Beranda Fauna 23 Jenis Ikan Hias Koi

23 Jenis Ikan Hias Koi

BERBAGI
ikan hias
Gambar ikan Koi via nylten.deviantart.com

Siapa yang nggak kenal dengan Ikan Koi? Ikan hias air tawar yang berasal dari Jepang ini masih diminati oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia. Bahkan di Jepang, Ikan Koi sangat dihormati sampai-sampai dijadikan simbol cinta dan persahabatan.

Oh iya, baca juga ya: 50+ Ikan Hias di Dunia yang Harus Kamu Tau

Maka kali ini Raparapa akan memberi informasi mengenai dua puluh tiga jenis ikan hias Koi.

1. Kohaku

ikan hias koi Kohaku
via kodamakoifarm.com

Ciri khas ikan hias Koi ini adalah memiliki paduan warna merah dan putih yang sangat cerah. Pola warnanya terbentuk menarik di sepanjang tubuh.

Menurut penelitian, Kohaku adalah jenis ikan hias Koi paling tua. Mungkin inilah jenis Ikan yang bernama Hanako, satu-satunya ikan Koi yang bisa hidup selama 226 tahun. Itu terjadi sejak tahun 1751 sampai 1977. Pada umumnya kan usia Koi hanya sampai 30 tahunan.

Wah, Hanako hebat banget ya!

2. Taisho Sanke

ikan hias koi Taisho Sanke
via cebieylavigne.wordpress.com

Kalau ikan hias Koi ini biasa disebut Sanke. Ciri khas warna dasarnya putih yang dilapisi warna merah dan hitam sampai membentuk pola yang menarik.

3. Showa Sanshoku

ikan hias koi Showa Sanshoku
via users.telenet.be

Yang ini biasa disebut Showa. Jenis ikan hias Koi yang ciri khas warna dasarnya merah dan putih. Warna dasar itu dilapisi corak hitam yang menyebar secara nggak merata. Tapi tetap bagus dong dan diminati banyak pecinta ikan Koi.

4. Tancho

ikan hias koi Tancho
via nkc.org.uk

Kalau ikan hias Koi ini unik lagi. Ciri khas warna dasarnya putih juga, tapi memiliki pola tancho berwarna merah di bagian kepala. Seolah-olah lagi pakai minyak rambut tancho.

Jenis ikan hias Koi yang paling populer nih. Kalau di Jepang, Koi Tancho sangat dihormati di industri perikanan.

5. Shiro Utsuri

ikan hias koi Shiro Utsuri
via kodamakoifarm.com

Ikan hias Koi yang memiliki ciri khas warna monokrom, yaitu warna dasar hitam yang ditindihi oleh corak warna putih. Gabungan warna monokrom ini yang membuat Shiro Utsuri terlihat memukau.

6. Hi Utsuri

ikan hias koi Hi Utsuri
via koiphen.com

Hi Utsuri memiliki warna dasar hitam yang dikombinasikan dengan warna merah tua dan oranye.

Saat masih muda, ikan hias Koi jenis ini akan menampilkan warna oranye kusam, namun setelah menuju dewasa, mereka bisa mengubahnya menjadi warna merah terang. Asal mau dirawat dengan baik aja.

7. Ki Utsuri

ikan hias koi Ki Utsuri
via koimudpond.com

Jadi, Utsuri adalah nama dari keluarga ikan hias Koi. Ada Hi Utsuri dan Ki Utsuri. Kalau ki Utsuri, ciri khasnya pada kombinasi warna kuning dan hitam. Ini merupakan salah satu keluarga Utsuri yang paling langka.

8. Asagi

ikan hias koi Asagi
via users.telenet.be

Ikan hias Koi jenis Asagi juga keren kok. Liat aja ciri khas polanya membentuk jaring-jaring berwarna biru di bagian atas tubuh. Kalau di bagian perut, insang, dan sirip, berwarna merah atau oranye.

9. Shusui

ikan hias koi Shusui
via nishikigoilover.blogspot.com

Ciri khas ikan hias Koi jenis Shusui juga hampir mirip dengan Asagi. Yang beda cuman polanya doang. Kalau Asagi memiliki pola jaring-jaring, sedangkan Shusui memiliki pola garis-garis. Keren ya!

10. Matsuba

ikan hias koi Matsuba
via koiphen.com

Kalu Matsuba ini bisa dibilang ikan hias Koi yang spektakuler. Liat aja polanya yang merupakan kombinasi antara warna logam metalik dengan jaring hitam. Unik dan keren banget!

11. Platinum Ogon

ikan hias koi Platinum Ogon
via live-koifish.com

Platinum Ogon juga nggak kalah menariknya. Warnanya nyaris putih metalik yang kalau dilihat agak mengkilap. Benar-benar kayak ikan yang dicat warna putih.

12. Yamabuki Ogon

ikan hias koi Yamabuki Ogon
via koiphen.com

Struktur warna ikan hias Koi jenis Yamabuki Ogon juga nggak boleh diragukan. Kuning metalik yang bersih di setiap tubuhnya membuat Yamabuki Ogon selalu terlihat cantik.

Orang-orang yang memlihara Koi jenis ini pasti akan memerhatikan intensitas air bersihnya.

13. Kujaku

ikan hias koi Kujaku
via pinterest.com

Kalau Kujaku memiliki warna dasar putih yang memiliki corak hitam, merah, kuning, dan oranye. Coraknya juga membentuk jering-jaring yang mencolok. Cantik!

14. Hariwake

ikan hias koi Kikusui
via blueridgekoi.com

Hariwake juga bagian dari ikan hias Koi yang terkenal cerah dengan warna dasar putih bercahaya. Pola warna merah dan kuning yang cerah ini membuat Hariwake terlihat memukau.

15. Kikusui

ikan hias koi Kikusui
via koiphen.com

Sekilas dalam segi warna dan pola, Kikusui mirip dengan Hariwake. Namun kalau diperhatikan lagi, struktur pola pada Kikusui membentuk secara rapi. Kalau tingkat kecerahnnya sih sama kayak ikan hias Koi Hariwake.

16. Kumonryu

ikan hias koi Kumonryu
via blueridgekoi.com

Kumonryu menarik dan unik banget nih. Bisa jadi kamu juga ikut mengagumi keunikannya.

Ini jenis ikan hias Koi yang memiliki pola warna yang bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu. Bisa dari warna abu-abu lalu berubah menjadi putih, atau warna putih menjadi hitam gelap. Dan itu terjadi sesering mungkin di sepanjang waktu.

17. Beni Kumonryu

ikan hias koi Beni Kumonryu
via blueridgekoi.com

Beni Kumonryu merupakan ikan hias Koi dari keluarga Kumonryu.

Sama seperti Kumonryu, Beni Kumonryu juga bisa mengubah pola warnanya dari waktu ke waktu. Cuman Beni Kumonryu mengubahnya hanya dalam warna merah, hitam, dan oranye.

18. Chagoi

ikan hias koi Chagoi
via michigankoi.com

Chagoi menjadi satu-satunya jenis ikan hias Koi berwarna coklat pucat. Jaring-jaring yang membentuk pada punggungnya sangat terlihat jelas dan halus.

19. Soragoi

ikan hias koi Saragoi
via aquatechnobel.fr

Pola jaring-jaring Soragoi juga sama dengan Chagoi, yaitu terlihat jelas dan halus. Yang bikin beda cuman dari segi warna aja. Soragoi memiliki warna abu-abu keperak-perakan.

20. Ochiba Shigure

Ikan hias Koi Ochiba Shigure
via koiphen.com

Biasa disebut dengan Ochiba. Kombinasi warnanya antara cokelat dengan abu-abu perak seperti Sorogoi.

21. Goshiki

Ikan hias Koi Goshiki
via koi-bito.com

Warna dasar Goshiki adalah putih. Pola hitam dan merah yang mencolok itu membuat ikan hias Koi yang ini terlihat gelap. Meskipun pada dasarnya mereka memiliki pola warna hitam, biru, merah, dan putih.

22. Kikokuryu

Ikan hias Koi Kikokuryu
via blueridgekoi.com

Kikokuryu ini benar-benar keren. Warna dasarnya putih yang dikombinasikan dengan warna hitam dalam satu baris. Benar-benar ikan hias Koi ini yang keren.

23. Kin Kikokuryu

Ikan hias Koi Kin kikokuryu
via sunlandwatergardens.com

Kin Kikokuryu juga satu saudara dengan Kikokuryu. Polanya jelas sama. Bedanya hanya dari warna aja. Kalau pola warna pada Kin Kikokuryu dalah oranye atau kuning dengan hitam dan putih.

Cantik!

 

Sekarang udah tau kan beragam jenis ikan hias Koi yang ada? Semoga dari semua jenis di atas, salah satunya ada yang nyantol di hati kamu dan kamu mau pelihara di kolam ikan rumahmu ya.. Bakalan puas deh.

 

(Gambar utama: by nylten.deviantart.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.