Home Seni dan Budaya Inilah Pengertian Teater dan Jadilah Salah Satu dari Bagiannya!

Inilah Pengertian Teater dan Jadilah Salah Satu dari Bagiannya!

SHARE
Teater Koma yang disponsori oleh Djarum Foundation - pengertian teater
Teater Koma via djarumfoundation.org

Teaeter adalah panggung dari drama. Jadi pengertian teater sebenarnya sama dengan drama. Karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia melalui suara dan gerakan tubuh. Cuman kalau seni teater cakupannya lebih luas. Karena harus melalui proses pemilihan naskah, pemeran, sutradara, properti, penataan, harus melalui tahap akting yang baik, tahap dialog yang baik, gerakan yang baik, improviasasi yang baik juga. Jadi itulah pengertian dari luasnya seni teater.

Kata teater sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu theatron, yang kalau diartikan ke bahasa Indonesia adalah tempat untuk menonton. Tapi pengertian lain juga menjelaskan kalau teatar adalah tontonan yang ditunjukan di depan orang banyak.

Tapi untuk memahami secara sederhana mengenai pengertian teater, kamu bisa berpatokan sama tontonan dan tempatnya aja. Drama yang sudah jadi dan hendak ditontonkan di sebuah tempat/gedung adalah seni teater.

Gampang kan?

Meskipun para seniman atau pengamat seni juga punya penafsiran yang sangat luas untuk menyimpukan pengertian seni teater. Tapi ujung-ujungnya pengertian teater nggak jauh dari yang Raparapa jelaskan di atas kok.

Contoh-contoh seni teater juga banyak loh. Yang pasti kamu ketahui pada umumnya seperti ketoprak, wayang orang, dan lain-lain. Itu semua merupakan seni teater tradisional. Karena mengandung unsur zaman dulu yang punya filosofi bijak dan budaya.

Sementara seni teater modern adalah yang bercerita mengenai kehidupan sehari-hari. Entah itu tentang cinta, sosial, agama. Yang jelas teater modern nggak akan jauh dari pengunkapan perasaan.

Dan pengertian teater juga bukan berarti ditontonkan di dalam gedung aja. Tapi di tempat terbuka juga bisa.

Segala unsur-unsur penting yang mencangkup pengertian teater juga banyak.

Seperti Pemeran. Yang terdiri dari pemeran utama, pemeran pembantu, pemeran figuran. Mereka wajib sekali ada dalam seni teater. Nggak boleh enggak! Kalau ada pemeran utama, berarti harus ada pemeran pembantu dan figuran juga. Karena seni teater sama seperti film.

Teater Koma yang disponsori oleh Djarum Foundation - pengertian teater
Teater Koma via djarumfoundation.org

Pemeran teater dituntut untuk menyampaikan keindahan bentuk, menciptakan pesan atau moral. Untuk bisa menjadi pemeran yang baik dalam sebuah seni teater, pemeran harus dilatih secara intensif oleh para pelatih supaya bisa mendalami peran atau karakter.

Intensif enggaknya dalam berlatih seni teater juga tergantung acara teaternya sih. Kadang kalau untuk keseruan aja sih latihan hanya sekedar menghafalkan dialog secara rutin.

Tapi kalau dalam acara seni teater besar, seringkali para pemeran harus berlatih secara intens. Bukan hanya menghafalkan dialog, tapi juga dituntut untuk membuat ekspresi wajah dan gerakan yang serius, sesuai dengan cerita seni teater.

Pokoknya, pemeran teater dituntut agar para penonton ikut emosional ke dalam ceritanya. Dan pemeran teater yang bagus adalah yang selalu punya keberanian untuk mencoba dan gagal (trial and error). Mereka gigih. Kemauan keras perlu ditanamkan para pemain teater demi mewujudkan seni teater yang berkesan bagi para penikmat teater.

Jadi kalau kamu mau jadi jadi pemeran teater, modal percaya diri atau tampang yang bagus aja belum cukup! Tapi juga punya wawasan dan pandai bergaul. Mangkanya sutradara teater akan mencari para pemeran yang punya hobi baca, nonton pertunjukan, dan punya kepekaan pada kejadian sekitar dan isu-isu yang lagi dibicarakan, atau human interst.

Indonesia punya banyak pemain teater kondang yang bisa menginspirasi kamu. Seperti Arie Batubara, Wisran Hadi, George Kamarullah, Teguh Karya, Jose Rizal Manua, Arifin C. Noer, W.S Rendra, Putu Wijaya, Nano Riantiarno, dan masih banyak lagi.

Mereka memiliki pengertian teater yang sangat mendalam. Seni teater bagi mereka adalah dunianya. Kamu bisa belajar dari pengalaman mereka tuh!

Lalu ada Sutradara

Salah satu unsur-unsur teater yang sangat penting!

pengertian teater
Teguh Karya via wikipedia.org

Karena sama seperti perfilman, dalam industri seni teater juga sutradara bertugas untuk mengarahkan dan menyiapkan perencanaan kerja seni teater. Cuman perencanaan kerjanya lebih luas. Dimulai dari sebelum pementasan, saat pementasan, sampai setelah pementasan. Sutradara akan melaksanakan di bagian teknis dan kreatif.

Sutradara teater memang terkesan punya tugas lebih berat sih dari pekerjaan lainnya. Seolah sutradara adalah jantung dari sebuah acara seni teater. Dan memang iya sih. Tapi kan itu udah jadi porsinya sutradara. Para palaku yang ada di seni teater juga udah punya porsi masing-masing. Yang jadi pemeran teater belum tentu bisa jadi sutradara, dan yang jadi sutradara teater juga belum tentu bisa jadi pemain teater. Adil!

Salah satu sutradara teater yang melegenda di Indonesia adalah Teguh Karya. Teater Populer adalah nama kelompok seni teater yang dipimpinnya. Kelompok seni teater pertama di Indonesia nih. Digagas langsung oleh presiden pertama kita, Pak Soekarno.

Melalui tangan Teguh Karya, beliau sudah banyak menciptakan pertunjukan seni teater di sepanjang hidupnya. Bahkan beliau juga sibuk di dunia perfilman sebagai sutradara. Melahirkan banyak artis yang terkenal di Indonesia.

Sayangnya Teguh Karya sudah meninggal di tahun 2001. Tapi Kelompok Teater Populer masih bertahan sampai sekarang kok. Dipimpin oleh Slamet Rahardjo. Beliau juga sangat menginspirasi di dunia teater. Udah sering liat Slamet Rahardjo di TV kan?

Pengertian Teater
Slamet Rahardjo via hot.detik.com

Kamu bisa belajar banyak dari kedua bapak ini mengenai pengertian teater yang sesunguhnya. Jadikan mereka sebagai sosok guru kehidupan melalui seni teater!

Lalu ada Properti Teater

Unsur-unsur teater juga terdiri dari properti. Kayak kursi, meja, dekorasi, pohon-pohonan, kostum, dan yang lain-lain. Mereka sangat wajib dihadirkan di acara teater.

pengertian teater
Properti Teater via jogjanews.com

Pengertian teater kan menggambarkan kehidupan manusia melalui gerakan. Maka agar pemantasan seni teater bisa hidup,dibutuhkan komponen penting seperti properti.

Seberapa banyak properti yang ditampilkan itu tergantung dari seperti apa bentuk cerita teaternya ya. Kalau misalkan ceritanya soal kehidupan orang kaya, maka properti yang akan ditampilkan bisa jadi seperti pakaian jas untuk para pemaian, mobil mewah (meskipun mobilnya cuman boongan), latar belakang dengan gambar rumah gedongan, dan yang lain sebagainya.

Melihat konsep seni teater punya tempat atau ruangan yang sangat terbatas di atas panggung, maka properti harus dipilih secara jeli. Nggak boleh asal-asalan. Pokoknya yang harus kamu tau adalah, kehadiran properti akan menentukan bagus atau enggak acara seni teater.

Ada juga Penataan

Ini juga unsur-unsur penting yang ada di seni teater. Karena kamu tau kalau pengertian teater itu luas, maka semuanya harus ditata sedemikian rapi dan pas. Orang-orang yang bertugas di acara seni teater punya peran masing-masing dalam menata. Kayak Penata Rias, Penata Lampu, Penata Busana, Penata Suara, Penata Penggung.

Tugas penata rias yaitu mendadani para pemain yang muncul di atas panggung.

Tugas penata lampu yaitu pecahayaan di bagian panggung.

Tugas penata busana beda dengan penatas rias. Karena secara tugas penata busana secara spesifik yaitu mengatur busana atau pakaian para pemain.

Tugas penatas suara yaitu mengatur suara para pemain dan pemusik ketika cerita sedang dimainkan.

Tugas penata panggung yaitu mendekorasi panggung. Mulai dari menyusun tempat, waktu, menata dekorasi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan panggung. Apalagi kita tau kan kalau seni teater punya konsep ruangan panggung yang terbatas. Maka tugas penata panggung emang agak ribet.

Semua penata teater ini boleh dari kalangan pria maupun wanita. Yang penting semuanya punya tugas memperindah acara seni teater. Kamu bisa kok jadi salah satu di antara mereka.

 

Itulah pengertian teater beserta unsur-unsur teater. Semuanya harus ada karena semuanya penting. Kalau nggak ada salah satu dari unsur-unsur teater di atas, maka teater nggak akan hidup, atau bisa dibilang hasilnya akan jelek. Sekarang, tinggal kamu aja nih mau plih berperan di bagian apa dalam dunia seni teater.

Jangan lupa SHARE ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.