Home Hubungan 18 Hal yang Kamu Butuhkan Ketika Patah Hati

18 Hal yang Kamu Butuhkan Ketika Patah Hati

SHARE
kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via pixabay.com

Kekecewaan pada hati adalah ritme dari perjalanan hidup. Pengalaman untuk tumbuh dewasa supaya hidup menjadi terasa lebih baik dari sebelumnya dan akan terlatih patah hati.

Karena seringkali orang bisa menjadi kuat dengan merasakan sakit hati terlebih dahulu. Soalnya hidup nggak sering menghadirkan banyak kesempatan untuk selalu meraih kasih sayang. Hidup juga menghadirkan tangisan kesedihan sepanjang waktu loh. Sekalipun itu saat sedang bersama kekasih.

Dan untuk kamu kamu yang belum terlatih patah hati akibat asmara, jangan sering menyalahkan diri sendiri dong! Cobalah memikirkan hal-hal yang sudah Raparapa tulis dengan tujuan agar kamu open mind ketika mengalami patah hati. Di antaranya.

1. Paham bahwa patah hati itu menyakitkan—tapi hanya sekejap

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via pinterest.com

It’s a bad day. Not a bad life! Kalau kelamaan mah namanya bukan patah hati, tapi nunggu restu dari calon mertua.

Nyatanya emang gitu kok. Patah hati itu nggak lama. Dia hanya sekedar nongkrong, walaupun nongkrongnya dalam hitungan hari atau minggu sih. Tapi kalau dibandingkan dengan kehidupan kamu yang umurnya bisa sampai puluhan tahun, sementara  patah hati nggak akan bertahan nongkrong sampai tahunan kan?

Patah hati itu ibarat kamu lagi liburan di sebuah destinasi keren, nggak akan lama-lama dan di momen-momen tertentu doang, seperti momen hari libur.

Tapi kalau akhirnya kamu merasakan dampak patah hati yang nggak hilang-hilang sampai bertahun-tahun. Artinya kekecewaan di hati kamu sudah kronis.

Maka kamu harus baca tulisan ini sampai akhir supaya benar-benar paham dan akan terlatih patah hati.

2. Ketahuilah bahwa ada pelajaran untuk menjelaskan apa yang akan kamu lalui sekarang

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via pixabay.com

Ambil aja pelajarannya. Mungkin kamu harus patah hati karena sekarang saatnya untuk nggak sayang-sayangan dulu dengan seorang kekasih.

Karena bisa aja kan kelakuan kalian kemarin selalu dipandang norak oleh orang-orang sekitar? Karena kalau ada apa-apa yang berhubungan dengan asmara, kalian akan memamerkan di media sosial. Bisa aja loh ya.

Nah, sekarang saatnya kamu mengubah sikap itu supaya bisa ambil hikmahnya dari terlatih patah hati.

3. Meskipun terkesan nggak adil, tapi dunia berharap padamu

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via pixabay.com

Yang harus kamu sadari adalah, jika kamu terlatih patah hati, maka jiwa kamu nggak hilang. Kamu adalah seorang pencinta, bukan pecinta loh. Kalau pecinta mah orang yang suka bercinta.

Oh iya, baca juga ya: 50+ Arti Cinta yang Sesungguhnya!

Ya, kamu adalah pencinta. Cuman kadang-kadang terlalu banyak mencinta, dan bersama mantanmu merupakan pelajaran kalau kamu sudah mencintai orang dan waktu yang salah.

Tapi kamu harus tetap memiliki kasih sayang yang penuh terhadap siapapun, kecuali terhadap mantan kamu.

Kamu harus berpikir kalau dunia punya miliaran pesona. Kamu adalah salah satu dari bagian itu, kamu sangat memesona. Tanpa kamu, dunia akan kekurangan beberapa pesonanya. Artinya dunia sangat mengharapkan pesona kamu. Oleh karena itu, kamu jangan biarkan pesonamu hilang hanya karena kamu dibuat patah hati oleh satu orang doang.

4. Yang terbaik belum datang aja kok!

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via flickr.com

Ketahuilah, patah hati terjadi karena hati kamu jatuh di kehidupan orang yang salah. Mangkannya, setelah ini kamu harus terlatih dalam memahami perilaku orang, mana yang baik dan buruk, supaya ketika suatu saat hati kamu jatuh lagi, jatuhnya di orang pas, yang selalu ada untuk kamu.

5. Jangan segera mencoba untuk menemukan seseorang yang baru untuk mengalihkan perasaan patah hati

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via cascadebankruptcy.com

Pikirakan jangka panjang, jangan ikuti kemauan perasaan sesaat. Mengalihkan perasaan patah hati dengan cara menemukan orang baru untuk dijadikan kekasih bukanlah pilihan tepat.

Seperti di point 4, kamu harus memberi jeda. Pahamilah hati kamu dulu, baru deh kamu cari pasangan lagi. Dikira pasangan kayak onderdil motor apa, yang kudu cepat-cepat diganti kalau udah nggak berfungsi?

6. Ambil kesempatan untuk membuat beberapa perubahan positif dalam hidupmu

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via matillion.com

Patah hati akibat pacar memang bisa merusak diri. Tapi bukan berarti kamu nggak bisa move on kan?

Maka sekarang saatnya kamu memilih untuk memperkuat hubunganmu dengan kerabat dan orang tua kamu. Ya kali aja selama ini hubungan kamu renggang dengan mereka semenjak kamu punya pacaran.

Pokoknya, cobalah untuk menghindari perilaku yang berpotensi nggak sehat. Jangan sekedar merasakan patah hati, coba campurkan dengan aktivitas menyenangkan di media sosial atau berkumpul dengan teman yang konyol. Seenggaknya sakit hati kamu nggak bikin kehidupan kamu acak-kadut.

7. Martabak manis dengan kopi atau cokelat seduh sangat banyak membantu kamu

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via opensnap.com

Setiap manusia memiliki sebuah sistem sendiri-sendiri ketika mengalami sakit hati akibat cinta. Barangkali kamu bisa mencoba salah satu sistem ini; Ketika patah hati, langsung aja temui teman terbaikmu untuk menghabiskan malam dengannya.

Ajak dia untuk ikut serta menghapus bayangan mantanmu dari pikiranmu dengan cara bercanda sambil makan martabak manis (kalau bisa yang topingnya banyak) dan menyeduh kopi (jenis kopinya bebas) atau cokelat panas (kalau bisa yang sachetan supaya murah).

Oh iya, baca juga ya: Bukti Akurat Jika Kamu Kecanduan Kopi Hitam

Kamu juga bisa sambil nonton film humor sepanjang malam. Baca seluruh artikel di Raparapa juga sangat membantu menyembuhkan patah hati kamu.

Pada hari berikutnya, pasti kamu akan memiliki banyak lelucon baru yang sangat disayang jika nggak diberitahu kepada teman-temanmu. Trust me, it works!

8. Luangkan waktu untuk mendengarkan lagu-lagu ceria

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via expertrain.com

Di saat sedang sakit hati, mendengarkan banyak lagu ceria merupakan sesuatu yang sangat menghibur dibanding mendengarkan lag-lagu galau.

Mendengarkan lagu ceria bisa bikin kamu terlatih patah hati. Dan juga bisa menyadarkan kalau kamu nggak sendirian, serta nggak ingin menangis sampai mata kamu secara fisik nggak mampu memproduksi air mata lagi. Ngeri tuh!

Mangkannya, baca juga 10 Alasan Kenapa Kamu Harus Menghindari Lagu Patah Hati

9. Jangan menghindari semua hal yang mengingatkan kamu dari mantan. Lakukan apa yang ingin kamu lakukan!

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
Via pinterest.com

Kamu harus terlatih patah hati! Kamu nggak boleh mengentikan aktivitas yang kamu sukai hanya karena mantan kamu juga menyukai aktivitas yang kamu suka.

Misalnya kamu berhenti mendengarkan band favorit kamu, hanya karena mantan kamu juga menyukai band tersebut.

Jangan berhenti pakai celana kombrong yang kombrongnya sampai nutupin muka kamu hanya karena ingat kalau celana kombrong punya kenangan dengan mantan.

Jangan sampai efek patah hati bikin kamu tertekan dong! Kamu jangan ragu untuk berbuat sesuatu. Oleh karena itu kamu harus terlatih patah hati. Tinggal lakukan aja apa yang kamu inginkan supaya kamu bebas!

10. Kalau bisa liburan

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via tripadvisor.com

Saran terbaik yang bisa kamu terapkan supaya terlatih patah hati adalah liburan ke sebuah pantai. Di situ kamu bisa sambil baca buku yang bagus. Daripada mengurung diri di kamar. Yang ada kamu bisa kesurupan!

Sebab hal-hal favorit yang ada di sekitarmu belum tentu membuat sakit hati pergi. Justru dengan menjumpai sesuatu yang baru sangat bisa megusir patah hati.

Oh iya, sebetulnya untuk liburan, kamu bisa memilih ke tempat lain loh. Nggak harus ke pantai kok. Dibikin asyik aja! 🙂

11. Melawan dorongan untuk kembali bersama mantan

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via hellogiggles.com

Jika sakit hati kamu sudah terbilang level akut. Maksudnya, jika sakit hati itu sendiri memiliki range dari 1 sampai 10, maka sakit hati level akut memiliki range 9 atau 10. Itu artinya kamu layak sekali untuk menghindar ajakan kencan bareng mantan, balikan, atau malah sekedar ketemu. Hindari aja deh!

Ini mungkin godaan bagi kamu yang masih punya perasaan kepada mantan. Tapi percayalah, terkadang dalam hidup ada sesuatu yang harus dikorbankan demi meraih kebahagiaan.

12. Mengakui bahwa masih BANYAK yang harus kamu pelajari tentang diri kamu

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via sheknowscom

Kamu harus berani mengatakan kepada diri kamu sendiri kalau kamu adalah jiwa muda yang sanggup belajar dan terlatih patah hati. Jangan hanya belajar pacaran, tapi juga belajar untuk segera move on.

Ingat! Patah hati adalah sebuah cara dari mempersiapkan diri kamu untuk siapa, dan pada akhirnya kamu akan bertemu pada apa yang kamu mau.

Dengan penerapan seperti ini, kamu akan berakhir bahagia kok. Bukannya malah kecewa.

13. Ingatlah bahwa terkadang mantan adalah sesuatu yang nggak baik untukmu

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via tubasmedia.com

Perlu diingat, kita semua cenderung mengingat masa-masa indah dan mengabaikan semua yang buruk. Jadi ketika kamu mengenang masa lalu, pastikan untuk menyertakan hal-hal yang kamu benci tentang mantan.

Misalnya, bagaimana ia nggak pernah memberi kamu kasih sayang, sementara selama ini kamu berjuang sepanjang waktu. Atau bagaimana ia jarang sikat gigi, sementara gigi kamu kinclong. Dan yang lain sebagainya.

Memang terkesan jahat sih, tapi nantinya itu akan memberikan perspektif tersendiri bagimu, dan kamu akan menyadari. Kamu jadi tau dengan sendirinya bagaimana rasanya terlatih patah hati.

14. Jangan biarkan ini mengubahmu menjadi berantakan, pahit dan sinis

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via psychologytoday.com

Jangan biarkan masa lalu jadi mendikte diri sendiri, seperti bagaimana cara kamu bertindak dalam hubungan baru, takut untuk menjadi diri sendiri, mencintai, mempercayai orang lain.

Duh, kalau gitu nanti kamu akan tersiksa dan susah untuk beradaptasi dengan hubungan baru. Biarkan aja masa lalu pergi dan lakukan hal-hal yang menyenangkan!

Karena seperti yang sudah dijelaskan di point 1, kalau sesungguhnya patah hati bukanlah sebuah siksaan jangka waktu lama.

 15. Unfriend, unfollow, block

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via boostlikes.com

Bagaimana kamu bisa terlatih patah hati kalau kamu masih berteman dengan mantan kamu di media sosial?

Block aja langsung! Karena kamu nggak perlu terus-menerus melihat apa yang mantan lakukan di media sosial.

Berhenti berkomunikasi dan berhenti stalking media sosialnya. Setiap kali kamu berbicara dengannya atau melihat profil-nya, itu bisa menjadi sesuatu yang menyakiti hati kamu.

Ibaratnya gini, jika kamu punya luka di kulit, kamu pasti akan menempatkan perban di atas lukamu supaya sembuh. Tapi jika kamu melepaskan perban sebelum waktunya, pasti lukanya nggak akan sembuh, malah bisa-bisa tambah parah.

Iya kan?

Oleh karena itu, kamu harus menempatkan perban dan biarkan perban menyembuhkan lukamu.

Sekali lagi, JANGAN BICARA KEPADA MANTAN dan juga JANGAN STALKING KEGIATANNYA DI SELURUH MEDIA SOSIALNYA. Hal ini hanya akan menyakitimu dan memperlambat proses penyembuhan hati yang patah.

16. Mantan mungkin nggak mencintaimu sebanyak yang kamu harapkan, tetapi orang lain sangat bisa diharapkan

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via dailymail.co.uk

Percayalah, yang menarik dari putus cinta lalu patah hati adalah bisa pindah dan menemukan seseorang yang benar-benar mencintaimu sesuai harapanmu. Nggak harus gebetan sih. Tapi teman-teman yang memperhatikanmu itu penting banget.

Kamu harus bisa memikirkan hal ini ya! Karena akan sangat bisa membuat hati kamu bahagia.

15. Luangkan sedikit waktu untuk berpikir tentang jenis orang yang kamu inginkan dan pantas untuk bersamamu

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via jadeisabelle.com

Ini adalah tahapan jika hati kamu kondisinya hampir stabil, maka kamu harus memikirkan hal ini supaya terlatih patah hati.

Jadi, bagi kamu jiwa muda yang memiliki rasa cinta yang menyala, jika kamu cenderung mencintai seorang yang penuh omong kosong, segeralah kamu perbaiki! Supaya di hari-hari selanjutnya kamu bisa mendapatkan pasangan yang kamu inginkan dan pantas untukmu.

18. Ketika akhirnya kamu menjadi orang yang berbeda seperti biasanya, itu bukan masalah kok!

kata kata patah hati - gambar patah hati - puisi patah hati
via vemale.com

Ketika patah hati membuatmu merasa seperti nggak pernah lagi menyukai hal-hal yang kamu lakukan seperti biasanya, itu wajar kok! Karena hidup memang butuh suasana baru. Dan setelah ini kamu akan melanjutkan cerita untuk menemukan cinta yang baru dan lain.

 

Itulah 18 hal yang kamu butuhkan ketika patah hati. Semoga kamu yang sedang sakit hati bisa berusaha meluangkan waktu supaya berhasil mendapatkan kakimu kembali untuk melanjutkan perjalananmu. Dan percayalah! Pada akhirnya pikiranmu terlatih dan akan semangat. Mungkin nggak dalam beberapa hari atau minggu sih, tapi akhirnya kamu akan merasa OK lagi.

Jangan lupa SHARE ya! 🙂

 

(Foto utama: pixabay.com)

16 COMMENTS

  1. Patah hati oh patah hati…deritanya tiada henti…bagi yang pernah mengalami patah hati pasti rasanya sakit banget, dunia terasa berakhir, makan nggak enak, minum nggak enak…meski berat tapi tetap harus move on

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.