Home Berwisata yuk! 11 Gunung Terbaik di Indonesia yang Perlu Kamu Datangi

11 Gunung Terbaik di Indonesia yang Perlu Kamu Datangi

SHARE
pegunungan di Indonesia
bromotour.co.id

Di bumi memliki bermilyar-milyar panorama indah yang dihasilkan dari pegunungan. Beberapa di antaranya sudah pernah Raparapa bahasa kok di 9 Gambar Pemandangan Gunung Terindah di Dunia. Dan untuk pegunungan di Indonesia, kita juga beruntung kok, karena berbagai pulau di Indonesia punya banyak sekali pegunungan yang patut bila kita kagumi. Asal kamu mau datang!

Alasannya karena pegunungan di Indonesia memanglah indah. Pesona alam yang nggak bisa dipungkiri.

Ini mengapa para pecinta alam yang mengeskspresikannya dengan sambil berdecak kagum ketika melihat 11 pegunungan di Indonesia yang akan Raparapa bahas.

Di mana itu semua? Yuk kita simak di bawah ini!

1. Gunung Rinjani

pegunungan di indonesia
news.liputan6.com

Betapa gagahnya sosok Gunung Rinjani. Menjulang tinggi, keindahannya sangat menggoda mata. Atau bahkan sulit dipercaya.

Oh iya, baca juga ya 31 Gambar Pemandangan Dunia yang Indah tapi Sulit Dipercaya!

Pegunungan ini lokasinya di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kamu nggak usah ragu untuk datang ke Gunung Rinjani. Selain gunungnya cantik, di situ kamu juga bisa menemukan bunga edelwis yang mempesona. Menyaksikan awan bergulungan. Atau menikmati daya tariknya Danau Sagara Anak juga pilihan terbaik ketika menikmatinya dari puncak gunung Rinjani. Yang fotonya ada di atas tuh!

Maklum, pegunungan di Indonesia satu ini juga dikenal sebagai wisata dengan perjalanan menantang tapi berkesan di Asia Tenggara. Alam di sekitarlah yang memberi banyak kesan. Jadi kamu yang datang ke Pegunungan Rinjani, pasti akan dibuat kepayang akan fakta dari keindahannya.

2. Gunung Semeru

pegunungan di Indonesia
anekatempatwisata.com

Kesejukan nyata juga bisa dirasakan di pegunungan Semeru. Gunung yang dikenal sebagai primadona sekaligus tertinggi di Pulau Jawa.

Pegunungan di Indonesia satu ini bukan hanya indah, tapi juga selalu ramai. Berbondong-bondong pendaki dari berbagai daerah datang menciumi keindahan Gunung Semeru. Mereka nggak pernah kecewa akan fakta indah ini.

Kamu datang aja deh ke sini. Dijamin nggak mesnyesal. Karena di pegunungan Semeru bukan hanya sekedar menyajikan pemandangan gunung aja. Tapi kamu juga bisa menyaksikan keindahan bunga lavender. Atau daya tariknya Danau Ranu Kumbolo. Sama seperti susana di pegunungan Rinjani.

Dan nggak cuman itu! Di depan Danau Ranu Kumbolo juga tersedia tanjakan yang dijuluki sebagai Tanjakan Cinta. Pokoknya menyenangkan deh suasana pegunungan di Indonesia yang berada di Jawa Timur ini.

Datang ya! Pasti sesampainya di pegunungan Semeru, kamu akan sadar kalau keindahan nyata benar-benar ada di hadapanmu.

3. Gunung Prau

pegunungan di Indonesia
piknikasik.com

Kalau ini di Jawa Tengah, tapatnya di Dieng. Pegunungan Prau juga menjadi pilihan terbaik untuk menikmati kesejukan nyata. Bermacam-macam keindahan bukit juga bisa kamu saksikan. Yang paling terkenal adalah Bukit Teletubbies.

Oh iya, Pegunungan Prau juga bisa didaki oleh siapa aja loh! Baik yang baru pertama kali mendaki maupun yang hobi mendaki. Karena lintasan di Pegunungan Prau bisa dijangkau oleh siapapun, atau bisa dibilang nggak begitu sulit untuk didaki. Karena Pegunungan Prau nggak terbilang tinggi. Tapi kalau untuk urusan kekaguman, kamu bisa dipastikan akan menyimpulkan kagum dalam versimu kok.

Jangan tunda untuk meniatkan diri agar bisa datang ke pegunungan di Indonesia yang berlokasi di Dieng ini ya! Karena sunrise dari pegunungan Prau sangat mustahil kalau nggak kamu kagumi. 🙂

4. Gunung Merbabu

pegunungan di Indonesia
zonalibur.com

Masih di Jawa Tengah. Kamu tinggal datang ke antara Megelang, Boyolali, dan Semarang. Karena Pegunungan Merbabu berada di antara ketiga daerah itu.

Para pendaki yang datang ke Pegunungan Merbabu selalu memberi kesan indah kepada Padang Sabana. Semacam punya pesona yang tak pernah padam jika kamu nikmati dari lereng-lereng Gunung Merbabu. Mangkannya nanti kamu jangan sampai melewatkan Padang Sabana ini ya!

Selain itu, kamu juga bisa melewati berbagai jalur yang terlihat menawan, seperti Jalur Selo yang sudah memberi kesan menyenangkan bagi para pencinta alam yang berkunjung ke Pegunungan di Jawa Tengah ini.

Desiran angin berirama. Bunga edelwis juga tumbuh di berbagai lereng pegunungan. Dan apakah hal ini nggak bikin kamu penasaran? Kalau gitu, buruan datang ke Pegunungan Merbabu.

5. Gunung Gede dan Pangrango

pegunungan di Indonesia
bandung.panduanwisata.id

Kalau yang ini lokasinya di Jawa Barat. Dan ini menjadi sesuatu yang logis untuk menikmati kesejukan. Karena Jawa Barat terkenal dengan kesejukan alam dari berbagai pemandangan wisata yang ada.

Datanglah ke Gunung Gede, maka kamu akan dimanjakan oleh keindahan Alun-alun Suryakencana. Ya, benar! Ternyata ada alun-alun di daerah pegunungan di Indonesia.

Alun-alun ini berupa padang rumput luas yang ditumbuhi oleh banyaknya bunga edelwis. Duh, kapan lagi kamu bisa datang ke alun-alun yang ada bunga edelwisnya?

Selain Gunung Gede, terdapat juga Gunung Pangrango. Kedua kawasan gunung ini dijadikan satu oleh Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dan di Pegunungan Prangrango, kamu juga bisa menikmati padang rumput yang dipenuhi bunga edelweis kok. Padang rumput ini bernama Mandalawangi.

Duh! Pokoknya kedua pegunungan Indonesia ini memang punya keindahan alam yang terasa sempurna. Kamu pasti akan dibuat terpana jika berhasil datang.

6. Gunung Papandayan

pegunungan di Indonesia
jelajahgarut.com

Masih di keasrian alam Jawa Barat nih. Gunung Papandayan juga punya kesejukan nyata yang bisa kamu peroleh. Asal kamu mau datang sih.

Dan meskipun bukan disebut sebagai alun-alun seperti di Pegunungan Gede, Pegunungan Papandayan juga punya padang rumput yang ditumbuhi bunga-bunga edelwis loh. Kamu dijamin betah dan mau berlama-lama cuman buat menikmati suasana ini deh!

Padang rumput ini dinamai Tagal Alun. Para pecinta alam atau pendaki nggak pernah lupa untuk mengabadikan momen menggunakan kameranya ketika berada di Tegal Alun. Maka sarannya kamu juga harus bawa kamera ya!

Eh, kamu mah meskipun nggak diperingati juga bakalan bawa kamera ya. Kamu mah anak gaul. Tapi yang penting sih kamu datang. Supaya bisa dibuat terkesima oleh keindahan Pegunungan Papandayan ini. Karena di situ juga kamu bisa menyakisan beberapa kawah yang dijamin menarik pehatianmu. Seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Manuk, dan Kawah Nangklak.

7. Gunung Bromo

pegunungan di Indonesia
bromotour.co.id

Wuiihh! Yang ini udah menjadi kewajiban bagi para pecinta alam yang hobi mendaki. Sebab pegunungan di Jawa Timur ini udah lama menjadi tempat wsiata yang paling menarik, dan pastinya dijamin membawa kesan serta pengalaman dong!

Datanglah ke Pegunungan Bromo, maka kamu akan menyaksikan pemandangan sunrise yang sangat cantik dan bikin kamu berdecak kagum. Hal ini udah terbukti! Melihat orang-orang yang datang dengan tujuan hanya ingin melihat sunrise, itu udah menjadi sesuatu yang wajar.

Tapi selain itu kamu juga bisa bermainan pasir kok. Karena pasir di Pegunungan Bromo sangatlah halus. Kalau kamu tipe orang yang gampang capek, kamu juga bisa berkendaraan pake mobil jeep, atau berkuda juga termasuk sarana menyenangkan kok.

Buruan datang ya ke Pegunungan Bromo. Supaya mata kamu dibuat heran karena Indonesia punya daerah pegunungan yang berbalut indah.

8. Gunung Ijen

pegunungan di Indonesia
wikipedia.org

Masih di Jawa Timur. Dan kamu tinggal datang ke antara Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi. Karena Pegunungan Ijen berada di antara ketiga daerah itu.

Pegunungan Ijen memang nggak tebilang tinggi sih. Tapi kamu bisa datang ke sana demi bertemunya waktu di dini hari kok.

Tapi kenapa harus dini hari? Karena di dini hari kamu akan menyaksikan pemandangan api berwarna biru yang dihasilkan oleh gunung, Peristiwa ini udah menjadi yang diharapkan bagi para pendaki. Karena fenomenal alam ini memang ketika kamu berhasil melihat.

Kata penduduk setempat, pemandangan api ini berasal dari cairan belerang yang ditambang oleh masyarakat setempat. Kapan lagi nih kamu bisa berada di gunung dan menyaksikan fenomena api keren ini?

9. Gunung Kelimutu

pegunungan di Indonesia
twisata.com

Sekarang mari kita melipir ke agak jauhan, yaitu di Nusa Tenggara Timur. Karena di situlah terdapat pemandangan pegunungan Indonesia yang begitu menyejukkan mata dan pikiran.

Gunung Kelimutu dengan ketinggian mencapai 1.639 mdpl menyuguhkan tiga danau yang kalau kamu pandang, pikiran dan jiwamu dijamin bahagia. Karena masing-masing danau ini punya warna yang berbeda-beda. Seperti warna biru yang ada di Danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, warna merah yang dihasilkan Danau Tiwu Ara Polo, dan warna putih dari Danau Tiwu Ata Mbupu.

Semuanya unik, semuanya keren, dan semuanya harus kamu saksikan. Mangkanya, datanglah! Karena selain pegunungannya dijamin indah dan sejuk, kamu juga menyaksikan ketiga danau itu yang menjadi fenomena alam yang luar biasa.

Hebat kan pegunungan di Indonesia?!

10. Gunung Patuha

pegunungan di Indonesia
ragamtempatwisata.com

Gunung Patuha. Kenapa namanya Patuha ya? Ya udah lah, apapun namanya, pegunungan di Bandung ini memang dijamin indah. Yang terpenting sih Raparapa kudu bisa memastikan kamu untuk datang ke sini.

Karena di pegunungan Patuha kamu akan disuguhkan oleh keindahan kawah putih. Sebuah danau kawah yang memiliki kandungan air berwarna biru. Fenomena alam lagi nih. Indonesia memang hebat! Itu mengapa banyak wisatawan dari luar yang berkunjung ke Pegunungan Patuha.

Kamu bukan wisata luar ya sempetinlah untuk menjadi saksi atas keindahan Gunung Patuha. Kamu bisa ajak keluarga atau pasangan untuk mengabadikan foto di situ. Karena semuanya serba fotogenic.

11. Gunung Batur

pegunungan di Indonesia
balidahlia.com

Kalau yang Pegunungan Batur letaknya di Bali. Kita tau kalau pulau dewata menyuguhkan banyak wsiata dataran tinggi yang cantik. Gunung Baturlah salah satunya.

Masyarakat setemapat menjadikan gunung berapi ini sebagai tempat suci. Karena mereka benar-benar menghargai alam. Maka disarankan bagi para pendaki yang datang ke Gunung Batur, jangan sampai melakukan hal yang menyebabkan alam menjadi nggak menarik. Seperti buang sampah sembarangan, dan yang lain sebagainya.

Gunung Batur ini merupakan gunung berapi kecil loh. Jadi nggak begitu sulit untuk dijangkau oleh orang yang baru pertama kali mendaki. Dan ketika kamu datang ke sana, kamu akan disapa oleh keindahan Danau Batur yang bentuknya mirip bulan sabit, tepatnya di lereng gunung. Inilah danau terluas di Pulau Bali.

Pegunungan yang berada di tengah kawah besar ini masih ramai dijajal oleh para pecinta alam. Dan sejauh ini kondisi gunung masih aman-aman aja kok. Soalnya kalau nggak aman, Raparapa nggak akan memasukkan Gunung Batur ke dalam daftar pegunungan di Indonesia yang patut kamu coba.

Ayolah datang ke Gunung batur, dan nikmati hamparan biru yang luas dengan pemandangan-pemandangan yang sangat bisa memuaskan mata, hati, dan jiwa kamu.

 

Itulah 11 Pegunungan di Indonesia yang wajib kamu datangi. Beruntung sekali kamu berada di negara yang menyediakan daerah pegunungan yang terlalu banyak untuk disebut. Jadi, sekarang saatnya kamu persiapkan ransel kamu dan letakkan di punggung lalu saatnya bepertualang!

Oh iya, jangan lupa SHARE ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.