Home Seni dan Budaya 8 Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

8 Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

SHARE
kerajinan tangan dari botol bekas
via listinspired.com

Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Botol bekas dari bahan plastik yang akhirnya hanya menjadi sampah adalah hal yang sangat mengerikan. Nggak perlu dijelaskan alasannya juga pasti kamu udah tau. Itu sebabnya daur ulang menjadi hal yang penting dan mengagumkan ketika dilakukan.

Oh iya, baca juga ya: Berbagai Kerajinan Tangan Indonesia di Mata Dunia

Gambar-gambar di bawah ini membuktikan, bahwa kamu bisa menciptakan beberapa hal yang menakjubkan dengan sedikit kreativitas melalui kerajinan tangan botol bekas dari bahan plastik. Kalau kamu berhasil melakukannya, maka kamu layak sekali bahagia. Karena kamu sudah berhasil mengurangi pencemaran.

Tapi kenapa harus botol plastik? Karena kalau botol kaca bikinnya agak rumit. Lagian manusia memang lebih banyak menghasilkan botol plastik ketimbang botol kaca. Jadi selama manusia ada, botol plastik bekas akan selalu menyertai. Dan melalui tangan-tangan kreatif, mengurangi dan mengolah botol plastik bekas menjadi sebuah kerajinan tangan, ternyata sangat bisa dilakukan.

Jadi jika kamu ingin menjadi tangan kreatif, mari belajar menciptakan kerajinan tangan dari botol bekas yang plastik. Di antaranya seperti:

1. Pesawat Terbang Celengan

Jadi, botol plastik yang bikin kamu bisa fokus lagi itu tuh, kalau udah nggak terpakai, ternyata bisa kamu sulap menjadi kerajinan tangan yang menarik loh, seperti Pesawat Terbang Celengan yang gambarnya ada di bawah ini nih.

kerajinan tangan dari botol bekas
via brightnest.com

Kerajinan tangan bentuk ini gampang banget kamu buat dan hanya perlu waktu nggak lebih dari satu jam.

kerajinan tangan dari botol bekas
via brightnest.com

Melalui botol plastik bekas, kerajinan tangan yang ternyata bisa dijadikan celengan itu, bisa kamu gantung di dalam kamarmu. Jadi setiap kamu berada di kamar, pesawat tersebut secara langsung akan mengingatkanmu untuk menabung. Ini unik dan Briliant!

Oh iya, baca juga ya: Kerajinan Tangan Unik yang Mudah Diterapkan

Botol bekas lainnya yang bisa diubah menjadi kerajinan tangan adalah botol bekas minuman bersoda. Wah, yang ini bisa kamu ubah ke dalam wujud yang lebih istimewa. Seperti,

2. Kerajinan tangan dalam bentuk tempat lampu yang mewah

kerajinan tangan dari botol bekas
via boredpanda.com

Yang ini meskipun perlu waktu lama, tapi bisa banget kamu terapkan! Wong caranya gampang banget kok. Tinggal kumpulin botol bekas dari minuman bersoda, lalu potong di bagian bawahnya menggunakan pisau.

Alasan mengapa sebaiknya menggunakan botol bekas dari minuman bersoda, yaitu selain suka-suka aja, tapi juga karena di bagian bawah botol bekas minuman bersoda punya desain menarik. Jadi kalau dijadikan tempat lampu yang digantungkan di atas ruang makan rumah, pasti akan terlihat istimewa. Berasa kayak lagi candle light dinner sama pasangan (kalau punya).

3. Atau Kebun Vertikal

kerajinan tangan dari botol bekas
via thisiscolossal.com
kerajinan tangan dari botol bekas
via thisiscolossal.com

Sebuah kebun dengan konsep botol bekas sebagai pengganti pot yang disusun secara vertikal, ternyata akan terlihat menarik dan natural. Ini cocok banget bagi kamu yang punya banyak tanaman di rumah. Kamu bisa ajak seluruh keluargamu untuk melaksanakan pesta kebun melalui kerajinan tangan.

Tapi sebenarnya nggak diwajibkan punya kebun sih, bahkan berlaku bagi pemilik rumah yang punya sepetak tanah di luar, atau rumah minimalis. Yang diwajibkan yaitu harus punya tanaman aja. 🙂

4. Hiasan Lucu untuk Ruangan Favortimu

kerajinan tangan dari botol bekas
via woohome.com

Bagi kamu yang pengin punya suasana baru di dalam ruangan favoritmu, hiasan lucu dan menarik dari botol bekas ini bisa kamu jadikan alternatif. Udah bikinnya nggak ribet, nggak perlu duit banyak, cuman modal botol bekas, cat, kuas dan pisau, maka kerajinan tangan seperti gambar di atas akan menjadi tontonan menarik bagimu.

Dan juga nggak harus dalam bentuk penguin sih. Kan hewan lucu banyak. Kayak anjing laut, kucing, tapir, koala, gajah, monyet, atau kuda.

kerajinan tangan dari botol bekas
Ini bukan kuda dari botol bekas! via theverybesttop10.com

Selain botol bekas dari minuman bersoda, botol plastik sampo juga bisa dijadikan kerajinan tangan loh. Seperti

5. Wadah Pensil

kerajinan tangan dari botol bekas
via listinspired.com
kerajinan tangan dari botol bekas
via listinspired.com
kerajinan tangan dari botol bekas
via listinspired.com

Kerajinan tangan yang ini digunakan untuk menghalau kekacauan pensil atau pulpen yang yang berserakan di meja.

6. Hiasan Bowling Lucu

kerajinan tangan dari botol bekas
via listinspired.com

Kalau kerajinan tangan ini bisa dijadikan penghias ruanganmu. Bentuk botol sampo kan beragam tuh. Nah, kamu pilih bentuknya yang seperti pada gambar di atas.

Supaya terkesan menyerupai bowling beneran, kamu variasikan dengan bola. Bolanya bebas, bola pingpong boleh, bola tenis juga boleh. Lucu dan kreatif ya!

7. Dijadikan Tempat Charger Hape juga bisa

kerajinan tangan dari botol bekas
via listinspired.com

Nah, kan? Cocok banget nih buat orang yang suka geletakin hape sembarangan pas lagi dicas, yang biasanya bikin kaki kesandung karena kabel chargernya menjalar ke mana-mana lalu bikin hapenya jatuh, pecah, nangis, kemudian putus asa untuk hidup.

Oleh karena itulah, agar hal semacam itu nggak terjadi lagi, maka untuk mengatisipasinya kamu perlu bikin kerajinan tangan dalam bentuk tempat charger hape dari botol sampo bekas.

Eh, merek itu untuk botol sampo atau botol lotion sih?

8. Bahkan nih ya, tutup botol bekas juga bisa dijadikan kerajinan tangan yang sangat terlihat memesona!

kerajinan tangan dari botol bekas
via boredpanda.com
kerajinan tangan dari botol bekas
via boredpanda.com
kerajinan tangan dari botol bekas
via boredpanda.com

Wuih, kalau ini namanya maha karya. Masterpiece! Briliant dan bisa bikin orang-orang berdecak kagum!

Kalau dilihat, mungkin tutup-tutup tersebut hasil dari tutup botol plastik bekas minuman bersoda, botol plastik bekas sampo, dan botol plastik bekas air mineral yang iklannya salah panggil orang karena nggak fokus.

Melalui gambar di atas udah terbukti, kalau tutup botol bekas ternyata bisa menjadi sebuah kerajinan tangan yang punya nilai jual tinggi. Ya kalau mbak-mbak itu mau menjualnya sih. Sebab biasanya orang-orang yang melakukan hal itu karena faktor hobi aja. Meskipun sangat jelas kalau kerajinan tangan semacam itu bisa menjual. Karena sekedar terampil mengumpulkan tutup botol bekas aja belum tentu bisa menghasilkan kerajinan tangan yang berkualitas. Hehe

 

Pada prinsipnya, kegiatan membuat kerajinan tangan dari botol bekas sangatlah sederhana. Asal botol plastik loh ya! Karena bisa dilakukan oleh siapapun, di manapun, dan kapanpun. Nggak butuh biaya besar juga, dan hebatnya lagi akan menjadi solusi untuk menjaga lingkungan dari tumpukan sampah, yang mana akhirnya bisa bermanfaat bagi kesehatan makhluk hidup.

Ya udah, daripada berpangku tangan melihat botol bekas yang berserakan di sekitar, maka sebaiknya kamu sulap aja menjadi kerajinan tangan yang istimewa. Semoga bermanfaat yess! Jangan lupa share! 🙂

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.