Beranda Seni dan Budaya 17 Kerajinan Tangan Indonesia di Mata Dunia

17 Kerajinan Tangan Indonesia di Mata Dunia

BERBAGI
kerajinan tangan perak
via kg-perak.blogspot.com

Beginilah negara Indonesia, menghasilkan banyak sekali aneka kerajinan tangan unik dan menarik yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dan hebatnya lagi, udah lama dikenal banyak sampai ke mancanegara.

Kegiatan berkreasi ini bukan hanya dijadikan hobi, tapi semuanya dalam wujud bisnis kerajinan tangan yang meraup pundi-pundi rupiah. Maka kali ini wajib sekali Raparapa mengajak kamu untuk mengenalkan kerajinan yang menggunakan tangan manusia Indonesia sebagai penggerak. Di antaranya adalah:

1. Kerajinan Batik

Inilah salah satu contoh aneka kerajinan tangan unik khas Indonesia yang harus berada di urutan awal.

Karena wajar sekali bila bisnis kerajinan batik udah dikenal ke mancanegara. Melihat motifnya dipenuhi corak ramai dan indah, batik sangat memberikan unsur segar, menawan, dan juga berwibawah.

Kamu bisa liat kok melalui berbagai tokoh dunia yang mengenakan batik. Mereka terlihat menunjukkan sosok kewibawaannya.

kerajinan tangan batik
via fotografindo.com
kerajinan tangan batik
via harianterbit.com

Peluang usaha kerajinan tangan batik udah lama dikenal karena mengandung filosofi yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Beda motif, beda daerah, beda juga filosofinya.

Jadi, corak dan filosofinyalah yang membuat batik memiliki potensi besar untuk dijadikan peluang usaha kerajinan tangan sampai ke mancanegara. Nilai corak dan filosofinya sungguh memberi daya tarik istimewa di pasar international. Karena zaman sekarang orang pakai batik akan terlihat modis.

Meskipun sekarang dalam membuat kerajinan tangan unik ini bisa menggunakan  printing atau mesin, tapi nggak mempengaruhi peminat batik tulis menjadi sepi. Justru batik tulis akan senantiasa digandrungi masyarakat lokal dan asing, karena dijamin hasilnya lebih bagus.

Kalau mau tau berbagai macam jenis batik beserta gambarnya, kamu bisa baca di Inilah Gambar Batik yang Kaya Motif dan Makna.

2. Kerajinan Wayang

kerajinan tangan wayang kulit
via tribalartasia.com

Yang ini juga bisa dibilang kerajinan tangan unik. Dan kita tahu, bukan hanya dari sosoknya aja yang unik, tapi kerajinan wayang menjadi seni bertutur khas Indonesia. Menceritakan generasi lama atau orang Jawa kuno yang mengandung banyak konflik dan pembelajaran.

Inilah kerajinan tangan unik yang menjadi warisan mahakarya khas Indonesia yang sangat mahal. Udah lama pula mahakarya perwayangan digemari banyak orang di luar negeri. Mereka mendapati kepuasan dalam menyaksikan wayang dan merasakan bahwa seni bertutur ini sangat menarik dan unik.

Aneka kerajinan tangan wayang pun beragam. Ada Wayang Kulit, yang terbuat dari kulit kerbau atau kambing. Gambarnya udah ada di awal tuh!

Kerajinan tangan wayang Beber
via budaya-indonesia.org

Wayang Beber, yang menjadi wayang tertua di Indonesia.

kerajinan tangan wayang klitik
via tatahsungging.wordpress.com

Ada Wayang Klitik, yang terlihat mirip Wayang Kulit tapi sebenarnya terbuat dari kayu.

kerajinan tangan wayang golek
via pariwisatabandung.info

Wayang Golek juga nggak kalah bagusnya, yang ini jenis wayang tiga dimensi dan asli terbuat dari kayu. Jenis kerajinan tangan khas Jawa Barat nih.

UNESCO juga udah mengakui kalau wayang adalah jenis kerajinan khas Indonesia yang udah lama menjadi warisan budaya Indonesia.

Proses untuk membuat kerajinan tangan unik ini juga nggak bisa asal dilakukan oleh sembarangan tangan loh! Karena selain butuh berbagai macam bahan baku, kesabaraan juga sangat diperlukan.

Seperti wayang kulit yang butuh bahan baku berupa kayu landasan, kayu pemukul, lilin pelicin, batu pegasah. Prosesnya juga harus melewati tahap membuat pola di sketsa, mengukir, menatah kulit, pewarnaan, pelekatan, semuanya serba dalam tahap rumit dan menggunakan tangan sebagai penggerak utama.

Itu makanya pengrajin wayang memang punya kesabaran yang besar.

3. Kerajinan Ukiran Kayu

Ini nih peluang bisnis kerajinan tangan Indonesia yang nggak akan mati. Karena kerajinan dari ukiran kayu khas Indonesia menyediakan beragam bentuk dan juga motif.

Di mancanegara juga udah mengakui betul kalau bisnis kerajinan tangan unik berupa ukiran kayu khas Indonesia sangatlah indah.

kerajinan tangan kayu
via bisniswisata.co.id

Contohnya Bali. Bisnis kerajinan tangan kayu khas Bali seperti gelang, kalung, yang udah menjadi tren fashion yang bergerak sangat pesat.

Bisnis kerajinan Patung Kayu di Bali juga terbukti maju. Sebab ukiran dan motifnya sangatlah unik, rumit, tapi menarik, dan juga rapi. Hampir semuanya dilakukan menggunakan tangan.

Suku Asmat di Papua juga udah terbilang mahir dalam membuat kerajinan tangan unik dalam ukiran kayu. Motifnya nggak boleh diragukan lagi. Pokoknya luar biasa indah dan unik banget! Maklum, suku yang dikenal sebagai titisan dewa di Tanah Papua ini emang punya hasrat tinggi dalam kerajinan mengukir kayu.

Kerajinan tangan kayu
via kebudayaanindonesia.net

Tapi pada dasarnya, kerajinan unik khas di Indonesia ini sangat digandrungi warga Amerika loh. Karena Indonesia bisa memastikan kalau produksi kayu yang diekspor ke Amerika adalah kayu kuat, kualitasnya tinggi, desain atau ukirannya indah, ramah lingkungan, dan yang pasti legal dong.

Tapi yang harus kamu tau, untuk membuat kerajinan tangan ukiran kayu cukup lama loh! Mulai dari proses yang sederhana sampai level sulit, semuanya digerakkan menggunakan tangan, dan emang butuh ketelitian yang kompleks.

Tapi, ketilitian kompleks ini yang menjadikan Suku Asmat memiliki peluang bisnis kerajinan tangan kayu yang menjanjikan. Kamu kalau ke Papua dan membeli salah satu kerajinan kayunya, pasti dijamin harganya mahal. Itu karena ukiran atua motifnya dijamin indah.

4. Kerajinan Perak

Mekipun peluang bisnis kerajinan tangan dari perak sekarang dibuat melalui proses mesin, tapi awalnya dibuat dari tangan yang udah merupakan bagian dari tradisi zaman dulu. Hal ini terbukti melalui kata “Rupiah” yang berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu “Rupaya” yang artinya Perak. Karena dulu uang koin Indonesia terbuat dari perak.

kerajinan tangan perak
via kg-perak.blogspot.com
kerajinan tangan perak
via exploringnation.com

Kotagede di Jogja hingga sekarang memproduksi kerajinan perak yang masih dibuat dengan tangan. Kerajinan peraknya juga udah dipandang menawan hingga mancanegara loh!. Maklum, bisnis kerajinan tangan peraknya dijamin terlihat halus dan elegan. Mereka menyajikannya dalam bentuk aksesoris sampai miniatur. Dari segi warnanya juga nggak terlalu berkilau sehingga menimbulkan kesan nggak terlalu menyolok mata.

Itulah mengapa aneka kerajinan tangan unik dari perak di Kotagede masih digandrungi oleh banyak pelancong, terutama para penggemar perak.

5. Kerajinan Logam

Sama halnya Perak, bisnis kerajinan tangan unik dari Logam khas Indonesia juga udah lama mendunia. Logamnya juga dalam wujud aneka wujud, seperti aksesoris, gelas, teko, wajan, nampan, piala, gong, gamelan, sampai engsel pintu rumah. Semuanya terlihat indah dan mengkilau.

kerajinan tangan logam
via bhataramedia
kerajinan tangan logam
via teropongbisnis.com

Daerah Indonesia yang masih kaya akan bisnis kerajinan tangan logam salah satunya ada di Kampung Bangil, Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Di perkampungan sana banyak sekali sekompok orang yang membuat kerajinan tangan unik dari logam dengan cara tradisional. Dan hasilnya dijamin indah serta mengkilat dong.

6. Kerajinan Kulit

Selain Wayang Kulit, aneka kerajinan tangan unik dari kulit lainnya yang khas Indonesia juga banyak, dan pastinya udah lama meramaikan pasar dunia.

kerajinan tangan kulit
via nekadposting.com

Salah satu daerah Indonesia yang terkenal dengan aneka kerajinan tangan kulitnya adalah Jombang, di Jawa Timur. Mulai dari tas, sabuk, sepatu, sandal, dan lainnya. Semuanya dijamin menarik dan udah lama menembus pasar global seperti ke Eropa, Malaysia, Amerika, dan negara-negara maju lainnya.

7. Kerajinan Kain Tenun

Peluang bisnis kerajinan tangan unik yang dibuat dengan benang lungsin ini ternyata udah ada sejak zaman dahulu kala. Yang menarik dari kegiatan menenun yaitu proses yang lumayan panjang dengan alat tenun yang sangat khas. Alat ini merupakan alat tradisional yang menggunakan tangan manusia sebagai penggerak utama.

kerajinan tangan tenun
via wijayamurta88.wordpress.com

Dulu sih kain tenun cuman digunakan sebagai hiasan rumah, pelapis perabotan rumah, pemanis pakaian. Tapi sekarang, peluang bisnis kerajinan tangan dari kain tenun udah naik kelas. Tersaji dalam bentuk busana mewah, sepatu, tas, hiasan, dan lain sebagainya.

Toraja, Minang, Lombok, dan Bali, adalah daerah yang terkenal dengan produksi kerajinan tangan kain tenunnya. Sejak tahun 2014, Maroko malah meminta pemerintah Provinsi Sumatra Barat untuk menyuplai berbagai produk dari hasil kerajinan kain tenun.

kerajinan tangan tenun
via boombastis.com

Oh iya sekedar info nih! Untuk foto yang ada di atas. Itu adalah Natasha Annestessya, seorang model pengrajin tenun Pandai Sikek yang ada di pecahan lima ribu rupiah.

Hebat ya! Melalui foto tersebut, kerajinan unik ini bisa diartikan juga sebagai warisan budaya Indonesia.

8. Kerajinan Batu

Indonesia juga dipenuhi oleh para pemahat batu yang menjadikan batu sebagai peluang bisnis kerajinan tangan unik yang menjajikan

Para pemahat ini menyajikannya dalam wujud seni artistik yang udah lama laris di pasar dunia. Seperti beragam patung yang dibuat para pengrajin di Magelang. Di sana jumlah pemahat patung berjubel-jubel.

kerajinan tangan batu
via travel.detik.com

Bali dan Jepara juga udah lama menjadi pencipta peluang bisnis kerajinan tangan unik ini. Batu yang paling laris di sana kebanyakan dalam wujud souvenir yang dijamin unik dan indah. Fakta unik dan indahnya dilihat dari banyaknya turis yang dibuat kagum dengan hasil karya batu souvenir ini dan mereka nggak akan pikir dua kalu untuk membelinya.

Dan kamu juga harus tahu, salah satu kerajinan tangan batu Indonesia yang udah tersohor dan diincar oleh banyak selebriti dunia adalah Batu Mulia.

9. Kerajinan Anyaman Bambu

Wah, kamu pasti setuju kalau ini juga termasuk kerajinan tangan unik khas Indonesia.

Kerajinan anyaman bambu udah lama menembus perdagangan ekspor. Ya wajar aja sih, peluang bisnis kerajinan tangan unik ini dijamin indah dan bisa menghasilkan beragam wujud seperti keranjang, perabotan rumah, tempat tisu, lampu hias, tatakan gelas, dan lainnya.

kerajinan tangan anyaman bambu
via jadiberita.com

Maka bisa dibilang kerajinan tangan dari anyaman bambu sebagai komoditi industri kerajinan yang akan selalu diincar oleh masyarakat di berbagai negara. Seperti Pasar Eropa dan Amerika yang sering membidik kerajinan anyaman Indonesia. Pastinya karena hasilnya unik dan indah dong.

Di Jawa Barat seperti Tasikmalaya dan Garut tuh banyak banget para pengrajin yang udah lama bergelut di bisnis kerajinan tangan dari anyaman yang udah diekspor ke berbagai daerah di Indonesia.

10. Kerajinan Rotan

Yang ini juga udah menyebar ke berbagai negara di luar Indonesia loh! Lomboklah salah satu yang khas dari peluang bisnis kerajinan tangan berupa rotan, dan udah lama diminati pasar internasional.

kerajinan tangan rotan
via pergiberwisata

Produksi rotan yang dihasilkannya terdiri dari furnitur, aksesoris rumah, aksesoris fashion, pernak-pernik rumah tangga, hingga tas wanita.

Nggak heran deh kalau melihat banyak turis yang datang ke Lombok dan nggak akan berpikir panjang untuk membeli kerajinan tangan rotan. Lha wong wujudnya emang benar-benar bagus kok!

Oh iya, just info nih untuk kamu. Peluang bisnis kerajinan tangan unik ini selayaknya kita beri dukungan. Karena membudidayakan rotan berarti ikut melindungi hutan. Kita mendukung atau membeli produksi rotan di Indonesia, artinya kita turut andil dalam menjaga hutan. Soalnya rotan punya peran penting dalam perlindungan hutan sebagai tanaman panjat yang butuh pepohonan untuk bisa tumbuh.

11. Kerajinan Kerang

Banyak orang yang beranggapan kalau kulit kerang adalah limbah yang nggak berarti. Tapi ternyata anggapan semacam itu sangat bisa kita tepis. Sebab melalui kulit kerang, tercipatalah kerajinan tangan unik yang berhasil menembus pasar dunia.

kerajinan tangan kerang
via bisnisukm.com

Di Indonesia banyak kok para pengrajin yang melihat potensi besar dari kulit kerang. Apalagi Indonesia kan negara kepulauan, yang dua pertiga wilayahnya terdiri dari laut. Maka sangat jelas kalau jumlah kerang di Indonesia melimpah-ruah dan ini bisa mengalahkan dari jumlah pelaku LDR yang dibatasi pulau.

kerajinan tangan cangkang kerang
via m.tempo.co

Kerajinan tangan unik ini bisa menghasilkan souvenir, lampu dan kap lampu, guci, jam dinding yang beraneka motif, dan barang-barang cantik lainnya.

Dan yang harus kamu tau nih, jumlah perminat bisnis kerajinan tangan berupa kulit kerang dari waktu ke waktu selalu dan terus meningkat. Karena ya itu, ternyata kulit kerang bukan sekedar limbah yang nggak berarti. Tapi malah bisa menciptakan maha karya khas Indonesia.

13. Kerajinan Keramik

Bisnis kerajinan tangan keramik buatan Indonesia juga masih diminati pasar dunia. Malah bisa dibilang kualitasnya nggak kalah bagus dengan negara asli penghasil keramik, yaitu di Tiongkok, Cina.

kerajinan tangan keramik
via blog.tokopedia.com

Keramik Indonesia yang banyak di ekspor seperti Vas Bunga, Guci, Patung, dan lainnya.

13. Kerajinan Gerabah

Karena memang terbukti kualitasnya halus dan menarik. Maka nggak heran kalau bisnis kerajinan tangan dalam wujud perkakas yang dibuat dari tanah liat ini udah lama unggul di pasar dunia.

kerajinan tangan gerabah
via jogjapetualang

Kerajinan tangan ini tersaji dalam bentuk piring, kendi, guci, tempayan, anglo, kuali, celengan, pot, atau hiasan. Salah satu daerah Indonesia yang terkenal dengan pengrajin Gerabah adalah Jogja.

Duh, lagi-lagi Jogja nggak ada matinya nih untuk urusan seni.

14. Kerajinan Batang Pisang

Bisnis kerajinan tangan yang ini mungkin belum terlalu familiar ya kalau dibandingkan dengan bisnis-bisnis di atas. Soalnya industri kreatif kerajinan dari batang pisang di Indonesia belum menyebar ke banyak daerah.

Tapi yang jelas, ada beberapa industri yang meraup bisnis kerajinan tangan dari batang pisang dan berhasil diekspor ke luar negeri.

Yang pertama di Bengkulu milik Ibu Suminah.

kerajinan tangan dari batang pisang
via bisniskeuangan.kompas.com

Melalui bahan dasar pisang atau kedebok pisang, tangan Ibu Suminah mahir sekali dalam mengolah batang pisang menjadi aneka kerajinan tangan unik seperti gantungan kunci, tas, tempat tisu, sepatu dan sandal dengan motif batik bersurek khas Bengkulu.

Bisnis kerajinan tangan unik milik beliau udah diekspor ke Tiongkok dan terbukti ramai peminat. Udah punya branding yang terkenal di Tiongkok juga dengan merek Mega Souvenir.

Keren kan? Coba kamu simak videonya di bawah ini deh.

 

Yang kedua ada di Kulon Progo, Jogja.

Melalui tangan Pak Tukimin, pria berusia 46 tahun ini berhasil menciptakan bisnis kerajinan tangan unik dari batang pisang menjadi beragam kerajinan yang punya nilai jual tinggi dan diminati konsumen asing.

kerajinan tangan batang pisang
via bisnisukm.com

Kerajinannya berupa furniture dan berbagai interior rumah atau hotel. Peluang bisnis ini  dimulai sejak tahun 1996 dan masih diminati konsumen asing hingga kini.

Emang keren deh!

15. Kerajinan dari Limbah Kayu

Jadi, di sebuah Dusun Madigondo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, memiliki banyak pemuda yang memiliki bisnis kerajinan tangan unik dari limbah kayu.

Limbah kayu ini dijadikan jam tangan dan kaca mata untuk banyak kalangan. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orangtua.

kerajinan tangan limbah kayu
via nasional.republika.co.id

Sejak awal mereka menciptakan bisnis kerajinan tangan unik ini di tahun 2015, pasar dunia langsung melirik dan tak segan untuk membelinya. Seperti Singapura dan beberapa negara di Eropa.

Para pemuda di Dusun Madigondo benar-benar murni memanfaatkan limbah kayu sisa industri. Sangat menyanangkan jika dibuang ke sungai. Dan ternyata, limbah kayu tersebut punya nilai ekonomi yang tinggi ketika disulap menjadi kerajinan tangan unik. Ini secara langsung mendukung sikap yang ramah lingkungan. Salut deh sama pemuda-pemuda Jogja ini.

Oh iya, baca juga ya: Kebahagiaan Melalui Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

16. Kerajinan Rajut

Dulu, merajut dan merenda identik sebagai kegiatan orang-orang dewasa, namun sekarang kerajinan tangan dari bahan benang ini bisa dilakukan atau bahkan digemari oleh semua usia.

Selain sering muncul komunitas merajut di kota-kota besar, bisnis kerajinan tangan dari rajut di Indonesia juga telah menembus pasar internasional. Seperti sarung bantal, bed cover, taplak meja tamu, sarung untuk tissu, sarung untuk dispenser.

kerajinan tangan rajut di bengkulu
via anekatasrajut.com

Beberapa home insdustry kerajinan tangan rajut asal Bengkulu dan Bangka Belitung juga udah menembus ke Cina loh! Kerajinan rajutnya benar-benar dibuat dari tangan dalam wujud motif yang menarik dan unik.

Di Jogja juga ada loh tas rajut wanita dengan merek Handmade. Tas rajut ini udah terkenal dengan keistimewaannya yang nggak bisa dihasilkan oleh sembarang tangan. Karena kerajinan tangan unik dari Handmade punya hasil yang indah dan eksklusif.

kerajinan tangan rajut
via indigrosir.com

Handmade membuktikan bahwa sekedar terampil merajut aja belum tentu bisa menghasilkan kerajinan tangan unik yang berkualitas. Inilah brand nasional yang telah mendunia dan nggak kalah dengan tas-tas merek-merek terkenal yang ada di luar negeri.

Di Handmade nilai jualnya juga tinggi banget loh, karena proses bikin satu tas aja cukup rumit dan lama. Selain harga, tampilan desainnya juga bervariasi.

Ps: Biarpun menyebut merek beserta penjelasan yang cukup panjang, tapi sayangnya artikel ini bukan artikel advertorial yang berbayar. Meskipun Raparapa akan bahagia bila Handmade mau bikin advertorial di sini. Dijamin hasilnya bakal keren banget! 🙂

17. Kerajinan Tulang Ikan

Wah, kita harus kasih jempol untuk para pengrajin Indonesia ini nih!

Bayangin aja, tulang ikan bisa mereka jadikan aneka kerajinan tangan unik dan kreatif. Itu semua karena laut di Indonesia emang surga banget sih ya, sangat kaya dan menguntungkan banyak umat.

Cocok banget dibisniskan kamu yang pengin punya usaha kerajinan tangan unik!

Kerajinan Tangan Tulang Ikan
via probisnis.net

Para pengrajin tangan di Ubud, Bali, melihat potensi luar biasa dari tulang-tulang ikan yang udah dibuang dan hanya menjadi sampah. Tulang-tulang ikan tersebut malah dijadikan aneka kerajinan tangan unik yang terbukti punya nilai jual bagus bagi turis-turis mancanegara, seperti dalam wujud aksesoris sampai miniatur unik seperti naga, motor, burung garuda, dan berbagai bentuk menarik yang lain.

Selain tulang ikan, tulang hewan darat yang udah mati juga punya nilai jual yang tinggi ketika disulap menjadi kerajinan tangan. Seperti tulang sapi yang disulap menjadi aneka kerajinan tangan unik dengan harga yang mahal.

Kerajinan Tangan Tulang Sapi
via indonesian.alibaba.com

Kalau mau liat langsung, kamu datang aja ke Pasar Sukawati atau beberapa daerah di Ubud, Bali. Di situ kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatannya yang rumit.

 

Sangat membanggakan ya setelah mengetahui aneka kerajinan tangan unik di Indonesia yang udah mendunia. Para pengrajin di Indonesia di atas udah jelas terbukti mengharumkan nama Indonesia di pentas industri kerajinan internasional. Salah satunya melalui event Inacraft yang setiap tahunnya diadakan di Jakarta.

Melalui hal-hal yang udah dijelaskan di atas, ini sekaligus menjadi ajakan kepada generasi muda atau penerus agar selalu bisa kreatif melalui bisnis kerajinan tangan unik. Atau kalau kamu hanya sekedar membeli hasil kerajinan khas Indonesia, maka artinya kamu juga ikut mendukung pilar perekonomian melalui industri kreatif.

Penjelasan di atas juga menjadi pembuktian, bahwa sesungguhnya aneka kerajinan tangan unik khas Indonesia punya prospek bisnis yang besar. Kamu yang masih muda bisa belajar dari sekarang tuh. Mulai dari belajar kualitas produk sampai strategi pemasarannya.

Coba pasarkan di tempat wisata atau lewat media online. Tunjukan kalau Indonesia punya aneka kerajinan tangan unik dan menarik buatan tanganmu. Mereka yang disebutkan di atas juga bisa, kenapa kamu enggak? Suatu kebahagiaan loh bisa menggelorakan industri hasta karya Indonesia supaya semakin mendunia. Selamat mencoba!

Oh iya, jangan lupa SHARE ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.