Home Gaya Hidup 9 Cara Menciptakan Semangat Pagi Tanpa Perlu Kata-kata Motivasi

9 Cara Menciptakan Semangat Pagi Tanpa Perlu Kata-kata Motivasi

SHARE
semangat pagi
via pixabay.com

Menciptakan Semangat Pagi — Mood sejak kamu bangun tidur akan mempengaruhi mood kamu seharian. Jadi, jika kamu ingin semangat melakukan aktivitas, kamu harus berusaha menciptakan mood menyenangkan ketika bangun tidur.

Mengenai semangat pagi ini, yang harus dibenarkan kepada orang-orang sekarang adalah, banyak yang mencoba menciptakan semangat di pagi hari dengan cara membaca berbagai kata-kata motivasi pagi atau kata-kata selamat pagi.

Nah, ini kudu buru-buru dibenarkan! Sadarlah, kamu ini orang tegar, jadi nggak perlu kata-kata selamat pagi supaya bisa semangat pagi.

Yang kamu perlukan itu gairah untuk ciptakan suasana menarik di pagi hari. Sudah!

Nah, kalau untuk membuat suasana menarik di pagi hari, kali ini Raparapa sudah menyediakan caranya. Kamu tinggal menerapkan aja. Di antaranya adalah…,

1. Jangan Tidur Berlebihan

semangat pagi
semangat tidur via bramardianto.com

Tidur berlebihan dampaknya bikin kamu kebablasan dengan pagi, artinya akan langsung bertemu siang.

Sayang sekali kan kalau kamu melewati berbagai ucapan pagi menyenangkan seperti burung-burung yang lagi bernyanyi dengan suara merdu dan lucu, nge-rock-nya suara ayam berkokok, asyiknya suara roti Sari Roti, ramainya suara kring-kring-kring-ada-sepeda-sepedaku-roda-dua-ku-dapat-dari-ayah-karena-rajin-belajar, serta suara klakson kendaraan bermotor yang bersahut-sahutan.

Itu semua kan seru! Suara-suara yang menyambut pagi itu kalau dipadukan bisa memacu adrenalin kamu ketika melakukan aktvitas pagi. Dan kamu akhirnya bisa semangat pagi deh. Mangkannya jangan malas!

Oh iya, baca juga ya: 8 Cara Menghilangkan Rasa Malas Level Akut

Lagi pula nih, tidur berlebihan bisa membuat orang sulit untuk mengambil keputusan alias galau. Bisa jadi penyebab kegalauan kamu selama ini karena tidur berlebihan. Wah, cepat-cepat diubah tuh!

Karena ada studi yang menunjukkan, mereka yang terbiasa bangun pagi rata-rata akan lebih bahagia dan lebih semangat pagi. Karena terbiasa bangun pagi berguna untuk menjaga kestablian good mood dan juga kesehatan mental.

Ayolah, berusaha untuk jangan tidur berlebihan biar semangat pagi!

2. Menguaplah

semangat pagi
semangat menguap via pixabay.com

Ini awal mula setelah kamu bisa bangun pagi, artinya untuk mencari semangat pagi bisa dengan cara menguap. Kalau nggak bisa menguap, ya paksakan supaya menguap sampai ada harapan untuk menguap. Meskipun dengan sendirinya akan menguap ketika bangun pagi sih. Yang penting kalau udah menguap jangan sampai tidur lagi.

Karena harus kamu menyadari, bahwa menguap saat bangun di pagi hari dapat menyegarkan otak. Tapi ironisnya, orang-orang lebih egois meneruskan lanjut tidur hanya untuk menyelesaikan mimpinya. Hmmm…

3. Lakukan Peregangan Tubuh

semangat pagi
semangat meregang via merdeka.com

Kalau kamu nggak ada waktu untuk olahraga, pasti kamu punya waktu untuk melakukan peregangan tubuh setelah bangun tidur. Paling kurang lebih 10 menit lah.

Karena ini jelas terbukti bisa menciptakan semangat pagi. Semut aja melakukan peregangan ketika mereka bangun pagi kok. Masa kamu kalah sama semut?

Ayo semangat!

4. Pasang Poster-poster Idolamu di Kamar

semangat pagi
semangat memandang poster via hezronlovesnsd.blogspot.com

Daripada memasang kata-kata semangat pagi, mending kamu pasang poster idola kamu di dinding kamar tidur. Karena poster idola sudah mewakili kata-kata motivasi pagi. Poster-poster idola adalah penyejuk hati dan penyejuk suasana ruangan.

Jadi maksudnya gini, kamu kalau ingin bertemu dengan sang idola atau ingin memiliki kesuksesan yang serupa dengan idola kamu, artinya kamu harus semangat meraih kesuksesan kan? Nah, poster idola kamu bisa dijadikan patokan untuk meraih kesuksesan kamu. Bisa dimulai dengan menjalani semangat pagi dulu pas bangun tidur.

5. Memotivasi Diri Sendiri

semangat pagi
semangat memotivasi via psychologyformarketers.com

Memotivasi diri sendiri di pagi hari itu penting banget! Karena otak masih fresh, belum terkontaminasi oleh hal-hal lain, jadi otak kamu akan gampang mencernanya.

Cara memotivasinya bukan dengan kata-kata selamat pagi loh ya! Tapi kamu harus membayangkan sesuatu apa yang terjadi jika kamu menjalani hari dengan semangat. Setelah itu bayangan tersebut kamu harapkan dengan sangat kuat, supaya diri kamu terdorong untuk bergerak dan meraih harapannya.

Misalnya, kamu ingin bertemu idola yang posternya terpampang di tembok kamar kamu, atau kamu ingin gebukin dosen kamu yang bawel. Kalau sudah mantap dengan harapan tersebut, kamu pasti jadi pengin buru-buru bergerak karena sudah termotivasi. Kemungkinan pasti akan semangat pagi juga kan?

Nah, itu baru makna yang sesungguhnya dari motivasi. Jadi bukan hanya baca kata-kata motivasi pagi aja.

Mangkanya, biasakan untuk memotivasi diri pas mata baru melek.

6. Bercermin

semangat pagi
semangat bercermin via pixabay.com

Memuji diri sendiri di setiap pagi dapat meningkatkan harga diri dan keseluruhan kualitas harimu.

Caranya, kamu tinggal bercermin aja ketika pagi. Kamu harus memikirkan sesuatu positif yang ada pada diri kamu. Tonjolkan kelebihan kamu. Dan kamu harus percaya kalau kamu adalah orang yang paling menarik di dunia.

Memang pada dasarnya kamu menarik kok. Percaya deh!

Oh iya, kamu bisa melakukan hal ini setiap baru bangun dari kasur (kalau bangun dari kubur sih mending kamu tinggalkan aja artikel ini), atau bisa kamu lakukan setiap selesai mandi pagi.

Tapi alangkah baiknya kamu lakukan setelah bangun tidur dan setelah mandi pagi. Jadi, ketika baru bangun tidur kamu langsung memuji diri sendiri di depan cermin, pasti kamu akan bahagia.

Setelah itu kamu bercermin lagi sesudah mandi dan berdandan, maka kebahagiaannya akan berlipat-lipat. Semangat pagi juga akan datang dengan sendirinya, dan kamu akan melewati hari-hari yang sangat bahagia.

7. Ganti Berbagai Kebiasaan Kamu di Setiap Pagi

Semangat pagi mengubah kebiasaan
semangat mengubah kebiasaan via thesalesaddict.com

Cobalah ganti berbagai kebiasaan kamu saat menyambut pagi. Sebab mengganti kebiasaan bisa mengubah pola hidup kamu yang tadinya hambar akan berubah menjadi menyenangakan.

Sama halnya untuk menyalakan semangat pagi, selayaknya kamu harus mengganti berbagai kebiasaan seperti:

  • Ganti Walpaper Smartphone

semangat pagi
via ithestylist.co.uk

Mengganti wallpaper smartphone dengan yang lebih ceria akan meningkatkan semangat seseorang.

Pasti sudah jadi rutinitas dong ketika kamu bangun pagi langsung cek media sosial di smartphone? Namanya juga anak zaman sekarang.

Maka dari itu, rutinitas cek smatphone bisa sekalian kamu manfaatkan demi perangsang semangat pagi.

Kamu ganti aja wallpaper smartphone kamu dengan foto gebetan atau pacar kamu yang pernah kamu foto pas dia lagi kepleset di acara kondangan yang disaksikan oleh banyak orang.

Kurang ajar banget kamu ini! Nggak apa-apa, demi semangat pagi lucu dan bikin segar.

  • Ganti Sarapan

kucing lucu
via oversixty.com.au

Jika kamu merasa menu sarapan kamu selalu itu-itu aja. Maka mulai sekarang, ganti dengan sarapan yang jarang kamu nikmati. Seperti sandingkan sarapan bersama kopi. Asal kamu nggak punya masalah aja dengan lambung.

Yang penting sih minum kopinya jangan langsung ketika bangun tidur. Soalnya energi kamu bisa melonjak dan bikin gelisah. Bukannya semangat pagi, malah semangat sakit. Beri jeda 1 sampai 2 jam setelah bangun tidur, baru deh kamu boleh minum kopi.

Oh iya, baca juga ya: Inilah Bukti Akurat Jika Kamu Kecanduan Kopi Hitam

Atau kamu sarapan makanan yang mengandung tomat. Menurut hasil survei yang dilakukan Baxters nih, orang yang suka sekali dengan tomat, memiliki sifat pemberani dan semangat tinggi, meskipun ternyata mudah tergoda oleh rayuan. Duh duh duh~

Tapi nggak masalah kamu gampang tergoda rayuan, yang penting kan kamu semangat pagi dulu. Kalau sudah semangat, kamu kan jadi siap menjalani aktivitas. Setelah itu, barulah kamu semangat untuk belajar merayu.

 

Pokoknya kalau urusan sarapan kamu pasti taulah kira-kira sarapan apa yang bisa menyambut semangat pagi kamu.

  • Ganti Suasana Mandi

kopi hitam kupu kupu mp3 – filosofi kopi
via icarly.wikia.com

Banyak yang mengatakan kalau mandi dengan air dingin berguna untuk menghilangkan depresi dan bikin semangat menjadi bertambah. Tapi ternyata hal itu belum tentu betul. Banyak kok orang yang setelah mandi air dingin tapi masih terlihat lesu, nggak kelihatan semangat sama sekali.

Kalau kamu kayak gitu, artinya kamu harus ganti suasana mandi pagi. Seperti mandi di empang, di kamar mandi tetangga, atau supaya nggak tanggung-tanggung sekaligus terkesan antimainstream, kamu bisa mandi langsung menggunakan pompa air. Supaya ada sensasi sedotannya kuat, semburannya kencang! Pasti suasana mandi pagi akan menyenangkan dan kamu bisa semangat pagi deh!

Hehe bercanda.

Kamu bisa kok ganti suasana mandi dengan menggunakan air hangat supaya semangat pagi kamu menyala.

  • Ganti Suara Alarm dengan Lagu Semangat

semangat pagi
via soulfulshow.universdj.com

Banyak sekali orang yang mematikan alarm mereka setiap pagi. Rata-rata mereka benar-benar bangun setelah alarm berbunyi tiga kali.

Itu kenapa? Bisa jadi karena alarmnya hanya sekedar suara ayam berkokok atau nada-nada ramai.

Membosankan!

Kalau kamu mengalami hal ini, saatnya kamu harus mengganti dengan lagu yang sudah terbukti punya gairah untuk memancing semangat pagi. Banyak kok pilihan lagu semangat. Cari aja di internet.

Tapi kalau kamu mau rekomendasi lagu semangat, oke, Raparapa kasih rekomendasinya. Pasang aja lagu We Wil Rock You milik Queen untuk nada alarm kamu!

Karena enurut studi Northwestern University in Illinois, lagu We Wil Rock You terbukti efektif membuat seseorang lebih semangat olahraga.

Nah, untuk semangat olahraga aja bisa, apalagi untuk sekedar semangat pagi? Pasti bisa banget!

Kamu coba ya!

8. Kunyah Permen Karet

semangat pagi kunyah permen karet
semangat mengunyah via papasemar.com

Cara yang kedelapan adalah mengunyah permen karet.

Tapi kenapa mengunyah permen karet? Sebab menurut penelitian, mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung dan aliran darah ke otak yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan semangat.

Ini sangat bisa sekali kamu terapkan untuk menyalakan semangat pagi ketika berada di jalan menuju kampus atau kantor.

Kan enak tuh tinggal mengunyah permen karet doang di saat pagi, jelas-jelas nggak ada bebannya sama sekali, malah bikin aroma mulut kamu jadi wangi-wangi lucu. Cuman modal gigi sama lidah aja.

9. Berdoalah

semangat pagi berdoa
semangat berdoa via g4g.it

Inilah syarat utama dan sangat bisa dipadukan dengan point-point di atas. Membiasakan diri untuk berdoa di pagi hari dapat membersihkan diri sekaligus pikiran-pikiran jahat sisa semalam.

Ya barangkali aja semalam kamu sempat berpikir yang enggak-enggak atau mimpi jorok.

Jadi, ketika bangun pagi langsung berdoa, pikiran jahat akan terganti oleh pikiran positif, semangat pagi juga otomatis menyertai, sehingga kamu bisa mengerti arti cinta pada sebuah pagi dan berkelanjutan untuk terus mencintai pagi berikutnya tanpa adanya beban sedikit pun.

Itulah hebatnya doa. Makanya jangan sepelekan doa sedikit pun ya!

 

Cukup masuk akal kok jika menerapkan cara-cara di atas. Yang kurang masuk akal malah ketika hanya baca kata-kata semangat pagi atau selamat pagi aja, sampai-sampai di-share di media sosial atau kamu pasang di DP BBM. Meningkatkan kekebalan tubuh enggak, membuat otak bermental optimis juga enggak.

Jangan sampai terbuai dong oleh kata-kata selamat pagi deh! Yang penting mah niat baik, lalu realisasikan niatnya secara optimis dan fokus.

Jangan lupa share ya!

 

(Foto Utama: via pixabay.com)

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.