Home Kesehatan Ingin Cantik dan Sehat? Yuk Ketahui 10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mewujudkannya!

Ingin Cantik dan Sehat? Yuk Ketahui 10 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Mewujudkannya!

SHARE
manfaat minyak zaitun
via teleoliva.com

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Tetap Cantik dan Sehat – Kalau kamu sedang berada di restoran Italia, pernahkah menyadari ada botol berisi minyak zaitun di mejamu?

Minyak zaitun seringkali digunakan untuk memasak pasta, roti dan sebagai salad dressing. Minyak ini juga menjadi alternatif pilihan untuk pengganti minyak goreng karena kandungan lemak tak jenuhnya yang bersifat non kolestrol.

Kandungan nutrisi di dalamnya seperti vitamin E, vitamin K, lemak tidak jenuh (omega 9, omega 6, omega 3), phenolic dan zat besi sangat baik untuk kesehatan. manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

Minyak yang didapat dari buah zaitun ini, ternyata asalnya sangat jauh, lho! Pohon zaitun berasal dari lembah di Mediterania yang menghasilkan buah berbentuk bulat berwarna hijau kekuningan. Ketika sudah matang, buah zaitun ini akan dipetik dan diambil minyaknya dengan menggunakan proses penggilingan.

Pohon zaitun tumbuh di seluruh kepulauan Mediterania sejak abad ke 8 sebelum masehi. Negara yang menghasilkan minyak zaitun terbanyak adalah Spanyol, Italia dan Yunani. manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

Umumnya, minyak zaitun digunakan untuk memasak, baik untuk menumis dan menggoreng maupun sebagai salad dressing. Tetapi tidak hanya itu saja, minyak zaitun juga digunakan untuk kosmetik, obat herbal, sabun dan bahan bakar untuk lampu minyak.

Tetapi tahukah kamu, selain untuk kesehatan, minyak zaitun ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan? Yuk, kita simak di bawah ini!

Apa saja sih manfaat minyak zaitun sebanarnya?

Jadi begini asal mula minyak zaitun. Sejak zaman Romawi Kuno, minyak zaitun sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan, baik untuk kulit maupun rambut.

Ditambah lagi dengan hasil penelitian di zaman modern yang mengakui kehebatan khasiat minyak zaitun yang baik untuk kesehatan.

Bagaimana? Jadi makin penasaran, kan? Ini 10 Manfaat minyak zaitun…

1. Mencegah terbentuknya stretch mark

manfaat minyak zaitun
yolomedspa.com

Bagi ibu-ibu hamil, munculnya strech mark setelah melahirkan dapat mengurangi kepercayaan diri untuk menggunakan celana pendek model hot pants atau baju model crop top. Alih-alih ingin terlihat seksi, malahan terlihat garis-garis di kulit. Oh, noes!

Jangan khawatir, Bun. Menurut Dokter Nurdadi Saleh SpOG, minyak zaitun sangat efektif untuk mencegah terbentuknya kerutan di kulit pada masa kehamilan. manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

Caranya: ketika sedang hamil, Setiap hari secara rutin, kamu dapat mengoleskan minyak zaitun pada kulit perut agar kulit tubuh tidak mengalami kerutan saat perutmu membesar karena mengikuti perkembangan janin.

2. Mencegah penuaan dini

manfaat minyak zaitun
exploringyourmind.com

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah penuaan dini.

Pasti nggak mau kan, wajahmu terlihat tua sebelum waktunya? Karena itu, menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan kecantikan merupakan pilihan yang sangat tepat karena kandungan di dalam minyak zaitun seperti zat linoleic acid yang dapat menyeimbangkan kadar pH pada wajah untuk menjaga kelembapan kulit wajah, serta kandungan anti oksidan yang membantu meregenerasi dan melindungi sel-sel kulit dari ancaman radikal bebas. manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

Caranya sangat mudah, kamu dapat mencampurkan 1 sendok makan minyak zaitun dengan 1 sendok teh madu, lalu oleskan pada seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Rutin menggunakannya 2 kali seminggu dan kamu dapat merasakan perubahanannya!

3. Mengatasi kulit kusam

manfaat minyak zaitun
vkool.com

Apakah kamu memiliki kulit yang kering dan kusam? Sudah pakai bermacam-macam kosmetik yang malah menimbulkan masalah baru seperti jerawat?

Nah, minyak zaitun inilah solusinya! Selain alami, minyak zaitun minim akan efek samping. manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

Kulit kering dan kusam seringkali menjadi problematika bagi wanita maupun pria, kulit wajah maupun tubuh.

Minyak zaitun ini mempunyai kandungan yang mirip dengan minyak yang diproduksi oleh kulit sehingga mudah diserap dengan baik oleh kulit, serta tidak menyebabkan kulit menjadi berminyak.

Cara penggunaannya juga mudah, kamu dapat mengoleskan minyak zaitun di wajah dan bagian tubuh yang kering sebelum tidur. manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

Atau membuat masker yang terbuat dari campuran minyak zaitun dan madu seperti yang sudah Raparapa jelaskan di atas. Kemudian kamu akan mendapatkan kulit yang lembab dan segar. Senangnya!

4. Menghaluskan wajah

manfaat minyak zaitun
facecaretalks.com

Ini manfaat minyak zaitun yang disukai banyak wanita. Yaitu bisa menghaluskan wajah.

Jadi jika kamu menggunakan minyak zaitun untuk perawatan wajahmu, tidak hanya mampu mencegah penuaan dini, mengatasi kulit kering dan kusam, tetapi juga mampu menghaluskan wajah.

Kamu tak perlu lagi mengocek banyak uang untuk membeli produk skincare yang harganya ratusan ribu, cukup satu macam saja: minyak zaitun.

Untuk menghaluskan wajah, Raparapa menyarankan agar kamu menggunakannya dengan mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan setengah gelas buah pepaya yang sudah dihaluskan dengan cara diblender.

Kemudian oleskan di wajahmu dan diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih. manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

Mengapa ditambahkan buah pepaya? Soalnya buat makan rujak enzim yang terkandung dalam buah pepaya dapat meregenerasi kulit.

Selain itu, pepaya juga mengandung vitamin A, E dan C yang berfungsi untuk menutrisi kulit, melembabkan, menghaluskan dan menjaga kulit dari ancaman radikal bebas. Keren, kan?

5. Menghapus make up

manfaat minyak zaitun
sheknows.com

Buat kamu-kamu yang hobi pakai make up, baik yang tipis maupun yang make up setebal aspal, pasti tahu dong rutinitas double cleansing?

Double cleansing ini dilakukan dengan cara dua kali membersihkan make up di wajah setelah beraktivitas. Pertama dilakukan dengan menggunakan milk cleansing atau make up remover, kemudian membersihkan lagi dengan cara mencuci wajah dengan sabun cuci muka.

Cara ini wajib dilakukan untuk mencegah sisa-sisa make up yang tertinggal dan mengendap di kulit wajah yang dapat menyebabkan jerawat maupun bruntusan. Hii.. nggak mau kan?

Tetapi jika milk cleansing habis, make up remover nggak punya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Sebab kandungan minyak pada minyak zaitun ini dapat membersihkan make up dengan mudah. manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

Bahkan, dokter kulit juga merekomendasikan karena minyak zaitun terbuat dari bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia paraben yang berbahaya.

Caranya, kamu dapat menuangkan beberapa tetes minyak zaitun pada kapas, kemudian membersihkan sisa riasanmu seperti eyeshadow, foundation, bahkan lipstick! Setelah itu, jangan lupa mencuci wajahmu dengan sabun, ya! manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

6. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

manfaat minyak zaitun
diyhealthremedy.com

Untuk kamu yang bibirnya sering kering dan pecah-pecah, apalagi kamu yang suka pakai lipstik matte, ada kabar baik untuk kita semua! Minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti lipgloss untuk mengatasi bibir kering. Tidak hanya melembapkan bibir, minyak zaitun juga dapat memerahkan bibirmu secara alami. Duh, siapa sih yang gak kepingin?

Ikuti dulu langkah ini dengan rutin, yaitu mengoleskan minyak zaitun pada bibirmu sebelum tidur. Di pagi harinya, kamu akan merasakan bibirmu menjadi lebih lembut. manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

7. Untuk kesehatan rambut

manfaat minyak zaitun
naturallivingideas.com

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan bukan hanya ditunjukkan untuk kulit, ternyata baik juga untuk rambut. Siapa yang tidak ingin rambutnya terlihat tebal, berkilau dan tidak bercabang? Semua dapat terwujud jika kulit dan kulit kepalamu sehat.

Eh, tapi bagaimana jika rambutnya berketombe? Tak perlu khawatir, semua itu dapat diatasi hanya dengan menggunakan minyak zaitun, lho. manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

Kandungan nutrisi seperti vitamin E, vitamin K, vitamin A serta antioksidan yang terdapat dalam minyak zaitun mampu melindungi keratin pada rambut dan menjaga agar rambut selalu dalam kondisi lembab (tanpa menjadikannya berminyak).

Selain itu, minyak zaitun juga dapat mengontrol sebum yang terdapat pada kulit kepala, sehingga membantu pertumbuhan rambut.

  • Pertama-tama, Raparapa akan memberitahukan cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun. Kamu dapat mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dengan perasan 1 buah lemon dan tambahkan sedikit air.

Kemudian oleskan pada kulit kepala dengan cara memijat lembut selama 2-3 menit dan diamkan selama 30 menit, bilas dan cuci rambut dengan sampo. Kandungan asam pada lemon dapat membasmi jamur penyebab ketombe, sedangkan minyak zaitun melembabkan kulit kepalamu yang kering dan terkelupas.

manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah

  • Untuk menyehatkan rambut, kamu dapat menggunakan 2 sendok makan minyak zaitun dan mengoleskannya pada kulit kepala kamu, kemudian pijat lembut kulit kepala agar minyak zaitun dapat menyerap dengan baik.

Kamu juga dapat mengoleskannya di batang rambut (terutama di bagian bawah rambut, karena seringkali kering dan bercabang). Lalu diamkan 30-60 menit sebelum keramas, atau kamu dapat membungkus rambut kamu dengan handuk dan biarkan semalaman dan jangan lupa mencuci rambut pada keesokan harinya.

Lalu apa efeknya? Rambut kamu menjadi halus, lembab dan berkilau, selain itu juga dapat terhindar dari ujung-ujung rambut yang patah dan bercabang. Jika rambut kamu menjadi halus dan lembab, bukankah rambut kamu menjadi lebih mudah ditata? Bye, bad hair day!

8. Menebalkan alis dan bulu mata

manfaat minyak zaitun
pinterest

Bagi sebagian wanita, alis dan bulu mata yang tebal merupakan impian. Itu sebabnya mereka menggambar alis, menggunakan maskara dan menempelkan bulu mata palsu. Nah, bagaimana jika kamu bisa mendapatkan itu semua tanpa menggunakan yang ‘palsu-palsu’?

Bermacam-macam nutrisi yang terkandung di dalam minyak zaitun tidak hanya dapat menyehatkan rambut, namun juga dapat membantu menumbuhkan dan menebalkan alis serta bulu matamu. Tetapi ingat, ya, gunakan minyak zaitun yang benar-benar alami.

Caranya, kamu dapat mengoleskan minyak zaitun pada alis dan bulu mata sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu bersihkan keesokan harinya dan jangan lupa mandi!

9. Mencegah dan mengurangi resiko kanker

manfaat minyak zaitun
greenmedinfo.com

Tidak hanya untuk perawatan kecantikan, manfaat minyak zaitun untuk kesehatan juga mampu mencegah dan mengurangi resiko kanker karena adanya kandungan phenolic dan vitamin E yang bersifat antioksidan dan anti inflamasi.

Profesor Asman, dari akademi studi arteriosclerosis di Jerman mengatakan bahwa, “Dengan mengkonsumsi minyak zaitun dapat melindungi tubuh dari serangan sejumlah kanker, diantaranya yaitu kanker rahim, kanker colon, kanker ovarium”.

Supaya dapat mencegah kanker, kamu dapat mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun, karena kandungan lemak tak jenuh yang dapat memerangi tumor yang dapat menyebabkan kanker.

Untuk melindungi dari kanker kulit, kamu dapat mengoleskan minyak zaitun sebagai tabir surya untuk melindungi kulitmu dari efek sinar matahari dan radikal bebas yang berasal dari polusi.

10. Mengontrol kolestrol

manfaat minyak zaitun
health.clevelandclinic.org

Mengontrol kolestrol dan tekanan darah semenjak usia muda merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga pola hidup yang sehat sehingga kamu dapat menikmati usia tua dengan menyenangkan, bukannya bolak-balik ke rumah sakit.

Namun dengan gaya hidup generasi milenial yang terbiasa mengonsumsi makanan cepat saji yang tidak sehat serta jarangnya mengonsumsi buah dan sayur ternyata dapat menyebabkan kolestrol.

Fakta lainnya adalah, penyakit ini tidak hanya dialami oleh seorang yang bertubuh gemuk, namun juga yang bertubuh kurus! Kolestrol yang menumpuk dalam tubuh juga berpotensi menjadi penyakit jantung. Menyeramkan!

Eits.. sebelum berpikir yang seram-seram, tindakan pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Kamu dapat mengonsumsi minyak zaitun murni (extra virgin olive oil) secara langsung.

Atau seperti yang telah Raparapa jelaskan pada poin sebelumnya, kamu dapat mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun. Gunakan untuk menumis, menggoreng atau menggunakannya untuk membuat spageti. Bagi kamu penggemar salad, pasti tidak asing untuk menggunakan minyak zaitun sebagai dressing saladmu.

Sebab pada minyak zaitun terdapat kandungan lemak tidak jenuh, omega 9, omega 6, dan omega 3 yang mampu memperbaiki fungi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Apabila aliran darahmu sudah lancar, serta kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah kolesterol dalam darah teroksidasi sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Setelah membaca artikel ini, bagaimana menurut kamu? Hebat kan, ternyata berbagai macam manfaat minyak yang berasal dari jauh di Mediterania ini dapat kamu gunakan untuk kecantikan dan kesehatan sekaligus! Semoga bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here