Beranda Hiburan 14 Warna Pelangi yang Membuatmu Berdecak Kagum

14 Warna Pelangi yang Membuatmu Berdecak Kagum

BERBAGI
warna pelangi
via lifeandlove.de

Pelangi merupakan fenomena alam yang sangat indah. Apalagi jika bisa menyaksikan warna pelangi secara langsung, wajar aja kalau sampai mengekspresikannya dengan cara berdecak kagum.

Kamu pasti tau kan ya kalau setiap pelangi memiliki tujuh jenis warna. Kalau menurut penelitian sih lebih dari tujuh warna, namun yang tertangkap secara kasat mata hanya tujuh warna. Ya udah kita bahas ketujuh warna pelangi aja, yang bisanya dimulai dengan merah dan berakhir dengan violet atau ungu.

Untuk mengingat urutan warna-warna ini, orang-orang menggunakan singkatan MEJIKUHIBINIU atau Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu.

Raparapa beri penjelasan ya mengenai ketujuh warna pelangi ini. Seperti warna merah, warna ini melambangkan adanya cinta. Jadi memang pelangi mengandung cinta. Barangkali banyak manusia yang bawaannya ingin mencintai orang yang diincarnya setelah melihat pelangi.

Jingga atau Oranye. Warna ini melambangkan sosok yang hangat dan penuh keinginan. Pantas aja banyak penyair yang bikin puisi dengan makna “ingin meraih pelangi.”

Kuning. Warna ini melambangkan keceriaan. Pantas aja pas liat pelangi, hati kita secara refleks akan ceria. Jadi karena penyebab warna kuning. Kayaknya nggak pernah ada deh orang yang liat pelangi terus bawaannya ingin menghujat atau mengumpatkan kekesalan.

Hijau. Warna ini melambangkan harapan. Pantas aja banyak orang yang menaruh harapan di saat menikmati pelangi atau setelah pelangi usai. Kayak pas liat bintang jatuh.

Biru. Warna ini melambangkan kedamaian. Pantas aja banyak orang yang terlihat kalem pas menyaksikan pelangi.

Nila. Warna ini melambangkan kesederhanaan. Kalau bisa mensyukuri atas keindahan pelangi, artinya kamu adalah orang yang sederhana, nggak neko-neko.

Dan ungu. Warna ini melambangkan kemewahan. Seperti yang kita tau, pelangi adalah fenomena alam yang sangat mewah. Manusia manapun nggak bisa membeli pelangi. Sekalipun pelangi yang ada di boa matamu, karena itu hanya berupa kiasan atau lirik lagu dari gurp band Jamrud.

Selain mengetahui makna dari warna-warna dari pelangi itu sendiri, Raparapa juga akan menuntunmu untuk mengetahui berbagai keindahan pelangi lainnya yang bikin kamu berdecak kagum. Seperti berbagai pelangi di bawah ini nih.

1. Gunung Pelangi

warna pelangi
via lifeandlove.de

Gunung dengan warna pelangi ini bisa dibilang menjadi salah satu pemandangan dunia yang sulit dipercaya. Letaknya di Cina, tepatnya di Zhangye Danxia Landform Geological Park. Dan gunung itu benar-benar menampakkan beragam warna layaknya pelangi loh.

Bukit dan lembahnya terdiri dari lapisan warna merah, warna biru, warna hijau zamrud, warna kuning, dan tambahannya adalah warna cokelat. Gunung yang menakjubkan!

Oh iya, baca juga ya: 9 Gambar Pemandangan Gunung Terindah di Dunia

2. Moonbow

warna pelangi
via victoriafalls-guide.net

Biasa juga disebut Lunar. Bisa aja kamu belum tau pelangi Moonbow atau Lunar, karena pelangi jenis ini dihasilkan oleh bulan. Jadi warnanya tetap warna pelangi, tapi nggak sesempurna pelangi ketika siang. Dan sayangnya Monbow jarang sekali terjadi. Tapi yang jelas ada.

Oh jadi ini ya arti dari lagu Pelangi di Malam Hari kepunyaan Vidi Aldiano. Mungkin kamu yang pernah mendengar lagu tersebut menganggap kalau lagunya puitis, tapi ternyata punya makna ilmiah juga, yaitu Pelangi Moonbow.

3. Pelangi di Laut Karibia

warna pelangi
via wowkeren.com

Itulah rupa pelangi di lautan Karibia. Dipotret dari atas gumpalan awan oleh seorang wanita asal Ontario, Kanda, bernama Melissa Rensen saat berada di dalam pesawat.

Cantik ya! Pasti pas liat, Melissa Rensen langsung berdecak kagum.

4. Rainbow Eucalyptus

warna pelangi
via treehugger.com

Rainbow Eucalyptus adalah pohon yang tumbuh di Philipina, Papua Nugini, dan Indonesia. Kalau di Indonesia tepanya di Sulawesi.

Pohon ini dikenal karena memiliki batang dengan warna pelangi. Ini terjadi sangat alami dan tumbuh subur di hutan tropis yang mendapatkan banyak hujan. Keren ya!

5. Burung Loriket Pelangi

warna pelangi
via itsnature.org

Loriket Pelangi adalah burung yang memiliki warna pelangi dan hanya terdapat di kawasan Australia.

Para Love Bird pasti bakalan berdecak kagum sama Loriket Pelangi ini. Karena memang cantik dan lucu burungnya.

6. Gua Reed Flute

warna pelangi
via pinterest.com

Kalau ini adalah gua kapur yang berada di Tiongok. Dikenal karena memiliki warna pelangi di dalamnya.

Seorang fotografer asal Amerika, Scott Graham, menangkap kilap cahaya warna warni. Mulai dari biru, merah, dan hijau. Semuanya terang dan berpadu setiap sisi di dalam gua. Apalagi di dalam gua ada danau yang airnya tenang. Membuat pantulan warna pelangi terlihat menakjubkan.

7. Pelangi Burung Phoenix

warna pelangi
via tipsiana.com

Fenomena alam ini terjadi di Carolina Selatan. Sebuah pemandangan pelangi unik yang berbentuk seperti kumparan awan putih yang di bagian atas menyemburkan warna pelangi.

Lalu karena ternyata pelanginya mirip sayap burung yang sedang mengepak, akhirnya, orang-orang yang menyaksikannya menyebutnya Pelangi Burung Phoenix.

8. Batu Opal khas Coober Pedy, Australia

warna pelangi
via bbc.com

Batu Opal adalah sejenis ‘Batu Akik’ yang berasal dari kota Coober Pedy, Australia.

Batu ini terkenal karena memiliki beragam warna layaknya pelangi. Sudah mendapat perdikat “Batu Mulia Nasional” loh, karena Batu Opal merupakan warisan dunia.

9. Penampakan Psychedelic

warna pelangi
via cbc.ca

Kalau penampakan ini terjadi di Planet Pluto. Penampakan warna pelangi yang diambil oleh ilmuwan NASA yang sedang meneliti struktur pewarnaan pada Planet Pluto.

Sementara makna dari Psychedelic adalah warna yang diciptakan ketika manusia berhalusinasi karena efek obat LSD (Lysergic Acid Diethylamide). Tapi untuk fenomena ini, Psychedelic hanya sebagai sebutan kok, gambar dan kejelasannya sangat asli menyerupai warna pelangi.

Dahsyat!

10. Dian Pelangi

warna pelangi
via vyfashion.blogspot.com

Jadi, manusia juga ada yang menyerupai pelangi. Kayak perempuan muda satu ini nih. Di Indonesia siapa yang nggak kenal Desainer Muslim Indonesia Fashion yang berbakat?

Karena terinspirasi akan indahnya warna pelangi, Dian Pelangi berhasil menampilkan busana yang memiliki ciri khas warna ramai bak pelangi.

Tapi ada loh yang benar-benar manusia pelangi. Yaitu Rollen Stewart yang bermain di film Rainbow Man. Film produksi tahun 1997 ini menyangkan manusia pelangi yang seluruh tubuhnya benar-benar menyerupai pelangi. Aje gila! Untung cuman film.

11. Benang Wol ini Bikin Suasana Kota Menjadi Menarik

Kerajinan tangan dari barang bekas
via Yarn Corner on Facebook

Yang ini juga warna pelangi dari benang woll yang nggak kalah menarik loh. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca di Kerajinan Tangan dari Benang Wol ini Bikin Suasana Kota Menjadi Menarik.

12. Rainbow Cake

warna pelangi
via vemale.com

Makanan juga banyak yang ditampilkan dalam warna pelangi. Salah satu yang familiar adalah Kue Lapis Pelangi yang rasanya legit dan bikin ketagihan. Warnanya memang beragam dan terinspirasi dari warna pelangi. Aromanya pun daun pandan. Lezat!

13. Kuku dengan warna pelangi juga ada

warna pelangi
via floem70.blogspot.com

Lebih tepatnya kutek dengan warna pelangi. Sekarang banyak tuh tutorial untuk membuat kutek dengan warna-warni menyerupai pelangi. Hasilnya mencololok dan cantik. Sangat memuaskan perempuan yang hobi pakai kutek.

Untuk membuat kutek pelangi ini juga nggak perlu nunggu hujan reda. Nanti lain waktu Raparapa bikin tutorial membuat kutek dengan warna pelangi deh, supaya kamu terlihat seperti perempuan seksi dan ceria yang bisa pamer di setiap lingkungan.

14. Bangunan dengan warna pelangi juga banyak

warna pelangi
via pinterest.com

Seperti Bangunan Carabanchel 24 di Spanyol. Struktur bangunannya sangat mirip dengan susunan balok lego berwarna-warni bak pelangi. Yang punya konsep bangunan ini pasti orangnya ceria.

Ada juga Bangunan Ramenskoye yang berada di Rusia. Bangunan ini menjadi jajaran gedung yang bagian temboknya digambar bak sebuah kanvas raksasa. Indah dan menyimbolkan pelangi banget.

 

Sebenarnya masih banyak lagi sih yang berkaitan dengan pelangi. Jadi lain kali Raparapa bahas lagi deh. Dan di era olah digital seperti photoshop saat ini, semuanya gambar di atas memang bisa terjadi sih. Tapi kalau kamu mau mencari tau, ternyata memang faktanya ada kok. Yaudah lah ya, jangan lupa share. 🙂

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.