Home Sejarah 35 Rumah Adat di Indonesia, Makna dari Kebudayaan

35 Rumah Adat di Indonesia, Makna dari Kebudayaan

SHARE
rumah adat
kebudayaanindonesia.net

Tak henti-hentinya Raparapa menjelaskan tentang kekayaan budaya Indonesia. Dan kali ini kamu juga akan Raparapa perkenalkan mengenai salah satu unsur budaya dalam wujud material berupa rumah adat di Indonesia.

Disebut rumah adat karena telah menjadi warisan nenek moyang. Dan pada dasarnya rumah-rumah ini terbuat dari material alam kayak kayu, rotan, bambu, daun, ijuk, atau alang-alang, yang sampai sekarang masih ada dan bisa kamu temui kapan aja.

Di mana itu? Di berbagai daerah Indonesia. Oke langsung aja Raparapa tunjukkan semuanya. Dimulai dari,

Rumah Adat Aceh

1. Krong Bade

rumah adat
tradisikita.my.id

Inilah rumah adat Aceh. Wujudnya seperti rumah panggung atau rumah kolong. Tinggi dan lantainya bertiang dalam bentuk persegi panjang.

Rumah adat Krong Bade punya tiga ruangan utama dan satu ruangan tambahan. Tiga ruangan utama ini biasa disebut serambi yang terdiri dari serambi depan, serambi tengah, dan serambi belakang. Sementara satu ruangan tambahan dijadikan dapur.

Rumah adat Aceh ini juga dilengkapi tangga yang kebanyakan jumlahnya ganjil. Semua dinding juga berbahan kayu dengan variasi berbagai lukisan yang tertempel di dinding. Sangat artistik!

Biaya untuk membangun dan perawatan rumah adat Krong Bade ini juga cukup mahal loh!

Rumah Adat Sumatera Utara

2. Rumah Bolon

rumah adat
anakpintar.web.id

Rumah Bolon menjadi rumah adat Suku Batak. Bentuknya persegi empat dengan model rumah panggung. Sama seperti rumah adat Kong Badre. Cuman bedanya, rumah adat Bolon punya tangga yang letaknya di tengah badan rumah.

Jadi kalau kamu mau masuk ke dalam, kamu harus berjalan sambil menundukkan kepala menuju tangga. Karena tinggi tangga cuman sekitar 1.75 meter.

Oh iya, jangan lupa baca juga ya Beragam Suku di Indonesia dengan Segala Keunikannya

Rumah Adat Sumatera Barat

3. Rumah Gadang

kebudayaanindonesia.net

Rumah Gadang menjadi rumah adat khas Minangkabau, Sumatera Barat. Kamu kalau datang ke Sumatera Barat, bisa dipastikan akan menjumpai Rumah Gadang yang bangunannya masih terjaga apik.

Bentuk rumah adat ini sangat unik. Persegi panjang dengan atap yang runcing menyerupai tanduk kerbau. Di bagian luar punya ukiran dengan motif flora seperti bunga, daun, dan akar.

Sangat artistik dan menarik. Instagramable bangetlah buat foto-foto. 🙂

Rumah Adat Riau

4. Rumah Selaso Jatuh Kembar

rumah adat
graphicdesignpictures.com

Sejak dulu Riau emang sudah terkenal akan ragam seni dan budaya, salah satunya bentuk rumah adat Riau yaitu Rumah Selaso Jatuh Kembar. Kamu masih bisa menemuinya ketika berkunjung ke Riau, terutama di berbagai kabupaten di Riau.

Selaso Jatuh Kembar sama seperti rumah adat di atas, yaitu rumah panggung berbentuk persegi panjang.

Kebanyakan, Selaso Jatuh Kembar dibangun menghadap ke sungai. Maka kalau kamu datang ke perkampungan di Riau, kamu akan melihat rumah adat ini yang terletak di pinggiran sungai.

Dan tahukah kamu, kalau ternyata Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar sekarang menjadi bangunan rumah yang fungsinya untuk musyawarah atau rapat adat. Jadi sekarang sudah jarang Selaso Jatuh Kembar dijadikan tempat tinggal.

Ini karena rumah adat ini nggak punya serambi atau kamar. Jadi hanya beberapa ruangan yang cukup luas.

Rumah Adat Kepulauan Riau

5. Rumah Belah Bubung

rumah adat
holobis.net

Kalau yang tadi Provinsi Riau, dan yang ini Kepulauan Riau. Rumah Belah Bubung merupakan rumah adat Kepulauan Riau yang modelnya adalah rumah panggung persegi panjang dengan bahan dasar kayu.

Tiang yang menopang Rumah Belah Bubung tingginya mencapai 2 meter. Bentuk atapnya juga runcing, mirip seperti pelana kuda. Besar atau kecil ukurannya tergantung dengan kemampuan ekonomi si pemilik rumah.

Tapi yang jelas, untuk membangun rumah adat ini nggak boleh asal-asalan. Harus melalui ritual yang dipercaya bisa mengindari kesialan dengan pemilik rumah.

Rumah Adat Jambi

6. Rumah Panggung Kajang Leko

rumah adat
inzanami.co

Jambi pernah melewati momen untuk menetapkan ciri khas dalam membangun rumah adat. Sampai akhirnya Gubernur Jambi di tahun 70-an menggelar sayembara, dan menetapkan Rumah Panggung Kajang Leko sebagai Rumah Adat Jambi di antara rumah adat lainnya yang ikut bersaing di sayembara tersebut.

Rumah Panggung keajang Leko ini cukup unik. Memiliki 30 tiang yang digunakan untuk menyanggah bangunan rumah. Dan sampai sekarang, rumah adat ini bukan hanya dijadikan tempat tinggal aja, tapi juga sebagai tempat musyawarah warga.

Rumah Adat Sumatera Selatan

7. Rumah Limas

rumah adat
kidnesia.com

Dari namanya aja bisa dipastikan kalau rumah ini bentuknya limas. Inilah rumah adat Sumatera Selatan. Kamu bisa menemui banyak ketika datang ke Palembang.

Ciri khas rumah adat ini punya ukuran bangunan yang luas dan hampir semua bahan bangunan menggunakan kayu, kecuali genteng sih.

Rumah Limas juga merupakan rumah panggung loh. Dan karena ukurannya luas, kegunaannya bukan hanya untuk tempat tinggal aja, tapi juga sebagai tempat bermusyawarah dengan warga juga.

Rumah Adat Bali

8. Rumah Gapura Candi Bentar

rumah adat
kebudayaanindonesia.net

Gapura Candi bentar yang menjadi Rumah Adat Bali ini juga unik sekali. Eh, di Bali mah emang banyak yang unik ya?

Eh, tapi beneran unik loh, bahkan bisa dibilang paling unik di antara rumah adat lainnya yang ada di daerah Indonesia.

Jadi bangunan rumahnya terdiri dari gapura yang dijadikan sebagai gerbang rumah. Gapuranya bernama Gapura Candi Bentar, dan inilah yang terlihat mencolok karena memang bangunan candinya unik dan menarik. Filosofi yang terkandung dalam Candi juga diyakini sebagai wujud sucinya rumah adat ini.

Rumah Adat Bangka Belitung

9. Rumah Rakit Limas

rumah adat
ideaonline.co.id

Hampir sama dengan Rumah Adat Limas di Sumater Selatan. Bentuknya limas dan dalam wujud rumah panggung. Cuman bedanya kalau Rumah Rakit Limas dibangun di atas air, atau bisa juga disebut rumah terapung.

Bahan utama dari Rumah Rakit Limas ini adalah kayu dan bambu. Tapi bambunya bukan jenis bambu sembarangan. Bambunya adalah Bambu Manyan. Bambu ini dikenal tahan lama dan bagus untuk dijadikan pelampung rumah adat Bangka Belitung ini.

Unik ya!

Rumah Adat Bengkulu

10. Rumah Bubungan Lima

rumah adat
lihat.co.id

Inilah rumah adat Bengkulu. Rumah panggung yang bahan utamanya adalah kayu medang kemuning atau surian balam. Kedua jenis kayu ini dikenal punya karakter lembut dan awet.

Sama seperti rumah adat lainnya, funsi Rumah Bubungan Lima bukan cuman dijadikan tempat tinggal, tapi juga dijadikan tempat musyawarah untuk membicarakan berbagai acara, seperti sambutan tamu, perkawinan, kelahiran, kematian warga, atau acara adat lainnya yang berhubungan dengan kearifan lokal.

Selain itu, rumah adat ini dikenal sebagai tempat hunian yang tahan dengan bajir. Karena maklum, tiang untuk menganggah bangunannya juga terbilang tinggi.

Rumah Adat Lampung

11. Rumah Nowo Sesat

rumah adat
tribunnews.com

Inilah rumah ada Lampung. Dulu bangunan rumah ini menjadi balai pertemuan adat untuk bermusyawarah.

Bentuk rumah panggung ini cukup unik. Selain ada anak tangga untuk bisa mencapai ke atas, di bagian sisi depan juga memiliki ukiran dengan motif perahu. Sementara di bagian atap juga terdapat hiasan payung-payung besar dengan bergam warna yang mengandung filosofi yang berbeda-beda.

Konstruksi bangunan rumah adat Nowu Sesat ini cukup tinggi. Materialnya sangat kental dengan kayu. Atapnya juga sebenarnya dari ilalang. Tapi seiring berjalannya waktu, sekarang atapnya dari genting.

Rumah Adat Banten

12. Rumah Baduy

rumah adat
humaspdg.wordpress.com

Rumah adat Banten ini masih bisa dijumpai banyak di daerah Kabupaten dan pedalaman Banten. Ini juga merupakan tipe rumah panggung yang bagian atasnya dari bahan daun kelapa dan bagian tembok dan lantai dari belahan-belahan bambu.

Kalau sebelumnya rumah panggung disangahi oleh tiang dari bahan kayu, tapi kalau rumah panggung Baduy ini disanggahi batu-batu besar yang berasal dari sungai.

Jadi semuanya benar-benar masih tradisional banget!

Rumah Adat Jawa Barat

13. Rumah Sunda

rumah adat
adewaych.blogspot.co.id

Yang ini pasti kamu udah tau kalau Rumah Sunda merupakan rumah adat Jawa Barat. Bentuknya rumah panggung yang terdiri dari tiang kayu sebagai penyanggah dan anak tangga.

Yang menjadi beda dari rumah adat Sunda ini yaitu dindingnya, karena dari anyaman bambu yang bermotif.

Rumah Adat Jawa Tengah

14. Joglo

rumah adat
rumahjoglosambolo.com

Kalau yang ini bukan termasuk rumah panggung. Joglo, inilah rumah adat yang berasal dari Jawa Tengah. Desain Rumah Joglo sudah lama dikenal unik. Salah satu keunikannya karena rangka atapnya membentuk tinggi.

Ciri khas lainnya adalah 4 tiang yang digunakan untuk menyanggah bagian atap. Atapnya juga menggunakan genting semenjak genting ditemukan. Karena dulu bagian rumah adat Jawa Tengah ini menggunakan ijuk atau alang-alang.

Rumah Adat Yogyakarta

15. Bangsal Kencono

rumah adat
lihat.co.id

Sultan Hamangkubuwono I lah yang membangun Rumah Adat Bangsal Kencono. Beliau menjadikan Bangsal Kencono sebagai kediamannya dan tempat untuk bermusyawarah.

Desainnya dijamin menarik hingga sekarang. Karena mengusung gaya desain modern. Seperti Seperti tiang dan dinding yang dibuat dari kayu berkualitas, keseluruhan lantai dari bahan granit dan marmer, serta memiliki tata ruang yang luas dan rapi.

Maka nggak heran banyak orang yang ketika datang ke Jogja, pasti akan menyempatkan berkunjung ke Rumah Adat Yogyakarta Bangsal Kencono. Kamu jangan sampai nggak mengunjungi ya kalau datang ke Yogyakarta.

Rumah Adat Jawa Timur

16. Rumah Joglo (Jawa Timuran)

rumah adat
rumahadatkujawa.blogspot.co.id

Jadi, Rumah Joglo bukan hanya di Jawa Tengah. Di Jawa Timur pun memiliki rumah adat bernama Rumah Joglo.

Meskipun penampilan dan ciri khasnya Rumah Joglo di Jawa Timur ini nayris sama dengan Rumah Joglo di Jawa Tengah, tapi maksud dan filosofinya pastinya beda dong. Perbedaannya terdapat pada tata letak ruangan yang ada di dalamnya.

Rumah Adat Jakarta

17. Rumah Kebaya

rumah adat
kebudayaanindonesia.net

Yang ini rumah adat Jakarta atau Betawi. Disebut sebagai Kebaya karena bentuk atapnya mirip pelana yang seolah bisa dilipat-lipat.

Selain itu teras berukuran luas juga menjadi ciri khas rumah adat Jakarta ini. Kegunaannya ya nggak jauh dari berkumpul atau bersantai dengan keluarga atau tamu yang berkunjung.

Rumah Adat Nusa Tenggara Barat

18. Rumah Dalam Loka

rumah adat
dunia-kesenian.blogspot.co.id

Nama lain Rumah Dalam Loka adalah Rumah Istana Sumbawa. Inilah rumah adat Nusa Tenggara Barat. Peninggalan bersejarah yang letaknya di Kota Sumbawa.

Nama Dalam Loka diambil dari 2 kata, yaitu “dalam” dan “loka”. Dalam artinya istana, sementara loka artinya tempat atau dunia. Jadi kalau diartikan secara keseluruhan, Dalam Loka memiliki makana tempat tinggalnya para raja. Karena Rumah Adat Nusa Tenggara Barat ini dulu dijadikan kediaman para Raja di Sumbawa.

Rumah Adat NTT

19. Rumah Musalaki

rumah adat
lihat.co.id

Inilah Rumah Adat NTT yang dikenal menjadi ikon karena punya beragam keunikan. Mulai dari desain sama makna yang terkandung dari Rumah Musalaki ini.

Jadi desain rumahnya dalam ukuran besar dan tampak menjulang kokoh. Semua bahan bangunan nyaris dari alam. Kayu, daun, batu, menyatu dan membentuk Rumah Musalaki yang menjadi citra unik bagi para pengunjung yang datang ke NTT.

Coba aja deh kamu datang menyaksikannya, pasti akan setuju dengan keunikannya. 🙂

Musalaki diambil dari bahasa Ende Lio yang terdiri dari dua kata, yaitu Mosa dan Laki. Mosa artinya ketua, sementara laki artinya adat. Maka Musalaki memiliki makna sebagai kediamannya kepala suku adat setempat.

Rumah Adat Kalimantan Barat

20. Rumah Panjang

rumah adat
kisahasalusul.blogspot.com

Kalau Rumah Panjang merupakan Rumah Adat Kalimantan Barat. Inilah rumah yang menjadi kehidupan masyarakat dari Suku Dayak.

Bangunan rumah adat ini terbuat dari kayu. Tingginya bisa mencapai 5 sampai 8 meter. Panjangnya bisa mencapai 180 meter dengan lebar 6 meter. Jadi saking panjangnya, rumah adat ini bisa memuat sampai 50 ruangan. Itulah mengapa dinamakan Rumah Panjang.

Rumah Adat Kalimantan Tengah

21. Rumah Betang

rumah adat
getborneo.com

Rumah Betang yang menjadi Rumah Adat Kalimantan Tengah juga menjadi kediaman masyarakat Suku Dayak. Sangat legendaris karena sudah menjadi tempat pemukiman nenek moyang Suku Dayak.

Bentuknya panggung dan memanjang. Kira-kira panjangnya 30 sampai 150 meter. Sangat sederhana bentuk dan isi di dalam Rumah Betang. Tapi di balik kesederhanaan ini, tersimpan filosofi yang masih terjaga hingga sekarang. Berkat menghargai filosofi ini, masyarakat Dayak masih terbilang harmonis untuk menjaga komunikasi.

Rumah Adat Kalimantan Timur

22. Rumah Lamin

rumah adat
kisahasalusul.blogspot.com

Ini nih rumah adat masyarakat dari Suku Dayak di Kalimantan Timur. Nama lain Rumah Lamin adalah Rumah Panggung Panjang. Karena emang sosoknya emang persegi panjang mirip kayak pelana, sekitar 300 meter.

Panjang banget ya? Tapi Rumah Lamin ditinggali oleh beberapa anggota keluarga kok. Bahkan bisa mencapai 100 orang di dalamnya.

Lagian siapa juga yang mau menghuni rumah sepanjang ini sendirian kan?

Untuk ciri khas rumah adat panjang ini, yaitu punya berbagai ukiran atau motif menarik yang punya arti kehidupan bagi masyarakat Suku Dayak. Salah satu arti dari ukirannya adalah mengenai kehidupan agar terhindar dari mara bahaya.

Warna Rumah Lamin juga sangat khas. Dari berbagai warna, tapi pada dasarnya sih kuning dan hitam yang selalu mencolok dan khas dari rumah ini.

Rumah Adat Kalimantan Selatan

23. Rumah Bubungan Tinggi

rumah adat
kebudayaan.kemdikbud.go.id

Masih seputar Kalimantan, dan yang ini rumah adat Kalimantan Selatan. Rumah Bubungan Tinggi menjadi rumah tradisional dari Suku Banjar yang sangat terlihat etnik dan khas.

Ciri khas atapnya tinggi dan lancip, bangunanya memanjang lurus, dan terdapat sisi bangunan anjung di bagian kanan dan kiri. Semua bahan bangunan juga dibuat dari kayu dan kayunya pastilah kayu yang kualitasnya bagus. Karena ini di Kalimantan yang kayunya selalu terjamin mutunya.

Dulu Rumah Bubungan Tinggi dijadikan kediaman raja-raja di Banjar pada tahun 1780.

Rumah Adat Kalimantan Utara

24. Rumah Baloy

rumah adat
tradisikita.my.id

Yang terakhir ini di Kalimantan Utara, yaitu Rumah Baloy. Rumahnya Masyarakat Suku Tidung. Dan kamu akan menyetujui kalau konstruksi bangunannya terlihat menarik serta modis. Katanya sih Rumah Baloy juga hasil dari tangan kreatif Suku Dayak.

Tapi emang sosok bangunannya modis sih. Ciri khas bangunannya dari bahan kayu, menghadapnya selalu ke selatan, di bagian belakang rumah juga terdapat kolam yang biasa disebut Lubung Kilong, dan di belakang Lubung Kilong inilah biasa dijadikan tempat hiburan dalam kesenian Suku Tidung, kayak musik daerah dan tarian.

Pokoknya meriah deh Rumah Baloy.

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Utara

25. Rumah Pewaris

rumah adat
kebudayaanindonesia.net

Mari kita beralih ke Sulawesi, tepatnya di Sulawesi Utara dulu. Adalah Rumah Pewaris atau biasa dikenal sebagai Rumah Walewangko. Rumah Panggung ini masih bisa ditemui di daerah Minahasa.

Tampilan fisiknya bagus dan tinggi kok. Karena undakan tangganya banyak. Undakan bnayak ini katanya dimaksudkan agar ketika ada makhluk halus yang hendak memanjat melalui tangga, pasti dijamin akan kembali turun dan nggak jadi masuk.

Rumah Adat Sulawesi Tengah

26. Rumah Tambi

rumah adat
kebudayaanindonesia.net

Kalau ke Sulawesi Tengah, kamu akan dikenalkan dengan Rumah Tambi. Rumah sederhana yang dikenal sebagai kediaman semua golongan manapun.

Cir khas bangunannya unik sekali, panjang mirip prisma dan terbuat dari ijuk. Untuk  menghadapnya harus ke arah utara-selatan. Sangat nggak boleh dianjurkan bila membelakangi matahari.

Oh iya, Rumah Tambi juga terdapat hiasannya juga loh, yaitu ukiran bermotif di bagian dinding dan pintu kayu. Ukiran ini menggambarkan motif flora dan fauna.

Rumah Adat Sulawesi Tenggara

27. Rumah Buton

rumah adat
suarawajarfm.com

Rumah Buton atau Rumah Sultan Buton adalah rumah adat Sulawesi Tenggara yang bahan bangunanya serba dari kayu.

Ciri khas uniknya yaitu pada dasarnya Rumah Buton nggak pakai paku besi untuk mendirikan, tapi memakai paku kayu atau pasak. Mulai dari landasan dasar sampai tiang-tiang rumah, semuanya didirikan menggunakan pasak.

Tapi hebatnya, rumah adat ini punya susunan ruangan yang banyak loh. Ada ruang tamu, ruangan berkumpul khusus, ruang makan, sampai tedapat belasan kamar.

Apa nggak keren tuh?

Rumah Adat Sulawesi Selatan

28. Rumah Tongkonan

rumah adat
wikipedia.org

Kalau yang ini rumah adat dari Suku Toraja di Sulawesi Selatan. Pastinya konstruksi bangunannya nggak kalah unik dong. Dan ini mengapa banyak orang yang berfoto dengan latar belakang Rumah Tongkonan.

Konstruksi bangunannya menyerupai perahu kayu. Susunannya dari bahan bambu dengan atap seng. Tanduk kerbau juga akan terlihat di bagian depan rumah. Pokoknya unik dan menarik deh.

Kamu kalau ke Toraja jangan lupa untuk berfoto di Rumah Adat Kongkonan ini ya. Jangan lupa juga untuk mengamati kerbau termahal di dunia yang ada di Tana Toraja.

Rumah Adat Provinsi Sulawesi Barat

29. Rumah Mandar

rumah adat
id.geoview.info

Yang terakhir di Sulawesi Barat, yaitu Rumah Mandar.

Pada dasarnya bentuk Rumah Mandar ini sama seperti Rumah Toraja. Cuman bedanya pada bagian atap. Atap Rumah Mandar dari bahan kayu. Kalau Rumah Toraja kan dari seng ya.. Dan atap kayu Rumah Mandar lebih melengkung. Nggak seperti Rumah Toraja yang atapnya membentuk huruf U.

Rumah Adat Mandar juga merupakan rumah panggung. Dan melalui bentuk Rumah Mandar yang berbeda-beda, kita bisa mengetahui status sosial atau ekonomi orang yang menempati. Karena Rumah Mandar terbagi dari beberapa macam.

Ada Benua Layuk, ini yang Rumah Adat Mandar yang ukurannya paling besar dan dihuni oleh kepala Suku Mandar.

Ada Benua Sura, ukurannya tinggi tapi nggak setinggi Benua Layuk.

Ada Benua Bolong, yang ini ukurannya sedang dan dihuni oleh orang pemberani.

Ada Benua Rapa, dikenal bukan hanya sebagai kediaman, tapi juga sebagai penyimpan padi.

Dan yang terakhir adalah Benua Longkarrin, yang dihuni oleh masyarakat biasa.

Rumah Adat Gorontalo

30. Rumah Dulohupa

rumah adat
wikimapia.org

Rumah panggung yang punya simbol penting bagi masyarakat Gorontalo. Karena sampai sekarang masih sering dijadikan tempat berkumpul masyarakat Gorontalo untuk memusyawarahkan tentang adat masyarakat atau pesta masyarakat seperti pernikahan.

Semuan konstruksi bangunan dari bahan kayu, kecuali di bagian atap yang dari jerami. Yang menariknya juga terdapat anjungan di bagian belakang rumah.

Rumah Adat Maluku

31. Rumah Baileo

rumah adat
wikipedia.org

Rumah adat Baileo ini memiliki simbol penting bagi masyarakat Maluku. Mulai dari tempat untuk bermusyawarah warga sampai tempat untuk menyimpan benda-benda suci.

Struktur bangunan Rumah Bailo dikenal kuat. Semuanya hampir dari bahan kayu. Memiliki ukiran yang melambangan kedamian. Meskipun wujudnya berdiri sebagai rumah panggung tanpa adanya dinding. Hal ini dimaksudkan agar roh nenek moyang bisa masuk dan keluar secara bebas.

Rumah Adat Maluku Utara

32. Rumah Sasadu

rumah adat
rumah-adat.com

Rumah Sasadu sudah dikenal lama menyimpan banyak berabagai kerahasiaan seputar kearifan lokal. Inilah rumah adat Suku Sahu, Maluku Utara, yang dijadikan tempat untuk berkumpul dan bermusyawarah.

Sosok bangunannya yang unik ini sama seperti Rumah Baileo, nggak berdinding atau berpintu. Tapi yang jelas, Rumah Sasadu dikenal mengandung simbol supranatural yang menciptakan energi positif.

Rumah Adat Papua

33. Rumah Honai

rumah adat
telusurindonesia.com

Kecil, bentuk atapnya kerucut, semua bahan bangunannya serba dari alam, inilah Rumah Honai, rumah adat Papua yang kaya akan syarat filosofi lama.

Ukuran Rumah Honai emang kecil sih, bahkan bisa dibilang sempit. Tingginya pun sekitar 2,5 meter. Tapi menurut warga setempat, Rumah Honai sangat sangat bisa melindungi tubuh dari suasana dingin. Karena Rumah Honai banyak ditemui di daerah pegunungan tengah Papua.

Rumah Adat Papua Barat

34. Rumah Mod Aki Aksa

rumah adat
detik.com

Inilah rumah adat yang dibangun oleh Suku Arfak di Papua Barat. Biasa dikenal juga sebagai Rumah Kaki Seribu. Karena sosoknya unik, yaitu terdapat tiang kayu dalam jumlah banyak yang dijadikan penyangga bangunan rumah.

Bangunannya pun dari bahan kayu. Kalau atapnya dari jerami. Sangat unik sekali!

35. Rumah Lgkojei

Kalau Rumah Lgkojei ya Rumah Mod Aki Aksa. Sama aja kok. Nggak ada bedanya. Sama-sama unik, sama-sama dari Papua Barat, sama-sama dikenal sebagai Rumah Kaki Seribu. 🙂

 

Itulah berbagai rumah adat di Indonesia. Semuanya unik. Kalau kamu berkunjung ke salah satu daerah yang ada di atas, sempatkanlah untuk mengamati rumah adatnya juga. Supaya kamu paham lebih jelas mengenai unsur kebudayaan dalam bentuk material yang terkandung di hunian tradisional Indonesia.

Indonesia emang kaya budaya deh. Semoga masyarakatnya senantiasa menjaga keutuhan adat beserta hukum adatnya. Oh iya, jangan lupa SHARE ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.