Home Fashion Tips Memilih Model Baju Batik untuk Anak Muda

Tips Memilih Model Baju Batik untuk Anak Muda

SHARE
model baju batik
via travel.detik.com

Tips Memilih Model Baju Batik Geliat industri baju batik yang diwarnai tumbuhnya seni batik semakin ke sini semakin beragam. Melihat hal itu, maka nggak heran kalau berbagai model baju batik yang baru kini semakin diminati banyak orang, seperti anak-anak muda.

Oleh karena itulah, Raparapa berbaik hati mengajak anak muda untuk berbondong-bondong mengagumi beragam model baju batik, kemudian membeli baju batik. Tapi sebelum membeli, alangkah baiknya untuk mengetahui tips memilih model baju batik yang sudah Raparapa buat dengan penuh suka cita.

Dan percayalah, tips ini berpeluang sekali untuk memperluas penggunaan baju batik, supaya kamu nggak menyesal setelah membeli baju batik. Berikut tipsnya:

Sesuaikan baju batik dengan bentuk tubuh kamu

Ini yang kudu diurutkan di point pertama. Dan memang benar, pada kenyataannya ukuran baju yang pas adalah sesuatu yang wajib kamu perhatikan. Apalagi untuk memilih model baju batik. Soalnya baju batik sensitif, kalau kegedean nggak bagus, barangkali dikira lagi pakai dasternya Rama Aipphama. Kalau kekecilan juga nggak bagus, barangkali dikira cabe-cabean.

Maka dari itu, kamu kudu cari model baju batik yang pas dengan tubuh kamu.

Tapi kalau kamu nggak nemu model baju batik yang pas, maka kamu bisa bikin sendiri di tukang jahit. Kan sekarang gampang banget tuh cari kain batik yang motifnya beragam dan penuh makna. Kalau mau tau lebih lengkapnya mengenai gambar batik, kamu bisa baca di Inilah Gambar Baju Batik yang Kaya Motif dan Makna.

Kasual

Sebelum membeli, kamu kudu pastikan baju batiknya untuk keperluan apa dulu. Untuk busana sehari-hari kah? Atau untuk keperluan resmi kayak menghadiri pesta atau menghadiri nikahan(nya mantan) kah? Ya barangkali aja. Kan baju batik senantiasa hinggap di berbagai acara yang ada di Indonesia, salah satunya acara yang terakhir tadi tuh. Uhuk!

Meskipun sebenarnya baju batik bisa menyesuaikan dengan beragam acara, tapi untuk busana sehari-hari, sebaiknya pilih motif bunga atau motif fauna. Cocok banget untuk anak muda.

Dan kalau dari sisi warna, pilih warna yang cerah aja. Lagian anak-anak muda kan suka yang cerah-cerah, apalagi ditambah motif bunga atau fauna, maka ini bisa dibilang model baju batik yang bisa bikin kamu terlihat lebih fresh dan ceria. Tapi tetap terlihat trendi dong pastinya.

Resmi

Jika model baju batiknya untuk acara resmi kayak acara kantor dan lainnya, maka kamu bisa pilih motif klasik atau motif geometris. Seperti batik motif Jlamprang khas Pekalongan, membentuk geometris dengan ornamen-ornamen makhluk hidup. Ini nih gambar motifnya,

gambar Batik Pekalongan
Batik Pekalongan motif Jlamprang via butikmagz.com

Batik dengan motif Jlamprang sangat terbilang simpel dan cocok untuk dijadikan model baju batik resmi, baik untuk orang tua maupun anak muda. Jangan malah pilih baju batik yang gambar atau motifnya terlalu banyak corak.

Untuk warna sih bebas, tapi kalau bisa warna putih atau pastel, supaya kamunya terlihat seperti orang lembut dan tenang di setiap kondisi yang ada.

Pilih model baju batik dari bahan katun

Kenapa harus bahan katun? Ya karena manfaatnya banyak. Bahan katun nggak lembab, mampu menyerang keringat dari tubuh kamu. Lembut, nyaman banget dan bisa menghindarkan iritasi kulit kamu. Non alergi juga, pas untuk kulit kamu yang sensitif. Dan pastinya serat kapasnya kuat serta tahan lama.

Maka dari itu, model baju batik dari bahan katun cocok banget dipakai anak muda yang aktif.

Beda lagi dengan model baju batik dari bahan sutra. Karena bahan sutra lebih pas untuk acara pesta atau formal. Lagian acara-acara formal kan hanya bersifat sementara. Nggak begitu banyak melakukan pergerakan tubuh seperti hari-hari biasanya.

Pilih model baju batik yang nggak pasaran

Kalau ini sih sebetulnya dikhususkan untuk model baju batik couple, yang jarang atau bahkan nggak ada di pasaran. Makanya kalau bisa sih minta dibikin di tukang jahit, pasti kamu bakal puas dengan batik dan tambah cinta kepada pasanganmu (kalau punya).

Oh iya, baca juga ya: Yuk, Intip Kecantikan Motif Batik Modern Karya Desainer Indonesia!

Untuk model baju batik couple, sebaiknya kamu hindari pemilihan warna yang mencolok. Pilih yang sesuai dengan warna kulit kamu dan pasanganmu aja. Atau warna-warna pastel juga bisa. Yang penting nggak mencolok.

Keuntungan memilih model baju batik couple yang jarang atau nggak pasaran bisa bikin silaturahmi menjadi menyenangkan loh. Hal ini terjadi ketika kamu dan pasangamu bertemu dengan pasangan lain.

Jadi pas ketemu, pasangan lain bisa ikut-ikutan pengin bikin baju batik couple sepeti model baju batik couple milik kamu dan pasanganmu. Jatuhnya bisa menginspirasi para pasangan yang hobi pakai baju couple kan? Secara langsung kamu juga ikut mendukung insutri baju batik di Indonesia.

Tapi memang pada dasarnya baju batik dalam model apapun mengandung beragam inspirasi dan harmonis.

 

Sekarang udah paham kan memilih model baju batik yang bagus? Syukurlah kalau udah paham.

Semoga model baju batik yang kamu pilih bisa bikin kamu terlihat trendi dan nyaman ya, supaya kamu juga bisa memancarkan aura bijaksana saat memakai baju batik.

 

 

(Foto utama: by via travel.detik.com)

2 COMMENTS

  1. Sekarang ada macam2 model batik, makin mudah mencari yang nggak pasaran apalagi kalo saya yang tinggal di Sulawesi, belinya di pelosok Jawa misalnya, pulang ke Sulawesi pasti susah mencari yang menyamai punya saya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.