Home Artikel 7 Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana dan Cara Menggunakannya

7 Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana dan Cara Menggunakannya

SHARE
Cara Membuat Perangkap Nyamuk
via scienceabc

Cara membuat perangkap nyamuk sederhana – Nyamuk, serangga bersayap yang hobi banget menghisap darah manusia. Binatang ini udah terlanjur sering jadi momok karena gigitannya bukan cuman gatal, tapi juga menyengat tajam yang nggak tanggung-tanggung bisa menyebabkan demam berdarah.

Masalahnya kalau jumlahnya satu atau dua mungkin bisa kita maklumi sedikit lah. Tetapi kalau jumlahnya udah banyak sekaligus dan menghisap darah kita dalam waktu bersamaan dan berlangsung lama, maka ini udah terbilang keterlaluan sih.

Penyebab gatal saat digigit nyamuk

cara membuat perangkap nyamuk
via nationalgeographic

Pada dasarnya, nyamuk sangat peka dengan rangsangan tubuh yang kita cipatakan sendiri. Jika suhu dan bau tubuh kita agak menyengat atau menciptakan aroma agak bau, maka dengan gampangnya akan ditemukan nyamuk. Akhirnya, nyamuk akan menjadikan tubuh kamu sebagai sumber makanan menyenangkan.

Sesungguhnya nyamuk nggak menggigit, hanya menusukkan mulutnya yang bentuknya bagaikan jarum, masuk ke dalam kulit kita yang kemudian akan menghisap darah kita.

Di saat menggigit atau menghisap darah, mulut nyamuk akan sibuk bergerak mencari pembuluh darah demi membantu memperlancar proses penghisapan darah.

Dalam proses ini, nyamuk akan mengeluarkan air liur untuk mencegah pembekuan darah yang sedang dihisap. Air liur nyamuk ini akan tertinggal pada kulit kita dan memberi bekas yang membuat kita merasa terganggu. Bekas inilah yang menyebabkan gatal dan secara naluriah kita akan menggaruk kulit kita yang gatal.

Wah, begini amat ya proses nyamuk dalam menghisap darah kita. Nggak instan! Meskipun seolah-olah kita merasa dengan gampangnya nyamuk menghisap darah kita lalu terbang begitu aja. Padahal kenyataannya nggak gitu. Nyamuk sangat terlatih dalam memproses darah yang dihisap.

Apa yang terjadi jika digigit nyamuk?

cara membuat perangkap nyamuk
via momjunction

Jangan sesekali kamu anggap enteng akibat gigitan nyamuk ini. Anggap aja ini sebagai keberuntungan jika selama ini kamu dalam kondisi sehat meskipun sering digigit nyamuk.

Karena udah banyak sekali orang yang menjadi korban akibat gigitan nyamuk. Mereka banyak yang terkena demam berdarah, penyakit kuning, chikungunya, malaria, hingga penyakit kaki gajah.

Wah, yang terkahir ini bisa menimbulkan cacat menetap dalam wujud pembesaran lengan, kaki, hingga alat kelamin. Bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan. Akibatnya, penderita penyakit kaki gajah ini nggak bisa kerja secara optimal bahkan hidupnya selalu bergantung pada orang lain.

Apa nggak ngerti? Maka sekali lagi, jangan sepelekan keberadaan nyamuk. Segeralah kamu basmi!

Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana

Cara membasminya bisa dengan membuat perangkap nyamuk sederhana yang akan Raparapa beritahukan ini. Kamu sangat bisa bikin pengganti perangkap nyamuk elektrik ini. Karena perangkap nyamuk ini berguna untuk mengusir nyamuk dan hanya akan kamu letakkan di sudut ruangan atau bagian yang sering dikunjungi nyamuk.

Dan bukan cuman gampang, biaya yang akan kamu keluarkan juga murah banget! Penasaran? Ayo, segera kita buat!

1. Siapkan botol plastik

Cara Membuat Perangkap Nyamuk
via wikihow

Ukuran botol plastik ini yang sedang atau besar. Yang gampang sih pakai botol air minum ukuran 1 liter aja. Botol bekas juga boleh, asal bersih. Lagi-lagi Raparapa menerapkan perangkap nyamuk sederhana dan murah. Supaya kamu mau bikin.

Setelah itu kamu harus pastikan kalau botol tersebut udah dalam kondisi bersih, kosong, tanpa air sedikitpun.

Selanjutnya potong jadi 2 bagian. Di bagian atasnya dipotong 1/3 bagian. Karena potongan di bagian bawahnya digunakan untuk menampung cairan gula. Sementara potongan di bagian atasnya akan digunakan sebagai pintu masuk yang bentuk terbalik.

2. Buat larutan gula

cara membuat perangkap nyamuk
via wikihow

Karena nyamuk menyukai dengan yang mengandung CO2, maka kita bisa memanfaatkan CO2 buatan dalam wujud larutan gula.

Kamu tinggal siapkan gula pasir atau gula merah. Komposisi gulanya cukup 50 gram aja. Campurkan air sebanyak kurang lebih 200 ml. Setelah itu kamu aduk hingga rata. Jadi deh.

3. Masukkan larutan gulanya ke dalam botol

cara membuat perangkap nyamuk
via wikihow

Setelah jadi, larutan gulanya kamu langsung masukkan ke dalam botol bagian bawah yang udah kamu potong tadi. Usahakan botolnya dalam kondisi berdiri tegak, suapaya larutan nggak tumpah.

Oh iya, untuk mengisi larutannya nggak usah banyak sampai memenuhi kapasitas botol ya.. Cukup ¼ dari ukuran botol bawah aja. Nanti kamu akan tau alasannya kok. Makanya mari simak lebih lanjut lagi.

4. Campurkan ragi pada larutan gula

cara membuat perangkap nyamuk
via wikihow

Ragi menjadi salah bahan makanan yang bisa mengusir nyamuk. Maka setelah dirasa larutan gulanya udah dingin, kamu taburkan ragi di bagian atas larutan sebanyak 1 gram tanpa diaduk. Udah biarin gitu aja. Sekali lagi, tanpa diaduk.

Larutan gula dan ragi ini akan menghasilkan karbondioksida (CO2), yang nantinya akan memancing perhatian nyamuk. Mereka nggak segan untuk menghampiri larutan gula yang ditaburi ragi ini.

5. Tutup dan Isolasi

cara membuat perangkap nyamuk
via wikihow

Setelah itu botolnya kamu rakit aja. Di potongan botol bagian atas kamu rakit dalam posisi terbalik dengan isolasi supaya merekat. Pastikan rekatannya kuat dan nggak gampang copot. Ikuti seperti gambar di atas.

6. Bungkus perangkat nyamuk dengan warna hitam

cara membuat perangkap nyamuk
via tribunnews

Setelah dirasa rekatannya udah kuat, kamu bisa membungkusnnya perangkat nyamuk menggunakan bungkusan berwarna hitam. Bisa pakai kresek hitam atau yang lainnya.

Tapi kenapa hitam? Karena nyamuk nggak suka pada sesuatu yang terang. Maka hitam akan gampang menarik perhatian nyamuk. Ya udah, kamu langsung aja cari bungkus hitamnya.

Setelah didapat, cukup kamu bunkus di bagian badan botol. Janganlah membungkus bagian atas. Karena bagian ini yang akan digunakan sebagai pintu masuknya nyamuk.

7. Perangkap nyamuk sederhana ini udah siap kamu gunakan

cara membuat perangkap nyamuk
via wikihow

Yes, perangkap nyamuk yang kamu buat udah siap digunakan dan kamu bisa meletakkannya di sudut ruangan atau tempat yang rawan serbuan nyamuk.

Ingat ya! Perangkap nyamuk ini jangan kamu goyangkan secara keras supaya larutan gula dan ragi masih berfungsi baik. Kamu juga nggak boleh membiarkannya terkena hujan. Cukup kamu letakkan di tempat yang rawan nyamuk tapi aman.

Dalam waktu 10 hingga 14 hari, kamu bisa mengecek perangkap nyamuk ini. Maka bisa dipastikan kamu akan melihat hasil banyak nyamuk yang terperangkap di cairan di dalam perangkap.

Setelah 14 hari atau 2 minggu, kamu bisa memperbarui perangkap nyamuk dengan cara mengganti cairannya aja. Pastinya dengan proses membersihkan perangkap nyamuk terlebih dahulu. Setelah itu isi ulang dengan larutan gula bertabur ragi.

Kalau mau dapat hasil yang maksimal, kamu bisa bikin perangkap nyamuk sederhana ini dalam jumlah banyak. Lebih banyak maka lebih maksimal kan? Lagi pula, mumpung perangkap nyamuknya sederhana banget bikinnya.

Menggunakan Perangkap Nyamuk

Alangkah baiknya kamu memahami penuh cara menggunakan perangkap nyamuk sederhana ini. Sebab meskipun sederhana, tapi tetap ada tata caranya juga supaya hasilnya maksimal.

1. Letakkan perangkap nyamuk di sudut selalu menjadi sarang nyamuk

Karena itu sarang, maka akan selalu dipenuhi nyamuk. Maka sangat disarankan perangkap nyamuk sederhana ini kamu letakkan di situ. Ini menjadi cara efektif ketimbang meletakkan perangkap di area yang sekedar banyak tetapi sumbernya bukan dari are itu.

2. Letakkan di permukaan yang rawan menjadi tempat berkumpulnya nyamuk

Karena kegiatan nyamuk nggak cuman berterbangan aja, melainkan hinggap di permukaan manapun. Seperti di lantai, meja, korden, dan lainnya. Maka sebaiknya perangkap nyamuk diletakkan di dekat permukaan itu.

Ingat, usahakan aman ketika kamu meletakkan! Jangan sampai tersandung atau tumpah.

3. Bersihkan perangkap nyamuk secara berskala

Kamu juga harus memperhatikan ketika botol atau perangkap nyamuk udah dalam kondisi dipenuhi nyamuk yang udah mati. Karena pada akhirnya perangkap nyamuk akan dipenuhi banyaknya nyamuk mati.

Udah Raparapa ingatkan ya, maksimal 14 hari atau 2 minggu untuk mengontrol perangkap nyamuk ini. Setelah 2 minggu, cepat-cepat kamu bersihkan dan ganti dengan cairan baru, yaitu larutan gula bertabur ragi.

 

Banyak yang mengatakan bahwa Tuhan menciptakan nyamuk nyaris nggak punya manfaat. Hanya bermanfaat bagi para produsen obat anti nyamuk sehingga mau nggak mau orang-orang harus membelinya demi menghindari gigitan nyamuk yang sangat mengganggu. Hehe

Tapi ternyata, cara membeli obat nyamuk bisa kita tepis jauh-jauh karena bisa digantikan dengan membuat membuat perangkap nyamuk sederhana ini. Semuanya serba sederhana dan murah. Kamu bisa menerapkannya secara langsung.

Tapi asal kamu tau juga, nyamuk nggak akan berhenti hidup jika kondisi rumah atau ruangan yang kamu tempati kotor. Jadi kalau rumah kotor , kamu bikin banyak perangkap nyamuk sekaligus juga nggak akan menghilangkan nyamuk secara keseluruhan. Yang ada hanya mengurangi.

Oleh karena itu sebelum membuat perangkap nyamuk, kamu bisa memulainya dengan membersihkan rumah terlebih dahulu. Ini demi kebaikan loh, melihat gigitan nyamuk bisa menimbulkan penyakit yang menakutkan seperti di atas, kamu rela jadi bagian dari yang terkena penyakit-penyakit ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.