Home Seni dan Budaya Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

SHARE
kerajinan tangan
via nyoozee.com

Udah nggak asing bagi telinga kita kalau barang bekas bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang mendunia. Menariknya nih, ide kreasi kerajinan tangan dari barang bekas semakin ke sini semakin unik dan lucu. Jadi pastinya semakin banyak peminatnya. Semakin muncul crafter-crafter handal yang senantiasa menyuduhkan ide-ide baru.

Seperti kali ini, bagi kamu yang ingin membuat kerajinan tangan dari barang bekas tapi belum ketemu ide untuk membuatnya, Raparapa sudah menyediakan beberapa ide kerajinan tangan di bawah ini. Kamu perhatikan baik-baik ya! Tinggal siapin aja barang bekas.

Dari Cangkang Kerang

Daripada kalau abis makan kerang terus cangkangnya dibuang dan jadi barang bekas, mending cangkang kerangnya kamu jadikan kerajinan tangan. Kamu bisa jadikan hiasan bunga, guci atau vas bunga, jam dinding, lampu, seperti di bawah ini nih.

kerajinan tangan cangkang kerang
via m.tempo.co

Cantik kan?

Jumlah orang yang menggeluti bisnis kerajinan tangan dari cangkang kerang bekas ini semakin ke sini semakin banyak loh. Ini karena kerang menjadi salah satu komoditas laut yang terbukti punya potensi bisnis tinggi.

Tuh, bernilai duit kan? Coba gih mulai dari sekarang!

Dari Botol Bekas

kerajinan tangan dari botol bekas
via listinspired.com

Kalau yang ini mah untuk lebih jelasnya kamu bisa baca di Kebahagiaan Melalui Kerajinan Tangan dari Botol Bekas.

Dari Stik Es Krim Bekas

Beruntung banget kamu yang doyan makan es krim. Karena dimulai dari sering mengkonsumsi, kamu bisa menciptakan kerajinan tangan dari stik es krim bekas.

Mungkin kamu pernah bikin kali ya waktu zaman SD. Tapi kalau waktu SD kan bentuk kerajinan tangannya cuman biasa aja, nggak menarik perhatian kamu yang udah dewasa sekarang. Maka dari itu, kini kamu bisa bikin kerajinan tangan dari stik es krim yang agak susah dan rumit, biar menantang! Kayak di bawah ini nih,

kerajinan tangan dari barang bekas
via ragamkerajinantangan.blogspot.co.id

Tuh kan bisa dikin rumah. Kamu juga bisa loh bikin model rumah seperti rumah kamu yang sekarang.

Dari Sedotan Bekas

Alat pentransfer dari minuman ke mulut ini ternyata sangat bisa dijadikan kerajinan tangan yang menarik. Melalui sedotan yang udah bekas atau masih baru, kamu bisa berkreasi menciptakan bunga, hiasan dinding, taplak meja, atau yang berhubungan dekorasi rumah. Kayak di bawah ini nih,

kerajinan tangan dari barang bekas
via dagelan.co

Tuh, sedotan daripada ngumpul di pinggir jalan dan bikin jalanan kliatan kotor, mending kamu kumpulin dan kreasikan jadi kerajinan tangan yang bisa mempercantik ruangan rumah kamu. Maka mulai sekarang kamu jangan sepelekan sedotan ya!

Dari CD Bekas

Barang bekas berupa CD aja bisa dijadikan kerajinan tangan yang menarik perhatian. Apalagi sekarang CD udah nggak laku. Orang-orang beralih ke media digital yang apa-apa serba pake flashdisk. Jadi kalau kamu punya CD yang udah bekas, dicoba aja untuk dibikin kerajinan tangan menarik kayak piring, bingkai kaca, hiasan dinding, dan yang lainnya. Kayak di bawah ini nih,

kerajinan tangan dari barang bekas
via mbribik.com

Atau kamu bisa bikin kerajinan tangan dalam wujud CD yang udah dijadikan kepingan gitu lalu ditempel dan membentuk wujud yang menarik. Kayak di bawah ini nih,

kerajinan tangan dari barang bekas
via bintang.com

Dari Koran Bekas

Saat lagi bersih-bersih rumah lalu kamu menemukan tumpukan koran bekas atau majalah bekas yang dianggap nggak berguna lagi di mata kamu, mending jangan buru-buru dirongsokin deh. Karena ternyata koran bekas bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat.

Melui koran bekas, kamu bisa bikin tempat tisu, tempat alat-alat tulis, atau tempat-tampat lainnya yang bisa menampung benda-benda kecil.

Biasanya korannya dipotong sampai ukurannya memungkinkan untuk dijadikan apa yang kamu inginkan. Kemudian korannya dipelintir sampai membentuk lintingan-lintingan koran. Nah, baru deh setiap lintingan ditempel dengan lintingan lainnya supaya bisa membantuk barang yang kamu inginkan.

Barang bekas berupa koran emang terbukti bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang punya nilai jual deh! Bahkan nih ya, ada loh siwi SMA di Sulawesi yang memanfaatkan koran bekas untuk kerajinan tangan berupa pakaian. Jadi pakaiannya dihias menggunakan koran bekas gitu.

kerajinan tangan dari barang bekas
via makassar.tribunnews.com

Wah, kretif ya mereka!

Dari Cangkang Telor

Ini mah gampang banget karena kamu atau keluarga kamu pasti doyan makan telur. Dan daripada dibuang cuman numpukin sampah, mending dibikin kerajinan tangan yang menarik.

Melalui cangkang telur, kamu bisa berkreasi membuat pot mini. Jadi cangkang diberi pasir lalu diberi tumbuhan kecil gitu. Setelah itu kamu letakkan di teras rumah atau di sudut luar rumah yang memungkinkan supaya tempat tersebut terlihat cantik dan bervariasi. Kayak di bawah ini nih,

kerajinan tangan
via nyoozee.com

Tuh! Apa nggak bikin suasana rumah kamu jadi menarik? Pasti dijamin menarik deh!

Atau kamu bisa menggambar langsung dari cangkang telurnya, kayak di bawah ini nih.

kerajinan tangan dari barang bekas
via amawardy.blogspot.co.id

Lucu banget sih!

 

Dari Kain Flanel

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel
via figmilkshakes.blogspot.co.id

Kalau yang ini sangat digemari oleh anak-anak muda zaman sekarang. Jadi kalau kamu punya sisa kain flanel yang sebelumnya udah digunakan untuk keperluan lain, sisanya itu bisa kamu manfaatkan untuk kerajinan tangan.

Banyak sekali ide kreatif untuk membuat kerajinan tangan dari kain flanel yang udah nggak terpakai. Kamu tinggal pilih mana yang kamu suka. Raparapa juga pernah mengulasnya kok di Aneka Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Menggemaskan!

 

Oh iya, beruntung sekali loh buat kamu yang punya hobi baca buku. Karena kamu juga bisa bikin bookmark atau pembatas buku lucu yang bahannya dari kain flanel. Mending supaya jelas kamu baca aja di Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Ini Lucu deh Dijadikan Bookmark Buku.

Di situ banyak banget contoh bookmark lucu dari kain flanel yang bisa menjadi perangsang kamu untuk terus membaca.

 

Itulah ide kerajinan tangan dari barang bekas. Apapun idenya, semua bisa kamu terapkan. Jangan pernah letih untuk berkreasi ya! Karena berkreasi adalah cara melatih diri agar selalu kreatif. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.