Home Fauna Daftar Ikan Hias Kecil yang Nggak Gampang Mati

Daftar Ikan Hias Kecil yang Nggak Gampang Mati

SHARE
jenis ikan hias aquarium
via aquariumfish.net

Bagi yang merasa masih pemula dalam dunia ikan hias, memelihara ikan hias kecil adalah jawaban yang bagus. Karena selain harganya terjangkau, untuk memeliharanya juga nggak bikin kerepotan.

Oh iya, baca juga yuk 50+ Ikan Hias di Dunia yang Harus Kamu Tahu!

Maka bagi para pemula yang ingin memelihara ikan hias kecil, Raparapa sudah menyediakan daftar jenis ikan hiasnya di bawa ini. Simak, yuk!

Ikan Guppy

ikan hias
ikan guppy via 123rf.com

Bentuk tubuh ikan guppy ini kecil, kepalanya agak runcing, warna tubuhnya terang dan kontras, siripnya menjuntai indah. Sangat memberi kesan menawan jika Ikan Guppy berada di dalam aquarium.

Jenis ikan hias kecil air tawar ini lebih menawan kalau kamu pelihara dalam jumlah banyak. Jangan cuman satu doang. Yang ada ikannya bisa borring. Kasihan.

Dan kalau kamu pengin aquarium kamu tambah cantik, kamu bisa kasih tanaman air jenis Hydrilla. Pasti ikan guppynya dijamin suka karena merasa ada tempat untuk bermain.

Selain menawan, ikan hias kecil air tawar ini masih diminati banyak pasar ikan hias loh. Karena mereka sudah dikenal bisa hidup tahan lama di dalam aquarium, meskipun nggak pakai bantuan alat oksigen di dalam aquarium.

Oh iya, baca juga yuk Sangat Wajib Memelihara Ikan Hias Aquarium, Inilah Alasan Menariknya!

Apa nggak asyik tuh? Kamu juga nggak bakal dibuat kerepotan kok kalau pelihara ikan hias kecil yang lucu ini.

Ikan Platy

jenis ikan hias aquarium
via aquariumfish.net

Ikan platy punya banyak jenis. Jenis mereka dinilai dari bentuk ekor dan warnanya. Tapi tetap aja, mereka semua masuk ke dalam daftar ikan hias kecil air tawar yang mudah dirawat oleh pemula.

Layaknya ikan guppy, ikan platy juga bisa hidup tahan lama. Udah gitu mereka juga dikenal gampang beranak loh. Jadi kalau kamu punya niat buat nggak gonta-ganti ikan di aquarium, maka sebaiknya kalau kamu pelihara ikan platy , kondisi aquariumnya agak besaran.

Selain itu, jenis ikan hias kecil ini punya kepribadian senang berada di atas permukaan air. Pokoknya menarik deh. Dan kamu bisa pelihara mereka tanpa bantuan alat oksigen.

Ikan Molly

ikan hias
Ikan Molly via aquariumfish.net

Kalau ikan molly, baru deh kamu masukkan ke dalam aquarium kecil nggak masalah. Karena kepribadian mereka kalem. Dan mereka juga tergolong ikan yang pandai bergaul dengan ikan lainnya.

Ukurannya yang sekitar 12 cm ini, dikenal nggak neko-neko kalau urusan makan. Kamu bisa kasih pelet atau cacing beku, semuanya disukai ikan molly. Jadi kamu dijamin nggak bakal kerepotan sama ikan hias kecil ini. Yang ada malah kamu demen. Karena jenis ikan molly juga beragam. Dinilai dari bentuk sirip dan ekornya. Tapi semuanya cantik!

Dan satu lagi yang nggak boleh terlewatkan, mereka juga bisa hidup tahan lama meskipun tanpa bantuan pompa oksigen.

Ikan Cupang

jenis ikan hias aquarium
ikan Cupang via aquariumfish.net

Yang ini juga mudah dipelihara dan masih digemari oleh banyak pecinta ikan hias kecil. Wajar aja sih. Melihat sosoknya yang memiliki ragam warna cantik dan memukau, maka nggak heran para pecinta ikan cupang akan meletakkannya di vas kaca yang cantik. Jadi bisa bikin ruangan rumah terlihat menarik.

Harga ikan hias kecil ini bervariasi ya. Ada yang murah dan ada juga yang mahal. Tergantung kualitasnya. Salah satu kualitas yang sering menjadi perbandingan yaitu pada warna siripnya. Kalau memang warna siripnya terlihat indah, ya pasti mahal.

Bahkan kemarin ada tuh ikan cupang di Bangkok, Thailand, harganya bisa mencapai 1.530 dollar AS atau sekitar 20 juta rupiah. Ikan cupang ini dibandrong dengan harga segitu karena warna siripnya mirip bendera Thailand. Nggak tau tuh masuk ke rekor ikan cupang termahal di dunia atau enggak.

Oh iya, baca juga yuk Ini Nih 10 Ikan Hias Termahal di Dunia

Yang jelas sih jenis ikan hias kecil ini lebih baik dipelihara dalam kondisi sendiri. Karena mereka gampang sekali memutuskan pertarungan jika bersamaan dengan ikan cupang lainnya dalam satu aquarium.

Ikan Neon

ikan hias
ikan Neon/Injel via fishlaboratory.com

Inilah salah satu jenis ikan hias kecil air tawar tropis yang populer. Mereka berasal dari perairan Amerika Selatan.

Ikan neon atau ikan injel sering disebut sebagai permata ikan hias kecil. Kalau kamu pernah liat, bisa jadi akan dibuat memukau sama penampilan mereka yang mencolok indah.

Dengan tubuh biru dan ekor merah terang, ikan neon menciptakan percikan warna yang sangat menarik dari dalam akuarium. Keren banget dijadikan tontonan buat kamu dan keluarga kamu. Soalnya akan lebih baik jika kamu pelihara mereka dalam jumlah banyak. Karena kamu akan menyaksikan betapa menariknya mereka ketika saling kerjar-kejaran.

Untuk harganya, masih dijamin murah kok. Dan untuk hidupnya bisa tahan lama seperti ikan-ikan hias kecil di atas. Cuman Raparapa nggak menjamin kehidupan ikan neon akan seperti apa jika tanpa pompa oksigen. Soalnya kebanyakan para pecinta aquarium akan memberi pompa oksigen ketika memelihara ikan neon.

 

Itulah jenis ikan hias kecil yang bisa dipelihara pemula. Karena selain harganya murah, ikan-ikan kecil di atas juga tergolong bisa hidup tahan lama. Maka bagi kamu yang akan mencoba memelihara ikan hias, apa salahnya merawat salah satu ikan kecil di atas.

Jangan lupa SHARE ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.