Home Berwisata yuk! 9 Pemandangan Air Terjun di Pulau Jawa yang Dijamin Bisa Mengusir Penatmu

9 Pemandangan Air Terjun di Pulau Jawa yang Dijamin Bisa Mengusir Penatmu

SHARE
pemandangan air terjun
via tempatwisatadijawabarat.com

Setelah mengulas Wuiih. Pemandangan Air Terjun Terbaik di Dunia Nih!, sekarang saatnya Raparapa mengulas daftar air terjun yang ada di negara kita tercinta. Yang belum baca, bisa dibaca dulu tuh!

Dan berhubung Indonesia luas serta kaya akan wisata air terjun, maka sekarang bahas air terjun yang ada di pulau Jawa dulu deh. Dan beruntungnya, pulau Jawa memiliki banyak sekali pemandangan air terjun yang bisa dinikmati oleh siapapun. Tapi yang akan Raparapa beritahu adalah 9 wisata air terjun yang paling menarik di antara air terjun lainnya di pulau Jawa.

Cari tahu di mana aja yuk!

1. Air Terjun Curug Cikaso, di Sukabumi

pemandangan air terjun
via paketwisatajawa.com

Meskipun dinilai sebagai salah satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat, tapi kebanyakan wisatawan yang datang ke Sukabumi nggak pernah melewati pemandangan Air Terjun Curug Cikaso yang terkenal indah ini.

Kalau dari pusat kota Sukabumi memang butuh waktu yang lumayan lama sih untuk mencapai lokasi air terjun Curug Cikaso. Kurang lebih sekitar 110 km lah. Tapi ketika berhasil sampai, kamu akan terbayar oleh keindahannya.

Kesinilah, maka kamu akan menyaksikan tiga titik pemandangan air terjun yang berjajar memukau dengan air kolam berwarna hijau kebiru-biruan. Sangat sejuk untuk mengisi kepenatan di kepala kamu.

Paling asyik lagi kalau ke sana di pagi hari. Kamu akan dibuat tercengang ketika matahari menyinari di sekitar air terjun. Bisa-bisa kamu akan dipenuhi rasa syukur karena bisa menikmati pemandangan alam yang begitu memukau.

2. Air Terjun Curug Malela Bandung, di Bandung

pemandangan air terjun
via tempatwisatadijawabarat.com

Masih di Jawa Barat nih. Tepatnya di ibu kota, yaitu Bandung. Wisata di Bandung memang beragam dan dijamin indah ya. Salah satunya Air Terjun Curug Malela yang punya ketinggian sekitar 60 meter dengan lebar 70 meter.

Menawan sekali, karena 5 jalur air terjun yang mengalir deras selalu terlihat megah dengan lokasi yang terbilang luas. Apalagi kalau kamu menikmatinya dari kejauhan, kamu akan menyangka seolah pemandangan air terjun tersebut adalah benang yang halus dan bersinar. Sulit sekali dipercaya kalau itu air terjun.

Oh iya, baca juga yuk 31 Gambar Pemandangan Dunia yang Indah tapi Sulit Dipercaya!

Tebing tinggi yang membentuk secara eksotis membuat pemandangan air terjun selalu ramai dikunjungi oleh orang manapun, baik yang asli Bandung maupun luar Bandung.

Keindahan alam inilah yang membuat pemandangan Air Terjun Curug Malela disebut sebagai Air Terjun Niagara Mini. Hmmm, benar nggak ya Air Terjun Curug Malela mirip sama Air Terjun Niagara meskipun versi mini?

Kamu akan tahu ketika kamu mengunjunginya! 🙂

3. Air Terjun Leuwi Hejo, di Bogor

pemandangan air terjun
via viva.co.id

Bogor juga dikenal sebagai pemilik kekayaan alam tertinggi di Indonesia. Maka nggak heran kalau kota hujan ini menyediakan pemandangan air terjun yang bernama Leuwi Hejo. Warga setempat biasa menyebutnya Curug Bangkok.

Inilah air terjun yang ditampung di kolam kecil berwarna hijau. Di situ kamu bisa merasakan sensasi berenang di kolam alami yang sangat jernih alias bening.

Karena jernih inilah yang membuat Curug Bogor sering diperbincangkan untuk dijadikan tujuan destinasi. Kamu ayok datang dong! Kesejukannya dijamin bisa mengembalikan mood kamu. Pemandangan Air Terjun Leuwi Hejo ini bisa menghilangkan rasa penat akibat hiruk pikuk ibu kota.

4. Air Terjun Tawangmangu dan Grojogan Sewu, di Karanganyar

pemandangan air terjun
via blog.reservasi.com

Kalau ini di Jawa Tengah, yaitu Karanganyar. Di sanalah terdapat kawasan yang bernama Tawangmangu, sebuah objek wisata air terjun yang selalu dipenuhi oleh orang-orang ceria dan seru. Orangtua dan anak-anak datang ramai-ramai ke sana karena dinilai pemandangan air terjun di Tawangmangu sangatlah menarik.

Di antara banyaknya air terjun yang ada, pemandangan Air Terjun Grojogan Sewu lah yang paling berkesan. Tingginya sekitar 81 meter. Setinggi itulah gemercik air terdengar seru di telinga para wisata.

Kamu dong ikut nikmati keseruan di Air Terjun Grojogan Sewu!

5. Air Terjun Pantai Jogan, di Jogja

pemandangan air terjun
via piknikasik.com

Ini nih perpaduan antara eksotiknya pemandangan air laut dengan memukaunya pantai laut selatan di Jogja. Sebuah pesona yang nggak boleh kamu tolak!

Oh iya, baca juga yuk Gambar Pemandangan Pantai Terindah di Dunia

Untuk mencapai Pantai Jogan, kamu butuh waktu sekitar dua jam dari pusat kota Jogja. Tapi tenang, bisa dijangkau pake kendaraan umum dengan tujuan Pantai Jogan kok.

Pemandangan air terjun yang letaknya tepat di bibir laut ini menjadi sesuatu yang langka di Indonesia, bahkan dunia. Air terjun Pantai Jogan ini diapit tebing-tebing tinggi dari pegunungan kapur di Pantai Jogan.

Tapi untuk bisa menikmati guyuran air terjun dari atas tebing, kamu harus turun ke bawah dulu.

Oh iya, baca juga yuk 9 Gambar Pemandangan Gunung Terindah di Dunia

Pokoknya kalau kamu datang ke Air Terjun Pantai Jogan, kamu akan merasakan keasyikannya! Karena kamu bukan hanya disuguhi pemandangan air terjun aja, tapi juga pemandangan pantai selatan yang dipenuhi gulungan ombak besar. Sungguh pemandangan air terjun yang sangat bisa memikat banyak perhatian orang!

6. Air Terjun Sri Gethuk, di Jogja

pemandangan air terjun
via initempatwisata.com

Masih di Jogja nih. Tepatnya di Kabupaten Gunungkidul. Pemandangan Air Terjun Sri Gethuk sangat bisa dibilang memikat karena pengaruh tebing tinggi dan air terjun yang selalu mengalir tanpa mengenal musim. Mau musim hujan atau kemarau, tetap aja mengalir.

Dengar-dengar sih objek pemandangan Air Terjun Sri Gethuk ini mirip dengan sebuah destinasi Grand Canyon Arizona yang ada di Amerika Serikat loh. Tapi entah juga sih. Kamu bisa menyimpulkan ketika kamu datang ke Jogja dan menikmati pemandangan dari Air Terjun Sri Gethuk! 🙂

7. Air Terjun Nglirip, di Tuban

pemandangan air terjun
via piknikasik.com

Kali ini di Jawa Timur, tepatnya di Tuban. Pemandangan air terjun yang eksotis ini memiliki ketinggian 25 meter. Sejuk, tenang, dan cocok untuk dijadikan pelampiasan ketika pikiran kamu berkecamuk.

Meskipun dikenal memiliki suasana mistis, itu nggak menjadikan Air Terjun Nglirip sepi dari pengunjung. Sampai sekarang ramai didatangi orang dari luar Tuban atau Tuban sendiri.

Di balik air terjun, terdapat goa yang cukup besar. Goa ini bisa dilihat atau ditelusuri oleh siapapun. Karena kata penduduk setempat, goa ini sering dijadikan kegiatan semedi.

Kamu kalau berada di daerah perbatasan Jawa Timur, nggak usah pikir dua kali untuk mampir ke Tuban dan menikmati pemandangan Air Terjun Nglirip.

8. Air Terjun Coban Sewu, di antara dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang dan Malang

pemandangan air terjun
via dolandolen.com

Pemandangan air terjun di Coban Sewu sering diulas di berbagai media. Karena memang air terjunnya luar biasa indah. Di situ terdapat sawah, sungai, bukit, benar-benar panorama indah yang memanjakan mata.

Datang ke Air Terjun Coba Sewu merupakan perjalanan yang ekstrem. Karena untuk menuju lokasi dari pusat Kota Malang aja butuh waktu sekitar dua jam, itupun baru sampai ke lokasi parkirnya aja. Karena setelah sampai lokasi parkir, kamu harus turun melewati tangga bambu untuk menuju ke dasar jurang yang bisa memakan waktu sekitar 15-20 menit.

Dan itu belum selesai! Karena setelah sampai jurang, kamu harus menyeberangi sungai supaya bisa melihat Coban Sewu yang gemercik suara airnya terdengar di telinga. Pertanda mengalirnya air terjun ekstrem ini.

Baru deh setelah melewati sungai, kamu akan dimanjakan pemandangan air terjun Coban Sewu yang menawan. Buruan deh kamu punya hasrat untuk datang ke sini!

9. Air Terjun Madakaripura, di Probolinggo

pemandangan air terjun
via wikipedia.org

Masih di Jawa Timur nih. Karena Jawa Timur memiliki banyak daerah yang dihiasi pemandangan air terjun. Dan kali ini lokasinya di Probolinggo, yaitu Air Terjun Madakaripura.

Berada nggak jauh dari pusat Kota Probolinggo, kamu bisa menikmati air terjun Madakaripura yang tingginya mencapai 200 meter. Suasananya asri akibat aroma hijaunya pepohonan.

Di situ kamu juga akan diperlihatkan oleh gundukan perbukitan dan lembah yang membuat mata kamu nggak akan letih.

 

Itulah daftar pemandangan air terjun di Pulau Jawa yang dijamin bisa mengusir rasa penatmu. Udah deh, kamu nggak usah pikir dua kali untuk mengunjungi salah satu wisata air terjun di atas biar pikiranmu bisa fresh lagi.

Oh iya, jangan lupa SHARE!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.