Home Seni dan Budaya Jenis-jenis Alat Musik dan Jadikan Salah Satunya Keistimewaanmu

Jenis-jenis Alat Musik dan Jadikan Salah Satunya Keistimewaanmu

SHARE
jenis alat musik
Kenny G via star2.com

Menyusun suara supaya berhasil menciptakan irama, itulah musik. Dan berkat berbagai jenis alat musik yang ada di dunia, irama semakin beragam. Semakin banyak yang memodifikasi suatu instrumen demi menghasilkan musik yang sangat indah. Pokoknya semakin menarik untuk didengarkan dan juga dirasakan. Salut deh sama para musisi profesional di manapun berada.

Oh iya, baca juga ya 50+ Nama Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asalnya

Dan kali ini, Raparapa akan membahas jenis-jenis alat musik yang belum kamu tau, dan juga penjelasan cara memainkannya. Siapa tau setelah mempelajarinya, kamu bisa jadi musisi handal.

Okelah Raparapa aminkan aja dan mari simak kelima jenis alat musik di bawah ini. Dimulai dari,

1. Alat Musik Tiup

jenis alat musik
Kenny G via star2.com

Alat musik tiup atau aerofon adalah suatu alat yang menghasilkan suara dari hasil udara. Untuk memainkannya dengan cara ditiup menggunakan bibir pada suatu tempat di ujung penalu.

Dan untuk menghasilkan irama atau nada yang baik, dibutuhkan lubang untuk ditempatkan atau dimainkan oleh jari-jari.

Jenis alat musik tiup pada zaman kuno terbuat dari tanduk hewan. Dulu sih hanya digunakan sebagai peringatan ketika ada sesuatu yang mengancam atau pengumuman.

Namun seiring berkembangnya zaman, kamu pasti tau lah kalau jenis alat musik tiup sekarang beragam. Ada yang terbuat dari logam, ini dikenal dengn nama Brass Instrument. Dan ada yang dari kayu, ini dikenal dengan nama Woodwind Instrument.

Jenis-jenis alat musik tiup dari logam atau Brass Instrument seperti Terompet, Trambone, Mellophone, Saksofon, Eufonium, Harmonika, French Horn, dan masih banyak lagi. Semuanya menarik dong pastinya.

Dan jenis-jenis alat musik tiup dari kayu atau Woodwind Instrument meliputi Flute atau Suling Bambu, Kaval dan Ney (Kedua jenis alat musik tiup tradisional ini berbeda namun sama-sama berasal dari Turki), Danso (yang ini dari Korea), Hotchiku (kalau yang ini dari Jepang), dan masih banyak lagi.

2. Alat Musik Petik

jenis Alat Musik
guitarworld.com

Dengan menggunakan senar dan tangan sebagai penggerak utama, terciptalah jenis alat musik petik. Untuk menghasilkan suara cukup dipetik menggunakan jari. Cara mengatur nada dan iramanya pun tetap menggunakan jari.

Sebenarnya yang ini nggak perlu dijelaskan pastinya kamu udah tau. Tapi untuk jenis-jenis alat musik petik yang ada di dunia ini apa aja ya?

Oh banyak. Ada Gitar Biasa dan ada juga Gitar Bas. Ada yang bentuknya bulat bernama Mandolin, ada Harpa, Silter, Banjo, Sasando, Ukulele (Bentuknya sama seperti Gitar Biasa tapi suara nada yang dihasilkan beda), Kecapi, Gambus, Saung gauk, Japen, Sampek, dan masih banyak lagi.

Bermain jenis alat musik petik itu sangat menyenangkan. Selain bisa menghibur orang, manfaat lainnya juga banyak. Seperti Gitar. Secara medis bisa menghilangkan stress seseorang, baik pemain gitarnya maupun yang mendengar.

Bisa juga untuk kesehatan jantung. Bisa untuk menambah pergaulan. Dan yang lebih menyenangkannya lagi, bisa untuk menarik perhatian seseorang yang kamu suka.

Jadi tunggu apa lagi? Buruan pilih jenis alat musik petik yang kamu sukai dan segera kamu mainkan di depan orang yang kamu taksir alias gebetan! 🙂

3. Alat Musik Pukul

jenis alat musik
native-instruments.com

Seperti namanya, untuk memainkan jenis alat musik ini dengan cara dipukul. Memukulnya bisa menggunakan tangan atau alat pukul khusus. Dan alat musik pukul selalu hadir dengan jenis alat musik lainnya. Karena seringkali para pendengar musik akan merasa tergerak ketika mendengarkan musik yang ada alat musik pemukulnya.

Untuk jenis alat musik pukul sendiri terbagi menjadi dua ya.. Ada yang bernada, ada yang eanggak.

Jenis-jenis alat musik pukul yang bernada meliputi Calung, Seperangkat Instrumen Gamelan, Kolintang, Vibrafon, Xylophone, dan masih banyak lagi.

Sementara untuk jenis-jenis alat musik pukul yang nggak bernada meliputi Simbal, Gong, Gendang atau Kendang, Rebana, dan masih banyak lagi.

Jadi kalau kamu pukul berkali-kali pasti nggak akan menghasilkan nada irama yang teratur. Karena jenis-jenis alat musik yang disebutkan tadi selalu dilengkapi dengan alat musik yang bernada.

Manfaat bermain jenis alat musik pukul juga banyak loh. Seperti Drum. Bisa meningkatkan kesehatan fisik, bisa jadi karena butuh tenaga ekstra dalam menabuh drum. Bisa juga untuk mencegah penyakit stress dan kanker, serta mencegah penyakit alzheimer atau penyakit pikun.

Jenis alat musik pukul bisa dibilang istimewa dan nggak mudah. Karena pemain drum atau drummer juga ditugaskan untuk memprediksi atau menebak nada yang hendak dipukul agar bisa selaras dengan pengiring alat musik lainnya.

4. Alat Musik Gesek

jenis alat musik
takelessons.com

Dimainkan dengan cara digesek menggunakan alat khusus, terciptalah jenis alat musik gesek yang dikenal menenangkan. Kebanyakan sih alat musik gesek sering melengkapi iringan alat musik lainnya. Sekali ditampilkan secara khusus, seringnya dalam bentuk acara musik besar seperti Opera.

Jenis-jenis alat musik gesek sangat banyak. Ada Biola, Contre Bass, Viola, Cello, Rebab (yang ini tradisionalnya Indonesia juga ada loh), dan masih banyak lagi.

Semua jenis alat musik di atas sangat istimewa. Di bagian alatnya terdapat punggung, leher, dan perut, di mana semua bagian tersebut sangat berperan penting dalam menghasilkan nada yang menggugah selera di telinga dan jiwa kita.

Selain itu, jenis-jenis alat musik gesek sudah dikenal memiliki pembuatan yang cukup rumit. Itu mengapa harganya mahal. Tapi meskipun mahal, bermain alat musik gesek dapat mempertajam perasaan. Ini sebabnya untuk berlatih atau bermain dibutuhkan kesabaran. Karena indah atau enggaknya irama yang dikeluarkan tergantung bagaimana cara perasaan pemain menyikapi.

Kepekaan sangat dibutuhkan pada jenis alat musik gesek.

Seekstrim itu kah?

Ya nggak dibilang ekstrim sih. Cuman pada kenyataannya emang gitu. Kamu bisa perhatikan di sekalilingmu kok, lebih banyak punya teman yang bermain jenis alat musik gesek atau alat musik lainnya seperti Gitar atau Drum? Bisa jadi lebih banyak yang bermain gitar kan? Ini karena penerapan alat musik gesek sangat berbeda dengan alat musik tiup, petik, atau pukul.

5. Alat Musik Sentuh

jenis alat musik
theatrescenes.co.nz

Sentuh atau ditekan. Cukup sekali tekan, terciptalah jenis alat musik tekan. Untuk memainkannya pun cukup di tekan menggunkan jari-jari.

Eh tapi bukan berarti Gitar atau Drum ini masuk ke dalam jenis alat musik sentuh loh ya! Mentang-mentang wujudnya bisa disentuh lalu dibilang alat musik sentuh? Bukan.

Jenis-jenis alat musik tiup itu seperti Piano, Keyboard atau Organ. Jadi untuk menghasilkan nadanya dengan dengan penerapan disentuh menggunakan tangan.

Seperti piano, yang dikenal memberikan banyak manfaat bagi yang memainkannya. Seperti meningkatkan kecerdasaan otak, melatih daya konsenterasi, meningkatkan daya imajinatif, memberikan ketengan jiwa, peka terhadap lingkungan, dan masih banyak manfaat yang berguna lainnya.

Asyik banget yang semua manfaat dari bermain jenis alat musik tiup terutama piano. Ini karena piano punya banyak tuts, yang artinya sangat banyak nada berbeda-beda yang dikeluarkan. Maka dari itu untuk bisa mahir bermain piano bukanlah hal yang mudah, tapi bukan berarti nggak mungkin untuk kamu lakukan. Belajar piano aja dari sekarang! 🙂

 

Itulah lima jenis alat musik yang udah kamu ketahui. Semuanya menarik dan semuanya memiliki keistimewaan yang berbeda-beda. Tinggal kamunya aja mau pilih alat musik yang mana. Raparapa sih berharap, semoga dengan bermain musik kamu jadi merasa diri kamu istimewa. Dan oh iya, jangan lupa SHARE ya! 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.