Home Kuliner Nggak Pakai Ribet! Inilah Cara Membuat Nata de Coco dari Air Kelapa

Nggak Pakai Ribet! Inilah Cara Membuat Nata de Coco dari Air Kelapa

SHARE
cara membuat Nata de Coco
via alibaba.com

Cara Membuat Nata de Coco dari Air Kelapa – Hidangan penutup bertekstur kenyal, berwarna putih bening dan terlihat seperti jeli, ialah nata de coco. Makanan yang terkenal menggemaskan ketika digigit ini dihasilkan dari fermentasi air kelapa dengan bantuan mikroba Acetobacter xylinum. Gula pada air kelapa yang diubah menjadi asam asetat dan benang-benang selulosa. Lama-lama akan terbentuk menjadi kokoh dan tebal beberapa sentimeter.

Dalam bahasa Spanyol, “Nata de coco” memiliki arti yaitu “Krim Kelapa”, yang maksud sebenarnya adalah santan kelapa. Ketika digigit, pasti akan terasa menggemaskan karena tekstur kenyalnya. Nata de coco memang punya rasa yang asyik di mulut.

Dan kali ini, Raparapa akan membahas satu per satu cara membuat nata de coco dari air kelapa. Cara yang sangat mudah kamu terapkan karena bahan-bahan yang diperlukan juga sangat gampang kamu temui.

Maka kalau mau, kamu bisa praktekan pembuatan nata de coco ini secara langsung.

Dalam membuat nata de coco, yang pertama harus kamu persiapkan adalah beberapa alat seperti panci, baki dari plastik yang bersih atau steril, kompor, saringan, dan kertas atau koran yang bersih, harus bersih!

Sementara beberapa bahan untuk nata de coco ini, kamu harus mempersiapkan air kelapa murni. Ini wajib karena air kelapa sebagai bahan dasar. Lalu kamu persiapkan juga gula pasir, Za atau urea, dan yang terakhir adalah cuka biang.

Cara membuat nata de coco

Yang pertama kamu ambil kelapa terlebih dahulu. Jika belum dibelah, maka belahlah dan ambil semua airnya menggunakan saringan bersih. Karena sebaiknya air kelapa yang dihasilkan harus bersih, bebas dari kotoran yang mengendap.

Oh iya, saring air kelapanya juga harus sampai tuntas ya!

Setelah itu masukkan air kelapa tersebut ke dalam panci dan rebus dengan kompor yang kamu siapkan tadi. Nyalakan kompor dan panaskan air kelapanya. Tunggu dan biarkan sampai mendidih hingga 100 derajat celcius.

Setelah 100 derajat celcius, baru deh kamu campurkan air kelapa mendidih tadi dengan gula pasir sebanyak 250 gram, Za atau urea ½ gram, dan cuka biang 50 cc. Kalau sudah dimasukkan semuanya, barulah kamu aduk hingga merata.

Kemudian kamu persiapkan baki dan kertas atau koran yang bersih. Kedua perlatan itu harus dipastikan masih dalam keadaan bersih hingga sekarang supaya proses membuat nata de coco berjalan sempurna. Maka alangkah baiknya kertas dan korannya harus dijemur terlebih dahulu.

Setelah memastikan baki dan koran sudah bersih, kamu matikan kompornya lalu masukkan air kelapa yang sudah tercampur tadi ke dalam baki. Kemudian ambil koran bersih tadi untuk menutupi baki.

 

Sebelumnya Raparap ingin mengingatkan. Bahwa pada dasarnya, membuat nata de coco memanglah harus mengutamakan kebersihannya. Soalnya kalau nggak bersih, hasil dari nata de coco nggak bakal terlihat baik dan warna putihnya akan pudar. Oke, mari lanjutkan.

 

Setelah itu susun baki-baki yang tertutup koran tadi secara rapi. Lalu tiriskan sampai dingin dan beri bibit nata de coco yang udah kamu sediakan.

Oh iya, Raparapa mau beri saran yang bagus buat kamu. Jadi, sebaiknya kamu menerapkan proses pembibitan nata de coco ketika pagi pukul 5.30 – 6.30. Diharapkan agar proses pembibitannya berjalan maksimal seperti terkstur yang akan dihasilkan nggak rusak, warna nggak berubah, dan rasa yang diberikan benar-benar terjamin layaknya nata de coco yang biasa kamu makan.

Selama proses pembibitan, jangan sampai kamu menggoyang-goyangkan atau membuat getaran. Biarkan proses pembibitan berjalan tenang dan damai sampai satu minggu.

Dalam tiga hari hasil pembibitan akan terlihat. Di empat hari kemudian, nata de coco akan benar-benar terlihat menampakkan wujudnya, sesuai harapan kamu. Baru deh, nata de coco bisa kamu potong kecil-kecil atau dibentuk dengan cetakan kue yang sesuai keinginan kamu.

Nikmati nata de coco dengan berbagai pilihan menarik ini!

Setelah berhasil membuat nata de coco, kamu bisa mengkreasikan dengan berbagai minuman yang enak dan dingin. Seperti,,,

Es Blewah Nata De Coco,

cara membuat nata de coco
via cookpad.com

Es Kelapa Nata De Coco Campur Sirup Melon

cara membuat nata de coco
via hesti-myworkofart.blogspot.com

Yang ini mungkin udah mainstream bagi kamu, tapi sampai sekarang masih digemari banyak orang kok)

Lalu ada Es Markisa Nata de Coco

cara membuat nata de coco
via ResepBuntik.com

Es Buah Naga Nata De Coco

cara membuat nata de coco
via nestygumayeka.blogspot.co.id

Es Timun Nata De Coco

cara membuat nata de coco
via cookpad.com

Tapi timunnya bukan timun yang biasa dijadikan lalapan loh. Ini timun Suri.

Atau Jus Kurma Nata de Coco

cara membuat nata de coco
via sahabatnestle.co.id

Yang ini nih mungkin kamu belum coba. Bikin ngiler!

Dan masih banyak lagi. Minuman-minuman dingin dan menyergarkan di atas sering banget dimanfaatkan oleh orang yang diet loh. Maka jika kamu mau diet, nggak usah segan untuk mengkonsumsi nata de coco sesering mungkin melalui minuman-minuman dingin di atas.

Manfaat lain dari nata de coco yang perlu kamu ketahui.

Karena bukan hanya menghasilkan rasa yang enak aja, tetapi nata de coco punya banyak manfaaat karena mengandung kadar serat yang tinggi kayak selulosa, hemiselulosa, lignin, dan serat larut air.

Jadi kalau kamu mengkonsumsi nata de coco setiap saat, maka bisa mencegah atau setidaknya meminimaalkan terjadinya berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit kecil sampai penyakit besar.

Penyakit kecilnya seperti sembelit. Meskipun ini tegolong penyakit kecil, tapi memang sangat menganggu. Dan nata de coco bisa mencegah penyakit ini.

Lalu penyakit besarnya seperti diabetes, mencegah obesitas, sampai menyembuhkan kanker kolon. Dan memang iya! Karena ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa serat dalam nata de coco bisa digunakan untuk penurunan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit kanker.

Itulah mengapa nata de coco juga digemari oleh kalangan orang tua. Karena ternyata bukan cuman kaya serat, tapi juga rendah kalori. Oleh karena itu, jika kamu membuat nata de coco, artinya kamu nggak sia-sia. Karena berhasil membuat makanan sehat yang selalu terbuka untuk siapapun. Mulai dari anak kecil hingga orang tua. Pokoknya nata de coco ideal banget deh!

 

Itulah cara membuat nata de coco sederhana dan ternyata nggak ribet. Memang butuh waktu sampai benar-benar jadi sih, ya. Tapi kalau manfaat bagi kesehatan ternyata begitu besar, kenapa nggak buat, kan?

Oleh karena itu, silakan praktekan di rumah atau dimanapun dan buatlah sebanyak mungkin! Dan oh iya, jangan lupa SHARE ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.