Home Hubungan Dampak Buruk dari Gengsi di Pacaran Zaman Sekarang

Dampak Buruk dari Gengsi di Pacaran Zaman Sekarang

SHARE
gengsi via pixabay.com
via pixabay.com

Adakalanya gengsi sudah nggak berlaku lagi ketika sudah pacaran lama. Yang berlaku yaitu saling terbuka untuk mengatakan kekurangan masing-masing. Jadi wajar kalau pada akhirnya sepasang kekasih akan patungan ketika makan di luar. Bisa sih yang cowok tetap bayarin perempuannya, tapi kemungkinan turun level. Jadi yang biasanya makan di restaurant, pada akhirnya beralih di angkringan.

Kalau biasanya si cowok jemput pacar pakai kendaraan pribadi, mungkin suatu saat cowok tersebut bakal memberi alternatif lain, seperti,

“Cinta, kamu pulangnya naik GoJek aja, ya! Aku punya voucher GoJek gratis lima puluh ribu, loh. Kan sayang kalau nggak dipake.”

Kadar gengsi dari lelaki akhirnya turun juga. Karena sadar kalau pacaran ternyata membutuhkan banyak biaya. Tapi tetap aja, di pacaran zaman sekarang, masih banyak pasangan yang gengsi. Jadi berikut Raparapa jelaskan dampak gengsi di hubungan pacar.

1. Kerepotan

Oh pastinya bakal kerepotan. Pacarmu kan punya kelebihan yang nggak kamu miliki. Apa memang nggak punya? Ah, kamu kurang jeli mencari tahu kelebihan pacar tuh!

Karena dia punya kelebihan, maka ketika kamu kesusahan, kamu nggak perlu sungkan untuk meminta tolong padanya.

Perkara gengsi di pacaran jaman sekarang seringnya mengenai uang. Jika kamu gengsi pinjam uang kepada pacar, kamu akan kerepotan mengatasi masalah keuanganmu. Atau memang kamu sadar kalau kamu ndablek, suka kelupaan ketika punya utang dengan orang lain? Memang repot!

2. Nekat dan Akhirnya Menghalalkan Cara

Karena gensi pada pacar, akhirnya kamu nekat dan menghalalkan segala cara. Misalnya, pacarmu nggak pernah memberi ucapan selamat pagi ke kamu, ementara kamu gengsi untuk mengucapkan selamat pagi terlebih dahulu. Akhirnya, kamu lebih pilih mengucapkan selamat pagi ke orang lain, yang menyebabkan beralih memacari orang tersebut. Maka kemungkinan besar kamu menghalalkan selingkuh. Ini sama aja berusaha menghibur diri dengan cara yang salah.

3. Gelisah

Gengsi itu kayak kutu, sekali nempel di rambut bikin gatal. Berhubung gengsi nempelnya di hati, maka yang gatal hati kamu. Tapi kan kamu nggak bisa garukin hati. Maka dari itu, timbulah gelisah. Bisa aja ya? Hehe

Oh iya, baca juga ya: 18 Hal yang Kamu Butuhkan Ketika Sedang Patah Hati sama 10 Alasan Kenapa Harus Berhenti Menghindari Lagu Patah Hati

Dampak gelisah di pacaran zaman sekarang biasanya perkara gengsi mengatakan “nggak bisa” kepada pacar saat pacar minta pertolongan. Padahal permintaan tolongnya jelas-jelas nggak bisa kamu penuhi karena bagimu itu terlalu rumit. Seperti minta tolong membalikkan tangkuban perahu. Akhirnya, karena terlanjur menyanggupi permintaannya, kamu gelisah mencari cara agar dianggap bisa diandalkan, agar di matanya kamu merupakan orang tepat. Nggak peduli di balik semua itu, kamu sedang mengerahkan teman-temanmu agar ikut membantu, padahal belum tentu juga mereka bisa bantu.

Akhirnya, kamu terus memaksakan diri, memaksakan teman-teman kamu juga, diburu gelisah, nggak sadar kamu kerepotan, karena pokoknya harus bisa teratasi! Otomatis yang merasa dirugikan bukan kamu aja, melainkan teman-teman kamu juga. Kamu sih terlanjur terpaut sama gensi untuk mengatakan “nggak bisa” kepada pacar.

4. Merasa Bersalah

Ini terusan point nomor 3. Pada akhirnya, dengan berat hati kamu mengatakan “nggak bisa membantu” kepada pacar, karena kamu sudah terlanjur kewalahan dengan gelisah.

Sementara, pacar kamu sudah terlanjur menganggap kalau kamu bisa mengatasi. Kan akhirnya PHP! Maka kemungkinan besar, pacarmu akhirnya minta tolong orang lain, lalu dia beranak dengan orang lain yang menolonginya. Yang merasa bersalah siapa? Makan tuh gengsi!

5. Selalu Menghindari Masalah yang Dialami Pacar

Ini akibat kamu selalu gengsi mengatakan “nggak bisa” kepada pacar saat pacar membutuhkan pertolonganmu. Jadi kamu takut ketemu gelisah lagi. Akhirnya ketika pacar meminta bantuanmu lagi, kamu mendadak hilang dari peredarannya, menghindari masalahnya, menyalahkan hubungan pacaran. Pacar macam apa kamu ini? Seenggaknya kasih saran, kek!

6. Nggak Mau Menerima Kritikan dari Pacar

Jika kamu gensi untuk mengakui kalau kepintaranmu ternyata lebih rendah dari kepintaran pacar, pasti apapun kritikan baik dari pacar bikin kamu mudah tersinggung, lalu kritikannya segera kamu tepis jauh-jauh, bahkan disangka kritikan sesat.

Kamu nggak boleh begitu toh. Cobalah intropeksi diri. Kalau kamu bodoh ya ngaku bodoh sama diri sendiri. Biarkan pacar membimbing kamu demi tujuan baik. Dan ada saatnya di mana kamu harus minta bimbingan cara membimbing pacar dengan baik kepada pacar kamu. Supaya bisa gantian membimbing pacar lah! Masa iya kamu yang dibimbing terus? Gengsi lah. Enak aja!

 

Itulah 6 dampak karena menerapkan gengsi di pacaran zaman sekarang. Nggak enak kan? Tapi cara membuang semua dampak di atas itu mudah, yaitu kamu harus tampil apa adanya terhadap pacar. Kalau pacar menerimamu apa adanya, maka dialah pacar yang baik dan layak kamu pertahankan.

Oh iya, jangan lupa share! 🙂

 

(Foto: pixabay.com)

1 COMMENT

  1. […] diterapkan secara rutin oleh kebanyakan pasangan. Ayolah, jangan gengsi untuk menyuapi pacar. Dampak buruknya gengsi saat pacaran banyak loh. Padahal menyuapi pacar merupakan bentuk perhatian semacam itu akan meningkatkan kadar cinta pacar […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.