Beranda Fauna Sangat Wajib Memelihara Ikan Hias Aquarium, Inilah Alasan Menariknya!

Sangat Wajib Memelihara Ikan Hias Aquarium, Inilah Alasan Menariknya!

BERBAGI
ikan hias aquarium
ikan hias aquarium via lifed.com

Inilah alasan yang harus kamu ketahui, mengapa sih kamu wajib memelihara ikan hias aquarium? Pastinya alasannya banyak, dan setelah kamu membaca sambil memaknai setiap alasan di bawah ini, maka kamu akan sadar bahwa ikan hias adalah hewan peliharaan yang sangat menawan dan menguntungkan bagi kehidupanmu.

Dan maaf, jangan salahkan Raparapa ketika selesai membaca berbagai alasan ini, kamu akan bergegas menuju toko ikan hias aquarium, meskipun hal inilah yang Raparapa harapkan. Hihihi.

Jadi, ikan hias aquarium memang sangatlah wajib kamu pelihara, karena inilah alasan menariknya:

Karena kedua orangtuamu nggak akan memprotesmu

Kedua orangtuamu bisa jadi akan memprotes kamu ketika kamu memelihara anjing atau kucing di rumah. Karena kedua hewan itu punya masalah dengan bulu. Tapi untuk alasan yang satu ini sepertinya mustahil. Liat aja, apakah ikan hias dipenuhi bulu?

Lagian, jarang sekali sih ada orang yang alergi dengan ikan hias aquarium.

Kamu juga nggak perlu repot untuk memerintah ikan, karena mereka nggak perlu diperintah. Dan ini nggak berlaku untuk anjing atau kucing. Kamu akan sering dibuat repot meskipun setiap saat kamu memberi peritah kepada mereka. Bau mereka tetap aja aneh, masih suka buang air di mana-mana, dan sering membuat satu ton suara yang menggema.

Percayalah, lebih baik kamu pelihara banyak ikan hias sekaligus daripada menangani banyak anjing atau kucing dalam waktu bersamaan.

Kamu akan berkesempatan untuk menyaksikan keindahan mereka

Di postingan sebelumnya, Raparapa sudah menjelaskan bahwa, di dunia ini punya berjuta-juta jenis ikan yang indah dan bisa kamu dapatkan. Tinggal kamu aja mau pilih yang mana. (Baca: 50+ Ikan Hias di Dunia yang Harus Kamu Tau!)

Mungkin kamu bisa memelihara Ikan Hias Tetra, Ikan Hias Arwana, Ikan Hias Luo Han. Meskipun mereka sudah terbilang jenis ikan hias yang mainstream, tapi tetap aja cantik kalau diletakkan di aquarium.

Kamu juga bisa memelihara Ikan Malaikat atau Angelfish, asal kamu mau mengeluarkan uang lebih, karena keindahan Angelfish sangat sukar untuk dikompromi.

Kamu berkesempatan untuk menyaksikan betapa lucunya kalau ada jenis ikan hias aquarium yang satu ini

Sebab, semua orang bisa menikmati sebuah karnaval di dalam aquarium, namun rasanya kurang lengkap kalau nggak ada Ikan Hias Koki. Dialah yang membuat semua ikan-ikan hias kecil lainnya terlihat menarik. Ikan Hias Koki juga bisa membaur dengan jenis ikan hias aquarium apapun.

ikan hias aquarium
Ikan hias aquarium jenis Koki via aquariumfish.net

Pokoknya, kalau kamu pelihara ikan hias kecil dalam jumlah banyak di satu aquarium, jangan lupa untuk menyertakan ikan hias yang kalau berjalan sambil menggoyangkan kepala ini ya, yaitu Maskoki.

Oh iya, baca juga ya: Berbagai Macam Ikan Hias Koki Lucu dan Menggemaskan

Kamu juga akan menjadi kepribadian yang bersih

Karena nggak semua ikan hias aquarium itu mudah dipelihara. Kalaupun kamu memilih yang mudah dipelihara kayak Ikan Hias Koki, Kuhli Loach, Ikan Cupang, dan yang lainnya, tapi sangat disayangkan jika kamu kurang mempedulikan kebersihan aquariumnya. Sementara ikan hiasnya cantik.

Oh iya, baca juga ya Daftar Ikan Hias Kecil yang Nggak Gampang Mati

Nah, kalau udah gitu, secara langsung kamu akan rutin membersihkan aquarium supaya selalu bersih dan ikannya bisa hidup lama.

Kalau dilakukan secara telaten, kan jatuhnya kamu jadi punya kepribadian yang bersih juga. Masa iya aquarium bersih tapi kamunya jorok. Soalnya kebersihan ikan hias aquarium bisa dinilai dari kerpibadian pemiliknya juga loh.

Oh iya, baca juga ya: Jenis-jenis Ikan Hias Aquarium yang Direkomendasikan untuk Pemula

Kamu akan kreatif jika memiliki upaya untuk yang satu ini

Mencintai ikan hias aquarium bisa dilihat dari segi aquariumnya. Kalau ikan hiasnya udah cantik, masa iya aquariumnya polosan doang? Pastinya supaya lebih bagus harus diberi berbagai ornamen atau hiasan di dalam aquarium kayak pasir, batu-batu merah, karang plastik, rumput-rumput plastik, mutiara plastik, dan lainnya.

ikan hias aquarium
ornamen ikan hias aquarium via lifed.com

Itulah keindahan dari ikan hias aquarium. Colorfull, guys! Namun untuk melakukan semua tata letak itu, bukan dengan cara asal-asalan, dibutuhkan kekreatifan dalam mendesain agar aquariumnya terlihat naturalistik dan eksotis.

Setelah semua berhasil ditata sesuai keinginan, tanpa disadari kamu jadi punya kepribadian kreatif deh. Ada kepuasan tersendiri loh ketika berhasil mendesain aquarium.

Jika keluarga kamu benar-benar mendukungmu dalam memelihara Ikan Hias Air Tawar, maka bisa jadi mereka akan mendukung kamu untuk menciptakan Ikan Hias Air Laut!

Wah, menyenangkan banget nih punya aquarium dalam ukuran besar yang dipenuhi ikan hias aquarium air laut atau air asin!

ikan hias aquarium
ikan hias aquarium air laut via pinterest.com

Di saat itu juga kamu bisa memelihara Ikan Hias Badut atau Clownfish yang lucu itu kayak di film Finding Nemo.

Atau kamu bisa pelihara Ikan Kupu-kupu atau Butterflyfish yang ramping dan cantik. Banyak pilihan ikan hias air laut yang dipastikan penuh kepuasan jika dipelihara.

Ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang pernah memimpikan aquarium ikan hias air asin, agar bisa memiliki bagian dari Finding Nemo di kamar tidur!

Yaudah, praktekin aja, karena nggak mungkin kamu dan seluruh keluargamu di rumah nggak bahagia menyaksikan pemandangan ikan hias aquarium yang ikan dan airnya dari air asin. Karena inilah impian dari banyak penggemar aquarium lovers.

Karena kamu juga perlu memilih nama terbaik untuk ikan hias aquarium kamu

Masalahnya, ikan hias aquarium sangat disayangkan kalau sehari-hari cuman ditatap kamu doang. Diajak curhat dong! Tapi sebelumnya dikasih nama dulu. Namanya yang kreatif. Semakin kreatif, semakin baik. Curhatnya juga semakin asyik.

Kenapa enggak? Wong menurut penelitian, curhat dengan hewan peliharaan bisa mengurangi penyakit stress kok. Geniusbeauty.com juga pernah meriset dan akhirnya menulis, 1 dari 10 wanita mengaku, bahwa mereka lebih cinta hewan peliharaan ketimbang pacar atau suami.

Maka dari itu, hey ladies, bukan perkara susah kan untuk memberi nama favorit kepada ikan hias aquarium? Hehehe

Eh tapi kamu yang udah punya ikan hias aquarium pasti pernah ngajak ikan hias kamu ngobrol kan? Meskipun itu hanya satu atau dua kali, dan kamu beranggapan bahwa mereka bisa mengerti apa yang kamu katakan. Ya kan?

Karena untuk mendapatkan sesuatu yang indah, kamu nggak perlu sertifikat

Asyik ya karena nggak perlu setifikat untuk mendapatkan hewan yang cantik dan eksotis ini. Yang penting jangan kamu makan ikan hias aquariumnya. Meskipun menurut penelitian, makan ikan bisa memperpanjang usia manusia hingga 2,2 tahun.

Mereka akan menjadi nilai plus untuk bagian dalam rumahmu

Ikan hias aquarium siap disaksikan kapanpun, bagimu, bagi keluargamu, dan bagi saudaramu atau tamumu.

Menyenangkan banget ketika ada orang yang berkunjung ke rumahmu. Mereka akan dibuat tercengang oleh keindahan ikan hias aquarium yang kamu rawat dengan penuh cinta.

Itulah yang membuat rumah kamu terlihat menarik.

Sesungguhnya ikan hias aquarium adalah reality show yang sangat membahagiakan.

Ketika ikan hias aquarium kesayanganmu meninggal, kamu akan meneteskan air mata

Percayalah, ikan hias aquarium yang selalu kamu rawat dengan baik, itu layaknya keluarga kandung kamu. Dan mendapati fakta kalau mereka harus meninggalkan fana ini, sama halnya kamu mengucapkan selamat tinggal kepada kerabat baik.

Tapi, kamu sudah cukup mendapatkan kebaikan saat mengucapkan selamat tinggal, karena selain alasan melihat banyak kerabat sejati selalu datang dan pergi, juga ikan hias aquarium kamu sudah memberimu banyak manfaat di kehidupanmu. Salah satunya kepuasan di kala kamu ngajak mereka curhat.

Ikan hias aquarium memiliki daya candu, sebuah pengungkapan yang hakiki!

Emang beneran loh dan ini pengungkapan yang hakiki. Awalnya sih iya niatnya mau pelihara satu atau dua ikan hias dulu. Tapi setelah merasakan kalau mereka menyenangkan ketika dipelihara, akhirnya kamu menuju ke toko ikan hias aquarium lagi untuk mendapatkan ikan hias yang baru.

Memang penuh kepuasan sih ya dalam memelihara ikan hias aquarium!

 

Percayalah, ikan hias aquarium adalah hewan peliharaan yang sangat menawan. Mereka nggak minta sesuatu yang muluk-muluk darimu, tapi mereka malah akan memberikan tontonan yang menenangkan sekaligus menyenangkan kepadamu. Semuanya terbukti dan buruan kamu pelihara mereka dengan penuh cinta! Oh iya, jangan lupa share ya! 🙂

4 KOMENTAR

  1. […] aquarium yang dipenuhi ikan berwarna cerah bisa dinikmati oleh para pecinta ikan hias aquarium, dan itulah salah alasan menarik mengapa kamu wajib memelihara ikan hias aquarium. Tapi ternyata, ada loh beberapa ikan hias yang nggak bias dinikmati oleh banyak pecinta aquarium, […]

  2. Ikan mas koki dicampur ikan kecil-kecil? Sepertinya perhatikan dulu jenis ikan kecilnya. Jangan sampai sirip ikan kokinya malah habis digigit

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.