Home Hiburan 12 Lagu Jepang Terbaik dan Melegenda di Telinga Indonesia

12 Lagu Jepang Terbaik dan Melegenda di Telinga Indonesia

SHARE
lagu jepang terbaik
popcrush.com

Sudah lama lagu Jepang dianggap menarik di telinga masyarakat Indonesia. Baik itu lagu lama maupun yang lama banget alias jadul. Tapi meskipun jadul, lagu-lagu ini menjadi lagu Jepang terbaik yang melegenda di hati masyarakat kita. Dan ngomong-ngomong, tulisan “Lagu Jepang” kalau diubah ke dalam huruf kanji jadinya begini nih “日本の歌”.

Tapi kali ini kita lagi nggak mau ngobrolin huruf kanji. Kita akan ngobrolin daftar lagu Jepang terbaik yang udah akrab di telinga orang-orang Indonesia. Raparapa udah berhasil mengumpulkan semuanya, dan inilah 12 lagu Jepang terbaik sepanjang masa yang wajib kamu dengarkan. Karena bisa aja kamu akan menjadikan kedua belas lagu ini sebagai lagu favorit di playlist kamu.

Mari simak!

1. First Love – Utada Hikaru

lagu jepang terbaik
popcrush.com

First Love kalau ditulis pake huruf kanji jadinya begini nih 初恋

Oh iya, kita lagi nggak ngobrolin huruf kanji. Sorry!

Tapi emang pada dasarnya lagu-lagu Utada Hikaru udah lama dikenal enak sih. Kemerduan suaranya juga perlu sekali kamu setujui. Lagu-lagu Jepang terbaik miliknya udah berkali-kali berada di peringkat pertama di tangga lagu Jepang, seperti First Love, yang terkenal punya lirik indah dan mudah dihafal serta diucap.

First Love telah menjadi lagu Jepang terbaik yang sampai sekarang masih melegenda di telinga masyarakat Indonesia. Meskipun tema lagunya pelik sih. Bercerita mengenai seorang perempuan yang kebingungan karena kehilangan kekasihnya. Perempuan ini sangat paham bagaimana hatinya dirobek oleh mantan kekasih.

Oh iya, jangan lupa baca juga ya 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Menghindari Lagu Patah Hati

Lagu Jepang terbaik yang satu ini telah melewati tahap penjualan yang sangat memuaskan loh, yaitu 800.000 keping di tahun pertama 1998. Emang hebat deh penyanyi cantik Jepang ini!

Dan kamu harus tau kalau First Love selalu ada di setiap daftar lagu karaoke. Karena bisa dibilang First Love adalah lagu Jepang terbaik sepanjang masa. Udah pernah karaokean pake lagu Jepang sedih yang satu ini belum?

Coba deh kamu dengar lagu First Love di saat malam atau suasana sunyi, pasti kamu bisa merasakan bagaimana musik dan lagu berpadu dan menciptakan perasaan emosional. Pasti deh!

2. Kokoro no Tomo – Mayumi Itsuwa

lagu jepang terbaik
masshar2000.com

Dulu waktu Mayumi Itsuwa nyanyi lagu Kokoro no Tomo perasaannya gimana ya? Kok bisa jadi lagu Jepang terbaik sepanjang masa gini ya?

Masalahnya, lagu ini udah terdengar lama di telinga masyarakat Indonesia. Bisa dibilang melegenda. Ya mungkin karena lirik dan musiknya lembut, mudah diingat, dan gampang untuk diucap. Bisa jadi!

Tapi emang beneran loh! Kamu dengerin Kokoro no Tomo seharian aja bisa langsung hafal.

Mayumi Itsuwa adalah perempuan berkebangsaan Jepang yang lahir di tahun 1951. Kokoro no Tomo bukan satu-satunya lagu yang membawakan ia pada kesuksesan. Karena daftar single lagunya banyak banget.

Dan yang harus kamu tau, Kokoro no Tomo populer di tahun 1980-an loh. Jadi wajar kalau anak-anak muda zaman sekarang akan merasa asing ketika mendengar lagu Jepang satu ini. Tapi bukan berarti nggak akan suka.

Kalau kamu merasa sebagai anak zaman sekarang yang haus akan lagu-lagu Jepang terbaik sepanjang masa, maka jadikan Kokoro no Tomo salah satunya. Karena Kokoro no Tomo masih menjadi lagu Jepang yang melegenda sampai sekarang.

3. La La La Love Song – Toshinobu Kubota

lagu jepang terbaik
via jonooit.com

Kalau lagu Jepang terbaik sepanjang masa satu ini lawannya dari perasaan sedih. La La La Love Song memiliki tema keceriaan dan cinta. Penyanyinya bernama Toshinobu Kubota. Ia dikenal sebagai penyanyi pria yang sukses dengan penjualan lagu mencapai jutaan keping.

Selain suaranya yang indah, performanya di atas panggung juga sangat memukau. Tapi kenapa sih La La La Love Song menjadi salah satu lagu Jepang terbaik di telinga masyarakat Indonesia?

Alasannya karena La La La Love Song pernah menjadi soundtrak drama televisi yang berjudul Long Vocation. Drama ini cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia ketika pernah ditayangkan di Indosiar pada tahun 2001.

Kalau dramanya asyik, pastinya soundtrack-nya juga kebawa asyik dong! Apalagi La La La Love Song juga memiliki irama yang asyik dengan lirik asyik yang mudah diingat dan diucap.

Yaudah, download aja lagu Jepang La La La Love Song sekarang!

4. True Love – Fumiya Fujii

lagu jepang terbaik
jpopasia.com

Fumiya Fuji, penyanyi populer yang muncul di tahun 90-an. Ia telah berhasil menciptakan lagu Jepang terbaik berjudul True Love yang menarik banyak perhatian masyarakat Indonesia.

Terlepas dari kesuksesan lagu True Love yang berhasil terjual sampai jutaan kopi, lagunya memang sangat enak dan berirama lembut. Liriknya juga mudah diingat dan diucap. Meskipun kalau diterjemahkan memiliki arti tentang kepedihan hati.

Tapi cobalah untuk memasukkan Tru Love ke dalam daftar lagu Jepang terbaik yang wajib kamu dengar. Yang belum punya, download sekarang ya! 🙂

5. Fukai Mori – Do As Infinity

lagu jepang terbaik
tasriri.blogspot.co.id

Film kartun Inuyasha berhasil mengundang perhatian masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena kisahnya yang menarik, tapi juga soundtrack lagunya. Fukai Mori adalah soundtrack dari film Inuyasha. Inilah salah satu lagu Jepang terbaik sepanjang masa karena masih senantiasa didengar masyarakat Indonesia sampai sekarang.

Fukai Mori dinyanyikan oleh sebuah Band Jepang bernama Do As Infinity. Vokalisanya cewek, suaranya indah, dan lagunya memang enak didengar. Karena tempo nadanya santai dan juga liriknya mudah diingat dan diucap.

Meskipun memiliki cerita tentang kesedihan akibat pasangan, tapi Fukai Mori selalu memberi efek untuk terus didengar oleh banyak masyarakat Indonesia. Inilah yang sampai sekarang Fukai Mori ditetapkan menjadi salah satu lagu Jepang terbaik sepanjang masa.

6. Haruka Kanata – Asian Kung-Fu Generation

lagu jepang terbaik
via eimusics.com

Selain Inuyasha, serial film Jepang lainnya juga banyak digemari oleh masyarakat tanah air. Salah satunya Naruto. Wah, salah satu serial Jepang terbaik nih! Digemari di segala usia. Perempuan dan pria suka dengan Naruto.

Berkat Naruto, lagu Jepang berjudul Asian Kung-Fu Generation yang menjadi soundtrack filmnyanya, ikut digemari juga. Haruka Kanata adalah band asal Jepang dengan genre pop dan rock.

Komposisi irama dan lagunya asyik. Ciri khas intro musik yang dihasilkan gitar menjadikan lagu Jepang ini populer. Masyarakat Indonesia memang punya selerea musik yang menarik deh, kayak kamu ini.

Coba deh kamu download lalu dengarkan lagu Asian Kung-Fu Generation! Kemungkinan pasti kamu akan setuju kalau ini adalah salah satu lagu Jepang terbaik.

7. Sobakasu – Judy and Mary

lagu jepang terbaik
spirit-of-rock.com

Mengudaranya serial Samurai X di SCTV, membuat soundtrack lagunya ikutan melekat di hati dan telinga masyarakat Indonesia. Band yang bernama Judy and Mary ini sanggup menciptakan lagu Jepang terbaik di Indonesia, yaitu Sobasaku.

Ini karena lagu Sobakasu punya komposisi musik menarik yang dihasilkan dari suara penyanyi yang unik. Suara khas Jepang banget deh! Kamu yang belum pernah dengar lagu Sobasaku, maka wajib untuk mendengarnya. Raparapa bisa menjamin 95% kamu akan suka lagu Jepang Sobasaku ini!

Tapi bagi kamu yang udah pernah dengar karena dulu sering nonton Samurai X, maka bersiaplah untuk diajak bernostalgia. Dan bisa jadi waktu dulu atau bahkan sekarang kamu menyangkanya lagu Jepang terbaik ini dinyanyikan oleh anak kecil ya? Padahal perempuan dewasa loh!

8. Stay Away – L’Arc~en~Ciel

lagu jepang terbaik
www2.tnp.sg

L’Arc~en~Ciel telah meraih banyak kesuksesan di dunia musik dengan genre J-Rock. Baik dari penjulan CD-nya, konsernya selalu ramai di berbagai negara, meraih banyak penghargaan. Dan ini menyebabkan L’Arc~en~Ciel memiliki banyak fans dari berbagai negara.

Salah satu negaranya adalah Indonesia. Karena lagu yang berjudul Stay Away milik L’Arc~en~Ciel pernah populer di televisi Indonesia pada awal tahun 2000-an. Inilah yang menjadikan Stay Away dianggap sebagai salah satu lagu Jepang terbaik bergenre J-Rock di Indonesia.

Meskipun tempo musiknya cepat, tapi lagu dari band  dengan nama yang kalau ditulis agak ribet ini memiliki kandungan lirik yang mudah diingat dan diucap. Bahkan sebenarnya lebih mudah mengucap liriknya daripada mengucap nama bandnya.

Tema lagu Stay Away mengenai kehidupan dan keberuntungan. Coba deh download lagunya dan dengar! Pasti kamu suka! 🙂

9. I For You – Luna Sea

lagu jepang terbaik
pinterest.com

Lagi-lagi karena serial drama Jepang yang berhasil mengudara di televisi Indonesia, akhirnya soundtrack lagunya ikutan mengudara di telinga masyarakat kita deh. Nggak apa-apa, perjalanan lagu agar berhasil populer memang sering melewati tahap begini.

Namun terlepas dari itu, lagu yang berjudul I For You dari Luna Sea ini memang sangat layak dianggap sebagai salah satu lagu Jepang terbaik di Indonesia. Karena bukan hanya lagunya aja yang enak didengar, tapi suara yang dihasilkan dari band Jepang legendaris ini sangatlah emas, alias merdu sekali.

Serial drama dari lagu Jepang terbaik ini pernah muncul di Indosiar. Judulnya Kamisama, mou Sukoshi. Serail dramanya bagus, soundtrack-nya juga bagus. Semuanya bagus. Dan lebih bagus lagi kalau kamu dengarkan kemerduan suara penyanyi I For You ini.

10. Mirai e – Kiroro

lagu jepang terbaik
pochamaycorner.wordpress.com

Kiroro merupakan grup musik Jepang yang dipunggawai oleh Chiharu Tamashiro sebagai vokalis dan Ayano Kinjo sebagai pianis. Mereka berdua cewek cantik dan Kikoro berjaya di tahun 1996.

Mengenai lagu Mirai e ini bercerita soal masa depan. Tentang kasih sayang ibu kepada anaknya. Si anak ini menyesal karena telah menyia-nyiakan pengorbanan ibunya. Jadi kamu bisa menebak dong kalau Mirae adalah jenis lagu Jepang sedih.

Di Jepang sendiri banyak orang yang menjadikan Mirai e sebagai lagu perpisahan antara anak dan ibu. Sementara di Indonesia dianggap sebagai lagu Jepang terbaik sepanjang masa karena udah lama melegenda di telinga masyarakat kita. Apapun anggapannya, cobalah kamu download lalu dengarkan. Dijamin suka kok! 🙂

11. Forever – Takashi Sorimachi

lagu jepang terbaik
pp.vk.me

Takashi Sorimachi, aktor tampan asal Jepang yang dikenal punya suara berat tapi enak didengar. Yang paling enak dan melekat di telingan masyarakat Indonesia yaitu yang berjudul Forever. Inilah salah satu lagu Jepang terbaik sepanjang masa karena udah lama melegenda.

Lagu lembut dengan suasana pantai ini menghiasi film Beach Boys yang pernah tayang di Indosiar. Takashi Sorimachilah yang menjadu salah satu tokohnya. Untuk anak zaman sekarang sih mungkin banyak yang nggak tau. Tapi apa salahnya untuk dengerin. Siapa tau suka! 🙂

12. Sukiyaki – Kyu Sakamoto

lagu jepang terbaik
natsumelo.com

Yang terakhir ini kamu pasti tau! Padahal lagunya udah tua banget loh. Tapi berbahagialah karena berkat Warkop DKI, kamu jadi tau lagu Jepang terbaik yang berjudul Sukiyaki ini.

Kamu pernah nonton film Warkop yang berjudul Pintar-pintar Bodoh? Di situ ada adegan di mana Kasino melesetin lagu Sukiyaki sebagai Nyanyian Kode. Liriknya diubah Kasino secara kocak. Semenjak itulah Sukiyaki menjadi salah satu lagu Jepang yang terkenal di telinga masyarakat Indonesia zaman sekarang. Berkat kekocakan Kasino tuh!

Coba deh liat perbedaan dari kedua versi antara Sukiyaki original dengan Sukiyaki versi Kasino di bawah ini,

versi asli

dan ini versi Kasino Warkop DKI

 

Tapi asal kamu tau ya, sebetulnya Sukiyaki emang udah lama menjadi lagu terbaik sepanjang masa di industri musik dunia loh. Di tahun 1960-an lagu Jepang Sukiyaki ini mulai populer. Peringkatnya pernah berada di urutan awal tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika. Udah diaransemen oleh ratusan penyanyi dari berbagai negara. Sampai-sampai di tahun 1999, kantor pos Jepang pernah mengeluarkan perangko baru untuk memperingati lagu Sukiyaki.

Tuh apa nggak cukup untuk ditetapkan sebagai lagu Jepang terbaik sepanjang masa? Oleh karena itu, kalau kamu belum pernah dengar lagu Jepang yang fenomenal ini, buruan dengar sekarang!

 

Itulah 12 lagu Jepang terbaik sepanjang masa di telinga masyarakat Indonesia. Kamu boleh menentukan mana yang menurut kamu menarik. Semoga setelah kamu mendengarkan, mood atau suasana hati kamu meningkat. Jangan lupa SHARE ya! 🙂

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.