Home Hubungan 7 Tips Pacaran Jarak Jauh yang Dijamin Bikin Bahagia

7 Tips Pacaran Jarak Jauh yang Dijamin Bikin Bahagia

SHARE
Arti cinta sejati arti cinta menurut islam
via boredpanda.com

Meskipun Raparapa sudah pernah menulis mengenai bukti kalau Indonesia nggak mengesahkan hubungan pacaran jarak jauh, tapi bukan berarti kamu yang lagi menerapkan hubungan cinta ini harus segera disudahi.

Cuman mengingatkan aja sih agar anak-anak muda zaman sekarang bisa mengetahui dampak buruk dari pacaran jarak jauh. Karena Raparapa tau betul, kalau hubungan pacaran pasti punya nilai-nilai ideal yang berbeda bagi setiap orang. Ada yang lebih suka selalu berdekatan, ada juga yang lebih suka berjauhan tapi merasa nyaman.

Bisa dipastikan kamu yang lagi baca ini adalah tipe yang kedua, yaitu tetap merasa nyaman meski saling berjauhan dengan pacar. Dan itulah yang membuat Raparapa memutuskan untuk menulis 7 tips pacaran jarak jauh supaya kamu bisa menjalani masa pacaran dengan langgeng meskipun dihalangi jarak.

Tips apa aja itu? Yuk, simak!

1. Punya Komitmen yang Baik untuk Berkomunikasi

tips pacaran jarak jauh
via veritusgroup.com

Melihat era teknologi sekarang yang udah canggih gini, masa iya sih nggak dimanfaatkan untuk hubungan pacaran jarak jauh ini? Secara, kamu bisa bertukar kabar dengan pacar secara real time.

Maka penting banget kamu dan pacarmu memanfaatkan teknologi yang canggih ini. Kayak aplikasi messenger. Entah itu Line atau WhatsApp, ini bisa sekali kamu manfaatkan di sela-sela aktivitas kamu yang padat.

Dan manfaatkan juga komunikasi video call bareng pacar. Bisa melalui aplikasi Skype, Tango, Fring, ooVoo, atau Seen. Banyak kok. Kamu tinggal pilih aja mana yang asyik. Kegiatan video call ini bisa kamu lakukan di setiap minggu atau beberapa hari sekali.

Dan enaknya dari video call, kamu bisa tau kondisi fisik pacar kamu sekarang. Apa semakin banyak jerawat, atau sekarang wajahnya belang-belang akibat salah pakai pembersih muka?

Tapi karena kamu bisa liat kondisi fisik pacar, artinya kamu bisa langsung kasih saran. Akhirnya perhatian yang kamu kasih nggak akan berhenti kan?

Yang penting komunikasinya nggak berlebihan. Karena dampak buruknya ke sikap posesif. Maka dari itu Raparapa menyarankan agar kamu harus punya komitmen penuh untuk berkomunikasi dengan pacar secara rutin tapi nggak saling menganggu. Ini merupakan tips pacaran jarak jauh yang sangat baik untuk ke depannya.

Ingat ya! Teknologi memungkinkan kamu untuk selalu dekat dengan pacar meskipun jarak kalian dibatasi oleh luasnya samudera atau benua.

2. Saling Percaya

tips pacaran jarak jauh
via pinterest.com

Karena percumah sih punya komitemen penuh untuk senantiasa berkomunikasi tapi nggak saling percaya, atau menyimpan banyak kebohongan di balik komunikasi kalian.

Oleh karena itu, saling percaya adalah landasan utama dari sebuah hubungan, apalagi untuk hubungan pacaran jarak jauh. Mangkannya, kamu berusaha untuk nggak pernah bohong sama pacar dong ya! Pacar pun selalu dibimbing utuk senantiasa jujur.

Karena ingat, sekali bohong dan ketahuan, itu bisa menyebabkan petaka. Karena pikiran kalian sudah tertanam pada jarak, di mana kalian nggak bisa memonitoring aktivitas kalian masing-masing. Akhirnya, perasangka buruk akan selalu menghantui. Dan ini bikin hubungan cinta kalian nggak sehat.

Maka dari itu, percaya deh, punya komitemen untuk saling percaya dalam hubungan pacaran jarak jauh itu penting banget. Dan kalu udah punya komitemen itu, tinggal kamu terapkan lalu stay positive aja deh. Pasti langgeng dan kalian nggak akan jadi tipe pasangan yang gampang cemburuan. Karena kekutan dari berpikir positif sangatlah dahsyat!

3. Punya Arah Tujuan yang Jelas

gengsi via pixabay.com
via pixabay.com

Ini berlaku untuk hubungan pacaran jarak jauh yang udah lama. Karena kalau baru sebulan mah bisa dibilang masih mencoba untuk beradaptasi dengan karakter dan pikiran masing-masing. Atau malah lagi masa belajar berkomitmen dengan komunikasi rutin dan saling percaya.

Tapi kalau udah sampai sekitar 6 bulan atau 6 bulan ke atas, artinya kalian bisa dikatakan udah melewati tahap komunikasi dan saling percaya. Bisa dibilang saling cocok dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing tuh. Maka selayaknya kalian udah memikirkan tujuan hubungan pacaran ini akan dibawa ke mana.

Kalau belum siap ya nggak perlu sampai memutuskan untuk ke rencana pernikahan dulu lah. Tapi seenggaknya bisa menemui orangtua pacar menjadi pembuktian kalau pacaran jarak jauh ini benar-benar serius.

Karena bertemu dengan orangtua pacar bisa bikin orangtua pacar nggak khawatir sama hubungan cinta yang dibatasi jarak ini.

4. Berusaha untuk Bisa Saling Mengunjungi

koranjitu.com
via koranjitu.com

Kamu yang menjalani hubungan pacaran jarak jauh ini udah pernah mengunjungi ke tempat pacar belum? Atau ketemu di suatu tempat lain? Kalau udah, bahagia nggak? Kebanyakan kaum LDR yang ketemu momen ini sih bilangnya merasa bahagia.

Nah, itulah arti dari saling mengunjungi. Jadi kebahagiaan yang kalian rasakan itu bikin kalian bisa saling menghargai hubungan pacaran jarak jauh. Dari situlah kamu dan pacarmu bisa punya komitmen penuh untuk menjaga baik-baik hubungan ini.

Mangkanya, sempatkan dong waktu kamu untuk bisa menemui!

5. Kasih Kejuatan ke Pacar

pacaran jarak jauh
via favim.com

Satu atau dua kali dalam masa hubungan, kamu kasih kejutan ke pacar dong supaya hubungan pacaran jarak jauh kalian nggak hambar banget kayak sayur nggak pake garam.

Meskipun pernah kasih satu atau dua kali, tapi itu berarti banget. Akhirnya masa pacaran kalian dijamin anti kebosanan.

Kamu bisa kasih kejutan ke pacar ketika lagi anniversary, ketika pacar ulang tahun, atau ketika pacar berhasil meraih sesuatu yang selama ini diperjuangkan. Ketika baru punya SIM mungkin?

Tapi kasih kejutan ke pacar emang penting banget loh! Soalnya yang pacaran jarak dekat aja bisa kasih kejutan berkali-kali. Itu tuh yang beberapa bulan sekali merayakan anniversary terus diposting di instagram. Gaya pacaran anak zaman sekarang kan gitu.

6. Senatiasa untuk Saling Mendukung

Arti cinta sejati arti cinta menurut islam
via pinterest.com

Mendukung dalam hal apapun, pendidikan, karir. Karena ini penting banget! Dengan saling mendukung, maka akan menciptakan kekuatan hubungan pacaran jarak jauh yang nggak tergoyahkan oleh berbagai rintangan apapun.

Mau ada penghasut dalam hubungan kalian? Nggak mempan kalau kalian sendiri menjalani hubungan dengan saling mendukung.

Mangkannya, kalau pacar mau berbuat sesuatu yang baik, kamu harus kasih restu. Dan restunya jangan setengah-setengah. Begitu pula sebaliknya.

7. Nggak Usah Mikirin Andaikan

Arti cinta sejati arti cinta menurut islam
via boredpanda.com

Kayak andaikan aku bisa antar pacar ke kampus atau ke tempat kereja, andaikan tiap malam minggu bisa jalan-jalan bareng, andaikan bisa menyuapi pacar ketika nge-date, atau parahnya kayak andaikan hubungan ini bukan hubungan pacaran jarak jauh, melainkan jarak dekat.

Wah, parah! Punya pikiran itu hanya bikin hati kamu sengsara. Kalau udah gitu dan nggak bisa diubah, mending sudahi aja hubungan dengan pacar. Karena cuman buang-buang waktu.

Justru kalau kamu nggak mikirin andaikan, kamu akan menghargai jarak. Jadi ketika ketemu, kalian akan benar-benar memanfaatkan momen dengan sebaik-baiknya. Misal kayak jarang menyuapi. Maka ketika ketemu, kamu jadi bisa berusaha menyuapi pacar dengan penuh hayatan. Misal sendoknya harus berbentuk love. Atau takaran makanan dengan sendok harus sama.

Oh iya, baca juga ya: Cara Menyuapi Pacar dengan Baik dan Benar

Udah deh nggak usah mikirin andaikan-andaikan lagi. Itu sama artinya kamu nggak menghargai jarak.

 

Itulah tips pacaran jarak jauh yang bisa kamu terapkan. Dari ketujuh tips di atas, kamu bisa menyimpulkan kan? Sebetulnya LDR itu memberi banyak pelajaran yang bisa kamu petik dengan pasanganmu loh!

Yang penting kamu harus percaya dengan diri sendiri, kalau sesungguhnya pacaran jarak jauh itu nggak lebih sulit dibanding pacaran jarak dekat yang setiap hari bisa ketemu.

Yaudah jangan lupa SHARE ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.