu-kupu Sylphina Angel akan menghasilkan cairan kuning dari dada yang baunya sangat busuk, ditujukan agar predator menghindar.

Namun sayangnya, Kupu-kupu ini tetap saja sering menjadi santapan burung, serangga dan hewan-hewan omnivora, ketika berada di alam.

7. Apollo Butterfly

Kupu-kupu Apollo
via arkive.org

Yang ini juga nggak kalah indahnya. Jenis kupu-kupu cantik yang sangat mudah dikenali, namun sayangnya jarang sekali kita lihat. Karena mereka hanya bisa ditemukan di negara seperti Italia, Spanyol, dan Perancis. Itu pun di daerah tertentu aja.

Warna sayapnya yang putih dengan bintik-bintik hitam kecil, memiliki beberapa corak mata berwarna hitam dan merah yang mencolok. Sangat terlihat fantastis!

Keunikan kupu-kupu cantik ini yaitu sanggup menghasilkan bau busuk untuk mengancam predator. Namun sangat disayangkan karena Kupu-kupu Apollo adalah spesies kupu-kupu cantik yang terancam punah.

Kupu-kupu Apollo mendiami padang rumput, daerah pegunungan yang curam, yang ketinggiannya bisa mencapai 2.000 meter di atas permukaan laut.

Wah, hebat ya nggak takut sama ketinggian segitu!

8. Glasswinged Butterfly

Kupu-kupu Glasswinged
via arkinspace.com

Kupu-kupu cantik yang ini jauh lebih transparan. Sayapnya dikenal menyerupai plastik atau kaca. Kupu-kupu Glasswinged biasa ditemukan di Meksiko dan Kolombia. Sayap transparan itu cukup berguna untuk mengelabuhi dari ancaman predator dan reptil.

Alasan bahwa sayap kupu-kupu cantik ini sangat transparan, yaitu karena mereka hampir tidak memantulkan cahaya apapun.

Kupu-kupu Glasswinged tergolong kupu-kupu cantik yang suka bermigrasi dalam jarak jauh. Makanan utama mereka adalah sari-sari bunga.

Keren ya!

9. Emerald Swallowtail

Kupu-kupu Emerald Swallowtail
via pbase.com

Emeral Swallowtail adalah salah satu spesies dari spesies besar kupu-kupu Swallowtail. Karena tahukah kamu, kalau kupu-kupu Swallowtail memiliki 550 spesies di dunia? Dan Kupu-kupu Emerald Swallowtail adalah salah satu yang paling cantik dan menarik dibanding Swallowtail lainnya.

Warna hijau yang ada pada sosok kupu-kupu cantik ini sangat menarik perhatian, mengingatkan kita pada sebuah daerah yang asri, penuh dengan pohon hijau.

Keindahan sayapnya bisa kamu lihat melalui gambar di atas. Sangat eksotis kan? Akui saja lah! Karena sayap mereka terlihat bersinar loh. Pewarnaannnya memang layak dikagumi karena sangat struktural. Sayang banget ya kalau ada manusia yang menghancurkan sayap kupu-kupu ini. Dilihat melalui gambar aja indah sekali.

Ketahuilah, kalau Emerald Swallowtail adalah kalangan kupu-kupu cantik yang digemari banyak manusia dari berbagai negara. Mereka biasa ditemukan di Asia Tenggara.

10. Dead Leaf Butterfly

Kupu-kupu Dead Leaf
via wineandbowties.com

Yang terakhir ini merupakan jenis kupu-kupu yang luar biasa unik. Warnanya sesuai dengan namanya. Benar-benar menyerupai daun yang sudah layu atau mati, cokelat yang sangat gelap.

Pastinya keuntungan dari sosok Kupu-kupu Dead Leaf adalah bisa membuat dirinya gampang bersembunyi di antara dedaunan demi menghindari predator.

Kupu-kupu cantik ini biasa ditemui di hutan tropis di Asia. Mereka jarang terbang banyak. Lebih suka beristirahat ketika sudah menemukan makanan seperti bunga dan buah-buahan yang sudah jatuh.

 

Gimana kesepuluh gambar kupu-kupu cantik di atas? Indah kan pastinya? Oleh karena itu sangat disayangkan jika manusia merusak alam. Karena imbasnya serangga cantik seperti kupu-kupu bisa terancam punah.

Oh iya, kamu tau nggak kalau di Maros, Makasar, memiliki tempat yang berisi jutaan kupu-kupu cantik berterbangan? Coba kamu baca deh di 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Berada di Kerajaan Kupu-kupu Cantik. Tempat tersebut sudah dikenal sebagai surganya kupu-kupu cantik di Indonesia. Jangan lupa dibaca ya! Tapi yang penting tulisan ini kamu SHARE dulu deh! 🙂

1 COMMENT

  1. Setuju. Jenis yang ke sepuluh itu sesuai banget dengan penampakan fisiknya ya.

    Ngomong-ngomong, ini sepertinya kunjungan perdana saya.

    Salam dari bumi Borneo…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.