Home Kesehatan Selain Menyegarkan, Inilah 10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatanmu

Selain Menyegarkan, Inilah 10 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatanmu

SHARE
Manfaat Air Kelapa
via odis.homeaway.com

Manfaat air kelapa – Siang-siang panas begini, enaknya minum es kelapa muda.. Segar, kan! Selain menyegarkan, tahukah kamu bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan?

Kelapa merupakan salah satu jenis buah-buahan yang terdapat di negara-negara tropis. Tidak hanya sebagai minuman, kelapa juga banyak digunakan sebagai bahan makanan seperti nata de coco yang kenyal-kenyal menggemaskan dan lezat. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Oh iya, jangan lupa baca juga Nggak Pakai Ribet! Inilah Cara Membuat Nata de Coco dari Air Kelapa

Tidak hanya untuk makanan saja, bahkan serabut kelapa maupun tempurungnya juga dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan tangan yang sangat cantik seperti tas, cangkir, mangkuk, pajangan, bahkan lampu.

Kerajinan tangan yang terbuat dari kelapa ini cukup diminati hingga diekspor ke luar negeri, lho! Contohnya seperti di bawah ini nih.. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

manfaat air kelapa
via vibizmedia.com

Buah yang memiliki banyak manfaat ini, memiliki harga yang relatif murah. Cukup 5 ribu Rupiah, kamu sudah bisa menikmati es kelapa muda yang bisa diminum setiap hari. Air kelapa ini sebenarnya adalah cikal bakal daging kelapa yang berwarna putih.

Jadi Selain dapat menyegarkan dahaga di kala siang terik, air kelapa muda juga dapat mengganti elektrolit tubuh, menyembuhkan penyakit, dan baik untuk kesehatan. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Kandungan Air Kelapa

Tidak heran bila minum air kelapa setiap hari dikatakan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena memiliki bermacam-macam kandungan gizi di dalamnya. Tidak hanya itu, air kelapa juga mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan dan rasanya yang manis alami. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Kandungan elektrolit dalam air kelapa ini dikatakan dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika kita berkeringat, jauh lebih baik daripada mengonsumsi minuman olahraga.

Meskipun dikatakan sebelumnya bahwa air kelapa mengandung gula, namun ia memiliki kalori yang sangat rendah, natrium yang rendah, tetapi memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi daripada minuman olahraga. Selain itu, air kelapa juga bebas lemak dan kolestrol, lho! manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Berbagai macam kandungan vitamin dan juga mineral terkandung di dalam air kelapa, seperti vitamin B kompleks, vitamin C (walaupun hanya sedikit) dan mineral yang terkandung di dalamnya antara lain kalsium, zat besi, magnesium, seng dan mangan. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Setelah mengetahui apa saja kandungan air kelapa, bisa tidak kamu menebak, kira-kira apa saja sih manfaat air kelapa untuk kesehatan kita?

1. Mencegah penuaan dini

manfaat kopi
via glucoberryasli.com

Siapa sih yang mau dibilang tua sebelum waktunya? Kamu mau? Pastinya lebih pilih dibilang lebih muda dari usia yang sesungguhnya, pasti siapa pun ingin! manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Dengan meminum air kelapa muda setiap hari, atau setidaknya rutin, kamu akan terlihat lebih segar seolah terlihat lebih muda! Kulitmu juga akan menjadi lebih halus, lembab dan terlihat lebih fresh.

Ini karena air kelapa memiliki kandungan sitokinin (hormon pertumbuhan) yang memiliki fungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan dan penuaan sel. Sitokinin ini juga dapat mencegah penuaan dini, anti karsinogenik dan anti trombotik (anti pembekuan darah). manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Tidak hanya itu, air kelapa juga dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, dan juga mengurangi resiko penyakit-penyakit yang dialami ketika seseorang semakin bertambah usia.

So, kalau kamu ingin tetap awet muda (seperti min Raparapa), minumlah air kelapa setiap hari atau secara rutin!

2. Dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang

manfaat air kelapa
via shutterstock

Biasanya, sehabis berolahraga kamu akan berkeringat dan banyak kehilangan cairan tubuh. Kamu akan merasa suhu tubuh kamu meningkat dan rasa dahaga yang menjadi-jadi. Inilah yang disebut dengan dehidrasi. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Dehidrasi itu sesungguhnya penyakit yang sepele, namun tahukah kamu bahwa dehidrasi juga dapat menyebabkan kematian, lho! Ini serius!

Tapi jangan khawatir, dengan meminum air kelapa, cairan tubuh kamu dapat dikembalikan sebab air kelapa disebut-sebut sebagai minuman isotonik alami yang mengandung elektrolit, yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika kamu berolahraga atau pun beraktivitas. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa yang mengalami proses alami menjadikannya lebih sehat untuk dikonsumsi dibandingkan dengan minuman olahraga (sports drink) karena tak jarang mengandung pengawet dan juga pemanis buatan.

3. Baik untuk kesehatan pencernaan

manfaat air kelapa
via beautyepic.com

Pernahkan kamu mengalami konstipasi atau sembelit? Efeknya pasti bikin kamu bete seharian, karena menyebabkan perut terasa penuh dan tidak nyaman. manfaat air kelapa muda

Sembelit yang merupakan salah satu masalah pencernaan ini biasanya diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur, kurangnya mengonsumsi serat atau makan makanan yang dapat menghambat pencernaan (biasanya daging-dagingan).

Tidak hanya sembelit, penyakit lainnya yang berhubungan dengan pencernaan seperti diare, gangguan pencernaan, cacingan, infeksi kandung kemik dan juga gangguan ginjal. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Ketika diare, tubuh akan kehilangan banyak cairan yang dapat menyebabkan dehidrasi. Namun dengan mengonsumsi air kelapa muda, kamu tidak perlu khawatir lagi. Sebab air kelapa muda dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan air kelapa sebagai obat alami untuk mengatasi diare, lho! manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Kandungan gizi yang terdapat dalam air kelapa seperti asam folat, dehidrogenase, RNA polimerase dll, akan membantu sistem pencernaan dan meningkatnya metabolisme dalam tubuh. Maka, air kelapa muda sangat baik dikonsumsi secara rutin setiap hari.

4. Air kelapa untuk ibu hamil juga baik sekali

manfaat air kela
via angkorbeauty.net

Bagi kamu yang sedang menunggu kehadiran sang buah hati atau baru sedang merencanakan kehamilan, Raparapa ingin memberikan kabar baik!

Ternyata air kelapa juga dapat membantu melancarkan proses persalinan, karena kandungan gizi di dalamnya. Masyarakat pedesaan bahkan masih menyakini hal tersebut karena tidak sedikit para calon ibu yang merasakan keajaiban dari air kelapa. manfaat air kelapa muda

Selain melancarkan persalinan, air kelapa juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab air kelapa dapat meminimalisir rasa mual yang kerap dialami oleh ibu hamil, sehingga dijamin tidak akan sering muntah-muntah akibat rasa mual tersebut.

Selain itu, kandungan gizi yang terdapat di dalam air kelapa juga dibutuhkan bagi kesehatan ibu dan calon bayi. Hebat, kan! manfaat air kelapa untuk ibu hamil

5. Membantu program diet

manfaat air kelapa
via medscoopdaily.com

Hayoo ngaku, siapa di sini yang sedang menjalani program diet?

Program diet yang sehat dilakukan apabila kamu menyeimbangkan jumlah kalori, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan berolahraga secara teratur. Bukan malah dengan cara tidak makan sama sekali atau membeli beragam obat penurun berat badan yang belum terbukti ampuh dan bahkan memiliki efek samping.

Itu mah namanya menyiksa diri! manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Oleh karena itulah, Raparapa menyarankan agar kamu mengonsumsi air kelapa muda saja. Tidak hanya menghilangkan dahaga, kamu juga dapat menunda rasa lapar.

Meski begitu, mengonsumsi air kelapa sebaiknya cukup satu gelas per hari. Namun, satu gelas ini dapat memberikan rasa kenyang sehingga nafsu makan kamu cenderung berkurang. Keinginan untuk ngemil pun juga akan berkurang. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Kalau nafsu makanmu berkurang, bukankah program diet kamu dapat dikatakan berhasil?

6. Dapat membantu menurukan tekanan darah tinggi

manfaat air kelapa
via healthartikulo.com

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga menurunkan tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah tinggi apabila dibiarkan dapat beresiko munculnya penyakit jantung dan stroke. Kematian yang disebabkan karena kedua penyakit tersebut juga tergolong banyak. Maka jangan sepelekan kedua penyakit ini! manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Oleh karena itu, konsumsilah air kelapa. Karena mengandung kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Menetralisir racun

manfaat air kelapa
via thehealthybite.in

Terkadang kita mengonsumsi makanan yang tanpa sadar menjadi racun di dalam tubuh. Hal ini terjadi karena mengonsumsi makanan yang tidak bersih, makanan yang kualitasnya tidak baik dan gaya hidup yang tidak sehat.

Lalu, bagaimana dong? manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Dengan mengonsumsi air kelapa, racun-racun yang ada di dalam tubuh dapat dinetralisir karena di dalam air kelapa terkandung tanin yang dapat menetralisir racun serta enzim yang bermanfaat bagi tubuh serta dapat menguraikan racun-racun yang ada di dalamnya. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Eits, tapi bukan berarti kamu bisa makan sembarangan lagi, ya?

8. Air kelapa untuk perawatan wajah

manfaat air kelapa
via beautyheaven.com.au

Selain dapat memperlambat penuaan, air kelapa juga dapat mengatasi berbagai jenis permasalahan kulit. Siapa sih, yang tidak ingin memiliki kulit sehat dan segar? Tentu saja semua orang menginginkannya. Air kelapa untuk perawatan wajah ini dapat diminum maupun dioleskan pada wajah. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

  • Kamu dapat mengganti air bersih dengan menggunakan air kelapa untuk membasuh wajah kamu setiap pagi dan malam hari. Membasuhnya dengan cara menepuk air kelapa pada kulit wajah agar mudah diserap. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Setelah beberapa kali penggunaan, kamu akan merasa wajahmu menjadi lebih lembut, tidak kering dan lebih segar.

  • Membersihkan sisa-sisa make up juga dapat dilakukan hanya dengan mengoleskan air kelapa pada kapas kemudian usap wajah kamu hingga bersih.

Air kelapa sangat manjur untuk membersihkan sisa-sisa make up, tidak kalah deh pokoknya dengan produk-produk pembersih wajah yang dijual di drugstore! manfaat air kelapa untuk ibu hamil

  • Jika kamu memiliki wajah yang cenderung kering, kamu dapat membuat masker yang terdiri dari campuran air kelapa dan kunyit bubuk.

Caranya mudah sekali, kamu hanya tinggal mencampurkan sekitar 4 sendok makan air kelapa dan 2 sendok kunyit bubuk, lalu aduk hingga menjadi seperti pasta. Oleskan di wajah dan diamkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan air. Setelah itu, kamu dapat merasakan perbedaan yang nyata pada wajahmu! manfaat air kelapa untuk ibu hamil

  • Masalah wajah yang acapkali didapat oleh remaja dan juga orang dewasa yaitu jerawat. Jerawat juga tidak hanya dialami oleh wanita, namun juga pada pria.

Nah, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi karena air kelapa juga bisa digunakan untuk perawatan wajah yang berjerawat. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Caranya mudah kok! Sebelum tidur kamu dapat membasahi kapas dan menepuk-tepukkan di bagian wajah yang berjerawat dan tinggalkan semalaman.

Di pagi harinya, kamu dapat mencuci wajahmu dan rasakan perbedaannya 😀

Tetapi perlu diketahui juga, apabila wajah kamu mengalami iritasi setelah menggunakan air kelapa, sebaiknya hentikan penggunaan metode ini dan berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit karena kulit masing-masing orang berbeda. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

9. Menambah energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

manfaat air kelapa
via polynesia.com

Kandungan gula dan vitamin yang terdapat dalam air kelapa dapat berubah menjadi energi dalam tubuhmu. Oleh karena itu, air kelapa muda sangat disarankan apabila kamu merasakan 3L (Lelah, letih, lunglai) karena dapat mengembalikan energi dalam tubuh kamu. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa tidak hanya berfungsi sebagai obat untuk berbagai penyakit, namun juga sebagai pencegah penyakit karena kandungan riboflavin, niasin, thiamin dan piridoksin serta asam folat di dalamnya. Semua itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh kamu terhindar dari berbagai penyakit. manfaat air kelapa untuk ibu hamil

10. Mengatasi migrain

jangan dibuat sakit hati oleh peluang bisnis
via pixabay.com

Tahukah kamu bahwa kehebatan air kelapa juga dapat mengatasi migrain? Kandungan magnesium yang terdapat di dalam air kelapa mampu meredakan migrain. Mengonsumsi air kelapa saat migrain pastinya lebih baik karena alami daripada mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas.

 

Nah, itulah dahsyatnya 10 manfaat air kelapa yang sangat baik untuk kesehatan kamu. Tidak hanya menyegarkan dahaga, ternyata banyak manfaat lainnya, ya? Karena prosesnya yang alami, air kelapa lebih sehat untuk dikonsumsi sebagai alternatif minuman yang dapat menyehatkan tubuh.

Yuk, minum air kelapa setiap hari dan jangan lupa SHARE ya supaya yang lainnya juga punya kegiatan mengonsumsi air kelapa setiap hari demi Indonesia yang sehat!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here