Home Artikel Gambaran Surga Menurut Islam, Nikmat Mana Lagi yang Kau Dustakan?

Gambaran Surga Menurut Islam, Nikmat Mana Lagi yang Kau Dustakan?

SHARE
gambaran surga
via toughquestionsanswered.org

Gambaran Surga – Berimanlah, bertakwalah, berbuat baiklah, rajin beribadalah, dan taatilah syariat Radulullah, maka surga akan diberikan, sesuai dengan janji Allah SWT.

Namun, selalu ada pertanyaan di pikiran manusia tentang, seperti apa sih gambaran surga sebenarnya?

Yang jelas, kehidupan di surga pastinya penuh keceriaan dan kenikmatan. Tak ada manusia yang buruk-rupa, tak ada orangtua, wajahnya tenang dan selalu memancarkan cahaya kemuliaan.

Amat beda dengan cuaca di bumi, di surga tak bakal merasakan kepanasan atau kedinginan. Yang ada cuaca sejuk karena sumber mata air yang mengelilingi surga. Tenang dan damai.

Di bawah ini ada video cuplikan Khazanah Trans 7 yang membahas tentang kehidupan di surga. Bagi yang penasaran, bisa menonton sejenak…

Oke, supaya bisa lebih memperjelas, simak pengertian gambaran surga menurut islam yang dijelaskan oleh Al Quran, Hadits, dan para Ulama.

Kehidupan di surga sangatlah aman dan juga abadi

gambaran di surga
via youtube

Gambaran surga pertama seperti yang dikutip di dalam surat Ad-Dukhan ayat 51-57, dijelaskan bahwa:

  1. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman
  2. (yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air,
  3. mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan,
  4. demikianlah. Dan Kami berikan kepada mereka bidadari.
  5. Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran),
  6. mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka,
  7. sebagai karunia dari Tuhanmu. Yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar.

Intinya, manusia yang bertakwa akan masuk surga. Dan ketika berada di dalam surga, manusia tidak akan mati, atau dengan lain kata “akan abadi”.

Kedamaian sesungguhnya ada di surga

gambaran surga
via thinglink

Gambaran surga berikutnya seperti yang dikutip di dalam surat Al-Hijr ayat 45-48, dijelaskan bahwa:

  1. Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa adalah ditempatkan di dalam beberapa taman Syurga, dengan matair-matair terpancar padanya.
  2. (Mereka dipersilakan oleh malaikat dengan berkata): “Masuklah kamu ke dalamnya dengan selamat sejahtera serta beroleh aman”.
  3. Dan Kami cabut akan apa yang ada dihati mereka dari perasaan hasad dengki sehingga menjadilah mereka bersaudara (dalam suasana kasih mesra), serta mereka duduk berhadap-hadapan di atas pelamin masing-masing.
  4. Mereka tidak akan disentuh susah payah dalam Syurga itu, dan mereka pula tidak sekali-kali akan dikeluarkan daripadanya.

Rasa aman dan sejahtera hanya akan diperoleh kepada orang-orang yang bertakwa. Lalu rasa dendam yang bersemayan di dalam diri dengan sekejap akan dhilangkan. semua orang di surga akan saling mengasihi dan menyayangi. Tak ada rasa curiga dan lelah.

Kehidupan mewah dengan segala macam perhiasan juga akan dirasakan oleh semua penduduk surga

gambaran surga
via luxurylaunches

Gambaran surga berikutnya seperti yang dikutip di dalam surat Al-Kahfi ayat 30-31, dijelaskan bahwa:

  1. Sesunggunya mereka yang beriman dan beramal saleh, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan(nya) dengan yang baik.
  2. Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga ‘Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah.

Selama melakukan amal kebaikan di dunia, pahala yang akan diperoleh tidak akan sia-sia. Manusia layak mendapatkan surga Adn. Dimana di dalamnya terdapat sungai indah yang mengalir tenang. Manusia juga akan diberikan kemewahan berupa perhiasan seperti gelang emas. pakaian yang digunakan berwarna hijau terbuat dari sutera indah, tebal, dan halus.

Pakaian dan perhiasan yang diperoleh para penghuni surga

gambaran surga
via khabar.ndtv.com

Gambaran surga berikutnya yaitu soal pakaian dan perhiasan yang akan dikenakan para penghuni surga.

“Mereka memaikai pakaian sutra tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat  dari perak, dan Tuhan  memberikan kepada mereka minuman yang bersih.” (Qs. AL Insaan : 21)

Diriwayatkan oleh Harmalah dari Ibnu Wahb dari Umar, bahwasanya Darraj (Abu Sammah) menceritakan kepadanya dari Abu Haitsam dari Abu Sa’id Al Khudri dari Nabi shallallu ‘Alaihi wa Sallam:

“Sesungguhnya seseorang di Surga akan bertelekan selama tujuh puluh tahun sebelum ia bergerak. Lalu istrinya  datang kepadanya dan menepuk bahunya, iapun memandangi istrinya dan tampak olehnya mukanya di dahi istrinya lebih jelas daripada cermin. Dan sesungguhnya mutiara yang paling kecil yang dipakai istrinya dapat menerangi apa yang ada di antara timur dan barat. Lalu istrinya menyalaminya dan ia pun menjawab salam  salam itu seraya bertanya : Siapakah anda? Istrinya menjawab: “Akulah tambahan.” Dan sesungguhnya istrinya itu memakai tujuh puluh pakaian, dan pakaian yang paling rendah sama seperti kaca, pandanagannya menembus hingga ia dapat melihat sum-sum istrinya itu dari balik pakaiannya. Dia memakai pula mahkota. Dan mutiara yang paling kecil pada mahkota itu dapat menerangi apa yang ada diantara timur dan barat.”

Rezeki para penghuni surga tak pernah habis dan kekal

gambaran surga
via blog.savatree.com

Gambaran surga berikutnya seperti yang dikutip di dalam surat Shaff ayat 49-54, dijelaskan bahwa orang-orang bertakwa akan dibukakan kehormatan dalam wujud tempat yang baik, yaitu surga. Di dalam surga, mereka akan memperoleh banyak buah-buahan dan akan bertelekan di atas dipan-dipan. Inilah rezeki yang tak pernah habis selama di surga.

Selalu disertai kemudahan, malah dijauhkan dari kesulitan

gambaran surga
via toughquestionsanswered.org

Gambaran surga berikutnya yaitu selalu disertai kemudahan, malah dijauhkan dari kesulitan. Sebab di surga, ada sebuah mata air yang dinamakan “mata air surga”. Sebuah mata air suci yang hanya diberikan kepada orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT.

Bukan hanya itu, orang-orang yang mendekatkan dirinya kepada Allah juga akan merasakan air dingin dan hangat yang aromanya sangat wangi sekali. Wangi yang tidak pernah pernah tercium ketika di dunia.

Selain itu, ketika orang-orang memetik buah-buahan di surga, buah-buahannya malah akan mendekatkan dirinya kepada mereka. Para penghuni surga diberikan kebebasan penuh untuk memilihnya.

Bukan hanya buah-buahan, untuk mendapat makanan dan minuman juga selalu dipermudah. Makanan dan minuman di surga selalu enak dan lezat. Mereka semua akan memperolehnya dengan gampang, tanpa adanya kesusahan seperti di dunia.

Tak ada kekhawatiran apapun untuk memperoleh semua ini. Sangat mudah untuk mendapatkannya.

Bersih, sehat, tampan atau cantik, dan selalu wangi. Itulah para penghuni surga

gambaran surga
via sikh24

Gambaran surga berikutnya yaitu bersih, sehat, tampan atau cantik, dan selalu wangi. Itulah para penghuni surga. Sebab di surga semua para penghuni dalam wujud mulus, seperti bayi yang baru dilahirkan. Mulusnya pun bukan sekedar mulus, tetapi memencarkan cahaya. Hebatnya lagi para penghuni surga akan selalu terlihat muda dengan pakaian yang tak pernah kumal.

Selain itu, para penghuni surga juga tak pernah sakit, beringus, buang air kecil dan besar. Atau hal kecil yang sering terjadi ketika di bumi seperti meludah. Tak akan pernah! Para penghuni surga dalam wujud sempurna baik dalam jiwa maupun raga. Mereka akan selalu bersih, tampan atau cantik, dan sangat wangi. Sekali lagi, wangi yang tidak pernah pernah tercium ketika di dunia.

Rasulullah SAW bersabda;

Seruan di Surga Di surga akan ada seorang penyeru yang berkata Sesungguhnya sekarang tibalah saatnya kalian sehat walafiat dan tidak menderita sakit selama-lamanya.

Sekarang tibalah saatnya kalian hidup dan tidak mati selama-lamanya. Sekarang tibalah saat kalian tetap muda dan tidak tua selama lamanya.

Sekarang tibalah saatnya bagi kalian bersenang-senang dan tidak sengsara selam lamanya. (HR. Muslim)

Inilah makanan dan minuman yang ada di surga

gambaran surga
via yelp

Gambaran surga berikutnya adalah makanan dan minuman yang ada di surga. Yang harus diketahui, Imam Ahmad berkata : Telah menceritakan kepada kami Miskin bin Abdul Aziz dari ‘Asy’asy Adh-Dharir dari Sahr bin Hausyab dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah bersabda :

“Sesungguhnya penghuni Surga yang paling rendah adalah  orang yang memiliki tujuh tingkatan dan tigaratus pelayan yang mendatanginya setiap pagi dan sore dengan membawa tiga ratus piring  yang terbuat dari emas dengan berisi makanan. Bagian awal dan akhirnya sama lezatnya. Mereka membawa pula tigaratus bejana yang memiliki warna yang berbeda-beda. Bagian awal dan akhirnya sama lezatnya.”

“Dan campuran khamar murni itu adalah dari tasnim. (Yaitu) mata air yang minum daripadanya orang-orang yang didekatkan kepada Allah.” (Qs.Al Muthoffiffin : 27 – 28)

Semua para penghuni surga memandangi wajah Allah SWT

gambaran surga
via google

Ini sangat luar biasa. Gambaran surga berikutnya dijelaskan bahwa semua para penghuni surga memandangi wajah Allah SWT, Sang Maha Pencipta Segalanya.

Di dalam kitabnya, yaitu “kitab sunnah”, Muhammad bin Yazid bin Majah berkata : telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdul Malik bin Abu Syawarib dari Abu Hashim Al Ibadani dari Al Fadhl Ar-Ruqasyi dari Ibnu  Al Munkadir dari Jabir bin Abdullah ra. Bahwasanya Rasulullah bersabda :

“Di saat penghuni Surga asyik merasakan kenikmatan yang mereka dapatkan, tiba-tiba muncul cahaya, mereka mengangkat muka-muka mereka, ternyata Allah SWT telah menampakkan wajah-Nya dengan Rahmat-Nya  dari arah atas mereka. Allah SWT berfirman : “Salam atas kamu wahai penghuni Surga.” Lalu beliau bersabda : “Yang demikian itulah makna firman Allah SWT: “(Kepada mereka dikatakan ) salam, sebagai ucapan salam dari Tuhan  Yang Maha Penyayang.” (Qs.Yaasiin(36) : 58)

Tidak ada kelelahan yang dirasakan kepada semua para penghuni surga. Itu sebabnya mereka tidak tidur selama di surga.

Wanita di surga

gambaran surga
via wahidnews

Gambaran surga berikutnya soal wanita. Abu Bakar bin Abu Syaibah berkata : telah menceritakan kepada kami Ahmad bin  Thariq dari Mis’adaah bin  Ilyasa ‘ dari Sa’id bin  Abu  ‘Arubah dari  Qatadah dari Sa’id bin Musayyab dari Aisyah Radhiyallahu anha, bahwasanya Rasulullah didatangi  oleh nenek dari kaum Anshar seraya berkata :

“Wahai Rasulullah, doakanlah aku  agar masuk Surga. Maka Rasulullah  bersabda : “Sesungguhnya Surga  tidak  akan dimasuki oleh nenek-nenek. Setelah itu Rasulullah pergi  untuk menunaikan shalat,  lalu Beliau pergi  ke tempat ‘Aisyah . Maka ‘Aisyah  berkata : Wanita tadi telah menemukan kesusahan akibat perkataanmu. Rasulullah bersabda : “Demikianlah keadaanya, sesungguhnya apabila Allah memasukkan mereka ke dalam surga, niscaya akan diubah menjadi perawan.”

“Dan di dalam Surga  itu ada bidadari-bidadari yang bermata jeli. Laksana mutiara yang tersimpan baik.”(Qs. Al Waaqi’ah : 22-23)

“Sesungguhnya kami menciptakan mereka(bidadari-bidadari) dengan langsung. Dan kami jadikan mereka gadis-gadis perawan. Penuh cinta lagi sebaya umurnya.  (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan.”(Qs. Al Waaqi’ah :35-38).  Yakni Allah menjadikan mereka setelah tua renta saat didunia, di Surga kembali muda serta perawan, dicintai oleh suami-suami mereka, dan usia mereka sebaya dengan golongan kanan itu

Di surga juga terdapat kuda yang cantik dan indah

gambaran surga
via hdwallpaper

Gambaran surga berikutnya yaitu terdapat kuda yang cantik dan indah. Dan Imam Tirmidzi berkata : telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abdurrahman dari Ashim bin  Ali Mas’udi dari Uqbah bin Al Qamah bin Khadiij dari Sulaiman bin Abu Buraidah dari bapaknya bahwasanya Rasulullah, apakah di Surga ada kuda? Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya jika engkau dimasukkan ke Surga olehAllah, maka setiap kali engkau ingin menggunakan kuda maka engkau akan menggunakan kuda dari yakut yang merah yang akan menerbangkanmu ke mana engkau sukai.” Laki-laki itu berkata:

“Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku adalah orang yang sangat menyenangi kuda, maka apakah di Surga ada kuda?” Rasulullah bersabda: “Demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya di dalam surga ada kuda dan onta tanpa pemilik, berjalan di sela-sela daun di Surga, penghuni surga mempergunakannya untuk saling mengunjungi ke mana saja mereka kehendaki.”

Hubungan biologis di surga

gambaran surga
via Pinterest

Yang terakhir, Gambaran surga berikutnya soal hubungan biologis. Bazar berkata : telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ma’mar dari Abu Abdurrahman bin Yazid dari Abdurrahman bin Ziyad  dari Ammarah bin Rasyid dari Abu Hurairah r.a, beliau berkata :

Rasulullah ditanya : “Apakah para penghuni Surga melakukan hubungan seksual dengan isteri-isteri mereka ? Rasulullah menjawab : “Benar, mereka melakukannya dengan alat kelamin yang tak pernah kendur dan syahwat yang tak pernah berhenti.”

Dalam hadist lain disebutkan : “Seorang mukmin di surga akan diberi kekuatan seratus orang” dan sesungguhnya penghuni surga apabila selesai melakukan hubungan suami istri, maka istri-istri mereka kembali perawan

 

Itulah gambaran surga yang sebagian kenikmatannya telah dijelaskan. Penjelasan di atas merupakan bukti yang paling besar bahwa Allah maha pengasih dan maha penyayang kepada hamba-hambaNya, yang selalu bertakwa kepadaNya.

Maka jangan harap gambaran surga di atas bisa dinikmati oleh orang-orang yang tidak taat kepada Allah SWT. Luar biasa sekali kenikmatan surga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.