Home Fashion Inilah Pengertian Batik yang Harus Diketahui Anak Muda!

Inilah Pengertian Batik yang Harus Diketahui Anak Muda!

SHARE
Pengertian batik
via redio.in

Pengertian Batik – Melihat batik semakin ke sini semakin populer di mata orang-orang, maka dengan ini Raparapa telah mengulas pengertian batik yang harus diketahui oleh banyak anak muda Indonesia. Berikut alasannya.

1. Karena batik sangat bisa meremajakan generasi muda

Pengertian batik
via modelbatikterbaru.com

Melihat sekarang banyak baju batik modern, maka dengan ini sangat jelas kalau batik sangat cocok untuk dipakai sehari-hari, dan kamu masih bisa bersenang-senang dengan gaya hidup apapun, tanpa beban. Dan yang penting, kamu yang mukanya tua bisa kelihatan muda kalau pakai batik!

Oh iya baca juga ya: Inilah Gambar Batik yang Kaya Motif dan Makna

2. Karena kamu tidak akan kehilangan desainer hebat dari Indonesia

Pengertian batik
via wolipop.detik.com

Di Indonesia tuh banyak desainer hebat yang menghasilkan batik indah. Seperti Ghea Pangabean, Carmanita, Choosy Latu, Danar Hadi, Poppy Dharsono, Edwart Hutabarat, atau Iwan Tirta. Desain batik mereka semua telah diperkenalkan ke luar negeri.

Maka dengan adanya mereka, kamu akan selalu menemukan banyak desain batik menarik yang bikin penampilanmu selalu modis dan trendi!

Oh iya baca juga ya: Ini loh Cara Menggambar Batik dengan Mudah!

3. Tentunya kamu akan bangga di kaca mata internasional

Meskipun perlu waktu 3 tahun bagi Indonesia untuk mendapatkan pengakuan terhadap budaya batik sebagai budaya milik Indonesia, tapi pada akhirnya, UNESCO berhasil menetapkannya. Selain itu, kata “batik” juga bisa kamu temukan di Oxford Dictionary.

4. Merupakan kesempatan bagimu untuk melakukan bisnis

Pengertian batik
via redio.in

Banyak sekali berita yang menayangkan omzet batik naik dua kalilipat. Jadi mumpung kamu masih muda, apa salahnya untuk mencoba dari sekarang? Ya kan? Kayak Dea Valencia tuh yang sukses di bisnis batik.

5. Kamu akan menjadi pribadi yang bersih

Kalau ini bisa dimulai dari menghargai batik yang kamu kenakan. Melihat coraknya yang indah dan penuh makna, apa kamu rela membuat baju batik kamu terlihat kotor?

Oh iya, baca juga ya: Gambar Baju Batik ini Pertanda Kalau Kamu Nggak Pernah Salah Kostum

6. Kamu juga akan menjadi pribadi yang sabar dan kalem

Sebab batik berasal dari bahasa Jawa, gabungan dari kata “amba” dan “titik”. Amba artinya menulis, sedangkan titik artinya menitik. Jadi proses pembuatan batik yaitu dengan cara menulis menggunakan pola titik-titik. Untuk membuat pola juga harus menggunakan canting, sementara proses pewarnaannya menggunakan malam, sejenis lilin yang digunakan untuk membuat pola. Proses pembuatannya bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Pengertian batik
via harianterbit.com

Namun, untuk menerapkan semua metode itu, diperlukan kesabaran dan fokus. Jadi jika kamu menghargai proses pembuatan batik, maka selayaknya kamu ikut memahami arti sabar dan kalem saat mengenakannya. Karena nggak ada pengarajin batik yang membuat batik dengan cara terburu-buru. Emangnya makanan cepat saji~

Oh iya, baca juga ya:Sejarah Batik yang Tak Pernah Terhapus Hingga Kapanpun!

7. Kamu juga bisa lebih menghargai perempuan

Pengertian batik
via fotografindo.com

Sebab membatik lazimnya dilakukan perempuan. Itu makanya banyak batik yang motif atau coraknya cenderung feminin.

Zaman dulu juga membatik adalah mata pencaharian perempuan. Dan seiring dengan berkembangnya zaman, batik sekarang juga punya motif yang maskulin. Sering ditemui kok di motif Mega Mendung yang dari Cirebon.

8. Apakah kamu menyukai film Invictus?

Pengertian batik
via movieactors.com

Karena di film tersebut, Morgan Freeman yang memerankan Nelson Mandela terlihat memukau saat mengenakan pakaian batik. Bisa jadi setelah liat doi waktu pakai batik, kamu jadi pengin buru-buru pakai batik! Meskipun artinya kamu siap disangka punya muka tua.

9. Kalau untuk penggemar Mission Impossible 5, bisa jadi kamu akan terlihat seperti Tom Cruise

Pengertian batik
via bintang.com

Kamu yang muda pasti tak melewati dilm Mission Impossible 5. Karena di situ Tom Cruise juga mengenakan batik loh. Wah, beneran deh, kamu kalau pakai batik pasti mirip Tom Cruise!

10. Di film American Sniper juga ada loh!

Tepatnya waktu di bar.

11. Bahkan Jesica Alba bahagia banget pakai batik

Pengertian batik
via indosister.com

Tuh cantik banget ya dia pake motif batik parang. Kamu kalau pake motif batik parang pasti bakalan mirip Jesica Alba.

Tapi sebenarnya sih bukan hanya Jesica Alba saja. Selebriti luar negeri lainnya juga banyak kok yang menyukai keindahan batik, kayak Reese Witherspoon, Drew Barrymore, Rachel Bilson, Nicole Richie, dan Heidi Klum. Mereka cantik banget ketika memakai baju batik.

12. Untuk para United Fans, tetaplah untuk mencintai idola kalian!

Pengertian batik
via laguidadelcalcio.it

Karena pada tahun 1990 sampai 1991, Adidas menyeponsori Manchester United dengan membuat jersey dengan motif batik. Keren!

13. Untuk para Gooners pun begitu, tetaplah untuk mencintai idola kalian!

Pengertian batik
via arsenal.com

Tuh foto pemain Arsenal waktu pakai baju batik. Itu waktu berkunjung ke Indonesia dalam rangka Asia Tour tahun 2013.

14. Bagi kamu yang hobi mendaki, tak ada salahnya untuk mengenakan batik saat mendaki

Pengertian batik
via muhammadiyah.or.id

Kenapa enggak? Wong pendaki dari UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) juga bisa mempraktekan hal ini waktu mereka mendaki di puncak Elbrus Rusia kok.

15. Jika kamu seorang musisi sekelas apapun, nggak ada salahnya untuk mengenakan batik ketika manggung

Pengertian batik
via pinterest.com

Sebab Carlos Santana yang tarafnya musisi kelas dunia aja pakai baju batik di video klipnya yang berjudul Saideira. Cek saja!

16. Pokoknya, kamu yang berjiwa muda tidak akan merasa sia-sia untuk mempelajari teknik membatik!

Sebab teknik membatik sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, diperkirakan pada abad 12, tepatnya pada zaman Kerajaan Majapahit. Dan hebatnya, teknik membatik masih bertahan hingga sekarang. Artinya, selalu ada kepuasan dan memiliki banyak kesan ketika belajar membatik. Kan?

 

Itulah fakta tentang pengertian batik yang bisa menginspirasi banyak anak muda Indonesia. Semoga setelah kamu baca ini, kamu jadi lekas memakai batik ya! Tapi sebelum pakai batik, SHARE dulu dong~

4 COMMENTS

  1. saya juga suka batik tapi kalau batiknya bagus banget mending buat perabot rumah aja kayak taplak atau apa daripada dipake jadi baju 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.